Begini Cara Mengganti Password WiFi yang Praktis dan Mudah di Praktikan!

4 min read

Cara Mengganti Password WiFi

Di era modern ini orang-orang membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk kelancaran berbagai aktivitas. Entah itu untuk sekolah, bekerja atau bahkan sekedar mencari hiburan. Oleh karenanya banyak pula yang kini mulai memasang WiFi di rumah masing-masing, tapi sayangnya ada yang belum paham tentang cara mengganti password WiFi setelah pemasangan.

Koneksi internet yang menggunakan WiFi akan sangat stabil dan lancar, sehingga mempermudah apapun yang akan kalian lakukan. Biasanya saat memasang WiFi ada biaya yang akan dikenakan pertama kalinya kemudian biaya yang harus dikeluarkan untuk berlangganan setiap bulan. Kecepatannya pun berbeda-beda tergantung dengan paket apa yang kalian pilih.

Baca Juga : Aplikasi Uji Kecepatan Internet dan Cara Menggunakannya

Namun, daripada itu di sini akan dibahas secara detail mengenai bagaimana cara mengganti password WiFi baik melalui ponsel atau lewat laptop. Kalian harus belajar tentang caranya untuk berjaga-jaga supaya suatu saat tidak terjadi hal tak diinginkan.

Tutorial Ganti Password WiFi Dari Smartphone dan PC

Cara Mengganti Password WiFi

Sebenarnya untuk tutorial atau langkah penggantian password WiFi ini tak begitu sulit. Hanya saja bagi para pemula yang baru memasangnya tentu masih sedikit kebingungan.

Oleh karena itu, mari sebaiknya simak langkah-langkah atau cara mengganti password WiFi berikut ini!

  1. Buka browser dan coba ketikkan angka 192.168.1.1 di mesin pencari browser tersebut.
  2. Jika ada kolom kosong yang mengharuskan isi username dan password, maka yang pertama kali mesti kalian masukkan adalah kata admin untuk dua kolom tersebut. Tentu saja penulisannya memakai huruf kecil semua.
  3. Lalu setelah diarahkan ke halaman selanjutnya, akan ada dua opsi yang bisa dipilih. Di sini kalian harus memilih opsi yang bertuliskan Network.
  4. Berikutnya pilih lagi opsi WLAN baru kemudian memilih menu Security.
  5. Lantas kalian akan dihadapkan pada kolom penggantian password yang berada tepat di samping WPA Passphrase. Tinggal masukkan saja password baru yang berjumlah 8-63 karakter.
  6. Pastikan kalian memilih nama password yang mudah untuk diingat tapi tidak bisa ditebak oleh orang lain. Karena hal ini akan menyulitkan mereka untuk membobol jaringan WiFi di rumah tersebut.
  7. Jika sudah yakin betul dengan password yang diganti, maka selanjutnya klik tombol submit.
  8. Nah, apabila kalian tertarik untuk mengganti nama WiFi-nya, maka menu yang dipilih tak lain adalah Network dulu lalu WLAN baru SSID Settings.

Sebenarnya cara mengganti password WiFi ini sangat mudah dilakukan, bukan? Bahkan tak memerlukan kode apapun yang rumit untuk menggantinya.

Tapi pastinya bagi pemula merasa ada ketakutan apabila nanti salah mengutak-atik dan membuat jaringan jadi semakin hilang atau tidak bisa digunakan. Jika sudah begitu maka harus memanggil teknisi yang bersangkutan demi memperbaikinya kembali seperti semula.

Cara mengganti password WiFi baik di PC atau komputer dengan yang ada di HP pun tak berbeda. Hanya saja pastikan dulu bahwa PC atau komputer yang digunakan sudah terhubung ke jaringan Wi-Fi terlebih dahulu. Beberapa router mempunyai cara yang berbeda dalam proses pergantian password ini.

Jika halaman di atas tidak bisa diakses sama sekali, maka kalian bisa coba memakai angka 192.168.1.254 atau di halaman 192.168.0.1 yang diketik melalui browser. Namun, sebaiknya saat pertama kali pemasangan kalian harus mencari tahu dengan bertanya lewat teknisi yang memasang alat tersebut.

Nantinya teknisi akan dengan senang hati mengajari bagaimana cara mengganti password WiFi yang benar supaya kalian tidak melakukan kesalahan. Mengganti password WiFi secara berkala nyatanya sangat penting. Setidaknya kalian harus melakukan hal ini sebulan sekali.

Kenapa Mengganti Password WiFi Wajib Dilakukan?

Cara Mengganti Password WiFi

Ada berbagai macam alasan mengapa penggantian password WiFi ini sangat wajib. Adapun beberapa alasannya ialah sebagai berikut ini.

1. Supaya Jaringan Lancar Alias Tidak Lemot

Jangan kira dengan menggunakan WiFi kalian bisa lancar-lancar saja dalam berselancar di internet. Sebab, ada kalanya jaringan WiFi yang digunakan mengalami lemot alias sangat lama untuk urusan loading saja. Biasanya banyak orang akan mulai menerapkan cara mengganti password WiFi jika ini terjadi.

Misalnya jika kalian ingin melakukan browsing, maka halaman tidak cepat keluar dan harus menunggu selama beberapa menit lamanya. Ada alasan kenapa jaringan WiFi ini bisa lemot, salah satunya ada banyak orang yang terhubung dengan jaringan internet tersebut.

Hal ini dapat mempengaruhi kinerja jaringan dari WiFi yang kalian pasang. Jadi, mempelajari cara mengganti password WiFi ini menjadi sebegitu pentingnya agar tidak ada orang yang seenaknya ‘nebeng’ di jaringan WiFi.

Kadang orang-orang yang menggunakan jaringan WiFi secara diam-diam ini merupakan orang yang ilegal seperti tetangga yang rumahnya tak jauh dari rumah kalian. Akan sangat disayangkan apabila kamu yang mengeluarkan uang tiap bulan untuk membayar WiFi tapi dengan seenaknya orang-orang sekitar justru memakai tanpa membayar dan tanpa izin pula.

2. Mencegah Gangguan Pada Router

Router juga bisa mengalami gangguan juga lho, tentu hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor. Apabila banyak orang mengakses jaringan WiFi yang ada di rumah, maka hal ini memperbesar peluang router tersebut terganggu.

Maka dari itu, agar lebih aman dianjurkan tahu tentang cara mengganti password WiFi secara berkala seperti yang dijelaskan di atas. Pasalnya, sekarang ini telah banyak cara yang bisa dilakukan oleh orang lain untuk meretas jaringan WiFi, entah itu dengan bantuan aplikasi atau tidak. Sehingga hal ini menjadi sangat tidak aman sama sekali.

3. Pengamanan Terhadap Data Pribadi

Sekarang ini segalanya bisa dilakukan dengan mudah asal ada jaringan internet yang memadai. Termasuk dalam hal pencurian data pribadi yang ada di ponsel dan sebagainya. Jadi, untuk mencegah hal tidak diinginkan seperti data yang bocor ke pihak tak bertanggung jawab, maka cara mengganti password WiFi ini harus kalian kuasai.

Jika data pribadi mulai bocor ke tangan orang lain, bukan tidak mungkin hal itu akan disalahgunakan untuk hal-hal negatif lainnya. Sehingga membuat kalian kesulitan di kemudian hari.

Kenapa Banyak Orang Mulai Beralih ke Jaringan WiFi?

Cara Mengganti Password WiFi

Tentu saja, ada banyak alasan kenapa masyarakat mulai beralih memasang WiFi di rumah masing-masing. Selain karena kemudahan dalam koneksi internet, ada beberapa alasan lain yang mendasari penggunaan jaringan satu ini. Apa saja?

1. Lebih Hemat Dibanding Paket Data

Jika dibandingkan dengan paket data, pemakaian WiFi ini cenderung lebih hemat. Ambil contoh ada 4 anggota keluarga yang menggunakan akses internet, setiap bulannya mereka membutuhkan masing-masing 100 ribu untuk membeli paket data.

Nah, di sini tentu sudah terlihat sekali pengeluarannya, apalagi kadang penggunaan paket data tidak menentu sama sekali karena ada yang bahkan belum sebulan sudah habis duluan. Berbeda dengan jika kalian memasang WiFi yang mana untuk sebulan cukup membayar 300 ribu saja untuk seluruh anggota keluarga di rumah.

Jangan lupa untuk mempelajari hal-hal yang bersangkutan dengan WiFi, seperti cara mengganti password WiFi ini misalnya.

2. Pekerjaan Menjadi Lebih Lancar

Banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari berjualan online, sehingga koneksi internet yang lancar sangat diperlukan. Pemasangan WiFi ini bertujuan untuk membuat pelayanan bisnis menjadi lebih cepat dan tentu saja membuat pelanggan jadi puas.

Bisa juga kalian membuka bisnis dengan memberikan akses jaringan WiFi dengan tarif misalnya 3000 rupiah untuk beberapa jamnya. Nah, dengan begitu kalian bisa menambah pundi-pundi penghasilan pula.

Oleh karena itu, penting sekali belajar cara mengganti password WiFi supaya tidak sembarang digunakan, dan apabila ada yang mau membayar untuk memakainya, kalian tinggal memberikan password tersebut.

3. Jaringan Internet Lancar 24 Jam Non Stop

Alasan memakai WiFi adalah karena jaringan internet bisa diakses selama 24 jam penuh alias unlimited. Beda halnya jika kalian memakai paket data yang kadang ada pembagian kuota siang, malam sampai pembagian kuota untuk chat, aplikasi dan lain-lain.

Jadi, jika dibutuhkan maka kalian bisa mengakses apapun dalam 24 jam. Tidak peduli itu siang hari atau larut malam sekalipun, maka jaringan WiFi akan tetap bagus dan terkoneksi dengan lancar.

Baca Juga : Pergelaran Indonesia Esports Summit 2022 di Bali

Dalam cara mengganti password WiFi, penting untuk tidak dengan mudah memberikannya kepada siapapun secara sembarangan. Buat password yang sekiranya rumit tapi mudah diingat, bahkan beberapa orang ada pula yang membuat password panjang dan aneh untuk mencegah WiFi dibobol. Tidak ada salahnya membuat nama password yang aneh dan panjang selama kalian bisa ingat.

Originally posted 2022-11-08 15:26:36.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *