Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Rekomendasi 7 Game dengan Unreal Engine 5 yang Wajib Kalian Mainkan!

4 min read

Rekomendasi 7 Game dengan Unreal Engine 5

Game dengan Unreal Engine 5 sudah mulai dikembangkan, bahkan beberapanya sudah dapat dinikmati. Seperti yang diketahui bahwa beberapa waktu lalu Epic Games resmi meluncurkan Unreal Engine 5 untuk umum.

Sebelum perilisan resminya, perusahaan ini sebenarnya sudah mengumumkan kehadiran iterasi terbaru ini sejak dua tahun lalu. Hanya saja, perlu proses pengujian terlebih dahulu untuk meminimalkan masalah saat sudah beredar.

Unreal Engine 5 dapat dimanfaatkan oleh semua developer game, baik developer besar maupun kecil. Karakter game yang dihasilkan menggunakan teknologi ini adalah game menjadi semakin detail.

Baik dari segi grafis hingga audio. Ketelitiannya juga tinggi, sehingga game akan nampak seperti nyata. Tidak heran jika game dengan Unreal Engine 5 sangat ditunggu-tunggu oleh gamers di seluruh dunia.

Banyak fitur canggih dan inovatif yang dimiliki oleh sistem game satu ini. Misalnya adalah fitur lumen yang merupakan solusi iluminasi dinamis. Sehingga, developer game dapat membuat scene yang lebih menarik.

Sebab, mereka dapat mengubah sudut matahari sesuai dengan waktu. Atau bahwa mereka juga dapat memanfaatkan berbagai pencahayaan tanpa harus membuat lightmap UV dan menunggu lama hingga baking.

Baca Juga : Review Game Elden Ring yang Menuai Banyak Kesan Positif

Fitur berikutnya adalah nanite yang merupakan sistem geometri micropolygon tervisualisasi. Dengan fitur ini, game dengan unreal engine 5 dapat memberikan pengalaman detail geometris yang masif.

Selanjutnya ada Temporal Super Resolution (TSR) yang merupakan platform independen berkualitas tinggi milik Unreal Engine 5. Teknologi ini juga memungkinkan mesin mampu melakukan rendering.

Rendering yang dimaksud adalah game memiliki resolusi rendah, tapi ketelitian pixel tinggi. Sehingga, performa game jauh lebih memuaskan dan lancar saat dimainkan.

Daftar 7 Game dengan Unreal Engine 5

Dengan semua kelebihan yang dimilikinya, Unreal Engine 5 dapat dimainkan menggunakan PC dan console. Mesin game tersebut pastinya akan membawa peningkatan drastis pada game-game saat ini.

Terutama dalam aspek pembuatan dunia atau latar belakang, pencahayaan, dan kemajuan kualitas animasi yang dihasilkan. Meski baru dirilis baru-baru ini oleh Epic Games, ternyata sudah banyak pengembang yang menggunakannya. Berikut ini adalah tujuh game dengan Unreal Engine 5 yang nantinya bisa dimainkan, yaitu:

1. Redfall

Rekomendasi 7 Game dengan Unreal Engine 5

Redfall merupakan game bergenre adventure dan action yang sangat seru dan pastinya populer. Redfall diluncurkan oleh Arkane Studios yang juga mendulang kesuksesan dari Seri Dishonored.

Redfall sendiri merupakan salah satu seri dari Dishonored. Dalam game ini, Anda harus berburu vampire untuk bertahan hidup dan naik level. Untuk bermain game redfall, Anda bisa bermain sendiri atau bergabung bersama teman. Untuk memainkan game ini, Anda bisa mendapatkannya di berbagai platform yaitu:

  • Personal Computer atau PC. Spesifikasi PC yang dapat digunakan untuk memainkan Redfall dengan teknologi Unreal Engine 5 paling baru. Artinya, PC harus memiliki prosesor, OS, dan RAM mumpuni.
  • Game dengan Unreal Engine 5 juga dapat dimainkan menggunakan platform Xbox yang terbaru. Xbox sendiri adalah video gaming milik microsoft yang menggunakan console untuk memainkannya.

Untuk platform lain hingga saat ini belum tersedia. Tapi, tidak menutup kemungkinan kedepannya akan tersedia juga.

2. Senua’s Saga: Hellblade 2

Rekomendasi 7 Game dengan Unreal Engine 5

Seri awal dari game aksi ini dirilis pada tahun 2019 dan mendapatkan sambutan yang baik. Game yang dikembangkan oleh Ninja Theory ini memiliki tampilan impresif meski sebelum menggunakan teknologi Unreal Engine 5.

Untuk Hellblade 2 sendiri sudah dikonfirmasi bahwa pengembang sudah menggunakan teknologi Unreal Engine 5. Hal ini dapat dilihat dari tampilan visual gamenya yang lebih tajam dan terlihat real.

Dalam beberapa cuplikan, gerakan dan latar permainannya juga terlihat lebih menarik. Karakter yang digunakan juga sangat memukau dengan aksi bela diri keren.

Fitur yang dimiliki oleh game dengan Unreal Engine 5 ini cukup lengkap dan bisa memudahkan pemain untuk mengoperasikannya. Untuk memainkannya, Anda bisa mengaksesnya melalui PC dan Xbox console.

3. Black Myth: Wukong

Rekomendasi 7 Game dengan Unreal Engine 5

Black Myth: Wukong sudah diumumkan sejak tahun 2020 silam. Pengembangnya sudah membagikan trailer game tersebut melalui akun youtube. Pada peluncuran trailer tersebut, pencinta game menyambutnya dengan antusias.

Latar belakang game ini diambil dari kisah Journey to the West yang menceritakan kera sakti. Yang membuatnya keren adalah kualitas grafis dari game satu ini sangat luar biasa.

Game dengan Unreal Engine 5 ini juga didukung oleh teknologi NVIDIA DLSS (deep learning super sampling). Teknologi tersebut memungkinkan game dapat dilakukan rendering untuk meningkatkan kualitas grafisnya.

Dalam hal gameplay, Black Myth: Wukong memiliki kompleksitas yang cukup tinggi. Pada akhir game, Anda akan melawan bos yang cukup sulit untuk dikalahkan. Sehingga, skill sangat diperlukan di sini.

Pengembang game satu ini adalah developer indie asal tiongkok yaitu Game Science. Anda bisa memainkan salah satu masterpiece ini melalui PC dan Xbox Console.

4. Stalker 2: Heart of Chernobyl

Rekomendasi 7 Game dengan Unreal Engine 5

Game dengan Unreal Engine 5 berikutnya adalah Stalker 2: Heart of Chernobyl. Game ini digadang-gadang sebagai game terbesar di dunia yang memiliki kualitas sangat mumpuni.

Visualnya sangat memanjakan mata dengan genre action yang menantang tentunya akan sangat sayang jika dilewatkan. Konsep yang ditawarkan oleh Stalker 2 adalah open-world.

Di mana konsep ini sangat cocok dengan konsep Unreal Engine 5 yang juga sebagai teknologi open-world. Game ini direncanakan diluncurkan pada akhir tahun 2022. Namun, belum ada kepastian semenjak perang Rusia-Ukraina.

Untuk memainkan game ini, Anda bisa menggunakan PC dan Xbox. Tapi, yang harus Anda pahami adalah ada spesifikasi minimal untuk PC dapat memainkan game dengan Unreal Engine 5 ini, yaitu:

  • Operating System: Windows 10
  • Processor: Intel Core i5-7600K atau AMD Ryzen 5 1600
  • Graphic: NVIDIA GeForce GTX 1060 6GB atau AMD Radeon RX 580 8GB
  • Memory: 8 GB RAM
  • Storage: 150 GB yang masih tersisa

Jika PC Anda masih di bawah dari spesifikasi tersebut, maka permainan akan terhambat. Bahkan, tidak jarang game akan keluar dengan sendirinya atau mengalami freez.

5. Ark 2

Rekomendasi 7 Game dengan Unreal Engine 5

Ark 2 merupakan game aksi yang diperankan oleh Vin Diesel dengan teknologi Unreal Engine 5. Pengembang dari Ark 2 adalah Studio Wildcard yang juga meluncurkan seri Ark sebelumnya.

Perbedaan antara game dengan Unreal Engine 5 ini dengan seri sebelumnya adalah pada Ark 2 lebih fokus pada single layer. Sedangkan pada Ark lebih memfokuskan pada multiplayer.

Meski demikian, bukan berarti pada Ark 2 tidak dapat digunakan untuk multiplayer. Hanya saja fiturnya tidak akan sememuaskan jika Anda menggunakannya untuk single player.

Peran Vin Diesel dalam game ini adalah sebagai Dominic Toretto yang merupakan tokoh protagonis ikonik. Selain sebagai pemeran, Vin juga akan menyalurkan kemampuannya sebagai produser untuk menggarap game ini.

Seperti yang diketahui bahwa Vin merupakan penggemar berat dari Ark: Survival Evolved. Ia bahkan sudah menghabiskan ribuan jam untuk memainkan game tersebut. Jadi, Vin dianggap mampu memberikan ide terbaiknya.

6. Layers of Fear

Rekomendasi 7 Game dengan Unreal Engine 5

Layers of Fear terbaru yang akan dirilis nanti sudah dikonfirmasi sebagai game dengan Unreal Engine 5. Genre permainan ini adalah horor yang melanjutkan ser Layers of Fears 2 pada tahun 2019.

Tapi, yang membuat Layers of Fear kali ini spesial adalah karena adanya peningkatan grafis dan visual. Seperti yang diketahui bahwa pada versi sebelumnya, grafis dan visual tidak begitu memuaskan.

Dengan demikian, nuansa horor yang ditawarkan semakin nyata. Bagi Anda yang menyukai game horor, maka harus mencoba game ini. Sayangnya, game dengan Unreal Engine 5 baru dirilis pada akhir tahun 2022.

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai game ini, maka bisa coba memainkan jenis seri sebelumnya terlebih dahulu. Dengan demikian saat memainkan seri terbarunya, Anda tidak akan bingung.

7. ILL

Rekomendasi 7 Game dengan Unreal Engine 5

ILL merupakan game besutan Team Clout yang bergenre horor survival. Pemain akan melakukan investigasi seperti detektif yang harus memecahkan berbagai kasus mengerikan.

Kualitas visual yang ditawarkan oleh game dengan Unreal Engine 5 ini tentunya tidak main-main. Sebab, Anda akan diberikan tampilan game yang lebih nyata dan detail.

Hal menarik dalam game ini adalah penggunaan imersif yang membuat nuansa horornya jauh lebih mencekam. Selain kesan horor yang begitu kuat, tapi kemampuan berpikir Anda juga akan diuji.

Mulai dari memikirkan di mana Anda bisa menemukan klu, hingga cara memecahkan kasus dari klu tersebut. Oleh sebab itu, sangat cocok bagi Anda yang menyukai tantangan dan hal misterius.

Baca Juga : 10 Game Horor Terbaru yang Tidak Boleh Dilewatkan

Kemajuan teknologi membuat game saat ini semakin berkembang dan mengagumkan. Selain game di atas, masih banyak game dengan Unreal Engine 5 lainnya.

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.