Manfaat dari Game Online Bagi Anak Berikut

4 min read

manfaat dari game online bagi anak

Banyak dari orang tua pasti masih bertanya tanya, kira-kira adakah manfaat dari game online bagi anak? Bagaimana menurut kalian? Karena selama ini banyak dampak negatif yang justru disorot. 

Baca juga : Mengenal Game The Sims dan Tips untuk Bermain di Tahun 2023

Hal seperti ini tidak lepas dari banyaknya kasus dan pemberitaan di luar sana tentang akibat buruk dari permainan daring ini. Misalnya saja banyak kasus bolos sekolah, malas belajar, dll. 

Bahkan, ada beberapa anak yang rela berbohong demi bisa bermain game online di warnet hingga berhari-hari. Di tengah banyaknya dampak seperti itu, ternyata ada juga manfaat dari permainan ini. 

Jadi, ketika kalian atau anak kita sedang bermain, jangan terus-terusan dilarang. Asalkan semua masih dalam porsinya, anak tersebut justru bisa memperoleh manfaatnya.

Apa Itu Game Online?

Apa Itu Game Online?
Apa Itu Game Online?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat dari game online bagi anak, ketahui terlebih dahulu pengertiannya. Game sepertinya menjadi aplikasi wajib dalam gadget anak.

Bukan hanya permainan online, tapi kalian pasti juga sering melihat game offline dalam gadget mereka. Sistem offline membuatnya bisa dimainkan kapanpun tanpa membutuhkan jaringan internet. 

Kebalikannya, game online adalah sebuah permainan yang bisa dioperasikan apabila penggunanya menggunakan gadget yang terhubung dengan koneksi internet. 

Pertanyaannya sekarang adalah, kenapa anak lebih tertarik memainkan game online daripada offline? Sebenarnya keduanya bisa saja memiliki konsep yang sama. 

Tapi, tidak bisa dipungkiri memang bahwa permainan online menawarkan lebih banyak kesepian. Misalnya saja bisa bermain dengan pemain lain dari seluruh dunia, aksesori lebih lengkap, banyak level, dll. 

Inilah yang terkadang membuat kita tidak sadar tentang manfaat dari game online bagi anak. Terlebih jika semuanya dilakukan tanpa batas atau ketika mereka lupa waktu. 

Manfaat dari Game Online Bagi Anak

Menariknya, beberapa psikolog pernah mengatakan bahwa permainan daring tidak selalu membawa dampak buruk bagi anak-anak kita. Jika semua diatur dengan baik, ada banyak manfaat yang bisa diambil. 

Manfaat tersebut beragam mulai dari membuat mereka tidak bosan, lebih kreatif, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa hal positif dari game online untuk buah hati kita. 

  • Sebagai Sarana Belajar Memecahkan Masalah 

Memecahkan masalah atau problem solving adalah sebuah kemampuan soft skill yang sebaiknya dimiliki. Permainan online bisa mengajarkan hal itu tanpa anak sadari. 

Hal ini karena ada beberapa tingkat kesulitan yang biasanya harus dilewati. Tidak jarang ada beberapa task atau tugas berbeda yang harus diselesaikan oleh pemain. 

Menyelesaikan task membutuhkan strategi yang berbeda. Pemain harus menganalisis seperti apa kondisinya, senjata apa yang digunakan, bagaimana risikonya, dsb. 

Bahkan beberapa orang mengatakan bahwa permainan seperti ini bisa membuat kita lebih pintar. Hal tersebut karena kita harus berpikir lebih keras ketika menyelesaikan permainan. 

Tidak jarang banyak anak mengaplikasikan strategi dan cara berpikir dalam kehidupan sehari-hari mereka. Inilah kemampuan problem solving yang sudah mereka dapatan.

  • Menambah Jaringan Sosial

Ini adalah salah satu manfaat dari game online bagi anak yang jarang sekali disadari. Apalagi, banyak orang yang mengatakan bahwa gamers adalah orang yang suka menyendiri. 

Sebenarnya pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebaliknya, pemain game justru punya banyak sekali teman dari apa yang kita bayangkan. 

Ini karena salah satu dampak positif bermain permainan daring adalah jaringan sosial yang semakin luas. Bisa jadi pertemanan anak bukan hanya di Indonesia saja. 

Mereka bisa saja memperoleh teman dari negara lain sehingga tanpa disadari bisa saja membuatnya belajar banyak bahasa. Kemampuan sosialisasi lewat dunia maya juga akan semakin terasah. 

  • Kinerja Otak semakin Meningkat

Permainan online seringkali disebut dengan olahraga elektronik. Sama halnya dengan seorang atlet olahraga, kalian harus bisa membuat keputusan terbaik dan efektif dalam waktu cepat. 

Misalnya saja ketika sedang diserang oleh lawan dan tim kita kalah. Tentu saja kita tidak boleh pasrah melainkan harus mencari cara terbaik agar bisa menyerang dan mempertahankan.

Keputusan harus segera dibuat dan inilah manfaat dari game online bagi anak. Otak kalian akan terbiasa berpikir secara cepat guna membuat keputusan terbaik. 

Misalnya saja memutuskan memakai senjata apa, segera berlari atau tidak, menentukan arah serangan, dan sebagainya. Kebiasaan seperti itu ternyata mampu menstimulasi otak dengan baik. 

  • Peluang Karir Lebih Baik

Zaman sekarang ini jenis pekerjaan semakin beragam. Bukan hanya secara offline, dunia online bisa memberikan peluang mendapatkan uang untuk kita. 

Salah satunya adalah dengan menjadi gamers. Bermain game sendiri nyatanya bisa mendatangkan banyak uang karena kalian bisa menjual aksesori permainan, koin, chip, dan sebagainya. 

Namun, manfaat dari game online bagi anak bukan hanya itu. Kalian bisa memperluas lagi jenis karir berdasarkan apa yang dimainkan. Misalnya saja dengan menjadi YouTuber Game

Anak bisa membuat vlog tentang strategi permainan tertentu, bagaimana menyelesaikan level, dan lainnya. Pilihan karir lainnya adalah dengan menjadi atlet e-sport

Sekadar informasi, atlet e-sport paling mahal di Indonesia pernah dibayar hingga 5 Milyar rupiah. Bayangkan saja jika anak sangat jago bermain, maka bisa jadi dirinya berprestasi di bidang e-sport

Apabila menjadi atlet mungkin terlalu sulit, tidak ada salahnya menjalin kerjasama iklan atau yang lebih dikenal dengan endorse. Terlebih jika anak sudah cukup populer dalam dunia itu. 

Sekarang banyak gamers yang menekuni profesi ini juga. Mereka bisa mempromosikan banyak barang atau jasa yang berkaitan dengan permainan atau bahkan di luar itu. 

  • Melatih Fokus Anak

Ini merupakan manfaat dari game online bagi anak yang cukup penting. Fokus mereka bisa semakin lama semakin baik ketika bermain karena pemain jelas harus berkonsentrasi. 

Artinya, gamers sebaiknya tidak lengah ketika bermain atau jika tidak, mereka akan dikalahkan oleh lawan. Terlebih jika game yang dimainkan mengangkat tentang tema peperangan.

Dari hal itu, kalian bisa belajar tentang bagaimana mengambil tindakan cepat tapi tetap terukur, melatih kesabaran, dan yang paling utama adalah menjaga konsentrasi. 

Seluruh kemampuan itu akan membuat seseorang menjadi terbiasa fokus. Mereka akan terus menjaga konsentrasi hingga tujuannya tercapai. 

Nilai seperti ini akan sangat baik apabila dibawa ke dunia nyata. Bahkan, bisa saja memiliki dampak positif untuk kegiatan belajar anak di sekolah nantinya. 

  • Memperkenalkan Teknologi 

Melek teknologi adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siapapun pada zaman modern seperti sekarang. Semakin besar seseorang, biasanya akan semakin tertarik dengan perkembangan teknologi. 

manfaat dari game online bagi anak selanjutnya adalah memudahkan kita untuk memperkenalkan teknologi pada mereka. Hal ini bukan hanya tentang gadget saja. 

Ada banyak hal yang bisa kita sampaikan seperti bagaimana cara mengoperasikan sesuatu, mesin yang dipakai, pemrograman, dan lain sebagainya. Yang penting adalah, usahakan untuk sering mendampingi mereka. 

  • Sebagai Sarana belajar

Siapa sangka, anak juga bisa belajar melalui game online. Bahkan, mereka bisa belajar dengan cara yang lebih menyenangkan tentu saja karena dikemas dalam permainan menarik. 

Sekarang ini banyak permainan daring yang disesuaikan dengan usia anak. Di dalamnya ada banyak video, konten, gambar interaktif dan tidak membosankan. 

Bahkan ada sebuah manfaat dari game online bagi anak disleksia juga. Sebuah penelitian di Inggris mengatakan bahwa bermain video game bisa merangsang anak disleksia untuk belajar. 

Metode ini sangat baik untuk menarik perhatian mereka tanpa harus merasa dipaksa. Selain itu, penderita disleksia bisa terbantu untuk membaca lebih cepat dengan akurasi lebih baik. 

  • Belajar Mengendalikan Emosi 

Terbiasa bermain permainan online ternyata bisa membuat anak berlatih mengendalikan emosi. Bagaimana tidak, mereka harus mampu mengelola emosi sepanjang bermain. 

Misalnya saja ketika ada rintangan muncul. Pemain diharuskan agar tetap tenang dan tidak cemas sehingga rintangan bisa dihadapi dengan lebih baik. 

Di lain sisi, manfaat dari game online bagi anak selanjutnya adalah menambah pengetahuan mereka. Mereka bisa belajar banyak tentang bahasa, teknologi, nama tempat di dunia, benda antariksa, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Ini Dia Tips dari Ahli Parenting 

Ini Dia Tips dari Ahli Parenting 
Ini Dia Tips dari Ahli Parenting

Meskipun memang manfaat tersebut nyata, tapi bukan berarti kita membebaskan anak bermain tanpa memberikan batasan. Jelas mereka akan merasa senang karena ini adalah kegiatan yang sangat membahagiakan.

Ada baiknya kita harus tetap membatasi mereka agar tidak kecanduan nantinya. Langkah tersebut juga memastikan mereka bisa memperoleh semua manfaat dari game online bagi anak.

Misalnya saja, batasi kegiatan bermain game selama satu atau dua jam saja per hari. Kemudian, bisa juga hanya dengan mengizinkan mereka bermain saat libur. 

Sebagai pelengkap, ajaklah anak untuk melakukan kegiatan lain yang lebih bervariasi. Sebagai contoh adalah menggambar, bercerita, olahraga, dll yang sesuai dengan isinya. 

Intinya adalah segala hal yang berlebihan tidak diperbolehkan dibiarkan begitu saja dalam waktu yang lama. Manfaat dari game online bagi anak di atas dapat diperoleh dengan adanya aturan yang baik juga. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *