Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Mobile Legends: Bang Bang: Fakta Unik, Sejarah, Cara Bermain

4 min read

Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang atau yang biasa disebut dengan ML merupakan salah satu game moba terbesar dan paling banyak diminati orang-orang. Game online yang satu ini merupakan game yang menggunakan mekanisme permainan 5 vs 5.

Baca juga: Kumpulan Daftar Hero di Mobile Legends Terbaru 2023

Dimana kedua tim akan saling bekerja sama untuk menghancurkan turret musuh dengan menggunakan pilihan hero permainan yang bisa dimainkan. Game online yang satu ini pertama kali booming pada tahun 2017 lalu dan bertahan hingga saat ini.

Semenjak pertama kali booming beberapa tahun yang lalu, ML menjadi game yang banyak dimainkan dengan total unduh hingga ratusan juta pengguna di seluruh dunia. Menjadikannya sebagai salah satu game online paling sukses hingga saat ini.

Sejarah dan Fakta Unik Game Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang banyak dimainkan pada kejuaraan e-sport level nasional dan internasional. Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pemain Mobile Legends terbanyak di dunia hingga saat ini dan banyak memiliki pemain pro player ML.

Saking populernya game mobile online yang satu ini, kalian bisa dengan mudah menjumpai orang yang suka bermain Mobile Legends di seluruh penjuru wilayah. Dengan itu bisa dikatakan bahwa game Mobile Legends adalah game yang merakyat.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa fakta unik dan juga sejarah permainan yang banyak digandrungi oleh semua orang ini. Bagi kalian yang belum tahu tentang fakta uniknya bisa simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  •  ML Android Lebih dulu Rilis Ketimbang IOS

Fakta unik yang pertama adalah , bahwa Mobile Legends: Bang Bang versi Android lebih dulu hadir dibanding iOS. Padahal kebanyakan developer seringkali merilis game buatan mereka untuk iOS terlebih dahulu baru kemudian rilis untuk Android.

Namun berbeda dengan Moonton, selaku developer Mobile Legends malah melakukan hal sebaliknya yaitu dengan merilis game Mobile Legends generasi pertama untuk platform Android terlebih dahulu baru kemudian merilis untuk platform iOS.

  •  Pernah Digugat oleh Riot Games

Moonton selaku pengembang dari Mobile Legends: Bang Bang, pernah digugat oleh Riot Games pada tanggal 11 Juli 2017. Dan gugatan tersebut didasarkan atas dugaan pelanggaran atas kekayaan intelektual oleh Moonton dengan hadirnya game ML ini. 

Para pengacara Riot Games menuturkan dalam gugatan mereka, bahwa Moonton melakukan pelanggaran atas kekayaan intelektual melalui video game yang mereka kembangkan, yaitu Magic Rush: Heroes Mobile, Legends: 5v5 MOBA.

  •  Kebiasaan Para Player Mobile Legends

Fakta menarik selanjutnya dari game Mobile Legends: Bang Bang yaitu kebiasaan para pemain game ini sering kali mengambil tangkapan layar (screenshot) dari gameplay Mobile Legends pada saat loading sebelum masuk ke gameplay permainan.

Dan juga pada saat setelah selesai bertanding melawan team lain, dan kemudian mengunggah tangkapan layar tersebut ke media sosial. Kebiasaan tersebut sudah sering mereka lakukan tanpa disadari selama bertahun-tahun bermain game satu ini.

  •  Indonesia Memiliki Player Mobile Legends ke 2 Terbanyak

Ternyata Indonesia menempati urutan ke-dua pemain terbanyak Mobile Legends di dunia. Hal ini dikarenakan hampir semua orang baik itu tua ataupun muda semuanya suka dengan permainan game MOBA yang satu ini karena seru untuk dimainkan.

Karena hal inilah Players Indonesia mendapatkan apresiasi dari Moonton dengan membuatkan karakter Hero tipe tank yang bernama Gatot Kaca, dan Hero tipe Mage yang bernama Kadita yang menjadi salah satu karakter hero asli dari Indonesia.

  •  Memiliki Banyak Jumlah Hero Murah dengan Skin Mahal

Perlu kalian ketahui bahwa di game Mobile Legends: Bang Bang sebenarnya hampir sebagian besar atau mungkin semua hero-hero di Mobile Legends memiliki harga beli yang murah. Sayangnya walau harga belinya murah, harga skinnya itu mahal-mahal.

Misalnya saja, hero Bane bisa dibeli dengan harga 6.500 battle point, namun salah satu skinnya yang bernama Count Dracula malah memiliki harga 1089 diamond yang jika dikonversikan ke dalam mata uang asli, menjadi sekitar 300 ribu-an lebih.

Mobile Legends: Bang Bang

  •  Sering Kali Melakukan Update

Sebagai sebuah game dengan jumlah player sangat banyak, membuat Moonton mau tidak mau secara teratur terus memperbarui Mobile Legends. Hal ini yang menjadikannya sebagai salah satu game yang sering kali melakukan update permainan.

Hal tersebut dilakukan agar pemain tidak cepat bosan. Apalagi dalam setiap pembaruannya, Moonton membawa serta fitur baru, hero baru, dan juga perbaikan terhadap bug yang selalu ditingkatkan dari versi sebelumnya.

  •  MOBA Pertama yang Menggunakan Analog

Fakta menarik selanjutnya yaitu game yang bernama Mobile Legends: Bang Bang ini ternyata merupakan game MOBA pertama yang menghadirkan teknologi analog. Teknologi ini dihadirkan untuk menggerakan karakter hero yang digunakannya.

Karena hal inilah yang membuat game ini sering menjadi bahan olok-olokan pada awal kemunculannya karena dianggap aneh, karena pada waktu itu game MOBA belum ada yang menggunakan analog sehingga dirasa tidak lazim permainannya.

  •  Game MOBA dengan Hero Terbanyak

Fakta unik terakhir dari permainan Mobile Legends adalah memiliki jumlah Hero Terbanyak di antara game MOBA yang lainnya. Karena hampir di setiap pembaruan season Moonton selalu menghadirkan karakter permainan baru sebagai pembaruan.

Hero di Mobile Legends terbagi menjadi 6 tipe yaitu Tank, Fighter, Assasin, Mage, Marksman, dan Support. Untuk menjadi tim yang solid maka diperlukan untuk memiliki semua tipe karakter dari game Mobile Legends tersebut.

Itulah beberapa fakta menarik dari game Mobile Legends: Bang Bang, jadi tentunya saat ini kalian sudah tahu bukan tentang fakta menarik apa saja yang dimiliki oleh game MOBA paling populer yang satu ini?.

Selanjutnya kita akan sedikit membahas tentang sejarah permainan game Mobile Legends ini tercipta pada awalnya, hingga menjadi salah satu game favorit yang diminati banyak orang seperti yang saat ini.

Sejarah Singkat Game Mobile Legends

Mobile Legends: Bang Bang

Sebagai salah satu game MOBA yang sudah populer cukup lama dari tahun 2017 lalu hingga saat ini, membuat Mobile Legends memiliki catatan perjalanan yang cukup panjang dari waktu ke waktu sehingga menjadikannya cukup populer hingga saat ini.

Oleh karena itu para pemain Mobile Legends tentu harus tahu tentang sejarah singkat permainan MOBA yang satu ini. Oleh karena itu kita akan sedikit bahas tentang sejarah singkat yang dimiliki oleh game MOBA Mobile Legends yang satu ini.

  • Apa itu Mobile Legends?

Mobile Legends: Bang Bang adalah arena pertempuran daring multi pemain (MOBA) untuk perangkat iOS dan Android yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Shanghai Moonton Technology, perusahaan pengembang game yang berbasis di Kuala Lumpur.

  • Bagaimana Cara bermain?

Pada intinya, Mobile Legends mengadu 2 tim dari 5 melawan satu sama lain, dengan tujuan utama adalah untuk menghancurkan basis lawan. Di awal permainan, setiap pemain dapat memilih pahlawan. 

Setiap pahlawan memiliki seperangkat atribut dan keterampilan yang unik. Saat ini ada 92 pahlawan dalam permainan, dikelompokkan ke dalam 6 peran berbeda: tank, pejuang, pembunuh, penembak jitu, dukungan, dan penyihir.

Peran ini menentukan tanggung jawab pemain untuk timnya masing-masing. Pahlawan pendukung, misalnya, dapat buff atau menyembuhkan rekan satu tim mereka. Itu sebabnya mereka harus tetap dengan sekutu mereka untuk menjaga mereka tetap kuat.

Pemain juga harus menaikkan level pahlawan mereka dengan mengalahkan pasukan musuh, khususnya antek yang dikendalikan komputer, menara, dan pahlawan. Dengan melakukan hal itu, mereka mendapat uang dalam game. 

Sebuah permainan khas Mobile Legends: Bang Bang berjalan rata-rata 10 hingga 15 menit, tidak seperti judul MOBA untuk PC seperti Dota 2 dan League of Legends, yang dapat berlangsung antara 40 menit hingga satu jam.

  • Seberapa Populer Game Ini?

game ini dilaporkan telah mengumpulkan lebih dari 500 juta unduhan dan 75 juta pemain aktif sejak pertama kali diluncurkan. Sebagian besar popularitasnya berpusat di sekitar Asia Tenggara, di mana permainan telah memantapkan dirinya sebagai tujuan utama.

Filipina, misalnya, memiliki liga esports Mobile Legends: Bang Bang sendiri yang disebut Liga Profesional MLBB. Baru-baru ini menyimpulkan musim ke-4, dengan Sunsparks memenangkan kejuaraan dan menangkap bagian terbesar dari hadiah renang $ 54.000.

Baca juga: Tugas Pemain di Lawn of Dawn Mobile Legends

Para pemain non-profesional, sementara itu, memiliki MLBB LIGA, acara pertempuran jalanan di mana para penggemar dapat saling bersaing untuk mendapatkan hadiah. Di luar negeri, ada MLBB World Championship 2019, atau singkatnya M1.

Itulah beberapa fakta menarik dan sejarah singkat game ini yang menjadikan ya populer hingga saat ini dan banyak dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Perkembangan game Mobile Legends: Bang Bang memang sangat menarik diikuti.

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *