Liga Esports Nasional 2023 akan Digelar, Ini Informasinya

4 min read

Liga Esports Nasional 2023

Liga Esports Nasional 2023 merupakan ajang lomba game olahraga elektronik yang akan dilaksanakan di Indonesia pada tahun 2023. Seperti yang kalian ketahui, kini game esport atau olahraga elektronik sudah menjadi perhatian dan hobi banyak orang, terutama kalangan muda.

Baca juga : Team MPL ID S11 Onic Esports Robohkan Alter Ego di Playoff

Wajar saja hal ini sangat menarik perhatian anak muda, karena game olahraga elektronik memiliki banyak keseruan yang menantang. Sehingga dapat membuat orang-orang tidak ingin berhenti memainkannya. Industry game ini juga sudah jauh berkembang pesat dibanding dulu.

Sebelum Liga Esports Nasional 2023, pertandingan game ini sudah diselenggarakan di SEA Games 2023 dengan beberapa daftar permainan seperti PUBG, Mobile Legend dan beberapa permainan lain yang cukup familiar di kalangan masyarakat. Namun itu untuk internasional.

Sedangkan liga kali ini akan diselenggarakan untuk tingkat nasional. Jadi jika kalian memiliki keahlian di bidang permainan olahraga elektronik, tentu harus mengikuti ajang ini dengan rasa percaya diri. Namun sebelum itu, pastikan kalian sudah mengetahui apa informasi pentingnya.

Tujuan Liga Esports Nasional 2023

Liga Esports Nasional 2023

Ajang ini sebenarnya sudah diumumkan oleh PB ESI atau pengurus besar esports Indonesia. Salah satu perwakilan dari PB ESI yaitu Frengky Ong yang menjabat sebagai sekretaris jenderal PB ESI menyampaikan bahwa ada beberapa tujuan yang diharapkan dari pergelaran ajang ini.

Harapannya dari PB ESI adalah ajang ini dapat mengembangkan ekosistem esports, memberikan pemahaman tentang cabang olahraga esports dan memberikan kesempatan pada seluruh masyarakat untuk bergabung.

Tujuan Liga Esports Nasional 2023 ini memberi manfaat baik untuk industry game dan masyarakat sendiri. PB ESI mengharapkan adanya antusiasme dari semua pemain yang memiliki pengalaman dan kemampuan di bidang ini.

Kemudian, liga ini mulai berjalan dari bulan April 2023 dan diagendakan selesai pada bulan November 2023. Kalian juga bisa mengikutinya dengan memahami persyaratan dan ketentuan untuk mendaftar. Liga ini juga dibagi menjadi beberapa tahapan yang akan dijelaskan berikut.

Tahapan Liga Esports Nasional 2023

Liga Esports Nasional 2023

Menurut PB ESI setelah diwawancarai oleh wartawan, ada 3 tahapan yang akan dilewati oleh para pemain. Tahapan tersebut adalah Liga 3, Liga 2 dan Liga 1. Tahapan ini seperti penyisihan lomba pada umumnya. Jadi dipastikan semua pemain berusaha untuk melewati tahapannya.

Tahap Liga 3 adalah tahap awal yang akan dijalankan dalam Liga Esports Nasional 2023. Tahap awal ini bisa diikuti oleh semua pemain yang merasa memiliki kemampuan. Semua masyarakat Indonesia boleh mengikutinya setelah melakukan pendaftaran dan memenuhi semua syarat.

Setelah tahap Liga 3 selesai dilakukan, maka akan ada pengumuman siapa saja yang akan lolos ke tahap selanjutnya, yaitu tahap Liga 2. Tentu saja semakin naik tahapannya akan semakin sulit. Namun hal ini bisa kalian lalui jika bermain dengan sungguh-sungguh dan sportif.

Selain itu juga diperlukan banyak latihan dan lebih baik lagi jika memiliki pengalaman lomba agar memahami bagaimana sistematikanya. Kebanyakan pemenang game ini adalah orang-orang yang sudah pernah menjalani lomba sebelumnya.

Tahap Liga 2 pasti sudah dipenuhi oleh pemain professional nantinya. Jika kalian bisa mengalahkan beberapa pemain professional, maka kalian bisa lanjut ke babak selanjutnya yang menjadi puncak dari Liga Esports Nasional 2023, yaitu tahap Liga 1.

Tahap terakhir ini merupakan saat-saat yang mendebarkan, karena pemain yang terseleksi pasti merupakan pemain yang sangat hebat dan memiliki strategi terbaik dalam permainannya. Setelah tahap terakhir selesai dilalui, maka kalian bisa menjadi pemenang.

Kabarnya hadiah untuk pemenang ajang ini sangat besar. Bahkan sebagian besar pemain ingin mengikuti lombanya karena jumlah hadiah besar untuk para pemenang nantinya.

Daftar Game Liga Esports Nasional 2023

Liga Esports Nasional 2023

Sebenarnya untuk daftar game yang akan dilombakan dalam liga kali ini masih tidak banyak diketahui. Namun sudah ada banyak prediksi dari para pemain professional dan berpengalaman yang memperkirakan apa saja game yang akan dilombakan nantinya.

Prediksi ini didasarkan pada beberapa permainan esports yang dilombakan pada SEA Games 2023 lalu. Jenis permainannya dibagi menjadi 2, yaitu permainan esports menggunakan perangkat handphone dan menggunakan perangkat PC. Ini beberapa daftar gamenya tersebut.

  • Mobile Legend Bang Bang

Mobile Legend adalah salah satu game esports yang pernah dilombakan pada SEA Games 2023. Meskipun tidak dilombakan, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah benar-benar mengenal permainan ini, karena sampai sekarang permainan ini masih banyak diinstall.

Mobile Legend merupakan game video seluler dengan genre pertarungan fantasy. Ada banyak jenis karakter yang bisa digunakan saat bermain dengan kekuatannya masing-masing. Kalian bisa mempelajari semua karakter hebat di dalam Mobile Legend sebelum mengikuti Liga.

Kemungkinan besar Mobile Legend Bang Bang akan ikut serta dalam Liga Esports Nasional 2023. Hal ini karena ada banyak masyarakat Indonesia yang menguasainya. Apalagi permainan seperti Mobile Legend dilengkapi dengan fitur multiplayer online sehingga bisa untuk tim.

  • Valorant

Bagi kalian yang sering memainkan permainan olahraga elektronik, pasti pernah mendengar tentang Valorant. Memang permainan ini sudah sering sekali menjadi bintang utama dalam banyak ajang lomba game esport. Valorant adalah permainan yang menggunakan PC.

Valorant sebenarnya memiliki alur sama dengan Mobile Legend Bang Bang, yaitu tujuan utama permainan ini adalah mengalahkan musuh. Hanya saja tidak dalam dunia fantasy dengan kekuatan super. Valorant menggunakan karakter manusia dengan senjata seperti senapan.

Kemungkinan besar, Valorant akan ikut serta dalam Liga Esports Nasional 2023. Hal ini karena Valorant juga sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia dan pernah berpartisipasi sebagai bintang utama permainan dalam SEA Games 2023.

  • PUBG

Masyarakat Indonesia sebagian besar juga pasti sudah mengenal PUBG. Permainan ini juga diperkirakan akan ikut serta dalam Liga karena sudah pernah dilombakan di SEA Games 2023 sebelumnya. PUBG adalah permainan bertahan hidup dengan alur cerita yang sangat menarik.

PUBG tidak memiliki genre fantasy dengan karakter yang memiliki kekuatan super seperti sihir. Sebaliknya, PUBG menggunakan karakter manusia dengan senjata umum seperti senapan dan sejenisnya. PUBG dapat dimainkan menggunakan perangkat PC atau handphone.

Namun biasanya dalam Liga Esports Nasional 2023, PUBG akan dimainkan menggunakan PC. Banyak orang mengatakan bahwa pemain professional PUBG pasti mengenali semua karakter dan kecocokannya dengan setiap senjata yang disediakan. Kalian juga harus mempelajarinya.

  • Cross Fire

Cross Fire mungkin tidak begitu terkenal seperti Mobile Legend, Valorant dan PUBG. Namun Cross Fire lebih terkenal di kalangan para pemain. Cross Fire adalah permainan shooter yang mengandalkan strategi dan pemikiran hebat. Sehingga kalian harus banyak berpikir.

Cross Fire sebagai FPS paling seru tentu sering dimainkan oleh pemain professional. Sebenarnya jika kalian tidak begitu mengenal jenis game ini, maka sebaiknya kalian mengikuti jenis game lainnya saja. Namun jika ingin mengetahuinya, kalian bisa banyak berlatih agar lebih handal.

Umumnya untuk bermain Cross Fire, kalian harus mengasah pemikiran agar tajam dalam menentukan strategi. Cross Fire tentu sangat seru dimainkan, apalagi merupakan FPS yang menggunakan PC untuk bermain.

  • Attack Online 2

Attack Online 2 juga termasuk permainan shooter yang kemungkinan besar akan digelar lombanya di Liga Esports Nasional 2023. Namun sebagian besar masyarakat Indonesia tidak mengenali Attack Online 2, karena lomba game ini lebih banyak diselenggarakan di Kamboja.

Namun tetap saja Attack Online 2 menjadi permainan yang sangat seru jika kalian mau mempelajarinya. Sama halnya dengan Cross Fire, Attack Online 2 juga membutuhkan ketajaman berpikir untuk menentukan strategi. Selain itu permainannya menggunakan perangkat PC.

Mungkin salah satu atau beberapa jenis permainan tersebut ada yang benar-benar kalian kuasai karena sering dimainkan. Jika sudah sangat menguasai, maka sebaiknya langsung mendaftar saja untuk mendapatkan kesempatan menang hadiah dalam jumlah besar.

Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa coba kalian ikuti untuk memperbesar kemungkinan menang saat liga. Tipsnya adalah banyak melakukan latihan selama belum mengikuti lomba. Latihan pasti akan membuat kalian semakin terbiasa dengan seluk beluk game tersebut.

Baca juga : Alasan Evos Esports Penting untuk Dikembangkan dan Didukung

Selain itu, coba juga memahami karakteristik setiap senjata dan karakter yang ada pada permainan esports. Lebih baik lagi jika memahami salah satu karakter saja untuk dijadikan andalan saat mengikuti Liga Esports Nasional 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *