Tutorial Posting Video TikTok, Bisa Bikin Ramai

5 min read

Tutorial Posting Video TikTok, Bisa Bikin Ramai! Melihat dari judulnya saja tentu sudah banyak dari kamu yang langsung tertarik dan penasaran. Ya, aplikasi online yang satu ini memang sedang mencuri perhatian banyak orang karena mulai digunakan secara aktif. Meski kita masih ingat dengan baik bahwa beberapa tahun silam pengguna TikTok masih sedikit dan bahkan banyak orang yang tidak menyukainya.

Baca juga artikel lain di : https://feedeed.com/

Tapi, hari ini TikTok menjadi salah satu aplikasi teratas yang paling dicari oleh masyarakat di seluruh dunia. Meski sudah dirilis pada tahun 2016 silam, TikTok baru mengeluarkan versi stabilnya di 31 Maret 2020 ini, dan tanpa disangka versi terbaru tersebut mampu meraih hati banyak masyarakat. Sehingga, jelas sudah tidak perlu dipungkiri lagi bahwa TikTok ikut bersaing dalam jajaran aplikasi online yang ternama.

sumber: JATIMNET.COM

Platform ini sendiri memungkinkan para penggunanya untuk bisa membuat video pendek dengan durasi 15 hingga 60 detik dalam satu kali posting. Hal ini tentu sangat menarik karena banyak orang yang tidak menyukai sebuah video dengan durasi yang terlalu lama. Maka dari itulah banyak orang yang juga kini mulai beralih untuk menggunakan TikTok dalam mengekspresikan diri mereka. Bahkan, cara atau tutorial posting video TikTok sendiri sangatlah mudah.

Tidak hanya orang dewasa saja, bahkan anak-anak juga bisa menggunakan TikTok dengan mudahnya. Apalagi kamu bisa meng-eksplor lebih banyak hal dari video yang ditampilkan, bahkan ada video edukasi juga yang dapat dinikmati. Jadi bisa dikatakan bahwa TikTok sangatlah beragam dan semakin bersaing dengan aplikasi sosial media lainnya. Tidak jarang juga para penggunanya beramai-ramai membuat konten untuk menarik audience.

Bagi kamu yang juga mungkin tertarik untuk coba memakai aplikasi satu ini, maka wajib tahu beberapa tutorial posting video TikTok agar ramai. Pasalnya, masih ada saja pengguna yang belum memilikiki banyak pengikut atau viewers karena bingung tentang apa yang harus ia lakukan. Apalagi algoritma dari aplikasi TikTok sendiri termasuk sulit ditebak, sehingga ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal ini terlebih dahulu.

Tutorial posting video di Tiktok

sumber: Insider

Mengunggah sebuah video pada aplikasi TikTok sebenarnya mudah-mudah saja, tetapi yang sulit adalah cara untuk membuatnya menjadi ramai dan memiliki banyak viewers. Maka dari itu kami akan membagikan beberapa tutorial atau tips untuk membuat video TikTok yang kamu unggah bisa ramai. Apalagi untuk kamu yang ingin menjadi artis TikTok, jelas memiliki banyak pengikut dan viewers adalah keharusan, bukan?

Unduh Aplikasi TikTok

Langkag pertama dari tutorial posting video TikTok adalah dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Di mana aplikasi buatan Beijing ini dapat kamu unduh dengan mudahnya baik lewat App Store atau juga Google Playstore. Unduh aplikasinya hingga terpasang sempurna pada ponsel pintarmu, dan izinkan perangkat mengakses smartphone. Namun, ada baiknya baca terlebih dahulu berbagai aturan dan persyaratannya, ya!

Mendaftarkan Akun

Langkah kedua adalah dengan mendaftarkan diri Anda agar bisa membuat akun pada aplikasi TikTok. Caranya juga mudah sama seperti registrasi pada aplikasi sosial media biasanya. Di sini kamu dapat memasukkan email aktif dan juga kata sandi. Jika sudah memiliki akun, maka masukkan bio dan juga foto agar terlihat lebih menarik. Buatlah bio yang sekiranya bisa membuat orang lain penasaran, begitu juga dengan foto profil yang dipajang.

Mengunggah Video Yang Menarik

Jika kamu sudah memiliki akun, maka mulailah dengan mengunggah video pertamamu semenarik mungkin. Kamu hanya perlu menekan logo kotak dengan tanda + di bagian dalamnya, dan pilih video apa yang ingin kamu upload. Setelahnya edit dan buat sesukamu agar video menarik dan yang penting enak untuk dilihat. Tentu saja sangat mudah untuk melakukan tutorial posting video TikTok, karena untuk pengguna baru akan ada arahan terkait langkah-langkahnya.

Tips untuk menambah viewers pada TikTok

Setelah membahas bagaimana cara untuk mengunggah video pada aplikasi TikTok, kali ini kami juga ingin membagikan beberapa tips yang bisa digunakan untuk menambah viewers. Pastinya kamu sangat ingin memiliki penonton yang banyak agar bisa menjadi terkenal. Namun sering kali cara yang digunakan tidak sesuai, oleh karenanya bisa ikuti beberapa tips ini!

Selalu Explore

Tips pertama setelah membahas tutorial posting video TikTok adalah dengan selalu explore terhadap hal-hal baru yang sedang trend dan menarik. Tidak jadi masalah memang jika kamu ingin membuat trend-mu sendiri, hanya saja tidak jika kamu masih menjadi pengguna baru. Maka dari itu sebaiknya lihat apa yang sedang banyak orang bahas atau cari, dengan demikian kamu bisa mengikutinya agar menarik banyak viewers.

Kamu bisa dengan mengikuti ornag-orang yang terkenal di TikTok agar tahu update terbaru mereka dan sebagainya. Kamu juga bisa terus melakukan explore lewat hashtag yang digunakan dan sedang trend agar tidak ketinggalan zaman. Dengan tips ini kamu juga bisa ikut berkembang tentunya, sehingga orang pun akan tertarik untuk mengikutimu juga.

Buat Ciri Khas

Tips kedua adalah dengan membuat suatu ciri khas dari dirimu sendiri agar orang bisa langsug mengenali bahwa video tersebut adalah milikmu. Misalnya dengan gaya bahasa yang dibuat lucu atau juga dengan konten-konten tertentu dengan cara penyampaian yang khas. Sehingga orang tertarik dan bisa langsung teringat padamu karena konten tersebut sangat eyecatching. Tips dan tutorial posting video TikTok satu ini wajib kamu ikuti karena orang lebih senang dengan sesuatu yang berciri khas.

Tapi, tidak lupa juga pastikan kamu tetap dapat menyeimbangkannya dengan selera pasar. Sehingga tidak bertabrakan atau malah membuat orang hilang respek sama sekali. Hindarilah hal-hal yang berbau plagiat agar tidak menimbulkan kebencian, karena sering kali pengguna sosial media tidak bisa bertindak secara bijak. Maka dari itu, carilah hal yang bisa menjadi ciri khasmu dan gunakan itu dalam konten-konten video yang dibuat.

Konsisten

Tips selanjutnya adalah dengan selalu konsisten dalam membuat sebuah video. Baik itu berdurasi singkat atau juga lama. Kamu bahkan bisa membuat video dengan part atau berseri, misalnya video part 1 dilanjut dengan part 2 yang saling berkesinambungan. Cara ini bisa memperbanyak followers pada akun TikTok milikmu karena orang tertarik dengan hal-hal yang konsisten. Hal ini bisa menjadi asupan baru setiap harinya bagi para pengguna.

Maka dari itulah, ingat untuk terus konsisten walau dengan video sesederhana atau sesingkat apapun. Jangan biarkan akunmu kosong dalam waktu yang terlalu lama agar orang terus penasaran dan datang menonton lagi dan lagi. Memang konsisten tidaklah mudah untuk mempraktekkannya, tetapi bisa dilakukan secara bertahap dengan rajin membagikan postingan video dalam kurun waktu tertentu. Misalnya awal-awal upload 3 hari sekali, lakukan beberapa minggu dan naikkan menjadi lebih sering seperti 2 hari sekali dan sebagainya.

sumber: Medium

Melakukan Promosi

Tips selanjutnya yang jarang sekali dilakukan oleh kebanyakan pengguna adalah dengan mempromosikan konten yang mereka posting. Padahal, melakukan promosi adalah hal yang terbilang penting agar video atau unggahan tersebut bisa memiliki lebih banyak viewers. Caranya juga mudah, kamu bisa mencantumkan akun TikTok milikmu di sosial media lain. Sehingga orang bisa mencarimu dan menonton konten yang sudah kamu buat.

Kamu juga bisa memposting kembali video di TikTok milikmu pada Instagram dan sebagainya. Dengan demikian followers akan lebih mengenalmu dan juga ikut aktif mengikutimu di TikTok. Pastinya cara ini dapat membuat ramai penonton dan juga “Like” pada video TikTok yang kamu buat. Jadi, jangan lupakan tips berikus tutorial psoting video TikTok yang satu ini, ya!

Tidak Menggunakan Hashtag

Tips berikutnya ini sedang ramai dibicarakan adalah dengan tidak mencantumkan hashtag atau tagar pada postingan yang kamu buat. Di mana tagar ini sering kali digunakan agar bisa masuk fyp atau explore ke pengguna lain sebagai bagian dari “rekomendasi akun”. Hanya saja, ternyata menurut beberapa orang hashtag ini tidak begtiu berpangaruh.

Bahkan, dengan tidak menggunakannya sama sekali jauh lebih membawa lebih banyak viewers jika dibandingkan kamu mencantumkan banyak tagar. Namun, untuk coba-coba sebagai pengguna baru tidak masalah jika mau mencantumkan tagar tersebut agar bisa masuk fyp. Cobalah eksplor dan gali lebih banyak lagi untuk terus belajar membuat konten-konten baru yang menarik. Tapi, tentunya juga harus berbobot agar bisa mengedukasi banyak orang.

Jangan Cantumkan Hal-hal Pribadi

Tips terakhir dan wajib untuk kamu lakukan adalah dengan tidak mencantumkan hal-hal berbau pribadi pada video yang diunggah. Misalnya seperti alamat rumah, nomor kartu kredit, atau hal-hal semacamnya yang terbilang riskan. Pasalnya, kita tidak tahu siapa saja yang menonton video kita dan apa sajakah hal yang bisa mereka lakukan dari video tersebut.

Dengan menghindari tentunya jauh lebih baik dari pada kamu mengalami kerugian dan hal-hal tidak mengenakkan lainnya. Apalagi belakangan banyak kasus kejahatan yang terjadi karena adanya kesempatan. Maka dari itu, pastikan kamu melakukan tutorial posting video TikTok dengan teliti seperti mengecek kembali adakah data yang bisa tersebar dan lainnya. Selain itu juga, hindari untuk mengunggah kehidupan pribadi karena bisa saja menjadi boomerang nantinya seperti pada beberapa kasus tertentu.

Untuk TikTok sendiri memungkinkan kamu mengunggah video dari file ponsel atau juga merekam langsung untuk diunggah. Keduanya tergantung senyamannya kamu dalam mengedit dan membuat konten. Oleh karena itu, jangan terburu-buru mengunggahnya hingga melupakan tips penting ini. Selain itu, usahakan agar kamu tidak menyinggung siapa pun agar tidak terjadi kesalah pahaman dan hal-hal sebagainya.

TikTok sendiri bisa sangat bermanfaat bagi banyak orang jika menggunakannya dengan bijak. Jadi, kami sangat berharap tutorial posting video TikTok di atas ini bisa kamu lakukan dengan baik. Jadilah pengguna yang bijak dan pandai agar aplikasi-aplikasi seperti ini bisa bertahan lama dan terus berkembang ke arah yang lebih baik. Selain itu juga, jangan terlalu terfokus pada pengikut atau penonton, lakukanlah saja dahulu.

Mulailah dari hal sederhana dan lakukan agar bisa membuatmu senang, karena aplikasi-aplikasi seperti ini memang ditujukan untuk menghibur. Sehingga jangan jadikan beban karena konten-konten yang sering kali membuat kita harus kejar tayang. Jika kamu menikmati konten yang kamu buat, maka orang lain pun akan jauh lebih menikmatinya. Semoga membantu!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *