Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Tips Main Game Valorant dari Pemula Sampai Jago

4 min read

Tips Main Game Valorant dari Pemula Sampai Jago

Buat sebagian player pasti tidak asing dengan game Valorant. Valorant adalah salah satu game FPS yang dikembangkan dan dirilis Riot Games pada 2 Juni 2020. Riot Games merupakan developer asal Amerika Serikat yang namanya pasti tidak asing di telinga para player.

Baca juga: Perbedaan Fire Fire dan Fire Fire Max, Banyak Fitur Andalan Baru!

Sebagai developer handal di bidangnya, Riot Games berhasil membuat Valorant digemari berbagai kalangan. Alasannya karena kemunculan game ini membawa hal unik, fresh, dan tidak membosankan. 

Dari waktu ke waktu, tips main game Valorant semakin bervariasi. Valorant mengusung tema competitive FPS 5 VS 5, di mana sebagai seorang player harus mampu melakukan planting spike saat mode attacker dan melakukan defusing spike saat mode defender.

Tips Main Game Valorant buat Pemula

Tips Main Game Valorant dari Pemula Sampai Jago
Tips Main Game Valorant dari Pemula Sampai Jago

Bagi seorang player baru, penting untuk tahu tips main game Valorant. Hal ini karena Valorant terkadang cukup menyulitkan apabila seorang pemain tidak memiliki basic game FPS sebelumnya. Berikut ini ulasan mengenai tips main game Valorant dari pemula sampai jago.  

Mengenali Role Agent

Game Valorant memiliki memiliki beberapa agent dengan fungsinya masing-masing. Maka dari itu, kamu harus bisa mengenalinya agar bisa sukses memainkan game ini. Terdapat empat agent utama di antaranya; duelist, sentinel, initiator, dan controller.

Duelist merupakan agen yang bisa player untuk untuk mendapat kill yang diinginkan. Agent ini bertanggung jawab saat tim ingin entry (masuk) ke site. Contoh dari duelist ini seperti reyna, yoru, jett, phoenix, dan raze.

Ada juga sentinel yang merupakan agent support. Fungsinya menjaga flank sampai mengunci area site saat sudah bisa dipastikan clear oleh duelist. Ketika tim dalam mode defender, sentinel akan bertanggung jawab menjaga site. Contoh dari sentinel ini ada killjoy, sage, cypher, dan chamber.

Selanjutnya ada initiator yang berfungsi sebagai support. Perbedaannya dengan sentinel ditunjuk secara langsung untuk membantu duelist mencari informasi atau membuka site saat sedang entry. Contoh initiator ada cova, skye, dan breach.

Tips main game Valorant terakhir ada controller yang merupakan agent untuk menutup spot yang memungkinkan adanya musuh dengan smoke. Maka dari itu, agent ini juga sering disebut dengan nama smoker. Pergerakan musuh akan lebih dibatasi dengan adanya soke ini. Contoh dari controller adalah omen, astra, viper, dan brimstone.

Mengenali Skill Agent

Sebagaimana kamu ketahui jika game Valorant memiliki beragam agent dan skill yang dimiliki pun juga berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu perlu mengenali skill dari masing-masing agen tersebut. 

Misalnya saja killjoy dengan ultimate lockdown area, jett dengan ultimate knives, dan sage dengan wall atau slow orb. Saat baru main, kamu hanya bisa memilih beberapa agent saja dan sisanya baru bisa dibuka seiring lamanya bermain Valorant.

Saat sudah mengetahui skill suatu agent dan mengembangkannya, bisa jadi kemampuanmu akan seperti satchelnya flights atau knivesnya seoldam. Tentunya kamu bisa mengetahui playlist dan hal-hal yang harus dilakukan ketika bermain. 

Mempelajari Jenis Senjata

Seperti agent, Valorant juga memiliki berbagai jenis senjata dan memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri. Agar kamu bisa mengetahui tiap karakteristiknya dengan memainkan mode practice, lalu tes semua senjata yang ada.

Tips main game Valorant berikut ini bisa membantumu memilih senjata yang tepat saat bermain. Simak ulasannya di sini.

  • Ronde Pistol: Ghost / Frenzi atau Classic + Armor

Ghost menjadi senjata yang tepat saat ronde pistol karena damage-nya paling besar dan lurus arah tembakan. Senjata ini juga cocok digunakan untuk duel jarak jauh. Sementara itu, frenzy lebih cocok dipakai saat jarak dekat karena memiliki firing rate tinggi. Ada juga classic + armor yang bisa dipakai kalau kamu merasa lebih nyaman.

  • Ronde Creds Terbatas: Spectre atau Judge

Spectra sangat cocok digunakan ketika creds sedang terbatas. Hal ini karena firing rate dan damage yang dimiliki berada di tingkat menengah. Alternatif lain adalah judge yang satu shot-nya bisa digunakan untuk membunuh musuh jarak dekat.

  • Ronde Creds Banyak: Phantom atau Vandal

Apabila kamu memiliki cukup creds untuk membeli rifle dan armor, maka pilihlah phantom atau vandal. Dua senjata ini paling banyak dipakai dan jadi rifle dengan damage terbesar di Valorant. 

Mengatur Setting Game 

Setting game akan sangat mendukung saat kamu sedang bermain, maka dari itu jangan lewatkan langkah ini. Di pengaturan wajib menggunakan sensitivity dan crosshair. Di sensitivity kamu bisa mengatur mode practice sambil tes menembak bot. Di sini kamu harus dalam keadaan nyaman dan mouse bisa digerakkan dengan kecepatan sesuai.

Lalu pengaturan crosshair, kamu tidak perlu mengaturnya terlalu besar. Hal ini bertujuan agar titik sesuai dengan kepala musuh. Penting menjadi catatan yakni pemilihan warna crosshair yang sesuai dan nyaman dilihat.

Memahami Map

Map dalam Valorant memiliki karakteristik tersendiri yaitu ascent, icebox, haven, split, dan breeze. Saat kamu memainkan game, kelima map tersebut akan terpilih secara random. Salah satu tips main game Valorant berikutnya, kamu harus bisa mengenali setiap map karena perbedaan di tiap karakteristik. Seperti spot-spot yang biasa dijadikan musuh bersembunyi sampai tempat bagus untuk melakukan plant spike.

Mempelajari Mekanikal Game

Mekanikal game pada Valorant berbeda dengan game FPS biasa. Tentunya kamu wajib mempelajari mekanikal game ini. Hal pertama yang harus dikuasai adalah saat menembak lurus, pastikan badan karakter sedang diam (tidak boleh bergerak sama sekali). Hal ini untuk menghindari peluru salah sasaran.

Kamu bisa mulai belajar counter-strafing untuk membuat badan karakter yang bergerak jadi berhenti cepat. Kamu hanya perlu menekan tombol berlawanan arah dari yang sedang ditekan. Misalnya saja saat sedang menekan A, maka counter dengan menekan D. 

Senjata rifle (kecuali spectra) di Valorant memiliki recoil tersendiri di mana senjata ini memiliki arah peluru random. Sehingga kamu disarankan tidak selalu melakukan spray sampai peluru habis.

Tips terakhir adalah kamu perlu memahami teknik crosshair placement. Teknik yang bisa dipakai untuk memastikan crosshair selalu tepat yakni di tempat musuh muncul. Tujuannya tentu agar kamu tidak kalah cepat saat menembak.

Menggunakan Headset dan Sering Berkomunikasi

Seorang player wajib menggunakan headset sehingga bisa mengetahui step musuh sampai arah musuh akan datang. Kamu akan merasa siap dan tidak kaget saat musuh datang dari arah manapun.

Penting juga melakukan komunikasi karena bisa bertukar informasi dengan rekan satu tim. Misalnya saja bertukar informasi mengenai ada di mana saja posisi musuh. Kamu juga bisa mendiskusikan strategi yang dipakai baik saat attacker maupun defender.

Mempelajari Strategi

Sebagai seorang player, tentunya belajar strategi adalah hal yang penting. Meskipun game Valorant ini bergenre FPS, kamu bisa memenangkan tiap ronde dengan strategi yang dimiliki. Tentunya strategi ini bergantung pada kondisi agent yang tim kamu pilih dan agent yang dipilih tim lawan.

Misalnya saja strategi yang dimaksud adalah retake, penggunaan skill dari tiap agent, dan masih banyak lagi. Setiap strategi yang dimaksimalkan akan membuat tim kamu memiliki peluang menang lebih tinggi.  

Sering Main Deathmatch

Valorant memiliki mode yang namanya deathmatch di mana kamu bisa melawan belasan player lain hingga salah satu player bisa mencapai 40 kills. Kamu wajib melakukan permainan dalam mode ini setiap hari karena bisa membantumu memahami map dan crosshair placement dengan tepat.

Apa lagi tips main game Valorant yang bisa dicoba? Apabila kamu ingin mencoba mode lain yakni dengan practice. Contohnya dengan menembak bot reset dalam mode medium atau hard. Dengan ini kamu bisa terbantu dalam melatih flick menembak.

Tips Main Game Valorant, Sering Nonton Pro Player!

Biar lebih jago bermain game Valorant kamu harus sering menonton pro player Valorant juga. Kamu bisa menontonnya melalui Youtube maupun platform streaming lain seperti Twitch. Hal ini memungkinkan kamu untuk menambah pengetahuan tentang mekanikal game atau gamesense.

Beberapa contoh pro player yang bisa kamu tonton adalah 100T Asuna, Tenz, Subroza, Wardell, dan yang dari Indonesia ada FI1pzjder.

Baca juga: Urutan Game Resident Evil, Simak di Sini Jalan Ceritanya Satu Persatu!

Demikian tips main game Valorant dari pemula sampai jago yang bisa kamu terapkan. Kunci keberhasilan adalah dengan banyak latihan, begitupun dengan bermain game ini. Kamu perlu banyak latihan dan menambah jam terbang untuk meningkatkan skill cepat naik rank.

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.