Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Pentingnya Detoks Sosial Media Beserta Tips Melakukannya

4 min read

detoks sosial media

Mempelajari tentang detoks sosial media menjadi salah satu kegiatan penting bagi masyarakat. Apalagi user medsos terkadang sulit berhenti menggunakan platform tersebut. Bahkan menyebabkan kecanduan dengan beragam efek buruk.

Baca juga: Cara Cari Ide Konten Youtube yang Cocok Bagi Pemula

Misalnya merasakan stres yang sangat besar disebabkan beragam konten media sosial tersebut. Tapi bukannya berhenti tapi tetap melanjutkan aktivitas dalam dunia maya. Tentunya bisa semakin tertekan sehingga menyebabkan masalah.

 

Jika kalian sudah menghadapi masalah tersebut, tentu menandakan harus segera membatasi diri. Detoks akan dijadikan sebagai pilihan karena manfaat yang bagus. Terlebih saat ini beragam aktivitas selalu dilengkapi dengan medsos.

 

Detoks sosial media penting dilaksanakan jika telah berdampak pada kesehatan. Tidak menutup kemungkinan kecanduan kurang dirasakan dari awalnya. Apabila sudah dalam masa terburuknya tentu memberikan dampak semakin buruk.

 

Biasanya banyak juga orang sudah paham dapat menyebabkan kecanduan tapi tidak berhenti. Jika sudah terlanjur, tentunya semakin sulit untuk berhenti. Kita harus berjuang lebih kuat jika ingin menghentikan kecanduan tersebut.

 

Untuk menghentikan masalah yang datang, diwajibkan memahami dulu lebih lanjut pengertiannya. Tidak ketinggalan wajib mempelajari setiap manfaat dan kelebihan di dalamnya. Baru melaksanakan cara atau tips untuk melakukannya.

Mengenal Detoks Sosial Media dan Kapan Waktunya Dibutuhkan

detoks sosial media
source: special

Detoks media sosial dijadikan sebagai upaya membatasi akses pada situs dan aplikasi jejaring sosial. Sebenarnya hal semacam ini tidak dilakukan untuk selamanya. Melainkan dapat digunakan hanya untuk kurun waktu singkat.

 

Penggunaan detoks sosial media untuk sementara maupun permanen tetap penting. Harus diketahui kalau nantinya memiliki beberapa pertanda diwajibkan agar segera dilakukan. Biasanya menjadi alasan pertama untuk segera menjalankan.

 

Ada tanda membutuhkan detoks medsos yang perlu segera diketahui dengan baik. Misalnya terdapat rasa terlalu memaksa untuk membuka medsos dari ponsel. Pastinya merasa sangat stres atau tertekan apabila tidak mengaksesnya.

 

Bahkan tidak menutup kemungkinan terdapat perasaan cemas terlalu besar. Bukan hanya itu, tapi ada perasaan merasa takut ketinggalan berita viral. Hasilnya terus memikirkan tanpa henti sehingga menyebabkan kemunculan rasa tertekan.

 

Kebutuhan terhadap detoks sosial media semakin dibuktikan apabila menganggap like atau komentar begitu penting. Bahkan merasa kalau tidak meraih sebanyak mungkin membuat dirinya buruk. Padahal sama sekali tidak pada kenyataannya.

 

Masalah lain seperti sering begadang dan terlalu banyak main medsos juga salah satu alasannya. Terlebih jika ditambah dengan sulit melakukan fokus dan konsentrasi. Apalagi kalau sampai mendapatkan gangguan dalam pekerjaan.

 

Gangguan semacam ini dinyatakan buruk karena kegiatan sehari-hari semakin menurun fungsinya. Misalnya kerja kurang produktif sampai kesulitan fokus. Pastinya menjadi masalah sangat besar yang penting untuk segera dihentikan. 

 

Pertanda membutuhkan detoks sosial media begitu penting apabila masalah selalu muncul. Bukan hanya dalam pekerjaan melinkan hubungan pribadi kalian. Tidak lain karena terlalu banyak dan terfokus hanya memainkan medsos.

 

Disebabkan pertanda tersebut dapat dirasakan sendiri, hasilnya perlu kalian perhatikan. Terutama jika sedang benar-benar terjadi dalam kehidupan nyata. Tentu menjadi pertanda disarankan agar segera menjalankan detox tersebut.

Manfaat Detoks Sosmed Paling Besar untuk yang Menjalankannya

detoks sosial media
source: special

Apabila waktu sehari-hari kebanyakan hanya dipakai untuk medsos, tentunya cukup berbahaya. Kalian disarankan agar mampu menghentikan sejenak supaya kehidupan nyata tidak bermasalah. Detoks akan menghindari masalah buruk muncul.

  • Untuk Kesehatan Mental

Melaksanakan detoks sosial media pastinya berkualitas untuk kesehatan mental. Jika membandingkan orang yang terlalu berlebihan bermain medsos dan cukup kurang tentu berbeda. Terutama karena kalau berlebihan memicu masalah mental.

 

Beberapa masalah yang dapat hadir yakni perasaan malu, rendah diri atau iri. Tidak menutup kemungkinan malah membenci diri sendiri. Bahkan mampu menyebabkan terlalu takut kalau tidak mengikuti tren yang berjalan.

 

Kondisi semacam ini telah disebutkan sebagai FOMO atau Fear of Missing Out. Hasilnya berisiko meningkatkan berbagai gangguan mental baik depresi maupun kecemasan. Detox berpeluang mengurangi dan menurunkan sehingga mental terjaga.

  • Kesehatan Fisik Terjaga

Selain berkualitas pada mental, ternyata ada manfaat pada kesehatan fisik agar terjaga. Pada dasarnya telah muncul berbagai risiko buruk jika memakai ponsel berlebihan. Terlebih karena medsos membuat mata terlalu terfokus.

 

Kalau detoks sosial media tidak dilakukan, secara bertahap akan muncul berbagai masalah. Mulai dari sakit kepala, gangguan mata sampai migrain. Jadi, tidak boleh dibiarkan karena masalah kesehatannya akan semakin buruk.

 

Berkaitan dengan menjaga kesehatan, terbukti baik karena melakukan kegiatan lebih menyehatkan. Misalnya dengan meditasi, olahraga sampai me time sendiri. Pastinya dapat menyehatkan diri tanpa menyebabkan masalah pada kesehatan.

  • Kualitas Tidur Meningkat

Apabila memiliki kualitas tidur yang semakin meningkat, tentu bisa membuat kesehatan membaik. Inilah alasan kenapa detoks sosial media ingin dilakukan. Jika berlebihan, bisa menyebabkan gangguan tidur bahkan sampai insomnia.

 

Hal ini disebabkan emosi positif maupun negatif keluar masuk. Belum lagi karena memakai gadget artinya akan menerima sinar layar biru. Jika kita sering detoks, kualitas sekaligus kuantitas tidurnya dapat meningkat.

Detoks Media Sosial Ampuh Menjaga Hubungan Sosial dan Produktivitas

detoks sosial media
source: special

Berkaitan dengan melakukan detoks sosial media, sebenarnya dilengkapi beragam manfaat lainnya. Misalnya adanya bukti detoks medsos ampuh menjaga hubungan sosial. Apalagi silaturahmi telah menjadi hal yang penting dilakukan.

 

Kalau terlalu kecanduan bermain medsos, membuat kalian tidak banyak bertemu orang. Bahkan mampu meregangkan kedekatan bersama orang yang telah dikenal. Mulai dari pasangan, teman maupun keluarga akan buruk kondisi hubungannya.

 

Tentunya dapat melihat contoh misalnya saat bertemu tapi malah bermain handphone. Pastinya tidak ada silaturahmi seperti berbincang dan berhubungan. Jadi, ada baiknya untuk menghentikan berlebihan sebelum hubungan terganggu.

 

Pemakaian detoks sosial media ternyata begitu berguna meningkatkan fokus untuk bersosialisasi. Hasilnya hubungan yang telah dimiliki bersama orang paling dekat lebih terjaga. Silaturahmi dan hubungan semakin terasa dekat.

 

Sementara itu berkaitan dengan produktivitas, manfaatnya terbilang sama besar. Sebenarnya dalam setiap kegiatan, kita harus melakukan dengan sepenuh hati. Terlebih jika berusaha untuk meningkatkan produktivitas diri sendiri.

 

Belum lagi produktivitas ini sebenarnya mampu memberikan prestasi lebih baik. Hal ini dapat terdukung disebabkan melakukan pelatihan untuk fokus atau konsentrasi. Saat melakukan aktivitasnya, tentu tidak bisa teralihkan.

 

Detoks sosial media begitu membantu disebabkan konsentrasi akan semakin solid. Bukan hanya itu, tapi apapun yang dikerjakan akan berjalan lancar. Bahkan bisa memberikan prestasi paling tinggi dan tidak terdapat masalah.

 

Produktivitas ini sendiri penting untuk digunakan dalam pekerjaan maupun pelajaran. Jika melakukan olahraga, pastinya sama pentingnya dimiliki. Jadi, perlu dibentuk sekaligus dilatih sehingga produktivitas lebih meningkat.

Tips Melakukan Detoks Medsos Terbaik dan Paling Tepat

Untuk memulai terkadang dilengkapi dengan kesulitan tingkat tinggi. Hasilnya kita membutuhkan adanya bantuan khusus berupa arahan untuk melakukannya. Tentu akan dijadikan sebagai panduan sempurna melaksanakan detoks berkualitas.

  • Menentukan Durasi

Kesuksesan detoks sosial media dapat disebabkan kemampuan menentukan durasi dengan tepat. Sebenarnya terdapat waktu khusus agar detoks sosmed tersebut berhasil. Tidak perlu terlalu berlebihan melainkan menyesuaikan keinginan.

 

Setidaknya dibutuhkan mulai dari 1-2 bulanan supaya dapat berhasil. Meski begitu kalian wajib memiliki target yang direncanakan dengan sempurna. Tentu jika sudah melihat hasilnya terasakan, dapat menambahkan karena positif.

  • Menghapus Aplikasi Sosmed

Mencoba untuk menghapus aplikasi sosmed dapat dijadikan sebagai rekomendasi tepat. Pastinya walaupun sudah menghentikan, tapi jika masih terpasang ada keinginan membuka. Hasilnya ada baiknya apabila menghapusnya terlebih dulu.

 

Apalagi bukan menjadi pertanda kalau kalian tidak bisa mengakses kembali. Selama proses ini dilakukan, diwajibkan menghapus aplikasi yang paling banyak dipakai. Perasaan ingin membuka tidak akan keluar sehingga semakin lancar.

  • Menjalankan Hobi

Tips selanjutnya yang penting dilakukan adakah menjalankan hobi untuk detoks sosial media. Beberapa aktivitas penting tersebut adalah berolahraga dan meditasi. Tidak ada salahnya mencoba berlibur sampai mencari hobi baru.

  • Menuliskan Pengalaman dan Perubahan

Dalam tahapan detoks, disarankan agar selalu menuliskan pengalaman dan perubahan. Hal ini digunakan untuk melihat bagaimana hasil yang terjadi. Tentu bisa menentukan sendiri apakah sudah baik atau kurang meyakinkan.

 

Walaupun terdapat trik untuk melakukannya, bukan berarti otomatis lancar dan langsung sukses. Apalagi dikenal tidak mudah sehingga perlu berjuang dengan keras. Pahami apabila konsistensi dalam melakukannya akan menjadi kuncinya.

Baca juga: Rekomendasi App Edit Foto Menarik di Smartphone, Hasil Kece!

Jika memang merasakan kesulitan besar, tentunya ada kemungkinan terdapat suatu gangguan. Hasilnya dapat memberikan dampak negatif apabila tidak kalian hentikan. Jadi, lebih baik jika secepat mungkin untuk melakukan detoks.

 

Kondisi psikis bisa semakin membaik dengan berjalannya waktu. Mungkin ada fase dimana dirasakan membutuhkan layanan psikolog sebagai bantuan. Tentu detoks sosial media sendiri dan lewat psikolog akan saling mendukung.

 

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *