Sistem MMR Dota 2 Beserta Ranking Medalnya

4 min read

MMR Dota 2

Saat ini banyak sekali orang yang melakukan push MMR Dota 2 di game besutan Valve Corporation itu. Hal tersebut terjadi karena memang game PC ini sangat populer karena keseruan dalam mengatur strateginya untuk menghancurkan Ancient tim lawan.

Baca Juga : Daftar Kode Cheat Downhill Beserta Penjelasannya

Jika Anda merupakan seorang gamers sejati, tentu Anda sudah tidak asing atau aneh lagi dengan game ini. Apalagi jika Anda merupakan seorang JURNET (Jurig Warnet) yang selalu menghabiskan waktunya di warnet (warung internet).

Game ini tidak hanya populer di tanah air saja namun juga di seluruh dunia. Sejak dirilisnya game tersebut sampai dengan saat ini, telah banyak sekali turnamen besar yang diselenggarakan dengan hadiah sampai ribuan dollar atau ratusan juta rupiah.

Agar dapat mengikuti turnamen tersebut Anda tentu saja harus menjadi seorang pro player (pemain professional) dengan tim Esport yang benar-benar jago dalam memainkan permainan ini. Dengan begitu Anda memiliki besar kemungkinan untuk memenangkan turnamen.

Nah, agar dapat masuk ke dalam salah satu tim Esport besar salah satu caranya yaitu dengan menaikkan MMR Dota 2. Dengan melakukan push MMR tersebut hingga muncul di leaderboard atau ranking dunia, maka Anda memiliki kemungkinan untuk dilirik oleh tim Esport yang besar.

Hal tersebut juga tentu tidak mudah untuk dilakukan, terdapat banyak sekali rintangan serta cobaan yang dapat membuat Anda sedikit stress apalagi jika Anda bermain solo. Jika Anda merupakan seorang awam dalam memainkan game ini, maka perhatikan pembahasan berikut.

Mengenal MMR Dota 2 Lebih Dekat

Dota 2 merupakan suatu permainan video online yang bergenre arena pertarungan multi pemain atau MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Game Dota merupakan sekuel dari Defense of the Ancients mod pada Warcraft 3: Reign of Chaos dan Warcraft 3: The Frozen Throne.

Permainan DotA 2 dibuat oleh perusahaan Valve dan dirilis pada bulan Juli 2013. Game tersebut bisa dimainkan secara gratis dan ekslusif di system operasi Microsoft Windows, OS X, dan juga Linux melalui distributor resmi Valve yaitu Steam.

Dota 2 dapat berjalan atau dapat dimainkan jika terdapat 2 tim yang masing-masingnya beranggotakan lima players, tiap tim mempunyai markas yang terletak dipojok atas peta dan setiap markas juga mempunyai suatu bangunan dengan nama “Ancient”.

Dimana kedua tim tersebut harus saling berjuang untuk menghancurkan Ancient tim lawannya. Jika suatu tim berhasil menghancurkan Ancient lawan maka ia merupakan pemenangnya, dan jika Ancient pada suatu tim hancur maka itu merupakan tim yang kalah.

Tiap pemain hanya bisa mengendalikan satu karakter “hero” dan difokuskan untuk menaikan level, mengumpulkan gold, membeli item, dan juga melawan tim lawan untuk memenangkan pertandingan.

Setiap kemenangan tersebut akan menciptakan MMR Dota 2. Dan itu merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan rank juga skill pemain. Semakin tinggi MMR seorang pemain maka semakin sulit juga musuh yang akan didapatkan.

Apa itu yang Dimaksud MMR Dota 2?

MMR Dota 2

MMR atau Match Making Ranked pada game Dota 2 merupakan suatu point untuk mengetahui berapa hebat skill yang dimiliki oleh seorang player game tersebut. Semakin tinggi MMRnya, maka hal itu menunjukan skill sebuah tim yang jago.

Pada permainan ini, MMR tidak dihitung secara individual atau perorangan, melainkan pada timnya. Semakin bagus kerja sama, permainan ganking, warding, rat, team fight, dan lain-lain maka itu akan meningkatkan MMR Dota 2.

Terdapat 3 tingkatan berdasarkan MMR pada suatu player yaitu tingkat normal skill, high skill, dan juga Very high skill. Untuk lebih jelasnya, perhatikan pembahasan dibawah berikut.

  1. Normal Skill (0 – 2000)

Player yang berada pada tingkatan ini biasanya merupakan seorang awam atau pemula yang baru bermain game Dota 2. Player tersebut masih beradaptasi dengan gameplay permainan Dota dan juga masih harus banyak belajar serta berlatih.

  1. High Skill (2000 – 3500)

Pada tingkat High seorang pemain sudah mulai mengerti dengan role pada game yang dimainkan, hanya saja masih kurang untuk masalah team work. Terdapat banyak kesalahan yang masih dilakukan pada tingkatan ini.

Kesalahan tersebut seperti tidak memakai BKB, tidak pernah warding, dan jarang melakukan gank (lebih mementingkan diri sendiri dan sering mengabaikan tim).

  1. Very High Skill (3500 +++)

Nah untuk tingkatan ini, para pemain sudah dapat dikatakan sudah mahir dan matang dalam permainan Dota 2. Para pemain pada tingkatan ini tentu sudah benar-benar mengerti dengan apa yang harus dilakukan.

Pada tingkatan ini Anda dapat benar-benar merasakan keseruan dalam bermain game Dota 2. Namun bukan hal mudah untuk bisa berada pada tingkatan ini.

Sistem MMR Dota 2 Terbaru

MMR Dota 2

Developer dota (Valve Corporation) terus melakukan pembenahan pada sistem MMR yang ada pada gamenya. Hal tersebut dilakukan agar para players selalu dapat merasakan pengalaman bermain yang lebih baik, berikut sistem MMR Dota 2 Terbaru.

  1. Pemain yang memiliki skor behavior kurang dari 3000 tidak dapat memakai fitur chat atau juga voice.
  2. Pemain solo akan selalu dipertemukan dengan pemain solo lainnya atau akan dipertemukan dengan pemain yang membuat party dengan jumlah players 2 orang saja.
  3. Party 5 players pasti akan dipertemukan lagi dengan lawan yang melakukan party 5 players juga.
  4. Batas MMR pada saat bermain secara party telah diperkecil dari 2800 menjadi 2000
  5. Jika bermain atau satu tim dengan rank immortal, maka match yang akan didapat diambil dari rank tertinggi pada tim tersebut.
  6. Jumlah bintang di medal berkurang dari tujuh menjadi lima bintang.
  7. Medal di sesuaikan dengan rank saat ini, jika terus turun maka akan sampai ke herald.
  8. Standar nilai medal berubah.

Pada poin-poin sistem MMR Dota 2 terbaru diatas dapat dilihat bahwa Valve ingin selalu memberikan match yang lebih berkualitas dengan cara meminimalisirkan perbedaan skill para pemainnya.

Dan tentu saja, kedepannya Valve akan terus melakukan pembaruan mengikuti dengan perkembangan jaman dan juga para playersnya sendiri agar game ini dapat tetap dinikmati.

Ranking Medal Berdasarkan MMR Dota 2

MMR Dota 2

Tidak hanya memperbarui sistem MMRnya, Valve juga melakukan perubahan pada MMRnya tersebut dengan medal rank. Dengan medal ranknya tersebut Anda dapat mengetahui tinggi rendahnya suatu MMR pada players.

  1. Herald

Rank medal ini menunjukan MMR terendah yaitu dengan jumlah point sekitar 0 sampai 650 MMR. Rank medal ini biasanya dimiliki oleh para pemula.

  1. Guardian

Rank Medal Guardian ini biasanya dimiliki oleh orang yang bermain jika ada teman saja karena MMR dari rank medal ini yaitu sekitar 800 sampai dengan 1500 MMR.

  1. Crusader

Nah, banyak sekali players yang membenci rank medal ini karena medal ini merupakan tempatnya para smurf dan juga para joki. MMR dari rank medal ini yaitu sekitar 1600 sampai 2200.

  1. Archon

Rank medal Archon merupakan medal yang memiliki bracket paling banyak diantara rank medal lainnya. Untuk MMR rank medal ini sekitar 2400 sampai 3000 MMR.

  1. Legend

Pada rank medal ini permainan sudah mulai berubah menjadi hard karena para pemainnya sudah mengerti dengan apa yang harus dilakukan serta menguasai setiap role. MMR medal ini yaitu dari 3100 – 3800.

  1. Ancient

Pada medal rank Ancient perhitungan bracketnya cukup ketat untuk bersaing. MMR medal ini yaitu sekitar 3900 sampai 4500.

  1. Divine

Meski rank medal Divine tergolong tinggi, namun banyak sekali players pada rank medal ini yang tidak bersungguh-sungguh dalam bermain. MMR pada rank medal ini yaitu dari 4800 – 5500.

  1. Immortal

Nah ini merupakan rank medal tertinggi dengan MMR minimal sebanyak 6000 dan tidak memiliki batasan, immortal merupakan medal impian para players dota 2.

Cara Menaikkan MMR Dota 2

MMR Dota 2

Memang bukan hal mudah untuk menaikkan MMR pada game Dota 2, namun disini kami akan memberikan beberapa cara agar Anda lebih mudah dalam menaikkannya.

Cara tersebut yaitu tetap kalem dan santai ketika bermain, jangan pernah blame atau menyalahkan team, tetap objektif, sadari akan role hero yang Anda pilih, buang sifat egois, memiliki hero yang dikuasai pada setiap role, dan bawa selalu TPs (Town Portal Scroll).

Baca Juga : Kumpulan Cheat Bully PC dan Kunci Jawaban Ujiannya

Dengan mengikuti seluruh cara diatas maka Anda akan menjadi lebih mudah ketika menaikkan MMR Dota 2 secara solo atau juga bermain party.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *