Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Bagusan Kursi Gaming atau Kursi Kantoran untuk Sehari-hari?

4 min read

thumbnail kursi gaming - kursi gaming

Kursi gaming telah menjadi kewajiban bagi setiap orang yang hobi bermain game. Tetapi tidak jarang, ada yang masih menggunakan kursi itu untuk keperluan sehari-hari seperti bekerja. Maka dari itu, kami ingin mengulas apakah kursi para gamer, cocok untuk keseharian?

Berbeda dengan kursi kebanyakan, gaming chair biasanya diletakkan di rumah untuk mendukung kinerja gamers. Namun untuk saat ini, belum ada ditemukan kantor yang menyediakan kursi ini untuk para karyawannya. Di lain sisi, banyak yang menginginkannya.

Kursi kantoran masih dipercaya untuk diletakkan di meja karyawan karena sudah terbukti keefektifannya. Hal ini membuat banyak produsen mulai memproduksi kursi yang bisa digunakan untuk keseharian dan menunjang produktifitas pekerja dalam bekerja di kantor.

Baca Juga : Headset Gaming Murah Paling Direkomendasikan

Namun, mungkin masih ada pertanyaan apa yang membedakan tipe-tipe kursi meskipun nilai esensialnya adalah untuk duduk. Dan juga, mana yang lebih bagus untuk dibeli ketika dihadapkan kepada dua pilihan tersebut. Oleh karena itu, kami menyediakan informasi ini.

Apakah Kursi Gaming Bisa Digunakan untuk Sehari-hari?

Kursi memiliki fungsi utama menjadi tempat duduk. Meskipun ada banyak tipe kursi, seperti kursi panjang, kayu, tidak bersender, hingga gaming, masih saja ada yang mendebatkan fungsi utama dari kursi. Apalagi perdebatan antara lebih bagus kursi kantoran atau gaming.

Namun diatas itu semua, karena memiliki fungsi untuk duduk, maka tipe kursi ini juga bisa digunakan untuk menopang kegiatan Anda sehari-hari. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena ada kursi gaming yang dirancang tidak baik jika digunakan waktu lama.

Umumnya dalam kantoran, kita akan duduk selama 8 jam lebih. Jika kursi yang digunakan tidak bagus atau tidak menopang tubuh dengan baik, maka pinggang, hingga bentuk badan akan menjadi kaku. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memilih yang sesuai kebutuhan.

Apalagi di masa pandemi yang menyebabkan hampir seluruh waktu kita duduk di kursi. Jangan sampai karena mementingkan kekerenan kursi itu sampai melupakan kenyamanan hingga keergonomisannya.

Karena di banyak kesempatan, kursi ini lebih mementingkan desainnya yang keren. Berbeda dengan kursi kantoran yang lebih cenderung kaku, namun fungsional dan nyaman. Dan mungkin karena alasan itu juga yang membuat kantor lebih percaya kursi kantoran.

Namun tidak semua kursi yang ditujukan untuk tujuan gaming memiliki kenyamanan yang buruk. Bahkan sudah ada yang memproduksi kursi yang bisa ditujukan untuk keduanya, salah satunya adalah Razer Iskur X. Hanya saja, harganya bisa dibilang sangat mahal.

Apa yang Membedakan Kursi Gaming dan Kursi Kantor?

Nama yang berbeda ini bisa menjadi pancingan bagi para calon pembeli untuk membeli keduanya karena dianggap berbeda fungsi. Namun secara keseluruhan, ada hal yang membedakannya dan kami akan merangkumnya dalam beberapa faktor, yaitu:

1. Faktor Kenyamanan

Hal pertama yang bisa dirasakan langsung adalah kenyamanannya. Kursi ini dirancang bukan untuk diduduki lama, melainkan yang mendudukinya dapat merasakan seakan masuk ke dunia game tersebut.

Hal ini yang membuat hampir seluruh kursi untuk gaming, terutama yang abal-abal tidak mementingkan faktor kenyamanan. Mereka hanya mementingkan fitur-fitur yang berkaitan dengan game agar yang mendudukinya semakin merasa intens.

Berbeda dengan kursi kantoran yang umumnya didesain untuk diduduki lama. Sehingga produsen sangat mementingkan kenyamanan dengan lekukan yang sesuai dengan kebanyakan tubuh manusia. Jadi, sangat cocok diduduki 8 jam lebih.

2. Design

Secara tampilan, kita akan langsung menyadari betapa berbedanya kedua kursi ini. Kursi gaming yang memiliki tampilan yang agresif serta sporty, berbeda jauh dari kursi kantoran yang simpel dan cenderung tidak memiliki design yang aneh-aneh.

Memang design merupakan hal yang sangat subjektif. Namun, rasanya jika untuk kegiatan sehari-hari, kursi kantoran lebih cocok digunakan, baik dirumah maupun di kantor. Terlihat lebih professional.

3. Bahan yang Digunakan

Setelah melihat designnya, satu hal yang tidak luput dari pandangan kita adalah bahannya. Sebenarnya bahan yang digunakan sangat bergantung pada biaya yang berani kita keluarkan. Namun secara umum, tetap ada perbedaan yang mendasarinya.

Pada bahan yang digunakan di kursinya, kebanyakan kursi kantoran akan menggunakan bahan-bahan yang cenderung ringan seperti vinyl. Sedangkan pada kursi gaming yang banyak digunakan gamers itu lebih banyak menggunakan kulit asli.

Hal ini juga mempertimbangkan faktor kenyamanan dan keefektifan. Kursi kantoran dibuat agar mudah dipindah-pindahkan sehingga menggunakan bahan yang ringan namun berkualitas. Ini sebabnya kantoran masih mengandalkan kursi ini.

Apakah Kursi Gaming Layak untuk Dibeli?

 

Setelah mengetahui perbedaan-perbedaannya, mungkin kalian bertanya-tanya apakah kursi yang ditujukan untuk gamers ini cocok dan layak dibeli. Belum lagi harga dari kursi ini cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan kursi kantoran sekalipun.

Harga yang mahal ini juga yang menentukan kualitas. Sama seperti semua barang, semakin bagus kualitasnya, maka harganya juga akan naik. Pada kursi gaming ini, banyak fitur yang membuat kursi yang terlihat biasa bisa diberi harga yang cukup mahal.

Apalagi penggunaan kulit asli yang membalut hampir semua bagian dari kursi untuk gamer. Harganya pasti akan sangat mahal. Tetapi disamping itu semua, fitur-fitur tambahan seperti lampu dan lain-lain harus menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli.

Sebenarnya kursi ini sangat layak untuk dibeli untuk Anda yang ingin menjadi youtuber gaming atau yang ingin nyaman bermain game. Untuk pekerjaan yang ringan juga masih cocok untuk dipakai. Namun, jika untuk waktu yang lama, sebaiknya Anda memilih tipe kursi yang lain saja.

Tips untuk Membeli Kursi Gaming

Namun, jika setelah membaca ini dan Anda masih tertarik untuk mendapatkan kursi dengan tipe gaming, maka kami ada saran untuk anda. Apalagi jika Anda menginginkan ini bertahan lama atau untuk bekerja, langkah ini harus dilakukan dulu sebelum membeli.

1. Mengetes Langsung

Yang harus Anda lakukan pertama kali sebelum membeli adalah mengetesnya langsung. Dengan merasakan sensasinya, Anda dapat menyimpulkan sendiri apakah ini sesuai dengan yang Anda butuhkan atau tidak.

Untuk membeli kursi, Anda tidak bisa hanya sekedar mendengar dari orang lain atau melihat review Youtuber. Badan setiap orang berbeda-beda sehingga bisa jadi nyaman di mereka, tetapi sangat tidak cocok untuk anda.

2. Tentukan Budget

Yang harus Anda lakukan setelah itu adalah melihat harga dari kursi tersebut. Misalnya budget Anda adalah 3 juta, maka Anda dari yang Anda rasa nyaman tersebut coba saring lagi kursi mana yang mempunyai harga dibawah budget Anda tersebut.

Jangan sampai Anda memaksakan yang melebihi budget anda. Ini akan membuat Anda semakin boros dan menyesal di kemudian hari. Jadi, pastikan yang Anda pilih itu sesuai dengan budget dan yang Anda merasa nyaman dalam mendudukinya.

3. Jangan Mementingkan Fitur Saja

Hal yang sangat diutamakan dalam kursi gaming adalah fiturnya. Meskipun tidak menambah kenyamanan dan keergonomisan penggunanya, fitur-fitur seperti lampu, aksesoris hingga tempat menaruh tangan hanya menambah biayanya.

Anda tidak boleh mementingkan fitur tersebut saja karena harus mengutamakan kenyamanan saat mendudukinya. Sehingga pada saat bekerja 6 sampai 9 jam, badan Anda tidak merasa pegal hingga yang paling parah menjadi bongkok.

Kursi Gaming Terbaik untuk Digunakan Sehari-hari

Memang kursi yang diperuntukkan para gamer masih jarang yang nyaman digunakan sehari-hari. Namun, produsen kursi juga mulai merabah ke pasar diantara ini, yang bisa nyaman dan bisa juga untuk gaming. Jadi, kursi dengan tema gaming yang nyaman digunakan adalah:

1. DXRacer Master Series Gaming Chair Office

Dari namanya saja dapat disimpulkan bahwa kursi ini multifungsi, bisa untuk gaming sekaligus kantoran. Desainnya yang cukup elegan, namun masih terdapat unsur gaming sehingga tetap nyaman. Soal harga, kursi ini diberi harga 5 juta lebih.

2. Cougar Armor S

Rekomendasi kedua adalah merk Cougar yang sudah cukup terkenal di dunia gaming. Kursi yang diproduksi ini dibalut dengan kulit yang diberi motif diamond sehingga membuat kesan mahal. Anda bisa mendapatkan kursi ini dengan harga 4 juta.

3. Rexus Dark Thrones

Pada kursi ini, desainnya hampir semua merupakan untuk kursi gaming. Namun, hal yang harus dibanggakan adalah kenyamanannya dan ini sudah terbukti. Tetapi Anda harus mengeluarkan 3 juta lebih untuk dapat membeli kursi ini.

4. Titan 2020 Series

Kursi ini bisa dibilang tidak ada desain yang aneh-aneh selayaknya kursi para gamer biasa. Namun, fitur-fiturnya sangat memanjakan penggunanya seperti memory gel dan pendingin. Ini agar penggunanya merasa nyaman terus.

Baca Juga : Mengenal Seluk-Beluk Mouse Khusus Gaming Seperti Apa

Beberapa orang mungkin tertarik untuk memiliki kursi yang dimiliki para gamers. Namun, jika dilihat kegunaannya, akan sangat berbeda fungsi jika digunakan untuk sehari-hari. Beruntungnya, ada kursi gaming yang dirancang juga untuk keperluan seharian.

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *