Prospek Industri Game Indonesia Bagus atau Tidak?

4 min read

Prospek Industri Game Indonesia Bagus atau Tidak?

Perkembangan industri game Indonesia hingga sekarang masih terus menjadi sorotan, utamanya dari pihak pemerintah. Industri permainan dalam bentuk video ini juga masuk dalam kategori hiburan, teknologi, serta dunia kreatif.

Baca juga : Daftar Forum Game Terpopuler di Indonesia Tahun 2023

Ditambah lagi perkembangan era digital kini makin cepat. Sekarang bahkan ada dalam era industri 4.0, di mana seakan-akan dunia digital menjadi nyata, sebab kita dapat melakukan banyak hal di dalamnya.

Salah satu hal yang terus terjadi pergerakan secara masif ialah pada industri permainan video di Indonesia. Di mana keberadaannya sekarang seakan semakin diperlukan sebagai hiburan menyenangkan dan tidak perlu keluar rumah.

Beberapa tahun ke depan kemungkinan besar permainan-permainan video bisa menjadi sebuah bisnis digital cukup menjanjikan. Bagaimana tidak, sekarang saja prospeknya sudah terlihat bagus dan banyak memberikan keuntungan.

Mengenal Lebih Jauh mengenai Industri Game Indonesia

Mengenal Lebih Jauh mengenai Industri Game Indonesia
Mengenal Lebih Jauh mengenai Industri Game Indonesia

Salah satu jenis industri yang kini sedang berkembang, semakin tumbuh, serta menunjukkan akan mendapatkan prospek cerah masa mendatang. Permainan online kini bukan seperti hiburan di masa lampau.

Di mana orang hanya memainkan sebuah game, melainkan kini kita dapat melakukan kolaborasi untuk bermain sekalipun jaraknya jauh. Industri permainan video kini cukup besar dan berhasil melewati batasan sebelumnya.

Mulai dari umur, teritorial, bahkan sekarang ini juga mencakup perangkat yang dipakai. Tidak sama seperti masa lampau, kita sekarang dapat memainkan game memakai alat konsol serta komputer.

Sekarang ada beragam perangkat untuk memainkan game online, terutama mobile. Tidak heran perkembangan industri game Indonesia cukup pesat dan semakin banyak digemari serta dimainkan oleh banyak orang.

Apalagi setelah dilakukan kompetisi e-sport serta kegiatan bermain game streaming. Itu semua menambah kepopuleran permainan video di dunia digital sekarang, tidak terkecuali di Indonesia sendiri yang juga sangat populer.

Industri dalam permainan video ini merupakan sektor perekonomian dan di dalamnya mencakup sejumlah hal. Mulai dari perkembangan, pemasaran, sampai pada tahapan penjualan produk dari video game tersebut.

Sementara itu untuk produk yang dijadikan sebagai objek untuk industri ini sendiri ialah video game. Jika dulu permainan video sangat populer dan dimainkan melalui playstation serta nintendo saja.

Dulu pelaku industri game Indonesia sebagian besar hanya menjadi distributor saja. Sebab saat itu masih di era game konsol saja dan mulai beralih menjadi game online sekitar tahun 2000-an.

Perkembangan Industri pada Permainan di Indonesia

Untuk perkembangannya sendiri apabila dibandingkan dengan beberapa negara Asia Tenggara lain, memang potensinya lebih tinggi. Bahkan negara Indonesia merupakan penduduk yang memainkan game berada di posisi 16 besar dunia.

Itu pastinya membuat Indonesia menjadi pasar cukup bagus untuk mengembangkan industri ini. Masalah ini juga dipicu oleh adanya pandemi beberapa tahun silam yang membuat penduduk terpaksa berdiam diri di rumah.

Segala aktivitas dilakukan hanya di rumah, mulai dari bekerja hingga sekolah serta membatasi kontak sosial. Jadi bermain game jadi pelarian agar tidak jenuh serta membuat industri game Indonesia berkembang.

Tahun 2020 industri ini sukses sumbangkan 2,19% dari jumlah PDB nasional keseluruhan. Ini sesuai dengan data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Namun yang menjadi masalah ialah pelaku bisnisnya.

Di mana masih didominasi luar negeri dan hanya sekitar 0,4% dari negara Indonesia. Berdasarkan data dari EVOS ESPort, Indonesia merupakan salah satu negara yang mendorong pertumbuhan game video.

Kontribusi gamers tanah air ialah 43% dari total keseluruhan gamers serta diprediksi akan terus bertambah. Angka itu membuktikan jika industri permainan video di tanah air mempunyai masa depan cemerlang.

Apa yang Bisa Dijual di Industri Game

Jika ingin masuk dalam industri game Indonesia, maka kalian dapat melakukan banyak hal agar bisa jadi uang. Tetapi pastinya kita harus belajar dan mempersiapkan modal, berikut beberapa hal sebagai komoditas dagang:

  • Perangkat keras

Pada industri gaming, memang hardware ini penting untuk kebutuhan bermain game. Akan tetapi agar bisa membuka usaha jualan perangkat keras, maka modal yang dibutuhkan tidaklah sedikit, ini beberapa contoh hardware:

  • Komputer Gaming

Agar bisa memainkan game dengan nyaman, maka spesifikasinya PC atau laptop gaming harus cakep. Jadi membuka usaha ini perlu modal besar serta pengalaman di dunia elektronik agar disukai pelanggan.

  • Mobile Gaming

Bukan hanya PC saja, biasanya gamers bermain di handphone dan ponsel yang dipakai juga sudah dibuat sesuai kebutuhan players. Seperti komputer, memakai smartphone juga harus speknya tinggi.

  • Konsol

Walaupun kini mobile merupakan perangkat yang mendominasi, namun konsol masih tetap dicari. Walaupun jumlah penjualannya cukup tertinggal, namun industri game Indonesia dengan menjual konsol masih laris.

Apalagi nintendo hingga sekarang tetap meramaikan dunia permainan konsol. Jadi hadirnya playstation dan xbox one versi paling baru masih ramai.

  • Aksesoris

Kita bisa menjual aksesoris gaming untuk hasilkan uang, misalnya mic, headset, serta webcam. Karena itu semua tidak bisa diabaikan para streamer. Apalagi banyak gamers menyiarkan langsung kegiatan bermainnya di sosmed.

  • Top Up

Industri game Indonesia ini merupakan langkah tepat bagi developer software agar bisa mendapat profit lebih tinggi dari kegiatan gaming. Melakukan top-up bisa mempermudah gamers masuk ke level lebih tinggi.

Apabila kalian kecanduan memainkan video game tersebut, maka kemungkinan mengeluarkan banyak uang agar bisa naik level. Ini mirip dengan chip di game judi online.

Jika kalian tidak top-up, masih bisa naik level berdasarkan kemampuannya namun membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun jika ingin menambah fitur, maka harus melakukan top-up.

Konten dan Perangkat Lunak juga Bisa DIjual

Kegiatan gamers yang disiarkan langsung kenyataannya bisa memberikan profit cukup besar untuk pemain. Apalagi sekarang sudah banyak platform live streaming sperti Twitch menyerupai YouTube, jadi makin mudah untuk menyiarkannya.

Hanya saja pada Twitch ini memang dikhususkan untuk streaming game. Kita bisa mendapatkan cuan dari support penonton saat memainkan gamenya dan ini merupakan salah satu bentuk industri game Indonesia.

Untuk mendapatkan cuan, bisa melakukan donasi, cheer, atau subscribe. Penonton harus beli bits di Twitch jika ingin cheer, jadi nantinya berapapun bits yang diberikan kepada streamer, dapat diuangkan.

Beda dengan melakukan donasi, di mana penonton dapat memberikannya pada streamer untuk bentuk supportnya. Sementara apabila ingin subscribe atau berlangganan channel, maka kita hanya perlu membayar ke pihak Twitch.

Mengenai proses pembayarannya sendiri nantinya akan dibagi dengan dua pihak, yakni Twitch dan streamer. Jadi keuntungannya dibagi dua, namun kalian tetap mendapatkan penghasilan apabila melakukan siarannya.

Dalam industri game Indonesia, perkembangannya memang cukup pesat. Para gamers tiap harinya juga makin bertambah dan membuat kepopuleran dari permainan online via mobile semakin tinggi.

Mengenai skema pendapatan dari Twitch ini juga bisa didapatkan dari platform lain seperti YouTube, Facebook, serta lainnya. Era digital sekarang, bermain game dan dibayar bukan hal mustahil lagi.

Ketika bermain game di ponsel, kita hanya perlu memilih gamenya mengunduh di smartphone. Umumnya sebagian besar dapat dimainkan gratis atau bisa juga membeli versi premiumnya.

Profesi yang Ada di Industri Game Indonesia

Bekerja di Industri ini prospek karirnya cukup menjanjikan di masa mendatang. Jika kalian tertarik, maka berikut ada sejumlah profesi yang bisa dijadikan referensi masuk ke dunia game:

  • Developer

Tugasnya ialah merancang program dari game atau merupakan pengembang software. Jadi hasil akhirnya berupa program permainan, namun kita harus punya skill agar bisa menghasilkan produk bagus.

  • Designer

Dalam industri game Indonesia, tugas dari profesi ini ialah memikirkan bagaimana alur ceritanya, konsep, item, tema, format, interaksi, sampai level kesulitannya. Jadi kalian harus bisa berpikir kritis dan kreatif.

  • Technopreneur

Di sini kita bisa mulai mengumpulkan portofolio kemudian membuka studio atau agensi bagi perusahaan developer game. Sehingga pemasaran produk mereka bisa berlangsung lebih mudah.

  • Pengajar

Jika kalian tertarik mendidik orang agar bisa berkarya dalam dunia gaming, maka bisa memilih profesi ini. Namun tentunya harus berpengalaman dan punya skill mumpuni.

  • YouTuber

Profesi yang Ada di Industri Game Indonesia
Profesi yang Ada di Industri Game Indonesia

Tidak ada salahnya membagi keseruan bermain, ikut kompetisi, atau membuat game dan membagikannya ke platform sosmed. Dengan konten menarik, maka kita bisa menghasilkan uang tambahan.

Bermain game memang ada sisi baik buruknya, namun itu berlaku apabila mengganggu kegiatan sehari-hari. Tapi jika melakukannya dengan tepat, maka bisa memupuk kreativitas serta penghasilan menjanjikan.

Baca juga : https://sanctuaryinthecity.net/games/game-terpopuler-saat-ini/

Keberadaan permainan video ini memang sekarang tidak bisa dihindari, namun harus menggunakannya secara bijak. Apalagi perkembangan industri game Indonesia sangat pesat dan terus bertumbuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *