Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Cheat Mobile Legends dan Bahayanya

4 min read

cheat Mobile Legends

Cheat Mobile Legends sampai saat ini masih menghantui banyak player dari berbagai tier. Bahkan, salah satu alasan mengapa player sangat sulit naik tier adalah karena lawan menggunakan sebuah cheat khusus.

Baca Juga : Senjata Free Fire Mematikan Yang Sering di Perebutkan

Beberapa bulan lalu publik dihebohkan dengan adanya cheat berupa GB MMR. Tindakan ini membuat lawan mengalami masalah sinyal. Pada akhirnya player hampir pasti mengalami kekalahan.

Cheat tersebut membuat penggunanya mendapatkan MMR lebih. MMR sendiri merupakan hero point antara jumlah pertandingan dengan persentase kemenangan. Tujuannya sendiri adalah untuk meningkatkan posisi pada leaderboard, bahkan mendapatkan title supreme.

Namun, tindakan dalam game besutan Moonton tersebut bukan hanya tentang GB MMR. Ada banyak lagi tindakan lain yang perlu Anda ketahui. Selain itu, dampak dari penggunaan cheat juga perlu diketahui.

Alasan Player Menggunakan Cheat Mobile Legends

Ada banyak sekali alasan mengapa seorang player menggunakan tindakan curang. Kebanyakan penggunaan tindakan curang ini adalah anak-anak. Itulah mengapa banyak player lama yang menyebut pengguna cheat adalah “player bocil”.

  1. Meraih Kemenangan Mutlak

Cheat dalam bermain game ada banyak sekali jenisnya. Salah satunya adalah tindakan untuk mendapatkan kemenangan secara instan. Bagi lawan, tindakan seperti ini jelas sangat tidak fair.

Meskipun setiap player ingin mendapatkan kemenangan, namun bukan berarti harus menggunakan tindakan curang. Apalagi tindakan seperti ini sangat merugikan banyak orang. Namun, faktanya hingga sekarang masih banyak cheater yang bermain.

  1. Meningkatkan MMR

MMR atau Matchmaking Rating menjadi dasar peringkat dari suatu player. Semakin tinggi MMR, maka posisinya dalam leaderboard juga meningkat. Bahkan bisa saja masuk dalam jajaran player top global.

Sayangnya banyak player yang mendambakan posisi leaderboard atas, namun tidak dibarengi skill memadai. Bahkan, dalam beberapa kasus pemegang title supreme adalah player yang berada pada tier rendah.

  1. Meningkatkan Win Rate

Win Rate adalah istilah untuk mengukur persentase jumlah kemenangan dari total pertandingan yang dijalaninya. Ada dua jenis winrate, pertama adalah winrate hero dan kedua adalah winrate game.

Winrate game diperoleh dari semua bentuk pertandingan, baik Classic, Brawl, Ranked, dan lainnya. Sedangkan winrate hero hanya persentase dari suatu hero tertentu yang hanya pada pertandingan Classic dan Ranked saja.

  1. Naik Tier dengan Cepat

Cheater juga memanfaatkan tindakan curang demi naik tier lebih cepat. Bagi beberapa orang, tier Epic menjadi tier neraka. Tidak heran jika banyak player bertindak curang demi keluar dari tier tersebut.

Jenis-Jenis Cheat Mobile Legends yang Populer

cheat Mobile Legends

Sejak pertama kali rilis pada 24 September 2016 lalu, sudah ada banyak sekali jenis tindakan curang. Beberapa cheat yang cukup populer adalah drone map, map hack, dan lain sebagainya.

  1.     Auto Play Game

Cheat Mobile Legends ini sempat meresahkan banyak player pada beberapa bulan lalu. Tindakan ini sangat meresahkan bagi lawan karena pengguna cheat akan mendapatkan kemenangan secara otomatis.

Seperti namanya, Auto Play Game membuat sistem menjalankan match tanpa player. Artinya, match akan berjalan otomatis dan cheater hanya perlu menontonnya saja. Semua sudah diatur dalam boot sistem tertentu.

  1. Map Hack

Map hack merupakan tindakan curang di mana semua posisi lawan akan terlihat. Bahkan, ketika masuk dalam Bush sekalipun masih tetap terlihat. Cheat Mobile Legend ini jelas sekali merugikan player assasin.

Hero splitter dan push juga pasti tidak akan bisa leluasa melakukan tugasnya. Contohnya, hero paling dirugikan oleh cheat ini adalah Natalia yang memiliki skill pasif menghilang setelah masuk ke Bush.

  1. Drone View

Tindakan ini hampir sama dengan map hack. Hanya saja drone view memberikan kesempatan bagi pengguna cheat memperluas jarak pandangan pada map. Biasanya ditandai dengan sulitnya player tersebut di gangking.

  1. Hack Sistem Game

Cheat ini bisa dibilang sebagai salah satu cheat paling parah. Bagaimana tidak, sekali hit lawan bisa langsung meninggal. Bahkan, turet sekalipun bisa langsung hancur ketika terkena hit sekali saja.

Banyak player menyayangkan tindakan seperti ini. Apalagi, hack sistem game ini berdampak pada keseluruhan game. Memang siapa juga yang ingin melawan player dengan cheat one hit kill tersebut?

Risiko Menggunakan Cheat Mobile Legends

cheat Mobile Legends

Meskipun ketika menggunakan cheat keinginan menjadi kenyataan, namun ada banyak bahaya yang mengintai. Bisa dibilang bahwa menggunakan cheat merupakan kesenangan sesaat karena setelah ada punishment yang akan didapatkan.

  1.     Banned Game

Risiko yang sangat berat didapatkan oleh cheater adalah banned langsung. Tidak tanggung-tanggung, developer bisa langsung melakukan banned permanen. Jika sudah begitu tentu akun Mobile Legends Anda tidak bisa dipakai kembali.

Tentu saja ini sangat merugikan ketika akun tersebut memiliki banyak skin mahal. Biaya yang dikeluarkan sebelumnya juga menjadi percuma. Jadi, perhatikan resikonya ketika ingin menggunakan sebuah cheat.

  1. Pencurian Data Pribadi

Jangan kira bahwa menggunakan cheat Mobile Legends tidak berbahaya bagi Anda sendiri. Faktanya banyak kasus di mana player harus merelakan data pribadinya menghilang. Hal tersebut karena tindakan phising pada boot.

  1. Merusak Ekosistem Game

Moonton sebagai developer tentu saja menciptakan Mobile Legends supaya bisa dimainkan tanpa adanya gangguan. Namun, ketika ada 1 player saja yang menggunakan tindakan curang maka ekosistem game menjadi terganggu.

Misalnya saja adalah gangguan jaringan hingga gangguan server yang membuat game tidak bisa dimainkan. Kejadian seperti ini jelas sangat merugikan banyak pihak, baik dari developer, pengiklan, hingga player.

  1. Dikucilkan dari Komunitas Gamer

Akun media sosial yang berkaitan dengan Mobile Legends sudah ada ribuan. Ketika Anda diketahui menggunakan sebuah cheat, maka komunitas gamer akan menyebarkan id name dan id game di internet.

Tujuannya supaya player lain mengetahui bahwa pengguna id tersebut menggunakan cheat ML. Jika sudah demikian, maka akan sulit sekali mencari teman untuk diajak bermain bersama, bukan?

Hukuman Bagi Pengguna Cheat Mobile Legends

cheat Mobile Legends

Bagi player yang terbukti melakukan pelanggaran berupa tindakan curang, tentu akan diberikan peringatan oleh developer. Jika masih terus berlanjut, akan ada hukuman mulai dari pembekuan hero hingga banned permanen.

  1. Reset Rank serta MMR

Bagi pengguna cheat yang mengejar posisi top global, hukuman yang paling sering adalah reset MMR dan rank. Hukuman ini cukup berat jika Anda tidak memiliki skill sama sekali.

  1. Banned Hero dan Skin

Hukuman lain adalah banned pada beberapa hero dan skin. Terlebih lagi jika Anda membeli sebuah skin menggunakan boot khusus. Maka, hero maupun skin yang sudah terbeli tidak bisa dipakai kembali.

  1. Diamond Minus

Hukuman ini berlaku bagi player yang melakukan cheat pada saat top up. Ketika ketahuan menggunakan sebuah cheat Mobile Legends, maka dampaknya pengurangan diamond. Bahkan nominal diamond bisa mencapai angka minus.

  1. Banned Sementara

Banned sementara diberikan kepada player yang telah menggunakan beberapa jenis cheat. Misalnya saja adalah map hack, hack damage, drone view, atau sejenisnya. Biasanya developer juga memberikan teguran kepada player.

Lama banned sendiri tidak bisa dipastikan, namun disesuaikan dengan tingkat kecurangannya. Ada player yang di banned selama 3 hari, 7 hari, hingga hitungan bulan sebagai bentuk teguran developer.

  1. Banned Permanen

Banned permanen adalah mimpi buruk banyak cheater. Hukuman ini akan membuat akun Mobile Legends Anda tidak bisa dipakai lagi. Bahkan, akun email serta Google Play Game juga tidak bisa dipakai.

Developer juga memberlakukan banned secara total pada device player. Artinya, player tidak bisa bermain Mobile Legends kembali. Jadi perhatikan peringatan dari developer ketika ingin menggunakan sebuah cheat.

Cara Mengetahui Player Pengguna Cheat Mobile Legends

cheat Mobile Legends

Ada beberapa cara yang bisa dijadikan indikasi untuk melihat apakah lawan seorang cheater atau bukan. Apalagi, cheat merupakan tindakan yang tidak baik dan merugikan banyak orang.

Salah satu indikasinya adalah jaringan lag parah ketika sudah in game. Pada home screen game hingga proses draft pick jaringan masih hijau. Namun mendadak lag parah ketika sudah in game.

Anda juga bisa menggunakan indikasi makro pada game. Ketika lawan mengetahui lokasi persembunyian Anda dengan tepat, bisa jadi lawan menggunakan cheat. Meskipun hal tersebut tidak bisa menjadi patokan utama.

Jaringan mendadak lag parah merupakan indikasi lawan menggunakan cheat berupa GB MMR. Sedangkan ketika posisi persembunyian Anda terus diketahui, mungkin lawan menggunakan map hack atau drone view.

Baca Juga : Tips Cheat Free Fire Paling Mudah Pasti Berhasil

Mobile Legends memang cukup populer di Indonesia. Namun, beberapa orang menggunakan cheat demi kemenangan pribadi. Oleh sebab itu, developer sangat melarang penggunaan cheat Mobile Legends dalam bentuk apapun.

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *