Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Segala Sesuatu Tentang Apa Itu Malware yang Wajib Kita Tahu

4 min read

apa itu malware

Dalam menggunakan internet kita semua harus tetap berhati-hati agar tidak terkena virus maupun malware, tahukah kalian apa itu malware? Beberapa orang pastinya sudah mengetahui mengenai hal ini, tetapi pastinya ada banyak juga yang belum mengetahuinya.

Tidak perlu khawatir, sebab dalam pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai apa itu virus dan malware berbahaya bagi perangkat dan bahkan bisa merugikan bagi kita. Kalian bisa menyimak pembahasan khusus untuk kalian di bawah ini.

Baca juga: Berikut Ini Cara Ganti Password Wifi Mudah dan Lengkap

Hampir semua kegiatan yang kita lakukan sehari-hari biasanya dilakukan melalui internet. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini mewajibkan semua orang untuk saling menjaga jarak demi mengurangi risiko tertular virus Covid-19.

Mulai dari belajar, bekerja, sampai dengan belanja bisa dilakukan dari rumah melalui internet. Namun, seperti kita ketahui bersama setiap hal pastinya memiliki kelebihan dan juga kekurangan, begitu juga dengan internet ini.

Dibalik banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari menggunakan internet, ada berbagai masalah bisa kalian dapatkan jika tidak berhati-hati dalam menggunakan internet. Salah satu masalah sering dialami oleh banyak orang adalah malware yang biasa menyerang perangkat kalian.

Kedua hal ini menjadi beberapa masalah utama yang bisa menyebabkan perangkat elektronik kalian rusak. Ingin tahu bagaimana cara mencegahnya? Simak pembahasan kita di bawah ini.

Apa Itu Malware?

apa itu malware
Segala Sesuatu Tentang Apa Itu Malware yang Wajib Kita Tahu

Internet menjadi salah satu teknologi paling mutakhir pernah ditemukan oleh umat manusia. Berkat adanya teknologi ini kita jadi bisa melakukan apa saja dengan mudah, mulai dari berbicara dengan saudara tinggal jauh sampai dengan mengetahui berbagai macam hal belum kita ketahui sebelumnya.

Namun, sayangnya internet juga dimanfaatkan oleh para oknum dan bisa sangat merugikan korbannya. Kejahatan internet ini biasa disebut cybercrime menggunakan berbagai metode yang tentunya akan kita jelaskan pada pembahasan apa itu malware ini.

Malware merupakan perangkat lunak sengaja dibuat dengan tujuan memasuki dan juga bisa merusak sistem komputer, jaringan, maupun server tanpa diketahui oleh pemiliknya. Masalah ini baru akan diketahui ketika sudah menjangkit ke seluruh perangkat.

Menariknya tidak sembarang orang bisa membuat perangkat lunak semacam ini. Sebab, orang itu harus mengetahui cara membuat perangkat lunak, menguasai sistem keamanan pada perangkat lunak, dan tentunya mengetahui apa itu malware.

Istilah dari tindak kejahatan ini sendiri datang dari kata malicious yang artinya “berniat jahat” dan software “perangkat lunak”. Jadi sudah jelas, tujuannya adalah untuk merusak dan juga mencuri data dari perangkat yang dimasuki.

Tetapi saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa membantu orang awam dan belum mengetahui secara lengkap apa itu malware untuk membuat software yang digunakan untuk tindak kejahatan ini.

Software ini biasanya akan disusupkan ke dalam jaringan internet. Oleh sebab itu kalian harus berhati-hati lagi jika mengunjungi sebuah situs atau website tidak jelas asal usulnya. Selain itu, jika kalian mendapatkan kiriman link yang biasanya bermodus hadiah sebaiknya untuk tidak membukanya.

Link tersebut biasanya akan berisi virus dengan sudah dirancang khusus untuk mencuri data milik kalian. Data-data yang dicuri bisa berupa kartu kredit, identitas pribadi, email, kata sandi pribadi, saldo bank digital, dan masih banyak lainnya.

Jenis-Jenis Malware yang Sering Dipakai?

apa itu malware
Segala Sesuatu Tentang Apa Itu Malware yang Wajib Kita Tahu

Hal tersebut tentunya bisa merugikan kalian bukan? Oleh sebab itu, dalam pembahasan apa itu malware ini kita akan membahas mengenai cara mencegah dan menangani agar perangkat tidak terjangkit virus berbahaya yang bisa merugikan bagi kita.

Namun, sebelum itu yang perlu kalian ketahui adalah malware memiliki beberapa jenis. Setiap jenisnya tentunya memiliki metode penyerangan sampai dengan dampak berbeda juga terhadap korbannya.

Ada yang hanya mencuri data-data pribadi sampai dengan mencuri uang dengan melakukan blackmail kepada korban. Tidak perlu berlama-lama lagi berikut beberapa jenis software tindak kejahatan yang sering dipakai oleh para cybercriminal.

  • Virus

Virus menjadi salah satu malware yang bisa menempel pada file atau dokumen di perangkat komputer. Jadi tidak heran virus merupakan salah satu jenis yang paling sering kita jumpai di internet.

Jenis ini dibuat dan dirancang sedemikian rupa agar bisa menghilangkan data atau informasi pengguna ketika membuat dan menggunakan dokumen. Maka dari itu, sebaiknya kalian lebih berhati-hati lagi jika mengunduh file di internet. Bisa saja file tersebut sudah terkandung virus.

  • Trojan

Jika virus biasanya menempel pada file maupun data dari internet, jenis selanjutnya dalam pembahasan apa itu malware ini adalah trojan dengan ciri khasnya yaitu menempel pada aplikasi maupun software.

Jenis satu ini akan bekerja aktif ketika pengguna mengunduh software yang sudah diserang oleh trojan. Ketika pengguna mulai mengunduh, trojan akan segera bekerja dengan menyebar dan mencari berbagai data penting yang bisa dicuri.

  • Worm

Sesuai dengan namanya, worm bisa menggandakan dirinya sendiri kemudian menyebar ke berbagai software komputer milik pengguna. Worm bisa masuk dengan mudah ke komputer pengguna melalui internet atau aplikasi yang diinstal oleh kalian.

  • Ransomeware

Malware selanjutnya dengan predikat cukup berbahaya pada pembahasan apa itu malware kali ini adalah ransomware. Ransomware biasanya digunakan oleh para cybercriminal maupun hackers untuk meretas serta mencuri data pengguna, dan nantinya pengguna akan diancam datanya akan disebar dengan dimintai tebusan uang.

Penyebab Terjadinya Malware Pada Perangkat Kalian

Penyebarannya bisa terjadi melalui berbagai macam hal, hal itu juga yang akan kita jelaskan dalam pembahasan berikutnya. Namun, yang pasti salah satu metode penyebaran utama software semacam ini adalah melalui internet.

Cara penyebaran virus pertama adalah melalui plugin yang merupakan program untuk menambahkan fitur pada sebuah website tanpa harus mengubah program di dalamnya. Bagi sebagian orang tentunya plugin bisa sangat bermanfaat dan membantu dalam mengembangkan website.

Tetapi pada kenyataannya, plugin biasanya sudah disusupi kode program yang bisa merusak website milik kalian sendiri. Terutama jika kalian menggunakan plugin bajakan dengan asal usul tidak jelas.

Penyebab menyebarnya virus pada komputer dalam pembahasan apa itu malware selanjutnya adalah penggunaan tema bajakan pada komputer. Tampilan komputer yang itu-itu saja seringkali membuat kita merasa bosan.

Alhasil biasanya kita akan menggunakan tema menarik sesuai dengan keinginan secara gratis di internet. Namun, kalian perlu berhati-hati karena bisa saja tema tersebut sudah dirancang khusus oleh para cybercriminal untuk dimasuki malware yang bisa mencuri data-data pribadi miliki pengguna.

Maka dari itu jika ingin menggunakan tema, lebih baik untuk memilih tema berbayar dan bukan merupakan produk bajakan. Sebab, hampir semua produk bajakan memiliki kemungkinan disusupi oleh virus, trojan, adware, sampai dengan ransomware seperti sudah dijelaskan sebelumnya pada pembahasan apa itu malware.

Dengan mengetahui cara penyebaran malware, setidaknya kalian bisa lebih berhati-hati lagi jika ingin mengunduh file baik itu software, tema, film, sampai dengan game bajakan agar tidak terkena malware yang bisa merugikan pengguna.

Cara Mengatasi Terjadinya Malware Pada Perangkat Kalian

apa itu malware
Segala Sesuatu Tentang Apa Itu Malware yang Wajib Kita Tahu

Tidak perlu khawatir, sebab setiap masalah pasti ada solusinya. Begitu juga dengan solusi cara mengatasi malware agar tidak terjadi dan merugikan kita. Penasaran dengan bagaimana caranya? Kalian bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

  • Memakai wordfence untuk wordpress

Cara pertama dan juga terbukti ampuh dalam mengatasi malware dalam pembahasan apa itu malware adalah dengan menggunakan wordfence. Wordfence merupakan salah satu jenis plugin dari wordpress yang biasa digunakan untuk melakukan pemindaian virus dan membersihkannya.

Tenang saja, kalian bisa menggunakan wordfence untuk mencegah dan mengatasi malware secara gratis. Selain wordfence, kalian juga bisa menggunakan software lain seperti bulletproof, iThemes, All In One WP, dan masih banyak lainnya.

  • Memakai safe mode

Cara efektif berikutnya adalah dengan menggunakan safe mode. Sistem ini memungkinkan komputer untuk dapat melakukan perbaikan pada software dan sistem yang rusak karena malware. Kalian bisa mengaktifkannya dengan cara menekan tombol F8 dan memilih pilihan safe mode.

  • Memutuskan jaringan internet

Kemudian kalian juga bisa memutuskan jaringan internet untuk mengatasi virus pada komputer. Seperti kita ketahui bersama malware mudah masuk melalui jaringan internet, sehingga memutuskan jaringan merupakan salah satu cara terbaik jika sudah komputer kalian sudah terindikasi terkena virus.

Baca juga: Tutorial Setting APN Tri Beserta Langkah Mudahnya

Meskipun sangat berbahaya dan bisa merugikan banyak pengguna, tetapi malware tetap bisa diatasi dengan cara-cara di atas. Maka dari itu kalian perlu mengetahui apa itu malware agar mengerti cara untuk mengatasinya.

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *