Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Seputar Live Streaming Youtube dan Cara Melakukannya

4 min read

thumbnail live streaming youtube - live streaming youtube

Layanan terkait Live Streaming Youtube memang sudah banyak dimanfaatkan para creator platform ini membagikan kontennya. Terlebih sejak pandemi meruak, di mana banyak kegiatan offline harus dibatalkan membuat acara virtual menjadi solusi.

Platform YouTube yang menyediakan layanan siaran langsung turut memfasilitasi berbagai kebutuhan penggunanya. Memang sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa tempat ini terkenal di tengah masyarakat khususnya konten dalam bentuk video.

Adanya fitur Live secara umum mempermudah dan mendekatkan hubungan pembuat konten dengan pemirsa secara real time. Hal ini tentu berguna dan menolong khususnya saat masa kritis. Akan tetapi, melakukan streaming sepertinya butuh berbagai ilmu sebelum praktek.

Aktivitas siaran langsung, Baik melakukan streaming video game, mengadakan tanya jawab langsung, atau mengajar di kelas, semua ini bisa dilakukan melalui fitur YouTube live. Platform ini menyediakan berbagai fitur yang membantu streaming dan interaksi dengan penonton.

Meskipun ada beberapa pilihan fitur untuk stream live, YT yang juga memfasilitasi hubungan secara real-time datang dengan manfaat paling unggul. Ada banyak fungsi dan guna mencapai tujuan melakukan Live.

Begini Cara Kerja Live Streaming YouTube

Platform ini memang tersedia gratis, siapapun dapat menikmati jutaan video di sana. Akan tetapi ceritanya sedikit beda ketika Anda ingin melakukan live stream. Perlu memenuhi beberapa syarat terlebih baru diizinkan streaming di Youtube.

Baca Juga : Cara Cari Ide Konten Youtube yang Cocok Bagi Pemula

Untuk bisa menikmati layanan streaming langsung di YouTube, maka pengguna memerlukan beberapa hal sebelumnya. Meskipun lebih sulit untuk memulai, pengguna akan memperoleh lebih banyak fitur, ini bahkan lebih unggul dibanding platform Facebook Live misalnya.

1. Membuat akun youtube

Hal pertama tentunya membuat akun YouTube, ini bisa satu juga dengan akun Google. Ini adalah salah satu syarat utama untuk bisa melakukan streaming di Youtube.

2. Lakukan Verifikasi Akun

Selanjutnya lakukan verifikasi akun, ini sama seperti layanan Google lainnya guna menjaga keamanan dan kemudahan menggunakan atau menghubungkan situs eksternal.

3. Memiliki subcriber 1.000 Pelanggan

Syarat ketiga agar segera bisa Live Streaming Youtube ialah akun dengan jumlah subscriber setidaknya 1.000 pelanggan. Jika ini sudah terpenuhi, maka live dari perangkat seluler sudah bisa dilakukan, tetapi Anda pasti tahu tidak semudah itu melakukannya.

Terdapat dua cara untuk memulai live, yakni Streaming sekarang dan menjadwalkannya. Cara pertama ini merupakan jalan paling cepat dan mudah untuk memulai siaran. Metode ini memungkinkan penggunaan kamera perangkat yang terhubung dengan Youtube.

Sementara metode kedua, memungkinkan pembuat acara membuat jadwal siaran langsung terlebih dahulu. Artinya ada beberapa waktu sebelum acara akan dilakukan, bisa mengundang orang terlebih dahulu, menyiapkan semua acara, dan sebagainya.

Para creator professional atau pembuat konten yang ingin membuat siaran kualitas keren, maka metode ini pilihannya. Penggunaan kamera berkualitas lebih tinggi yang terhubung ke encoder beserta persiapan lebih matang berguna membuat acara sukses.

Pro dan Kontra Live Streaming Youtube

Saat membandingkan fitur YouTube Live, secara khusus dengan pesaingnya yakni Facebook Live, platform YouTube terbilang masih menang dalam beberapa hal. Ini terkait pencarian dan SEO video, milik YouTube berpeluang akan muncul di hasil pencarian lebih tinggi.

Itu tidak terjadi dengan video siaran langsung Facebook. Itu memang tidak lepas dari fakta bahwa YouTube adalah bagian dari Google, sehingga videonya cenderung berada pada peringkat lebih tinggi, bahkan mesin pencari lain memunculkan peringkat video mirip.

Youtube yang notabenenya adalah platform khusus video, membuat aktivitas mencari dan menemukan video di YouTube juga lebih mudah daripada platform lain. Fungsi pencariannya jauh lebih kuat dan akurat.

Bahkan YouTube juga telah berusaha untuk membuat video di sana tersedia selamanya. Sementara konten Facebook misalnya, secara teknis tersedia selamanya, tetapi sangat sulit untuk menemukan bahan secara real tima, karena menggunakan desain timeline.

Kelebihan lainnya adalah, YouTube memungkinkan akses terprogram ke layanan streaming langsungnya sehingga pengguna dapat mengintegrasikan aplikasi selain YT ketika live. Jadi orang bisa live sekaligus di beberapa platform sekaligus.

Akan tetapi, ada beberapa kelemahan utama ketika menggunakan layanan Live Streaming Youtube. Pertama, pemilik siaran langsung akan menyerahkan kendali atas kontennya pada platform. Hasil siaran langsung yang disiarkan dan diunggah, YT bebas akses pada materinya.

Konten melalui YouTube ini dapat digunakan dalam iklannya mereka sendiri. Ini terbilang kelemahan dan kerugian cukup besar bagi pengguna. Karena kegiatan streaming langsung di situs web sendiri jika ingin mempertahankan kontrol konten dan merek tidak bisa.

Selain itu, YouTube terbilang menjadi salah satu situs web paling banyak gangguan di seluruh dunia, terutama di bidang bisnis dan sekolah. Anda pasti tahu bahwa situs itu sepenuhnya diblokir oleh pemerintah Cina.

Orang di daratan Cina jika ingin pembuat konten sepertinya mustahil untuk berkembang. Konten dan acara sebagus apapun tentu tidak berharga jika audiens target tidak dapat memperoleh akses bebas ke sana.

Panduan Menggunakan Fitur YouTube Live dan Jenisnya

Dari sekian banyak video yang diunggah pembuat konten di YT, menggunakan fitur Live Streaming Youtube membuat suatu konten tampak lebih menonjol. Karena memberikan layanan interaksi nyata membuat live menarik di antara ribuan video biasa

Tetapi mendapatkan perhatian, penonton dan ketertarikan pemirsa dalam sebuah siaran langsung tidak datang sendirinya. Tidak bisa Anda hanya merilis video, terlepas dari kualitas, kegiatan tersebut harus dibuat seperti menyelenggarakan sebuah acara, namun virtual.

Pembuat konten membutuhkan Buzz agar orang mau membicarakannya dan tertarik ikut menyaksikan. Diperlukan pengumuman, promosi dan tamu istimewa di acara tersebut. Lakukan interaksi dengan pemirsa melalui Tanya Jawab langsung dan cara spontan lainnya.

Semua ilmu ditambah kiat, trik, dan ide untuk membuat siaran lebih sukses harus disiapkan sejak merencanakan satu streaming. Memulai streaming dengan YouTube Live butuh persiapan channel dan peralatan yang tepat.

Jika sudah mempelajari membuat suatu acara siaran langsung lebih sukses, maka untuk menyiarkan video yang bermutu, maka cara melakukan live streaming di YouTube ialah dengan mengaktifkan saluran terlebih dahulu.

Live Streaming Youtube bisa dilakukan dengan berbagai cara, yakni dari komputer/desktop dan perangkat seluler. Sementara untuk merekamnya, Anda bisa menggunakan kamera ponsel, webcamera, dan encoder, caranya seperti berikut ini.

Streaming Live di Desktop

Melakukan siaran langsung dari PC, dapat dilakukan dengan masuk situs YT, bukan melalui browser Chrome atau Firefox. Di desktop, biasanya untuk bisa memulai live, pengguna terlebih dahulu menunggu minimal 1 hari agar akunnya bisa aktif.

1. Aktifkan akun untuk layanan streaming

Langkah melakukannya cukup mudah, namun pastikan sudah mengaktifkan akun untuk layanan streaming, kemudian klik ikon camcorder, ini bentuknya seperti video recorder di bagian pojok kanan atas.

2. Pilih webcam

Selanjutnya pilih akan melakukan siaran sekarang atau nanti, lalu pilih Webcam. Isikan judul dan semua pengaturan privasi sesuai keinginan Anda. Lanjutkan ke opsi lainnya untuk menambah deskripsi, pilih aktifkan atau nonaktifkan chat, monetisasi, promosi, dll.

3. Klik tombol berikutnya

Jika sudah yakin dengan semua isian dan pengaturannya, klik berikutnya. YouTube akan secara otomatis mengambil foto thumbnail Live Streaming Youtube, namun bisa ubah lagi sesudahnya sesuai tujuan acara dan terakhir pilih Tayangkan.

Setelah menekan tayangkan, maka video langsung sudah mulai dibagikan di channel tersebut. Maka lakukan dan selesaikan acara dengan baik. Sementara jika ingin menyudahinya, pilih dan klik Akhiri Streaming yang ada di bagian bawah.

Streaming Live di Sebuah Ponsel

Melakukan Live Streaming Youtube di ponsel harus melalui aplikasi YouTube, ini tinggal dibuka saja dan klik ikon camcorder di bagian kanan atasnya. Tetapi pengguna harus ada subscriber sebanyak 1000 pelanggan terlebih dahulu baru bisa mulai live.

Baca Juga : Cara Dapat YouTube Premium Gratis Tanpa Iklan Yang Mudah

Selanjutnya, masuk ke Tayangkan Langsung lalu isikan apa yang menjadi judul dan pilih pengaturan privasi sesuai keinginan. Masuk ke Opsi Lainnya untuk menambahkan deskripsi. Pada opsi Tampilkan Lainnya, aktifkan atau nonaktifkan chat langsung, batas, monetisasi, dll.

Pilih Show Less untuk keluar dan opsi tadi, lalu pilih Next. Atur gambar untuk thumbnail siaran langsung dan bagikan untu mengundang orang lain melalui tautan di media sosial. Terakhir pilih Tayangkan untuk mulai live, tekan berhenti jika acara sudah selesai.

Streaming dengan Encoder untuk Mendapat Kualitas Lebih Bagus

Metode ketiga ini adalah cara lain untuk mendapatkan kualitas live lebih bagus. Di sini streamer menggunakan bantuan perangkat lunak untuk merekam dan mengatur semua kegiatan penyiaran langsung.

Jika ponsel dan laptop memberi kualitas video kurang maksimal, maka menyertakan encoder untuk live bisa dicoba. Dengan encoder, live stream dapat didukung perlengkapan audio dan video yang lebih baik, kualitas tayangannya sampai ke tangan penonton lebih optimal.

Anda tinggal klik ikon camcorder kemudian tempelkan kunci streaming di encoder yang digunakan. Melakukan Live Streaming Youtube metode ini mudah melalui desktop. Dari dasbor YouTube klik Tayangkan untuk mulai, dan berhenti untuk mengakhiri tayangan.

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *