Mengatasi Kendala Game PPSSPP di Windows dan Android

4 min read

Game PPSSPP

Game PPSSPP (Playstation Portable Simulator Suittable Portable) merupakan game emulator dari PS1 dan PS2. Anda bisa mendownload game ini menggunakan komputer atau ponsel. Anda bisa memainkan banyak game dari PlayStation tanpa harus memiliki PSP. Tentu ini menjadi keuntungan untuk para gamers. Sebab, game di PS sendiri terkenal seru dan beragam.

Baca Juga : Bagaimana Cara Bermain Game Volleyball Championship

Meski, pada versi lamanya. Banyak game legendaris yang masih asyik dimainkan kapan saja. Kerennya lagi, untuk memasang game emulator ini, Anda tidak diharuskan memiliki operating system canggih keluaran terbaru.

Dengan versi OS seadanya, Anda sudah dapat menikmatinya. Sayangnya, banyak kendala yang sering muncul pada PPSSPP. Meski demikian, masalah tersebut dapat ditangani dengan mudah.

Spesifikasi OS untuk Game PPSSPP

Operating system yang akan kami bahas kali ini adalah Windows dan Android. Sebab, kedua OS ini adalah yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, menjadi OS paling umum.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya perangkat elektronik yang menggunakan kedua OS tersebut. Meski demikian, sebenarnya PPSSPP masih bisa dimainkan menggunakan berbagai OS lainnya.

Misalnya adalah iOS, Linux, dan lainnya. Berikut ini adalah spesifikasi Windows dan Android yang kompantibel untuk memainkan PPSSPP:

  1. Windows

Untuk spesifikasi prosesornya, minimal PC Anda memiliki Dual-Core CPU atau Single-Core CPU 2.0 GHZ. Selain itu untuk VGA, setidaknya memiliki 256 VRAM stand alone graphics card.

Sedangkan untuk versi Windowsnya sendiri, paling tidak PC dibekali dengan Windows XP. Serta, memiliki RAM 2GB.

  1. Android

Untuk ponsel android, minimal memiliki versi Android 2.3 Gingerbread. Prosesor yang memenuhi spesifikasi minimal adalah CPU Dual-Core Cortex 1.2 GHz.

Sistem grafis minimal memiliki Adreno 512 MB. Tidak hanya itu, Anda bisa leluasa memainkan PPSSPP menggunakan ponsel dengan RAM 2GB saja.

Cara Mengatasi Game PPSSPP Blackscreen

Game PPSSPP

Blackscreen atau blank adalah masalah paling sering terjadi saat Anda pertama kali memasang game ini. Biasanya keadaan blackscreen dibagi menjadi dua kondisi.

Yaitu, sebagian gambar saja yang hilang atau semuanya hilang. Sehingga, layar PC atau ponsel berwarna hitam kosong. Faktor pemicunya cukup banyak, diantaranya adalah PPSSPP atau game corrupt.

Artinya aplikasi PPSSPP atau game yang ada pasang menggunakan terlalu banyak data perangkat. Sehingga, ponsel atau PC tidak mampu menjalankan program yang akan dimainkan.

Penyebab aplikasi corrupt adalah tidak sempurnanya proses penginstalan. Bisa jadi akses internet Anda saat proses penginstalan tidak stabil. Sehingga ada program yang tidak terunduh sepenuhnya.

Selain itu, blackscreen juga dapat disebabkan karena perangkat yang Anda gunakan tidak memenuhi spesifikasi. Cara mengatasinya cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah berikut ini:

  1. Instal Ulang

Menginstal ulang aplikasi terbukti ampuh mengatasi game PPSSPP yang mengalami masalah blackscreen. Cara satu ini sangat mudah, tapi sebelumnya kami sarankan Anda untuk memperbaharui ke versi lebih baru.

Untuk melakukan instal ulang pada ponsel Android, ikuti cara berikut ini:

  1. Kunjungi Play Store, kemudian uninstal aplikasi yang masih terpasang tersebut.
  2. Download ulang aplikasi PPSSPP.
  3. Buka, dan biarkan proses download data berjalan sempurna.

Sedangkan untuk PC, berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan:

  1. Hapus file PPSSPP, baik file software maupun permainannya.
  2. Kunjungi web resmi PPSSPP, kemudian download versi terbarunya.
  3. Instal ulang software, biarkan program hingga proses instalasi selesai sepenuhnya.

Jika menggunakan cara ini game masih mengalami blackscreen, maka lakukan langkah lain di bawah ini.

  1. Restart Aplikasi Game PPSSPP

Cara berikutnya untuk mengatasi blackscreen adalah merestart aplikasi atau mematikan dan menghidupkan ulang. Cara ini juga sudah banyak dibuktikan. Caranya sangat mudah yaitu:

  1. Tekan tombol back saat game mengalami blackscreen.
  2. Pilih EXIT pada fitur menu yang ada di bagian atas halaman utama game.
  3. Tutup program dengan menutup jendela layarnya.
  4. Buka lagi aplikasi dan lihat, masih black screen atau tidak.

Jika sudah normal kembali, maka artinya blackscreen disebabkan proses loading gagal. Tujuan dari merestart aplikasi adalah memastikan proses loading kedua lebih sempurna.

  1. Upgrade Gadget

Gadget yang tidak kompantibel merupakan salah satu alasan game PPSSPP kerap mengalami blackscreen. Hal ini disebabkan gadget tidak mampu menjalankan beberapa program tertentu dari game.

  1. Atur Ulang Grafis PPSSPP

Jangan buru-buru mengganti gadget, sebab masih ada solusi efektif satu ini. Yaitu, dengan mengubah setting grafis PPSSPP dan disesuaikan dengan kemampuan perangkat Anda. Selain mudah tentunya juga gratis.

Pengaturan grafis ini berguna untuk mengatur kualitas tampilan dan audio game sesuai dengan ponsel. Pengaturan yang tepat, dapat menjadikan game lebih lancar, stabil, dan dianggap lebih ringan oleh perangkat.

Berikut ini adalah cara umum mengatur grafis agar lebih lancar dan stabil :

  1. Rendering : Open GL + Buffered Rendering
  2. Frameskipping : Off
  3. Rendering Resolution : 2x

Mengatasi Audio Game PPSSPP Patah-patah

Game PPSSPP

PPSSPP memang belum memberikan performa sempurna, terutama dalam hal audio atau suaranya. Sebab, salah satu masalah yang sering terjadi adalah audio patah-patah atau pecah.

Penyebab utamanya adalah perangkat ponsel atau PC yang tidak mumpuni. Sehingga, kualitas Framefate dari game rendah. Pengaturan audio di aplikasi juga sangat berpengaruh terhadap buruknya audio.

Hal tersebut tentunya akan sangat mengganggu dan membuat Anda tidak nyaman saat memainkannya. Cara mengatasi masalah audio secara sederhana sebenarnya mudah, ikuti langkah berikut ini:

  1. Latency Audio Dijadikan Low

Mengubah pengaturan Latency Audio menjadi Low sangat efektif untuk mengatasi audio yang ngelag atau patah-patah. Latency game PPSSPP Audio sendiri merupakan hambatan suara yang disampaikan ke audio.

Dengan demikian semakin rendah Latency Audio, kecepatan suara yang dikirimkan sebagai output akan semakin cepat. Sehingga, risiko audio yang patah-patah akan berkurang.

Cara melakukannya cukup mudah yaitu : Menu Setting > Audio > Audio Latency > Low.

  1. Kurangi Kualitas Grafis

Kualitas grafis yang tinggi pada spesifikasi gadget rendah tentu dapat menyebabkan ngelag. Tidak hanya layarnya saja, tapi juga suaranya. Oleh sebab itu, Anda perlu menurunkan kualitas grafis untuk memperbaiki audio.

Ikuti langkah mudah berikut ini untuk mengurangi kualitas grafis:

  1. Buka Settings, kemudian pilih sub menu Graphic.
  2. Buka Rendering Resolution. Pada menu tersebut muncul banyak pilihan resolusi dari 1x PSP hingga 5x PSP.
  3. Pilih 1x PSP yang merupakan resolusi paling rendah.
  4. Buka Display Resolution yang berada di bawah Rendering Resolution.
  5. Ganti HW Scaller menjadi Auto (same as rendering resolution)

Selah melakukan langkah tersebut, Anda harus merestart game PPSSPP. Kemudian, membukanya kembali.

  1. Ganti Rendering Backend

Proses ini bertujuan untuk mengganti Engine/API yang digunakan untuk mengoperasikan PPSSPP. Hanya tersedia dua pilihan yaitu Vulkan atau OpenGL. Anda bebas memilih keduanya, caranya sebagai berikut:

Menu Settings > Graphics > Backend > OpenGL/Vulkan.

  1. Gunakan Auto Frameskip

Auto frameskip memiliki fungsi untuk melewati frame yang tidak perlu. Sehingga, game akan lebih lancar dan mengurangi risiko ngelag baik layar maupun audio. Cara pengaturannya adalah:

Menu Setting > Graphic > Auto Frameskip On

Mengatasi Game PPSSPP “Force Close”

Game PPSSPP

Force Close atau ditutup paksa, merupakan kendala yang sering terjadi pada aplikasi satu ini. Program akan menutup secara tiba-tiba dan hal ini berlangsung berulang kali. Bahkan, saat sedang di tengah permainan.

Kondisi ini sangat sering terjadi pada PPSSPP yang dimainkan di ponsel Android. Penyebab utamanya adalah game menggunakan banyak data RAM. Sehingga, ponsel tidak mampu menjalankan aplikasi tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan cara berikut ini :

  1. Hapus Data Aplikasi

Langkah ini bertujuan untuk mereset sekaligus menghapus semua data dalam aplikasi PPSSPP. Terlalu banyak data akan membuat pemakaian ruang di RAM semakin banyak, yang merupakan penyebab utama aplikasi ditutup paksa.

Sehingga, game PPSSPP sering mengalami Force Close atau ditutup paksa. Cara melakukan langkah ini adalah :

Pengaturan pada ponsel > Manajer Aplikasi > PPSSPP > Paksa Berhenti dan Hapus Data.

  1. Hapus Pembaruan WebView

Tujuan dari penghapusan WebView di sistem Android adalah untuk mengembalikan ponsel ke versi awal. Secara tidak langsung, proses ini akan memperbaiki sistem android pada ponsel Anda.

Tentunya cara ini juga dapat memperlancar game PPSSPP. Hal ini dikarenakan sebagian data di RAM terhapus. Langkah untuk melakukan cara ini adalah :

Pengaturan ponsel > manajer aplikasi > android system WebView > Hapus pembaruan

  1. Menyesuaikan Settingan Game

Menyesuaikan settingan caranya sama saja dengan yang sudah dibahas sebelumnya. Anda perlu menurunkan kualitas grafis dan mengatur audio. Hal ini bertujuan agar kinerja game lebih sesuai untuk gadget Anda.

Baca Juga : Cara Menang Mabar Mobile Legend

PPSSPP memang belum menghasilkan aplikasi yang sempurna untuk para gamers. Hal ini dibuktikan dengan seringnya terjadi kendala. Namun, game PPSSPP tetap memiliki banyak peminat karena keseruannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *