Kabar Xbox 360 Store Ditutup Tahun Depan Resmi dari Microsoft

4 min read

Xbox 360 Store Ditutup Tahun Depan

Berita tentang Xbox 360 store ditutup tahun depan memang cukup mengejutkan terutama bagi para pecinta gamenya. Namun memang hal ini sudah menjadi keputusan dari pihak Microsoft karena berbagai pertimbangan dari segi bisnis dan keuntungan.

Baca Juga : Konsol Game Xbox Terbaik dan Fakta Sejarahnya

Ada begitu banyak game yang ada dalam konsol ini dan memberikan keseruan tersendiri bagi para penggunanya. Bahkan produk ini akhirnya mampu bersaing dengan konsol serupa yaitu Sony PlayStation juga Nintendo Wii yang sudah lebih dulu.

Kepopulerannya memang luar biasa pada masanya bahkan menarik perhatian lebih dengan berbagai fitur dan game unggulannya. Namun memang Xbox 360 store ditutup tahun depan sudah jadi keputusan final karena pertimbangan biaya operasional bisnis.

Mengenal Xbox 360 Keluaran Microsoft

Xbox 360 Store Ditutup Tahun Depan

Konsol game ini resmi diperkenalkan pada 12 Mei 2005, sedangkan rilisnya pada bulan November di Amerika Utara lalu bulan Desember di Jepang dan Eropa. Ternyata adanya konsol ini menarik perhatian para pecinta game dari berbagai negara bersaing dengan PlayStation.

Sebelum akhirnya Xbox 360 store ditutup tahun depan sebenarnya konsol ini adalah yang pertama kali bisa memutarkan film HD-DVD. Meskipun memang untuk bisa menggunakan fitur tersebut harus membeli paketnya lebih dulu.

Selain itu, keunggulan konsol ini adalah yang pertama kali menggunakan stik tanpa kabel sehingga saat bermain jadi lebih leluasa. Apalagi dengan fitur grafis dan game online yang tersedia tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi permainan konsol tersebut.

Sehingga memang kiprah dari konsol ini sejak rilis tidak bisa dikesampingkan. Begitu banyak perhatian tertuju pada konsol dengan beragam keunggulan tersebut. Apalagi kemudahan untuk membeli konten game tersedia di store resmi dari Microsoft.

Namun memang saat ini sudah ada series terbaru yang menggantikan Xbox 360 dengan berbagai fitur terbarunya. Sehingga hal tersebut membuat konsol 360 mulai jarang digunakan para penggunanya yang beralih ke tipe permainan lainnya.

Alasan Xbox 360 Store Ditutup Tahun Depan 

Microsoft berencana untuk menutup Xbox 360 pada bulan Juli 2024 nanti. Pengumuman ini secara langsung pihak CVP Xbox player service yang sampaikan dalam blog Xbox. Sehingga berita ini memang benar dan resmi adanya.

Sudah 18 tahun berlalu sejak awal rilis sehingga sudah cukup lama konsol ini menemani permainan para pecintanya. Dengan alasan konsol ini sudah cukup tua dan pihak Microsoft ingin fokus untuk teknologi terbaru maka harus tutup store.

Keputusan Xbox 360 store ditutup tahun depan ini memang karena teknologi sudah berkembang begitu juga dengan ekspektasi dari para pengguna. Sehingga Microsoft ingin lebih fokus ke Xbox series X|S sebagai pengganti yang bisa kalian gunakan.

Selain itu, pertimbangan mengenai biaya operasional yang harus Microsoft keluarkan tidak sepadan dengan keuntungan dari game konsol ini. Sehingga hal ini menjadi pertimbangan mendalam bagi tim Xbox Microsoft untuk segera menutupnya.

Bagi pecinta game 360 tidak perlu khawatir karena sudah ada series terbaru yang bisa kalian gunakan saat ini. Tentunya dengan penyesuaian dengan perkembangan teknologi sehingga dalam memainkannya akan semakin seru dan menyenangkan.

Nantinya mulai tanggal 29 Juli 2024 para pengguna sudah tidak bisa lagi membeli game dan beberapa konten lainnya yang berkaitan dengan konsol Xbox 360. Bahkan ada beberapa game yang memang sudah tidak kompatibel untuk Xbox series baru.

Meskipun begitu Xbox 360 store ditutup tahun depan bukan berarti yang sudah kalian beli tidak bisa kalian gunakan. Jika kalian sudah membeli produk game dan konten untuk konsol ini sebelumnya maka masih bisa menggunakannya seperti biasa. 

Hanya saja tidak bisa update dengan permainan dan konten baru karena storenya sudah tutup tahun depan. Jadi kalian bisa menikmati permainan yang sudah ada atau memainkan series baru game konsol terbaru dari Microsoft versi X dan S.

5 Game Xbox 360 Terbaik pada Masanya

Ada begitu banyak game yang terdapat pada konsol 360 ini. Para penggemar tentunya memiliki pilihan favoritnya masing-masing. Bagi kalian para pengguna konsol ini tentunya sudah mengenal dengan baik berbagai jenis game terkenal dan legendarisnya.

Apalagi fitur dan kualitas grafis yang optimal membuat pengalaman bermain menjadi lebih nyata. Berikut beberapa permainan yang legendaris perlu kalian ingat sebelum Xbox 360 store ditutup tahun depan.

Mark of The Ninja

Game dengan tokoh utama ninja bertopeng dengan tato di sekujur tubuh ini memang sangat ikonik. Misinya adalah untuk menyelamatkan gurunya dari klan ninja Hisomu.

Meskipun memang alur ceritanya sederhana, tetapi ada kontrol mekanik dalam permainan yang begitu menarik perhatian. Beberapa tantangan rahasia memberikan hal baru yang menyenangkan selama bermain.

Red Dead Redemption

Permainan berpetualang dengan karakter utama seorang koboi bernama John Marston. John adalah mantan penjahat yang ingin mencari keadilan dan menebus kesalahan saat masih menjadi penjahat.

Latar tempat permainan yang ada di gurun pasir membuat para pemain sebagai tokoh utama juga harus melawan satwa buas di sana. Sehingga permainan jadi jauh lebih seru dan menegangkan karena ceritanya membahayakan.

Call of Duty: Black OPS 2

Komponen multiplayer jadi salah satu keunggulan game ini sehingga banyak pemain menyukainya. Apalagi dengan daya tarik utama permainan menembak zombie yang sangat menegangkan.

Banyak orang setuju jika permainan ini adalah salah satu yang terbaik di konsol 360. Jadi sebelum Xbox 360 store ditutup tahun depan memang sebaiknya memiliki game ini dan mencoba keseruannya sendiri.

Halo 3

Masih seputar game saling tembak-menembak dengan sudut pandang orang pertama. Dalam permainan akan ada empat orang pemain online sebagai co-op dan editor peta khusus.

Resolusinya juga cukup bagus untuk kalian nikmati. Apalagi jika kalian bisa meledakkan alien dalam permainan akan jadi momen yang sangat menyenangkan sebelum Xbox 360 store ditutup tahun depan.

GTA V

GTA atau Grand Theft Auto memang identik dengan cerita pengedar narkoba. Lengkap dengan mobil unik dan karakter dengan warna-warna menarik. Inilah yang membuat permainan tersebut memiliki daya tarik tersendiri secara visual.

Saat bermain kalian bisa memilih untuk menjadi pemimpin pemain protagonis, eksplorasi di dunia yang sesak, atau bahkan melakukan perampokan rumit. Memilih permainan sesuai keinginan akan memberikan pengalaman berbeda.

Masih banyak game lainnya yang bisa kalian nikmati dari Xbox 360 ini dengan keunikannya masing-masing. Meskipun harus rela Xbox 360 store ditutup tahun depan tetapi memiliki kenangan dengan konsol legendaris ini tentu menyenangkan.

Kembali menikmati berbagai game legendaris tersebut tentunya akan mengingatkan pada masa jaya game konsol 360 tersebut. Jika kalian ingin memainkannya di series baru bisa cek lebih dulu permainan yang masih kompatibel untuk memainkannya.

Harapan Besar dari Bos Xbox Phil Spencer

Xbox 360 Store Ditutup Tahun Depan

Memang berita Xbox 360 store ditutup tahun depan sangatlah menyedihkan apalagi bagi para gamer yang punya pengalaman memainkannya. Ada banyak kenangan selama 18 tahun yang terjadi seiring perkembangan konsol tersebut hingga saat ini.

Mengenai tidak semua game dari Xbox 360 bisa kalian mainkan pada Xbox Series X/S. Tentunya hal ini juga menjadi kesedihan tersendiri bagi para gamer karena benar-benar akan kehilangan permainan luar biasa.

Sebagai bos Xbox, Phill Spencer juga berharap para pengguna game ini ke depannya tetap bisa memainkan game favoritnya meskipun Xbox 360 store ditutup tahun depan. Phill juga mengatakan kelestarian game menjadi poin penting untuk pertimbangan tim Xbox.

Hingga saat ini ada kurang lebih 220 game 360 yang sudah tidak kompatibel kalian mainkan menggunakan Xbox Series X dan S. Oleh karena itu, bagi kalian yang memiliki konsol versi baru memang harus rela kehilangan game dari konsol 360.

Tim Xbox akan terus mencoba cara agar berbagai judul permainan dari Xbox 360 tetap bisa kalian akses meskipun store sudah tutup. Jadi kalian para pecinta game 360 bisa menunggu perkembangan dari tim Phill mengatasi masalah ini.

Semoga saja selanjutnya bisa ada solusi untuk menjembatani keinginan kalian memainkan game-game lama ke konsol Xbox series terbaru. Dengan begitu para penggemar game tidak perlu terlalu merasa kecewa.

Baca Juga : Xbox 360 Store Ditutup Mengguncang Dunia Games

Meskipun sudah tidak banyak orang menggunakan konsol 360, tetapi banyak juga yang merindukan permainan lama tersebut. Jadi keputusan Xbox 360 store ditutup tahun depan memang menyedihkan untuk diterima banyak pihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *