Mengenal Apa Itu Wordle, Game Tebak Kata yang Cukup Populer

4 min read

wordle

Belakangan ini ada sebuah game berjudul Wordle cukup menggemparkan ranah media sosial, khususnya Twitter. Game ini merupakan permainan tebak kata yang bisa dengan mudah diakses secara gratis melalui browser di perangkat pemain. 

Baca juga: 10 Game Rilis April 2023, Apa Saja Itu?

Game ini dibuat oleh Josh Wardle seorang pengembang software. Awalnya permainan ini hanya ditujukan untuk istrinya yang menyukai game tebak gambar. Seiring berjalannya waktu pihak pengembang mulai memperkenalkan game ini kepada teman dan keluarganya. 

Hasilnya orang-orang tersebut juga ikut terobsesi dengan permainan tebak kata ini. Pada Oktober 2021 Josh merilis game ini secara global. Hingga saat ini setidaknya sudah ada lebih dari 2 juta pemain di berbagai negara.

Fakta Menarik Seputar Game Tebak Kata Wordle

wordle

Belakangan ini ketika kalian scroll timeline Facebook, Twitter dan berbagai media sosial lainnya mungkin pernah melihat para pengguna mengunggah 1 sampai 6 baris kotak emoji. Kotak emoji tersebut berwarna kuning, hitam dan hijau. 

Itu merupakan permainan tebak kata bernama Wordle dan tengah menjadi perbincangan sejak awal tahun 2022. Agar lebih jelas berikut merupakan beberapa fakta menarik seputar game tebak kata tersebut. 

  • Mengenal Apa Itu Wordle

Wordle merupakan permainan tebak kata online. Namun game ini terbilang cukup berbeda dengan jenis game lainnya. Pasalnya permainan ini hanya bisa dimainkan sekali dalam waktu 1 hari. 

Jadi setiap harinya game ini akan merilis satu kata dalam bahasa Inggris dan harus ditebak oleh setiap pemain. Kalian akan diberi 6 kali kesempatan untuk bisa menebak kata-kata tersebut. 

Game ini hanya bisa dimainkan melalui website resmi powerlanguage.co.uk/wordle. Tampilannya juga terbilang cukup sederhana, tanpa adanya iklan dan mudah digunakan bagi setiap pengguna. Dijamin kalian akan betah memainkannya. 

  • Diciptakan Josh Wardle untuk Sang Istri

wordle

Sebenarnya permainan ini diciptakan oleh Josh Wardle merupakan seorang software engineer untuk istrinya yang suka memainkan game tebak kata. Pada asalnya permainan hanya dimainkan oleh pasangan tersebut. 

Namun selang beberapa bulan keduanya memutuskan untuk membagikannya kepada teman dan saudara melalui grup WhatsApp. Hingga pada akhirnya permainan tersebut mampu menjadi sebuah obsesi baru bagi keluarga besar mereka.

  • Hanya Bisa Menebak Satu Kata Setiap Hari

Permainan ini memiliki tampilan cukup sederhana namun tergolong challenging. Untuk memainkannya kalian harus meluangkan waktu sekitar 3 menit setiap harinya tanpa perlu mengganggu berbagai aktivitas lainnya. 

Pada sisi lain game tebak kata ini juga tidak akan membuat para penggunanya menjadi kecanduan dan melupakan berbagai kegiatan lain. Game ini dibuat tanpa iklan, tanpa aplikasi dan hanya berada pada situs web. 

Pihak pengembang juga membatasi para pengguna untuk bisa menebak satu kata setiap harinya. Jadi permainan ini akan membuat kalian semakin penasaran dan menunggu untuk bisa bermain di keesokan harinya.

  • Mendukung Kesehatan Otak

Bermain Wordle bukan hanya menunggu para pemainnya untuk bergerak sendiri. Namun sebagai pemain kalian juga harus mampu memikirkan jawaban secara manual. Secara tidak langsung hal ini juga akan bermanfaat untuk mendukung kesehatan otak. 

Game ini juga membantu mengasah problem solving yang dimiliki. Sama halnya dengan puzzle, permainan ini mengharuskan kalian untuk bisa berpikir dan mengasah bagian otak. Mulai dari logika, penalaran, bahasa, presepsi visual dan pemecahan masalah. 

  • Memperbaiki Isu Kognitif

Bukan hanya mampu mendukung kesehatan otak saja, Wordle juga bermanfaat memperbaiki isu kognitif yang sedang dialami seseorang. Isu kognitif pada poin ini adalah mereka yang mengalami stroke, trauma kepala, attention deficit dan sleep apnea

Selain bermanfaat untuk membantu pertumbuhan game ini juga sering dipilih sebagai alternatif untuk menghilangkan stres. Secara tidak langsung hal ini juga membantu kalian untuk bisa menambah kosakata baru dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Panduan Cara Memainkan Game Wordle

wordle

Pada dasarnya cara memainkan Wordle terbilang cukup sederhana. Dalam 6 kali percobaan kalian hanya perlu menebak sebuah kata yang terdiri dari 5 huruf.

Namun permainan ini tidak memberikan petunjuk sama sekali terkait apa yang harus ditebak oleh pemain. Berikut merupakan beberapa cara memainkan game tebak kata tersebut. 

  1. Setelah mengakses halaman resmi nantinya akan terdapat sebuah kotak berisi 6 baris. Baris tersebut terdiri atas lima kotak dan mewakili setiap huruf. 
  2. Untuk baris pertama kalian harus menebak 5 huruf secara acak. Setelah menuliskannya nantinya kotak tersebut akan memunculkan warna. 
  3. Setiap warna yang muncul juga memiliki arti berbeda. 
  4. Apabila huruf tersebut benar dan sudah berada pada posisi tepat akan berada pada kotak berwarna hijau. 
  5. Sedangkan warna kuning menandakan huruf yang dimaksud benar namun posisinya kurang tepat. 
  6. Untuk kotak berwarna abu-abu menandakan jika huruf yang dimaksud salah dan tidak ada dalam kata sama sekali. 
  7. Setiap pemain juga hanya memiliki 6 kali kesempatan untuk bisa menebak huruf dan posisi tepat dengan benar. 
  8. Apabila dalam 6 kali kesempatan tersebut tebakan salah maka kalian hanya bisa bermain lagi di keesokan harinya dan akan dimulai setiap tengah malam.

Tips Bermain Wordle agar Semua Tebakan Benar

wordle

Mengingat jenis permainan ini menggunakan bahasa Inggris tentu akan jauh lebih mudah jika kalian sudah menguasai kosakata tersebut. Secara garis besar berikut beberapa tips bermain yang bisa diterapkan agar semua tebakan benar. 

  • Tebakan Kata Pertama Terbilang Cukup Menentukan

Dalam hal ini huruf pertama yang berhasil kalian tebak terbilang cukup penting untuk bisa memaksimalkan nilai pembukaan. Agar tebakan tersebut benar kalian bisa memilih 3 kata dengan 3 huruf vokal. 

Setelah itu para pemain hanya perlu mengetahui tiga dari lima huruf vokal tersebut. Setelah menemukan langkah selanjutnya para pemain hanya perlu berfokus pada huruf konsonan yang tersedia. 

Terlebih lagi peluang untuk bisa memenangkan Wordle setiap harinya juga bergantung pada kata pertama yang kalian pilih. Tanpa disadari ternyata ada meta kata di dalam sebuah permainan yang akan mempermudah tebakan kalian. 

Oleh sebab itu penting untuk bisa menyusun huruf vokal dan konsonan yang paling umum digunakan. Dalam hal ini para pemain bisa menggunakan komposisi perbandingan 3 : 2.

  • Perhatikan Gugusan Konsonan

Apabila tebakan kata awal membawa hasil baik langkah selanjutnya adalah fokus untuk menyusun huruf yang terdapat pada blok berwarna kuning. Dalam hal ini para pemain bisa memfaktorkan jumlah dengan posisi huruf yang berada pada kotak berwarna hijau. 

Jika menggunakan banyak huruf vokal, pemain juga harus memfaktorkan gugusan konsonan. Kalian juga bisa memilih dua huruf konsonan yang saling berkaitan. Jangan lupa perhatikan posisi kotak dan tentukan apakah gugusan konsonan ini termasuk di dalamnya.

  • Mainkan Deduksi Kalian

Jika sudah terdapat banyak kotak yang berwarna hijau hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menebak kata yang tepat. Untuk membantu tahapan ini kalian dapat memasang huruf placeholder pada balok berwarna hitam guna menstimulasi tebakan. 

On screen keyboard juga memungkinkan pemain untuk bisa menemukan huruf yang belum digunakan. Coba bayangkan satu persatu huruf dan kombinasinya agar bisa menghasilkan kata yang koheren.

  • Jangan Pernah Ulangi Huruf pada Kotak Warna Abu-abu

Tips selanjutnya yang bisa kalian terapkan adalah dengan menghindari menggunakan kembali huruf yang berwarna abu-abu. Warna abu-abu memiliki makna jika huruf yang dimaksud tidak tersedia dalam kata sama sekali. 

Penting untuk lebih fokus terhadap huruf yang tersedia dalam kotak kuning. Jangan lupa kombinasikan dengan huruf yang tersedia dalam kotak hijau. Selain itu para pemain juga dapat mengeliminasi huruf pada kotak abu-abu dan mengisi dengan kata baru.

Baca juga: Cara Download Archive Instagram, Bisa Lihat Kenangan!

  • Masukkan Huruf Konsonan Umum Lebih Awal

Tips selanjutnya adalah memasukkan huruf konsonan yang umum digunakan lebih awal. Meski terkesan sepele namun cara ini terbilang cukup efektif untuk meningkatkan perolehan skor. 

Alih-alih menebak huruf dengan konsonan asing seperti X, W atau Z. Akan jauh lebih baik memasukkan konsonan yang lebih umum digunakan. Contohnya R, T, L, S dan N. Jadi peluang untuk bisa menebak dengan benar menjadi lebih besar dan cepat.

  • Jangan Asal Menebak

Perlu untuk diperhatikan bahwasanya kalian hanya memiliki 6 kali kesempatan untuk bisa menebak satu kata. Jadi pastikan untuk berpikir baik-baik huruf apa yang akan dimasukkan dan cocokkan kembali dengan kotak yang muncul pada percobaan pertama.

Permainan tebak kata ini berbasis bahasa Inggris melalui situs web dan memungkinkan para pemain untuk menebak kata dengan benar setiap harinya. Wordle juga mampu menjadi salah satu game ringan berbasis digital di seluruh dunia yang cukup populer belakangan ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *