Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Mengenal Apa itu Jual Beli NFT dan Cara Kerjanya

4 min read

Mengenal Apa itu Jual Beli NFT dan Cara Kerjanya

Pernahkah Anda mendengar transaksi jual beli NFT yang menggunakan karya digital? Pada dasarnya transaksi jual beli ini terjadi karena adanya teknologi blockchain. Transaksi yang sudah modern menggunakan cryptocurrency sebagai alat pembayarannya. 

Baca juga: Jawaban Game Words of Wonders yang Unik dan Menjebak

Namun, definisi NFT dengan mata uang kripto sebenarnya berbeda. Konsep NFT adalah jual beli aset yang dilakukan menggunakan mata uang digital. Sedangkan kripto merupakan mata uang digital yang menggunakan sistem kriptografi untuk mengamankan nominalnya.

Dengan kriptografi, uang digital tidak bisa diubah nilainya dan dipalsukan. Nantinya data tersebut akan dimasukkan ke dalam blockchain sebagai pusat penyimpanan data mata uang digital. Dari konsep kripto tersebut, muncullah perdagangan aset yang dinamakan sebagai jual beli NFT.

Anda dapat membeli atau menjual aset menggunakan mata uang kripto NFT. Sistem transaksinya lebih aman karena nilai aset tidak akan diubah dan tersimpan dalam database blockchain. Anda juga bisa membuat karya sendiri yang nantinya diunggah dalam bentuk aset NFT.

Definisi Jual Beli NFT dalam Teknologi Blockchain

Mengenal Apa itu Jual Beli NFT dan Cara Kerjanya_Definisi Jual Beli NFT dalam Teknologi Blockchain
Mengenal Apa itu Jual Beli NFT dan Cara Kerjanya_Definisi Jual Beli NFT dalam Teknologi Blockchain

Pada dasarnya NFT memiliki 2 kata kunci utama yaitu Non-Fungible Token. Kedua kata kunci itu memiliki definisinya masing-masing. Fungibility merupakan kemampuan aset yang dapat ditukar, diganti dan diperjual belikan dengan menggunakan aset serupa atau memiliki nilai sama.

Sedangkan token didefinisikan sebagai sebuah aset digital yang memiliki nilai sendiri. Token jadi aset digital yang mewakili layanan, barang atau produk di dunia blockchain. Biasanya jual beli NFT menggunakan token khusus sebagai alat pembayaran atau transaksi digital.

Berdasarkan keterangan tersebut, Non-Fungible Token atau NFT merupakan aset digital dalam bentuk barang atau layanan yang nilainya tidak bisa diubah. Transaksi digital yang dilakukan dari platform NFT akan tersimpan datanya di blockchain sehingga nilainya terbukti valid.

Data yang disimpan dalam blockchain sangat lengkap diantaranya pencipta aset, harga awal dan histori kepemilikan asetnya dari satu tangan ke tangan lainnya. Jual beli NFT merupakan metode baru transaksi digital dengan keamanan yang terjamin dan sesuai harga aslinya.

Sederhananya, NFT adalah transaksi digital yang tercipta karena adanya mata uang kripto dan teknologi blockchain. Tanpa kedua komponen tersebut, NFT tidak akan dapat dibentuk struktur dan sistemnya. Aset yang diperdagangkan juga bernilai tinggi karena mencapai ratusan juta.

Beberapa Aset yang Diperdagangkan NFT

Ada banyak aset yang bisa diperdagangkan dengan sistem jual beli NFT. Baik itu produk, layanan hingga karya, semuanya bisa diperdagangkan dalam sistem digital terbaru. Berikut ada beberapa aset yang dapat diperjual belikan dengan menggunakan sistem mata uang digital NFT.

  • Karya Seni

Saat ini karya seni menjadi salah satu aset yang diperjualbelikan di dalam sistem blockchain. Dengan membuat karya seni dan mengunggahnya, Anda dapat menciptakan aset sendiri. Nilai aset tersebut bisa disesuaikan dengan karya yang sudah dibuat.

Karya bisa berbentuk foto, gambar, lukisan, lagu hingga gif. Nantinya pembelian aset dapat dilakukan dengan menggunakan koin NFT atau mata uang kripto. Dalam NFT, terdapat sistem smart contract yang digunakan untuk menuliskan persentase royalti karya tersebut.

Setiap kali karya berpindah tangan, diagram royaltinya juga akan meningkat. Jual beli NFT memiliki nilai yang sangat besar menyesuaikan harga pasar. Everydays-The First 5000 Days adalah judul karya termahal yang dibeli seharga $69 Juta dolar.

  • Konteks Bisnis

Selain karya, NFT juga bisa digunakan untuk memperjualbelikan bukti kepemilikan atau aset properti. Dengan menggunakan sistem keamanan blockchain, data properti dapat dipantau kualitasnya. Selain itu, sertifikatnya juga tidak mungkin hilang karena sudah ada di blockchain.

Kelebihan NFT adalah nilai aset yang diperjualbelikan tidak mungkin hilang, berkurang nilai dan valuenya. Selain properti, lisensi juga menjadi salah satu aset yang berharga. Anda dapat memperjualbelikan aset lisensi dengan menggunakan mata uang kripto atau NFT.

Semakin berkembangnya zaman, maka teknologi transaksi juga akan semakin modern. Jual beli NFT adalah salah satu perkembangan teknologi yang nyata. Sudah ada banyak aset yang diperjual belikan menggunakan NFT untuk mempercepat dan mengamankan transaksi.

  • Industri Olahraga dan Fashion

Salah satu kelebihan NFT lain adalah jangkauannya luas karena bisa digunakan untuk industri Olahraga dan Fashion. Dengan mata uang kripto dan NFT, Anda dapat mengumpulkan foto atau cuplikan pertandingan ternama dari seluruh dunia.

Startup yang digunakan beraneka ragam dengan sistemnya masing-masing. Liga NBA, Sepak Bola hingga American Football bisa menjadi opsi utama. Untuk Fashion, tampilan busana dan desain jadi aset yang diperjual belikan karena memiliki nilainya sendiri.

Fashion berhubungan dengan lisensi yang asetnya memiliki nilai jual tinggi. Dengan sistem blockchain, jual beli NFT jadi lebih mudah dan aman. Pembayarannya juga lebih terstruktur karena menggunakan teknologi terbaru penyimpanan data Blockchain.

  • Barang Koleksi

Sama seperti lisensi, barang koleksi juga dapat dibeli menggunakan sistem NFT. Jika Anda beli produk atau karya lalu dikoleksi, maka data orisinalnya berada di tangan Anda. Orang lain bisa melihat namun tidak dapat menjualnya karena aset tersebut sudah ada ditangan Anda.

Platform jual beli NFT yang menampilkan barang-barang koleksi adalah OpenSea. Di sana ada banyak karya yang bisa Anda simpan sebagai koleksi. Barang yang ditampilkan ada banyak mulai dari cuplikan, foto, video, suara, gif hingga lukisan unik dan keren.

  • Game NFT

Aset terakhir yang bisa diperjual belikan adalah game atau akun permainannya. Salah satu contoh akun yang dapat dijadikan aset adalah Axie Infinity dengan monster di dalamnya. Anda dapat mengembangbiakkan dan menjaga monster itu agar lebih kuat.

Semakin kuat monster yang dimiliki, maka nilai asetnya juga akan semakin besar. Selain Axie, ada juga game yang tampilannya seperti Minecraft atau Roblox. Dengan mengusung konsep virtual reality, Decentraland menjadi tempat virtual yang bisa memperjualbelikan aset.

Anda dapat jual beli NFT berupa lahan, rumah atau produk layanan di dalam dunia virtual itu. NFT yang memiliki sistem keamanan tinggi dapat digunakan untuk bertransaksi secara virtual. Tentu saja, data transaksinya akan tersimpan di dalam Blockchain sesuai sistemnya.

Alasan Mengapa NFT Begitu Populer?

Mengenal Apa itu Jual Beli NFT dan Cara Kerjanya_Alasan Mengapa NFT Begitu Populer?
Mengenal Apa itu Jual Beli NFT dan Cara Kerjanya_Alasan Mengapa NFT Begitu Populer?

Satu alasan yang pasti mengapa NFT begitu populer adalah tren. Ya dengan adanya tren, warga masyarakat dari seluruh dunia mulai penasaran untuk memahami NFT dan sistem blockchain. Jika Anda tertarik, sebaiknya pahami dulu cara kerja transaksi digital yang baru ini.

Sistemnya begitu rumit sehingga mempelajarinya adalah hal yang direkomendasikan. Bagi para kreator, NFT merupakan wadah yang cocok untuk menampilkan karyanya. Anda bisa mendapat uang lebih banyak di NFT karena penggunanya menghargai kualitas suatu karya.

Semakin tinggi kualitasnya, maka harga jualnya juga semakin tinggi mengikuti pasaran. Jika unik dan menginspirasi, karya tersebut akan semakin mahal harganya. Jual beli NFT dapat dilakukan dari platform khusus yang menyediakan lahan untuk bertransaksi.

Selain lahan, koin pembayaran juga penting untuk diketahui sebelum membeli. Ethereum (ETH) jadi salah satu alat pembayaran yang banyak digunakan. Mata uang kripto ETH menjadi cikal bakal munculnya banyak platform NFT karena sistemnya terinspirasi dari sana.

Cara Membeli dan Menjual Aset NFT

Untuk dapat melakukan transaksi, Anda harus menemukan platform marketplace terlebih dulu. Platform tersebut menjadi tempat berkumpulnya para seniman dan investor. Jual beli NFT saat ini bisa dilakukan dari CryptoPunks, Rarible dan OpenSea sebagai platform terpopuler.

OpenSea menyediakan pembayaran dalam bentuk dolar dan ETH. Lalu untuk platform lain seperti NBA Top Shot digunakan untuk keperluan jual beli aset basket. Berbagai cuplikan pertandingan terbaik dan pemain legenda bisa Anda temukan dari platform tersebut.

NBA Top Shot adalah platform terbesar yang menyediakan berbagai aset basket bernilai tinggi. Banyak penggemar basket menggunakan platform tersebut untuk mengoleksi. Lalu untuk jual karya di platform yang tersedia, Anda hanya perlu mengisi NFT dan mengunggah karya.

Berikan royalti pada setiap karya yang diunggah ke platform NFT. Dengan royalti tersebut Anda bisa mendapatkan bonus lebih banyak. Jika ada investor yang tertarik, nilai karya Anda bisa lebih besar dari harga normalnya karena kualitasnya dihargai.

Baca juga: Beberapa Koin NFT yang Populer dan Ramai Digunakan

NFT memang teknologi digital terbaru yang menyediakan transaksi berbasis blockchain. Sistem dijamin aman, cepat, mudah dan lengkap karena menggunakan teknologi digital. Proses jual beli NFT sudah dibuat lebih simpel sehingga orang awam juga dapat menggunakannya.

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.