Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Tips Mendapatkan Laptop Gaming Second Terbaik di Tahun 2021

4 min read

Oleh karena harga peralatan teknologi yang sedang naik, laptop gaming second dengan kualitas yang baik menjadi incaran utama. Namun, terkadang orang hanya tergiur harga murah yang ditawarkan tanpa mengetahui spesifikasi dan caranya sehingga di akhir tertipu.

Pada masa pandemi ini, penggunaan barang elektronik menjadi jauh lebih sering. Namun, karena demand atau permintaan yang tidak sebanding dengan keberadaan barang atau supply, maka harga barang-barang elektronik juga semakin naik.

Salah satu sektor yang terpengaruhi adalah laptop karena kelangkaan chipset akibat permintaan yang sangat tinggi. Kelangkaan ini membuat laptop mengalami peningkatan harga. Maka dari itu, salah satu cara alternatif adalah dengan membeli laptop gaming second.

Baca Juga : Para Gamer Wajib Tahu Rekomendasi Laptop Gaming Terbaru Untuk Pengalaman Game Terbaik

Memang harga laptop bekas juga ikut naik, tetapi itu jauh lebih murah daripada harus membeli yang baru. Jadi, jika Anda berniat untuk membeli laptop bekas, terkhususnya untuk gaming, maka Anda perlu mengetahui cara-caranya agar tidak tertipu setelah membeli.

Spesifikasi Minimal Laptop Gaming Second yang Boleh Dibeli

Laptop juga sebenarnya memiliki batasan umur yang ditandai dengan tidak kompatibel lagi spesifikasinya di era sekarang. Karena setiap tahun selalu ada pengembangan aplikasi sehingga butuh spesifikasi yang lebih baik. Jadi, spesifikasi minimal di tahun ini adalah:

1. Processor Minimal Intel i3 5thgen atau AMD FX-6300

Processor mungkin bisa dibilang sebagai otak dari semuanya. Processor yang lelet akan membuat kinerja yang lain juga ikut lelet. Jika Anda tidak ingin demikian, maka sudah seharusnya Anda memilih processor i3 gen 5 atau AMD FX-6300.

Processor ini sebenarnya sudah berbeda 6 generasi dari sekarang. Tetapi bisa dibilang masih cukup kompatibel dan bisa menjalankan kebanyakan aplikasi ringan hingga sedang. Namun jika dana lebih, sebaiknya memilih yang lebih baru agar tahan lama.

2. RAM DDR 3 sebesar 4 GB

RAM juga harus Anda perhatikan dalam memilih laptop gaming second. Semakin tinggi RAM, maka laptop Anda akan semakin lancar dan bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus. Sehingga kebutuhan multitasking lebih mudah dilakukan.

Adapun RAM minimal adalah yang tipe DDR 3 dengan kapasitas memory sebesar 4 GB. Ini adalah spesifikasi minimal untuk rata-rata aplikasi yang ada saat ini. Jadi, pastikan pada saat mengunjungi toko laptop, tanyakan dulu spesifikasi RAM nya.

3. Storage SSD

Untuk masalah storage juga menjadi permasalahan yang sering diisukan pada laptop gaming second. RAM yang kompetibel saat ini adalah yang bertipe SSD, dimana tipe ini 10 kali lebih cepat daripada storage dengan tipe HDD.

Karena ukuran aplikasi semakin besar karena banyak fitur baru, maka storage yang harus dipersiapkan juga harus besar. Apalagi untuk penyimpanan data tambahan. Jadi, minimal Anda memiliki sisa storage sebesar 100 GB.

4. Graphic Card Nvidia atau AMD 1 GB

Pada urusan kualitas layar juga harus diperhatikan. Dimana saat ini terdapat graphic card untuk seluruh hal yang berkaitan dengan grafis. Adapun grafis memerlukan penyimpanan.

Karena banyak yang versi lama, Anda harus memastikan bahwa kartu grafis itu memiliki merk Nvidia atau AMD, bukan merk yang tidak dikenal. Penyimpanan minimalnya juga sebisa mungkin diatas 1 GB.

Rekomendasi Laptop Gaming second dengan Harga Murah

Jika Anda sudah mengetahui apa saja yang harus diperhatikan nanti pada saat mau membeli laptop gaming, dan tidak ingin ribet, maka kami akan memberikan rekomendasi. Rekomendasi ini bertujuan agar kamu bisa langsung mencari laptop ini. Contohnya adalah:

1. Dell Latitude 7480 Core i7 Gen 6

Rekomendasi pertama yang akan kami berikan adalah laptop dari merk Dell dengan seri Latitude 7480 nya. Secara tampilan saja, laptop keluaran tahun 2017 ini masih bisa dibilang cukup baik digunakan hingga sekarang.

Laptop ini masuk ke jajaran gaming karena spesifikasi i7 yang dipakai. Processor itu merupakan yang paling canggih saat itu. Generasi keenam juga merupakan yang lebih baik dari kompetitornya.

Selain dalam hal processornya, ada lagi fitur istimewa lain seperti RAM DDR4 sebesar 8 GB dan juga storage 256 GB. Jadi, dengan memilih laptop gaming second ini, dengan harga bekas 7 juta lebih akan mendapatkan banyak hal lainnya.

2. Hp Elitebook X360 G2 i5 Gen 7

Selanjutnya adalah HP Elitebook X360. Meskipun bukan merupakan secara murni laptop gaming, tetapi laptop ini masih sangat kuat untuk menjalankan game-game berat sekalipun. Apalagi diberi processor i5 yang sudah sangat cukup sekarang.

Secara desain, banyak yang bisa diapresiasi, terutama layar yang bisa ditekuk hingga 360 derajat atau menjadi tablet. Sehingga kegiatan lain menjadi lebih mudah. Terlebih lagi layar sentuhnya sangat responsif. Untuk harga, laptop ini masih diangka 8 jutaan.

3. MSI MODERN 14 B10MW

Untuk seri laptop ini, memang sebenarnya merupakan laptop yang baru dikenalkan ke publik pada tahun 2020. Namun, Anda bisa mencari laptop gaming second ini dimana saja, terutama di toko online.

Karena masih sangat baru, tampilannya juga sangat modern. Layar yang mampu menampilkan warna yang sangat bagus, ditambah lagi dengan bezzel atau bingkai yang sangat tipis menambah kesan elegan dari MSI Modern ini.

Untuk processornya hanya menggunakan i3, namun mendapatkan seri ke 10 sehingga dinilai lebih kencang dari i5 gen 8. MSI juga sudah sangat populer dalam dunia gaming. Namun, laptop entry level ini bisa didapatkan dengan harga dibawah 7 juta jika kondisi bekas.

Ciri Khas Laptop Gaming Second dibandingkan Laptop Biasa

Seperti yang kami sebutkan tadi jika ada laptop yang memiliki tampilan gaming, atau tidak diciptakan untuk gaming, namun apa perbedaannya? Memang jika dilihat pada visualnya saja, kita sudah bisa membedakan mana yang diperuntukkan untuk gaming dan yang bukan.

1. Ketebalan

Salah satu hal jika Anda bingung mana yang laptop gaming atau yang bekas, maka Anda bisa melihat dari ketebalannya. Laptop gaming akan memiliki ketebalan lebih karena banyak yang perlu dimaksimalkan untuk kenyamanan dalam bermain game.

2. Desain Casing

Untuk tampilan secara visual juga yang paling mudah membedakan antar kedua jenis laptop ini. Umumnya desain dari sebuah laptop gaming akan lebih nyentrik sehingga memberikan kesan agresif sekaligus mencerminkan gamers.

3. Spesifikasi

Spesifikasi juga merupakan satu hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin mendapatkan laptop gaming second. Jika salah, maka bisa jadi Anda akan mendapatkan spesifikasi untuk laptop biasa.

Karena ada perbedaan mencolok antar jenis laptop ini. Umumnya laptop gaming akan menggunakan yang paling canggih tanpa mengedepankan keefisiensian. Jadi, penting untuk Anda mencari tahu dulu tentang spesifikasinya.

4. Penggunaan Kipas

Karena laptop gaming sangat sering digunakan untuk keperluan yang berat, maka suhunya juga akan tinggi. Suhu yang tinggi ini akan menghambat kerja dari sebuah laptop gaming bekas. Bahkan, jika dibiarkan lama akan merusak mesin komputer.

Baca Juga : Rekomendasi Kursi Gaming yang Sesuai fengan Budget Anda

Maka dari itu, dengan ketebalan yang dimiliki oleh laptop gaming, banyak diisi oleh kipas pendingin. Jadi, meskipun sedang menjalankan aplikasi berat, laptop ini tidak akan overheat dan tetap bisa dimainkan dengan lancar.

5. Keyboard yang Menyala

Ketika melihat laptop biasa, mungkin tidak ada yang istimewa. Namun, ketika melihat laptop gaming, Anda akan bisa melihat keyboardnya yang spesial. Apalagi backlight keyboard ini berwarna-warni sehingga mencerminkan ciri khas gamers.

Tips Mencari Laptop Gaming Second

Jika Anda benar-benar sudah berniat untuk membeli laptop bekas untuk keperluan gaming, akan lebih baik jika Anda tidak terburu-buru. Ikuti tips dibawah ini agar Anda bisa mendapatkan laptop yang tahan lama serta masih cukup untuk menjalankan aplikasi-aplikasi, diantaranya:

  1. Langsung Datang ke Toko
  2. Pilih Penjual yang Sudah Terpercaya
  3. Cek Kondisi Layar
  4. Cek Kondisi Fisik
  5. Cek Keyboard & Trackpad
  6. Periksa bagian baterai dan chargernya
  7. Tes Menjalankan Beberapa Aplikasi
  8. Pastikan masih ada garansi
  9. Jangan tergiur harga murah

Dengan mengikuti cara-cara diatas, maka kami dapat menjamin Anda akan mendapat laptop gaming second yang berkualitas. Jadi, Anda tidak perlu bolak balik ke tempat servis laptop untuk memperbaikinya.

Sehingga nantinya Anda bisa memanfaatkan laptop tersebut untuk kebutuhan kalian yang lebih bermanfaat. Jadi, pastikan Anda mengikuti cara itu, dan ketika menjumpai kecacatan pada salah satu sektor aja, lebih baik memilih yang lain.

Kebutuhan akan laptop semakin tinggi juga seiring kemajuan teknologi. Kebutuhan aplikasi sekarang memang semakin berat sehingga laptop yang sudah lama tidak kompatibel lagi. Namun, masih banyak laptop gaming second yang cukup handal.

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *