Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Mengenal Prosesor AMD dari Kelebihan, Kekurangan dan Jenisnya

4 min read

Mengenal Prosesor AMD dari Kelebihan, Kekurangan dan Jenisnya

Apakah Anda sudah mengenal prosesor AMD? Sebelum membeli komputer atau laptop, bagi sebagian orang memperhatikan jenis prosesor yang digunakan sangat penting. Sebab, jenis berbeda akan memberikan performa yang juga berbeda.

Baca juga: Inilah Beragam Kelebihan HP OPPO A96 Beserta Kekurangannya

Prosesor merupakan sebuah komponen yang berfungsi melakukan proses atas perintah input serta output dari software. Anda bisa menemukan komponen satu ini biasanya pada motherboard.

Salah satu produk dari komponen yang memiliki fungsi ini adalah AMD atau Advanced Micro Devices. Prosesor ini memiliki banyak pengguna karena memang sudah terkenal kecepatannya baik. Untuk mengenal secara lebih lengkap mengenai AMD, Anda bisa menyimak uraian ini.

Mengenal Prosesor AMD dari Segi Kelebihan yang Dimilikinya

Mengenal Prosesor AMD dari Kelebihan, Kekurangan dan Jenisnya_Mengenal Prosesor AMD dari Segi Kelebihan yang Dimilikinya
Mengenal Prosesor AMD dari Kelebihan, Kekurangan dan Jenisnya_Mengenal Prosesor AMD dari Segi Kelebihan yang Dimilikinya

Mengenal prosesor AMD dengan baik sebelum menggunakan perangkat akan membuat Anda lebih yakin saat mengoperasikannya. Salah satunya yaitu dari aspek kelebihan atau keunggulan yang dimiliki, beberapa diantaranya:

  • Berteknologi Enhanced Virus Protection

Komponen ini sudah berteknologi Enhanced Virus Protection. Teknologi ini mampu membantu prosesor mendeteksi bila ada virus. Kemudian virus saat terdeteksi akan diproses oleh teknologi ini secara otomatis.

  • Unggul dalam Overclocking

Kelebihan lainnya, prosesor AMD dalam aspek overclocking lebih unggul. Terutama untuk jenis Ryzen serta FX memberikan fitur kebebasan untuk menentukan waktu kapan ingin memberhentikan operasi perangkat.

  • Clock Speed Lebih Tinggi

Bila dibandingkan dengan produk lainnya, seperti Intel, clock speed prosesor ini lebih tinggi. Apalagi untuk model paling baru rentang clock speed yang dibuat sudah berada di angka 3.0 GHz ke atas. Clock speed berpengaruh pada kecepatan akses memori.

  • Jumlah Core Lebih Banyak

Mengenal prosesor AMD, kelebihan selanjutnya yang dimiliki yaitu jumlah core lebih banyak. Core ini berpengaruh terhadap performa serta kecepatan dari prosesor. Akan semakin baik performanya bila jumlah core semakin banyak.

Selain itu, jumlah core ini juga akan berpengaruh terhadap pengoperasian multi threading atau multi task. AMD mempunyai performa baik dalam aspek satu ini. Sangat cocok bagi Anda yang gemar melakukan fungsi multi task.

  • Harga Lebih Murah

Kelebihan lainnya yang menjadi pertimbangan banyak pengguna yaitu mengenai harga, prosesor AMD lebih murah bila dibandingkan dengan produk Intel. Penting dipahami bahwa tarif prosesor akan berpengaruh terhadap biaya keseluruhan perangkat.

  • Pemrosesan Baik

Kelebihan terakhir yaitu pemakaian GPU serta CPU integrated yang saling menutupi mengakibatkan performa dari segi pemrosesannya baik. Dari segi grafis serta hemat daya juga sangat membantu.

Inilah Beragam Kekurangan Prosesor AMD Masih Jarang Diketahui

Setelah mengenal prosesor AMD dari segi kelebihan, Anda juga perlu memahami kekurangannya karena masih jarang diketahui. Dari kekurangan ini, Anda bisa mempertimbangkan kembali sebelum memutuskan menggunakannya.

Salah satu kekurangannya, komponen AMD lebih cepat panas bila dibandingkan Intel. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakai thermal paste, teknologi ice cool atau fan cooler sebagai pengurang suhu panas.

Mengenal prosesor AMD dari segi kekurangan lainnya, tidak cocok dipakai untuk beberapa game. Bagi pengguna perangkat untuk game, tentu aspek ini menjadi perhatian yang sangat penting.

Jadi, banyak pengguna perangkat yang menggunakannya untuk game lebih memilih produk Intel. Sebab, lebih banyak mendukung beragam jenis game atau permainan. Kekurangan terakhir adalah dalam hal brand, bila dibandingkan Intel tidak lebih lama dikenal.

Jadi, Intel lebih dulu dikenal masyarakat, yang membuatnya lebih menarik perhatian. Tidak bisa dipungkiri bahwa ada sebagian pengguna membeli perangkat karena terkenal. Selain karena sudah memiliki testimoni baik atau positif, informasinya juga lebih banyak diketahui.

Berbagai Jenis Prosesor AMD Penting Dipahami Sebelum Membeli Perangkat

Mengenal Prosesor AMD dari Kelebihan, Kekurangan dan Jenisnya_Berbagai Jenis Prosesor AMD Penting Dipahami Sebelum Membeli Perangkat
Mengenal Prosesor AMD dari Kelebihan, Kekurangan dan Jenisnya_Berbagai Jenis Prosesor AMD Penting Dipahami Sebelum Membeli Perangkat

Selanjutnya, mengenal prosesor AMD dari segi jenisnya. Penting mengetahui hal ini sebelum Anda membeli komputer atau laptop supaya memperoleh produk sesuai kebutuhan. Beberapa jenisnya antara lain:

  • K5

Produk prosesor keluaran AMD pertama adalah K5 dan hampir mirip dengan produk keluaran Intel. Namun pada saat itu motherboard yang mendukung Intel tidak semuanya mampu mendukung AMD.

Penting dipahami bahwa kala itu, pembuatan K5 adalah supaya bisa bekerja pada seluruh motherboard pendukung Intel. Sesudah BIOS diperbaharui atau mengalami upgrade, barulah motherboard yang mendukung AMD mampu berjalan. 

  • K6

Mengenal prosesor AMD jenis selanjutnya yaitu K6 yang dapat dipakai pada seluruh motherboard pendukung keluaran Intel. Bahkan tidak kalah bersaing dengan kinerja atau performa dari komponen Intel ini.

Jenis prosesor terbagi menjadi tiga pada generasi ini dan pembeda ketiganya terletak dari segi micron proses serta kecepatan CPU clocknya. Tiga jenis yang dimaksud adalah K6, K6-2 serta K6-III.

  • Duron

Duron adalah produk keluaran AMD ketiga yang lebih ekonomis dibandingkan versi lainnya, unggul dan mampu diandalkan. Mengenai kinerjanya hampir sama dengan seri Althon, perbedaan terletak pada kecepatan yang memiliki selisih 7 hingga 10 persen saja.

Tapi, bila dibandingkan dengan Duron lebih unggul versi Althon. Walaupun sempat populer pada tahun 2000 silam, namun, sekarang AMD telah menghentikan produksi versi Duron ini.

  • Althon

Mengenal prosesor AMD jenis Althon, seperti yang sudah dinyatakan sebelumnya bahwa kinerjanya lebih unggul dibandingkan K6. Anda bisa memakai Althon sebagai multiprosesor, seperti halnya pada P6 atau Intel.

  • Althon 64

Selanjutnya masih versi Althon tapi seri 64 yang bisa dikatakan sukses dipasaran. Terdapat tiga jenis socket untuk versi Althon 64 yaitu 940, 939 serta 754. Fungsi dari setiap soket ini berbeda, yaitu mengendalikan kanal ganda atau kanal tunggal.

Komponen versi ini merupakan generasi pertama yang mendukung komputasi 64 bit. Jadi, Anda bisa memakai komponen ini pada aplikasi atau sistem operasi 32 bit maupun 64 bit.

  • Althon 64 FX

Mengenal prosesor AMD selanjutnya masih versi Althon tapi seri 64 FX. Anda bisa memakainya pada OS 32 64 bit dengan kecepatan sama. Komponen satu ini sudah memiliki fitur anti virus berupa Enhanced Virus Protection.

Jadi, tidak perlu khawatir ketika perangkat terserang virus. Fitur ini berjalan di atas OS windows XP 64 bit serta SP 2 atau windows XP service pack 2. Terdapat tiga jenis versi ini yaitu FX 57, FX 53 serta FX 51.

  • 64 X2 Dual Core

Proses AMD 65 X2 Dual Core sengaja dibuat untuk menyaingi produk Intel Core Duo berteknologi 64 bit. Komponen ini pembuatannya bertujuan untuk memenuhi media digital yang memerlukan tingkat intensitas tinggi.

  • Sempron

Masih mengenal prosesor AMD dari segi jenis, ada Sempron yang menggantikan posisi Duron. Pembuatannya bertujuan untuk menjadi saingan produk Intel tipe Celeron D. Tentunya produk AMD disediakan dengan harga lebih efektif.

Ada dua jenis varian socket tipe ini yaitu A dan 754. Pada saat bersamaan, dikeluarkan juga produk Althon 64. Namun sayangnya Sempron hanya bisa Anda jalankan pada perangkat 32 bit saja.

  • Cadiz

Cadiz merupakan processor yang dikeluarkan sekitar tahun 2008 lalu. Produk ini memiliki HyperTransport 3, 4-core, DDR2/3 serta shared L2 cache. Adanya HyperTransport 3 menambahkan fitur transfer rate serta clock rate baru.

Selain itu juga membawa fitur baru yang tidak kalah menarik. Mulai dari modus operasi AC, hot plugging, link splitting atau un-ganging serta dynamic link clock atau width adjustment.

  •  Opteron

Apakah Anda sudah mengenal prosesor AMD jenis Opteron? Versi satu ini dibuat dengan tujuan menyaingi produk Intel Xeon. Dari segi kinerja dari setiap performa daya yang dipakai, Opteron bisa dikatakan lebih unggul.

Tapi, Opteron belum dapat menyaingi efisiensi dari produk Intel versi Itanium. Dari segi arsitekturnya sama dengan versi Athlon 64. Terkait perilisannya dilakukan pada tahun 2003.

  •  Phenom

Jenis lainnya adalah Phenom yang dikeluarkan dengan tujuan menjawab permintaan dari pasar. Harapan dirilisnya Phenom supaya bisa menyaingi Intel Core 2 Quad, karena keduanya memang selalu berkompetisi menghasilkan produk paling baik.

Ada dua jenis prosesor AMD Phenom II X6 yang dirilis secara perdana, yaitu 1090T dan 1055T. Tidak hanya itu saja, chipset baru juga dikenalkan untuk menemani produk satu ini yaitu 890GX/FX.

  •  Turion

Jenis terakhir produk AMD yaitu Turion yang mempunyai kemampuan sudah mencapai 64 bit. Turion memiliki tingkat hemat daya lebih baik bila dibandingkan versi lainnya. Menariknya, jenis ini mempunyai sistem sandi K8L.

Baca juga: HP dengan 5G Terkencang Android Bisa Menjadi Referensi Pilihan

Jadi, sebelum membeli komputer atau laptop, lihat terlebih dahulu pada bagian spesifikasi prosesor AMD. Jangan sampai sudah terlanjur membeli ternyata tidak mampu memenuhi kinerja Anda. Supaya mengenal prosesor AMD lebih jelas, Anda bisa juga menanyakannya saat membeli.

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.