Turnamen PUBG 2023: Program, Partisipan, Syarat, Keuntungan

4 min read

turnamen PUBG 2023

Bagi penggemar game online sebaiknya mengikuti turnamen PUBG 2023. Pertandingan esports ini diadakan di Riyadh, Arab Saudi, pada bulan Juli 2023 dengan total hadiah sebesar US$3 juta. 

Baca juga : Cara Setting PUBG Mobile Terbaik Seperti Pro Player

Tim yang terlibat ada dari regional Amerika, Eropa, Asia, Afrika, hingga Timur Tengah. Turnamen ini bernama PMWI atau PUBG Mobile World Invitational yaitu pertarungan game online berkonsep unik.

PMWI tahun 2023 merupakan pertandingan ketiga sebagai event mid-season turnamen internasional PUB. Apabila kalian ingin mengetahui bagaimana mekanismenya, simak pembahasan berikut ini.

Mengenal PUBG Mobile World Invitation 2023

turnamen PUBG 2023

Indonesia memiliki banyak sumber daya yang bisa diandalkan sebagai atlet esports. Diantaranya yang membanggakan Indonesia adalah Luxxy, Zuxxy, dan Ryzen. Ketiganya tergabung dalam tim Bigetron RA.

Potensi tersebut membuat para penyelenggara event game memberikan wadah yang suportif bagi pemain andalan. Ketersediaan wadah ini mampu membuat Indonesia meraup banyak prestasi dari atlet cabang olahraga esports

Penyelenggara event esports game PUBG Mobile 2023 secara langsung adalah Gamers8. Dimana Gamers8 diketahui banyak menyelenggarakan event-event game besar, namun PUBG Mobile akan menjadi turnamen PUBG 2023 eksklusif.

Pada turnamen PMWI 2022, Tim Vampire Esport asal Thailand keluar sebagai juara dan membawa hadiah lebih besar dari event PMGC 2022. Lalu apakah prize pool PMWI 2023 akan berubah?

Menurut One Esports, prize pool yang akan didapatkan pemenang tidak berubah. Tim pemenang tetap akan mendapatkan US$3 juta. Angka tersebut berbeda dengan genre game lain seperti DOTA 2.

Namun Isfan Satria, selaku Manajer MORPH Team mengatakan bahwa perubahan angka prize pool biasanya kewenangan dari pihak sponsor dengan pihak Gamers8. Menurutnya, faktor viewership juga mempengaruhi kenaikan total prize.

Meski total prize tidak berubah, antusias para gamers tentunya tidak dapat dibendung. Selain unjuk kebolehan, turnamen PUBG 2023 ini merupakan ajang untuk memperoleh prestasi lewat jalur esports.

Selain tentang total prize, kemeriahan tim yang berpartisipasi dalam event esports ini lebih diutamakan oleh pihak penyelenggara. Karenanya akan ada banyak tim bersaing untuk memenangkan posisi juara satu.

Format Turnamen PUBG 2023 PMWI

turnamen PUBG 2023

Tahun 2023 menjadi tahun yang berbeda untuk turnamen PUBG 2023. Format slot dari PMWI 2023 terbagi menjadi dua tahap yaitu Allstars Stage dan PWMI Main Tournament. 

Dikutip dari Kompas.com, tahap pertama turnamen akan berlangsung pada 11-13 Juli 2023 diikuti oleh 18 tim pada laga awal pertandingan. Sistem penyeleksian diserahkan kepada penggemar melalui sistem voting direct invitation.

Lalu pada tanggal 14-16 Juli 2023, 2 tim akan tersisih menyisakan 16 tim yang lolos menuju juara regional. Setiap tim yang terpilih akan bergabung bersama empat tim dari PUBG Mobile.

Dari pihak PUBG Mobile menyiapkan tim dari Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, serta satu undangan khusus. PMWI Main Tournament akan melihat kualitas para pemain bertarung melawan lima tim teratas PWMI.

Sementara pihak Allstars Stage memiliki dua tim teratas 2023 dari China yaitu Peacekeeper Elite League (PEL), dan hasil PUBG Mobile Shutdown 2023 yaitu Jepang atau Korea Selatan. 

Tim undangan akan diberikan pada 1 tim Jepang atau Korea Selatan PMS 2023, 1 tim Saudi League, dan 1 undangan khusus. Sedangkan Thailand, Indonesia, Turki akan bersaing melalui Allstar Stage lebih dulu. 

Event turnamen PUBG 2023 para peserta akan merebutkan hadiah senilai US$3 juta atau senilai Rp. 44 Miliar. Dengan nominal tersebut, wajar jika PWMI menjadi salah satu event game terbesar dan fantastis. 

Terdapat 300 turnamen sudah disiapkan, dengan 11 jenis game bagi para tim. Bila kalian bukan bagian dari tim tapi ingin menyaksikan pertandingan, bisa menonton melalui kanal YouTube PUBG Mobile Indonesia.

Tim Turnamen PUBG 2023 Indonesia

turnamen PUBG 2023

Indonesia sendiri memiliki 2 tim terkenal dalam dunia PUBG Mobile. Selain Alter Ego Ares ada Bridgerton Red Aliens. Keduanya telah mengharumkan nama bangsa melalui cabang olahraga esports

Dari Indonesia, ada 2 nama tim terkenal yang berpartisipasi dalam turnamen besar ini, yaitu ShineLikeDiamond dan Alter Ego Ares. Keduanya berhasil melewati rintangan pertama melalui PSML SEA Spring 2023.

Alter Ego Ares berhasil mendapatkan 161 poin pada puncak klasemen PMSL SEA Spring 2023, sehingga menjadikannya layak maju di PMWI 2023. Sedangkan ShineLikeDiamond mendapatkan kesempatan karena berada di posisi runner up. 

Tentunya partisipasi Alter Ego Ares dalam PWMI turnamen PUBG 2023 menjadi harapan bagi Indonesia. Alter Ego Ares menjadi perwakilan Indonesia satu-satunya PWMI akan menjadi contoh baik bagi bibit-bibit unggul lain.

Kabar baik tersebut bahkan diumumkan pihak @pubgmobile.esports.id dalam akun Instagram mereka, berupa ucapan selamat sekaligus dukungan meriah kepada akun @alteregoesports setelah menjuarai PSML SEA Spring 2023.

Alter Ego Ares akan berpartisipasi pada tanggal 11-16 Juli di Riyadh, Saudi Arabia. Dalam pertandingan mendebarkan tersebut akan merebutkan hadiah uang sebanyak USD 3 juta. 

Syarat dan Aturan Ikut Turnamen PUBG Mobile

turnamen PUBG 2023

Bagi kalian yang tertarik berpartisipasi dalam event game terbesar ini, sebaiknya memiliki skill mumpuni dalam cabang olahraga esports. Meski hanya bermain game, sebetulnya pemain dikategorikan sebagai atlet.

Perlu kalian ketahui mengapa esports resmi menjadi cabang olahraga, karena pernah turut berpartisipasi memeriahkan bagian multievent Asian Games 2018, SEA Games 2019, serta PON Papua 2020.

Atas alasan tersebut, dalam Rakernas yang dilakukan secara virtual pada 25-27 Agustus 2020, KONI Pusat 2020 menjadikan esports sebagai bagian dari cabor. Dengan berbagai pertimbangan seperti berikut ini:

  1. Dinilai sebagai cabor karena memanfaatkan tenaga manusia berupa ketangkasan, kecepatan dan melibatkan penggunaan strategi.
  2. Mengikuti banyak pertandingan dalam event nasional maupun internasional, seperti Asian Games dan SEA Games.
  3. Indonesia memiliki potensi unggul dalam esports.

Namun ketika ada turnamen PUBG 2023, bukan berarti seluruh gamers bisa mengikuti. Akan ada proses penyeleksian hingga pelatihan, bila tertarik maka setidaknya harus mengetahui syarat-syarat dan aturan umum berikut ini.

  1. Memiliki squad setidaknya 4 orang. Dalam cabor ini, kerja sama tim sangat diperlukan untuk meraih kemenangan.
  2. Sudah menentukan leader. Satu tim diharuskan memiliki satu orang leader untuk memimpin pertandingan.
  3. Mampu mengikuti peraturan. Disetiap event game, peraturan bermain biasanya mengikuti kebijakan penyelenggara. Jadi sebaiknya bersikap fleksibel pada saat ingin mengikuti turnamen PUBG 2023. 
  4. Tidak menggunakan program illegal. Untuk mengantisipasi kecurangan, aturan ini harus dipatuhi agar pertandingan berjalan lancar.
  5. WNI dan cukup umur. Memiliki umur yang cukup akan semakin terlihat kematangan emosi ketika menghadapi situasi sulit selama pertandingan. 

Keuntungan Ikut Turnamen PUBG 2023

turnamen PUBG 2023

Munculnya nama esports di Indonesia semakin mematahkan stigma bahwa bermain game bisa menghasilkan sesuatu, apalagi mengharumkan nama bangsa. Ada banyak sisi positif yang bisa didapatkan pemain ketika mengikuti turnamen.

  • Meningkatkan Kerja Sama Tim

Seperti yang sudah dijelaskan, syarat mengikuti ajang turnamen diharuskan memiliki squad. PUBG bukanlah permainan yang bisa diselesaikan oleh satu orang, terutama bila sedang mengikuti ajang esports.

  • Melatih Berpikir Kritis

Dalam bermain game, sebetulnya otak kalian akan memikirkan bagaimana cara menyelesaikan game secara efektif namun bisa menguntungkan. Oleh karenanya, banyak pemain yang bisa berpikir kreatif dan strategis dalam menyelesaikan rintangan.

  • Meningkatkan Motorik

Ikut turnamen PUBG 2023 melibatkan kecepatan mata, ketangkasan jari, serta kejelian telinga dalam menyelesaikan sebuah level. Bila ketiganya bisa sinkron, otomatis sensor motorik bisa menjadi lebih peka dan meningkat.

  • Pandai Berkomunikasi

Komunikasi merupakan hal paling penting dalam menyelesaikan ajang pertandingan. Jika kalian perhatikan, setiap pemain akan dibekali oleh satu earphone berkualitas sebagai media komunikasi sesama tim.

  • Berhadiah

Hadiah yang akan didapatkan pemenang tidak main-main jumlahnya. Contoh nyata adalah PWMI 2023, event game ini memberikan USD 3 juta bagi tim yang berhasil menjuarai posisi satu di puncak klasemen.

  • Menyandang Status Atlet

Sejak diresmikan menjadi cabang olahraga, kalian bisa mendapatkan gelar atlet apabila berhasil membawa keuntungan besar bagi Indonesia. Meski tidak menang, bila dikenal secara baik di kancah olahraga tetap dianggap atlet esports.

Baca juga : Team MPL ID S11 Onic Esports Robohkan Alter Ego di Playoff

Dengan adanya wadah bagi para atlet esports, kegiatan bermain game membawa manfaat lebih baik bagi bangsa. Bila tertarik mengikuti turnamen PUBG 2023, sebaiknya persiapkan mental dan pastikan memiliki skill mumpuni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *