Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Penjelasan Mengenai FPS di Game Sekaligus Pilihannya

4 min read

Penjelasan Mengenai FPS di Game Sekaligus Pilihannya

Penjelasan mengenai FPS di game memang wajib untuk diketahui karena akan mempengaruhi seberapa cepat atau tepat Anda dalam menjalankan permainan ini. Tidak heran para gamer selalu melihat poin ini dulu.

Baca juga: 7 Game Paling Sulit Ditamatkan yang Membuat Frustasi Para Pemainnya!

Tidak hanya melalui smartphone saja, personal computer saat ini juga sudah menghadirkan Frame per second tinggi. Dengan begini tingkat kenyamanannya meningkat, sehingga kemungkinan untuk menang tinggi.

Oleh karena itu, cobalah untuk melihatnya terlebih dulu. Berapa kapasitasnya agar saat bermain tetap lancar walau kecepatannya sendiri tidak terlalu kencang. Lalu, seberapa penting FPS ini perlu diperhatikan para gamer?

FPS Paling Nyaman untuk Bermain

Penjelasan Mengenai FPS di Game Sekaligus Pilihannya_FPS Paling Nyaman untuk Bermain
Penjelasan Mengenai FPS di Game Sekaligus Pilihannya_FPS Paling Nyaman untuk Bermain

Penjelasan mengenai FPS di game berikutnya mengenai beberapa pertanyaan yang sempat terdengar, berapa frame per second yang disarankan untuk bermain sebuah permainan baik ringan sampai berat?

Perlu diketahui fasilitas ini akan menampilkan berapa banyak potongan gambar yang mampu diselesaikan oleh sebuah kartu grafis. Jadi, saat permainan dijalankan biasanya pengembang sudah memasukkan beberapa potongan gambar.

Misalnya saja, karakter tersebut berjalan sekitar 10 meter, maka ada 20 potongan akan tergambar dan tersaji. Menurut pengalaman beberapa gamer sebenarnya 10 fps saja sudah cukup.

Hanya saja, sekarang zaman sudah berkembang pesat. Jika berada di angka itu sudah terasa ketinggalan zaman. Maka dari itu, beberapa perangkat menyematkan minimal 30 sampai 60 frame per second.

Tetapi, kalau pertanyaan tersebut boleh dijawab, maka yang mempunyai tingkat frame per second tinggi. Contohnya untuk Smartphone sendiri mencapai 180, kalau personal computer hingga 360.

Dari sini kualitas gambar bisa sangat bagus dan mengesankan. Kesan patah-patah sudah ditinggalkan, tetapi kenyataannya sampai saat ini pihak brand smartphone hanya mampu memberikan di angka 60 saja.

Tetapi, terkadang pulang menurun ke 30, kalau terjadi penurunan drastis semacam ini biasanya akan terlihat langsung. Penurunan kualitasnya benar-benar terasa, bahkan sedikit terasa patah-patah sehingga kurang begitu nyaman.

Kondisi ini juga disesuaikan dengan Chipset yang digunakan saat ini. Biasanya mereka maksimal berada di kisaran maksimal 60. Tetapi, faktor penurunannya juga banyak sekali bukan? Maka, pilihan smartphone kualitas terbaik.

Cara Meningkatkan FPS Agar Lancar Bermain

Bukan hanya dari segi monitor saja, fasilitas ini juga dapat ditingkatkan. Hal itu memang dapat berdampak luar biasa dan memberikan pengalaman bagus untuk Anda. Apalagi, kalau game action menegangkan.

Pengalaman dalam memainkannya pasti lebih seru dan menarik lagi. Oleh karena itu, cobalah simak pembahasannya seperti di bawah ini, mengenai beberapa cara terbaik dalam meningkatkan frame per second.

  • Pada Smartphone

Penjelasan mengenai FPS di game ini mengenai bagaimana cara meningkatkannya di smartphone. Poin pertama adalah melakukan restart atau pemutaran ulang. Hal ini bisa sedikit mengurangi bug sehingga, kemampuannya mumpuni.

Berikutnya bisa menyetelnya di posisi rendah. Tetapi, jangan terlalu, pastikan keadaan Anda saat melihatnya sudah cukup nyaman, misalnya saja 30 Hz bila merasa bagus maka lanjutkan saja dengan angka tersebut.

Hanya saja kalau kondisinya lebih buruk, ya kembalikan saja ke tempat semula. Poin penjelasan mengenai FPS di game berikutnya adalah memakai aplikasi booster. Keadaan tersebut membuat berbagai game dapat bermain.

Untuk mencarinya sebenarnya cukup mudah, karena dapat ditemukan dimana-mana. Tinggal unduh saja, setelah itu cobalah sendiri merasakan bagaimana kemampuannya, apakah bagus atau ternyata biasa saja, bahkan tidak ada sekali.

  • Pada Personal Computer

Penjelasan mengenai FPS di game berikutnya adalah tentang cara meningkatkannya di personal computer. Poin pertama yang dapat dilakukan dengan meningkatkan driver, sayangnya hal ini sering kali tidak dihiraukan.

Melakukan update membuat Anda bisa merasakan bagaimana tingkat stabilnya. Hasil gambar menjadi lebih mumpuni dan tidak patah-patah Biasanya setelah melakukan peningkatan hardware mampu menjalankan software dengan baik.

Terkadang salah satu alasan terbaik mengapa fitur tersebut bisa turun karena, kurangnya support tersebut. Jika, bingung bagaimana caranya untuk meningkatkannya, bisa kunjungi saja Nvidi, AMD, serta Intel.

Ketiganya sudah dilengkapi situs untuk mempermudah Anda dalam melakukan update. Berikutnya adalah coba menutup aplikasi yang memang tidak digunakan, bila perlu langsung hapus saja agar bebannya tidak terlalu berat.

Penjelasan mengenai FPS di game dengan melakukan peningkatan juga dapat dilihat melalui taskbar, lihat dulu apakah ada yang masih berada di layar belakang. Terakhir adalah matikan visual effect dari windows.

Kondisi ini sebenarnya sangat menyenangkan, sayangnya membuat personal computer menjadi kurang bertenaga. Jika, tidak terlalu berguna, dapat langsung menghapusnya saja, Bagi hardware kapasitas rendah akan sangat terasa. Untuk melakukannya bisa memakai langkah berikut

  1. Klik performance,
  2. Kemudian adjust appearance and performance window
  3. Klik tab visual
  4. Lalu adjust best performance

Bagaimana, cukup mudah bukan? Perlu diingat pada dasarnya frame per second ini hanya dipengaruhi oleh kinerja grafisnya saja, ada lagi personal computer apakah sedang bagus atau lajunya baru buruk.

Mengapa Frame Per Second Turun Drastis?

Penjelasan Mengenai FPS di Game Sekaligus Pilihannya_Mengapa Frame Per Second Turun Drastis?
Penjelasan Mengenai FPS di Game Sekaligus Pilihannya_Mengapa Frame Per Second Turun Drastis?

Penjelasan mengenai FPS di game selanjutnya adalah mengetahui mengapa frame per second tersebut turun drastis. Apakah karena internet yang menurun? Jawabannya sebenarnya tidak, lalu mengapa kondisi itu terjadi?

Perlu diketahui bahwa, setiap perangkat mempunyai batasnya sendiri, karena ketika melakukan permainan ini mesin akan terus berputar sehingga menghasilkan panas. Cara mudah memahaminya adalah melihat kendaraan.

Ketika Anda mencoba memacunya terus-menerus pasti mesin akan panas apalagi, kalau lewat jalan tol dengan kondisi pengemudi terus memacu kecepatannya mencapai 100 km/jam dan tingkat suhunya tinggi.

Setelah berkendara 3 jam, Anda wajib untuk menurunkan kecepatan hingga menghentikannya terlebih dulu agar kondisi mesinnya menurun dan kembali dingin. Ilustrasi tersebut menjadi penjelasan mengenai FPS di game.

Jadi, alasan utama mengapa kondisi frame per secondnya menurun adalah personal computer atau smartphone Anda sendiri. Teknologi tersebut melakukannya agar kondisi mesin tidak panas sehingga terhindar dari ledakan.

Perlu diketahui kondisi pana tersebut membuat tangan terasa kurang nyaman, Selain itu, bisa juga menjadi penyebab mengapa perangkat tersebut meledak begitu saja. Penurunan itu memang harus dilakukan.

Agar kondisi perangkat sendiri lebih dingin, apalagi kalau pengguna memainkan game berat dalam waktu lebih dari 2 jam, pasti akan menurun walau tingkatnya sendiri setiap smartphone atau personal computer berbeda.

Inilah alasannya mengapa Anda harus memilih ponsel atau laptop dengan chipset mumpuni. Selain itu teknologi pendingin juga terbaik, agar penurunannya tidak terlalu terasa saat digunakan bermain.

Pilihan Frame Per Second Terbaik

Pentingnya fasilitas yang diberikan ini, membuat Anda harus mencari perangkat dengan FPS terbaik. Ada banyak sebenarnya, hanya saja tidak semua bisa sesuai dengan keinginan serta kebutuhan.

Oleh karena itu, cobalah simak beberapa rekomendasinya di bawah ini. Sudah lengkap dalam dua kelompok, ada smartphone dan Laptop, siapa tahu bisa dijadikan bahan pertimbangan.

  • Untuk Smartphone

Saat ini smartphone sudah dibekali dengan berbagai kemampuan mengenai FPS. Jika melihat penjelasan mengenai FPS di game maka, ada satu handphone yang sudah punya kualitas seperti yang diinginkan.

Brand tersebut adalah ASUS ROG phone 5, smartphone ini memang memanjakan para penggunanya. Melalui berbagai macam pengujian baik di 3D mark, wildlife, menunjukkan seberapa kapasitasnya.

Untuk gaming sudah tidak diragukan lagi karena mampu menembus angka 43, cukup stabil, nyaman dan saat bermain tidak patah-patah. Saat test gaming semua penjelasan mengenai FPS di game tersedia disini.

Untuk permainan berat atau ringan dapat dilibas, bahkan beberapa pengujian nilainya sendiri bisa mencapai 60. Angka paling tinggi diantara semua smartphone, tidak heran bila harganya memang cukup tinggi.

  • Untuk Laptop

Penjelasan mengenai FPS di game adalah bagaimana kemampuan sebuah perangkat dalam membaca grafis tersebut. Sayangnya kemampuan laptop berbeda-beda, ini pilihan terbaik yang spesifikasinya cukup kencang sehingga, membuat Anda nyaman.

  • Predator Titon

Rekomendasi pertama adalah Predator Titon 500. Dari segi namanya saja sudah cukup mengesankan bukan? Menghadirkan prosesor Core i7-10875H Generasi ke 10. Mempunyai kecepatan prosesor hingga 5.10 Ghz.

Tidak heran bila kemampuannya untuk gaming serta berbagai aktivitas berat dapat dilakukan dengan mudah. Refresh rate 300 Hz, sehingga memberikan detail permainan, sangat halus dan pastinya menyenangkan.

  • ASUS ROG Zephyrus G14

Laptop ini mempunyai dibekali dengan AMD Ryzen 9-4900 HS mempunyai fabrikasi 7nm, sehingga untuk gaming serta dan editing cukup dapat dilakukan mudah. Apalagi sudah dilengkapi NVIDIA Geforce RTX2060.

Baca juga: Tips Bermain Elden Ring Para Pemula Agar Tidak Mati

Dengan pilihan ini membuat Anda semakin mudah dalam menjalankan beberapa permainan. Apalagi, penjelasan mengenai FPS di game diatas juga sudah cukup jelas, jadi penurunannya bukan karena sinyal internetnya.

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.