Categories: Game

Berbagai Game TPS yang Seru Dimainkan

Ada berbagai jenis genre video games yang bisa kalian mainkan salah satunya game TPS atau Third Person Shooter. Permainan ini cukup populer dan digemari dalam game shooter.

Baca juga : Daftar Game Balap Mobil Offline untuk Pengguna Android

Namun ada juga pengguna belum sadar bahwa permainan yang sedang dimainkan ini apakah dalam bentuk first atau Third Person Shooter.

Game ini bisa dimainkan di konsol PC atau mobile dengan berbagai macam judul untuk dimainkan di waktu luang. Ada juga TPS khusus pengguna Android cukup seru.

Apa Itu TPS atau Third Person Shooter

Third Person Shooter adalah subgenre action (video game shooter) dengan sudut pandang orang ketiga dimana karakter utama (avatar) muncul di layar.

Game tersebut menampilkan seluruh tubuh karakter, biasanya mengarah ke belakang dan area yang lebih luas. Untuk memungkinkan pemain melihat berbagai gerakan karakter utama saat mereka menyelesaikan misi.

Game TPS ini bisa dimainkan di banyak versi perangkat tergantung pada pengembang. Namun dari segi kenyamanan, game tersebut lebih nyaman digunakan dari PC atau laptop yang dikendalikan oleh keyboard.

Berbeda dengan FPS atau first-person shooter yang memakai sudut pandang orang pertama hanya memperlihatkan senjata, perlengkapan, tangan atau kaki saat pemain mengarah ke bawah.

Dengan kata lain, permainan dilihat melalui mata karakter. Hal inilah menyebabkan game FPS lebih nyata daripada game TPS tersebut namun tidak kalah menarik.

Pada awal 1960-an, secara teknik ada beberapa game telah menyusun konsep TPS, baik bentuk 2D atau 3D. Poin utama ialah saat game menampilkan hampir keseluruhan pemain utama.

Seperti yang telah dikembangkan oleh Bend Studio yaitu Syphon Filter tahun 1999 menerapkan perspektif Tomb Raider tidak hanya sebagai permainan tembakan saja, tetapi tambahan unsur action.

Untuk Third Person Shooter tahun 2019 yaitu Tom Clancy’s the Division 2 ialah game TPS yang dikeluarkan untuk perangkat PS4, Windows, dan Google Stadia.

Berbagai jenis persenjataan canggih di setiap levelnya dengan perpaduan cerita Washington masa depan setelah terjadinya wabah.

Ada juga World War Z yaitu terdiri dari 4 orang bekerjasama untuk menyelamatkan warga sipil dan menyerang para zombie telah merambah ke kota New York.

Jenis Kamera View Third Person

Permainan satu ini menampakkan secara keseluruhan dari tubuh karakternya. Oleh karena itu berikut adalah 3 jenis kamera dari sudut pandang game third person.

  • Fixed Camera

Kamera dipasang pada posisi tertentu dan pemain tidak dapat mengubah posisi ini untuk mengikuti karakter, seperti halnya dengan kamera CCTV tetap pada posisinya.

Tujuannya untuk menghindari kamera sekrup yang sering muncul di genre TPS lawas. Contoh jenis game menggunakan fixed camera adalah Final Fantasy, Resident Evil, Devil May Cry, dan masih banyak lagi.

  • Tracking Camera

Dalam tampilan kamera ini, semua yang dilihat dari sudut pandang oleh pihak ketiga mengikuti dan pemain tidak bisa mengontrolnya. Game TPS Itu terlihat lebih dekat dengan sosok karakternya. 

Contoh jenis game yang memakai kamera pelacak adalah Crash Bandicoot versi asli, karena versi terbaru hanya menggunakan kamera interaktif.

  • Kamera Interaktif

Tidak seperti kamera tetap, kamera interaktif bisa disesuaikan dan diatur sesuai dengan kontrol pemain. Dengan cara ini kalian bisa mengatur jarak antara kamera dan karakter serta melihat semua kondisi permainan.

Contoh penggunaan kamera interaktif sudah merasuki berbagai jenis game TPS, yaitu salah satunya game Super Mario Sunshine 3D.

Unsur-unsur dalam Third Person Shooter

Dilihat dari namanya, permainan ini berfokus pada elemen menembak. Namun, ada elemen lain yang membuat game ini lebih seru dan menantang.

Unsur parkour, selain menembak, ada TPS yang menggabungkannya dengan parkour yaitu gerakan berguling dan melompat. Pemain dapat menggunakan parkour untuk melawan musuh saat menembak.

Contohnya seperti Midnight Games. Terdapat juga unsur cerita dalam Third Person Shooter seperti membunuh musuh, zombie, dan lain sebagainya.

Adanya storyline membuat game ini semakin sulit untuk menyelesaikan misi. Game TPS bisa dimainkan tidak hanya sendirian, tapi juga berkelompok.

Free For All untuk dimainkan solo dan Team Deathmatch dimainkan sebagai grup yang biasanya berjumlah 4 orang. Tidak ditemukan perbedaan antara kedua mode permainan tersebut.

Kalian harus bisa melawan musuh dengan jumlah kill cukup banyak dan jika karakter mati, maka karakter akan respawn. Terdapat map untuk melihat lokasi dan membuat permainan di tempat tidak membosankan.

Berbagai Game TPS Terbaik Android

Ada beberapa game Third Person Shooter yang bisa kalian mainkan di smartphone Android. Mulai dari RPG, battle royale, dan lain sebagainya.

  • Guns at Dawn

Game Android TPS yang pertama dimulai dengan Guns at Dawn. Dikembangkan oleh VIVA STUDIONS bersama dengan 1MBand, game ini memiliki tema cukup unik dari permainan lainnya yaitu koboi.

Dalam game ini pemain bertarung satu lawan satu dengan pemain lain secara online. Selain mengusung tema koboi, desain karakter, senjata, sampai map-nya juga mengusung nuansa old western cukup menghibur pemain.

Game TPS ini dapat dijadikan sebagai rekomendasi bagi kalian yang ingin bermain dengan genre baru ala koboi. Gameplay menarik untuk dimainkan di waktu luang.

  • Star Wars Hunter

Star Wars: Hunters adalah permainan TPS terbaik 2023 lainnya bisa direkomendasikan. Game ini dikembangkan oleh Zynga dan NaturalMotion masih dalam tahap Early Access. 

Sebuah video game dari seri Star Wars, gim ini menampilkan kemampuan unik setiap karakter bersama dengan lightsaber dan berbagai senjata lainnya.

Untuk gameplaynya sendiri, Star Wars: Hunters mengusung konsep TPS 4v4, di mana tim beranggotakan 4 orang saling berhadapan melawan tim lain secara online dengan grafis visual yang menjanjikan.

  • Game Crossout Mobile

Crossout Mobile adalah game TPS selanjutnya direkomendasikan untuk kalian. Dikembangkan oleh Gaijin Distribution KFT, permainan yang satu ini mengusung konsep auto battle cukup seru di platform Android dan PC.

Meski mengusung konsep yang berbeda, visual grafis dihadirkan tidak sembarangan. Baik desain mobil, area, dan bahkan efek pertempuran disajikan dengan baik dan pastinya epik.

Jadi Crossout Mobile cocok buat untuk gamers suka tantangan dengan efek ledakan yang seru. Bermain bersama teman dan memenangkan permainan dengan seru.

  • Brothers in Arms 3

Brothers in Arms 3: Son of War ini merupakan game Android TPS berikutnya yang awalnya dirilis pada tahun 2005. Namun seiring berjalannya waktu, game tersebut mendapatkan berbagai judul.

Termasuk Son of War yang dirilis di platform Android. Pada versi Android ini, game TPS Son of War masih memiliki gameplay sama dengan platform lainnya.

Dunia bertema Perang Dunia II (PD II), alur cerita yang menarik (mode pemain tunggal) dan fitur lainnya. Selain itu juga menghadirkan grafis visual 3D serta berbagai misi sayang untuk dilewatkan.

  • Game Fortnite

Siapa yang tidak tahu permainan genre TPS ini? Yaitu Fortnite, permainan sangat populer di berbagai kalangan pemain. Dikembangkan oleh Epic Games, sehingga menghadirkan battle royale terjun ke arena dan bertarung.

Fortnite sendiri menghadirkan banyak senjata beserta karakter-karakter unik di dalamnya. Seperti Isaac Clarke di Dead Space, MrBeast, Rocket League My Hero Academia, dan masih banyak lagi.

  • PUBG Mobile

PUBG Mobile menjadi game TPS berikutnya yang akan sangat digandrungi oleh para mobile gamers. Dikembangkan oleh LightSpeed ​​​​​​​​& Quantum Studio dan diterbitkan oleh Krafton, Tencent dan juga VNG.

Hampir sama dengan Fortnite, gim ini menghadirkan Battle Royale dengan slogan “Winner Winner Chicken Dinner” di dalamnya saat pemain menang.

Permainan tersebut menawarkan berbagai mode seperti solo, duo dan juga satu regu yang terdiri dari empat orang. Pemain diundang untuk adu mekanik melawan pemain lainnya untuk menjadi orang terakhir menang.

  • Last Day on Earth

Dan game Third Person Shooter Android yang bisa direkomendasikan selanjutnya adalah Last Day on Earth: Survival. Dikembangkan serta diterbitkan oleh KEFIR.

Jenis satu ini menghadirkan survival dalam sudut pandang orang ketiga di mana pemain harus bertahan dari kejaran zombie. Dengan mekanisme yang mirip dengan game survival apocalypse zombie lainnya.

Game TPS tersebut mengajak kalian untuk mengumpulkan berbagai item dan sumber daya untuk bertahan hidup. Selain zombie, pemain juga bisa membuat senjata agar senjatamu lebih kuat nantinya.

  • Six Guns : Gang Showdown

Game satu ini merupakan produk Gameloft. Six-Guns: Gang Showdown menghadirkan gameplay penembak dengan tema koboi. Dengan perspektif orang ketiga dan presentasi grafis berkualitas tinggi.

Pemain akan melawan berbagai gangster dan bandit dengan senjata koboi. Permainan tersebut tidak memakan banyak ruang penyimpanan di Android, yaitu hanya membutuhkan setidaknya 800 MB.

  • Overkill 3

Jika kalian mencari permainan genre TPS dengan gameplay menembak yang intens maka kalian bisa mencoba memainkan Overkill 3 ini.

Baca juga : Game Penghasil Uang yang sudah Terbukti Membayar

Game ini menghadirkan lokasi pertempuran yang berbeda dengan berbagai macam senjata yang kalian inginkan. Tidak hanya itu, pemain juga dapat menyesuaikan senjata di game TPS tersebut.

Selly Oktaviani

Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Recent Posts

Ketahui Cara Main Kartu UNO dan Simbol Warnanya

Cara main kartu UNO memang perlu diketahui bagi orang yang ingin memainkannya. Secara umum, sudah…

3 bulan ago

Mengenal Karakter Nurse Silent Hill dalam Game yang Bertema Horor

Karakter Nurse Silent Hill merupakan salah satu aspek penting yang ada dalam permainan video horor…

3 bulan ago

Inilah Keunggulan Blockman Go Mod APK dengan Permainan Seru

Blockman Go Mod APK, sebuah platform game yang berkembang pesat, telah meraih popularitas di kalangan…

3 bulan ago

Kenali Setiap Fungsi Item Vainglory Agar Kalian Tambah Jago

Sebagai player yang akan bermain salah satu game MOBA bernama Vainglory, tentunya harus memahami fungsi…

3 bulan ago

Tips Memilih Nama ML Aesthetic dan Aplikasi untuk Membuatnya

Memiliki nama ML aesthetic memang menjadi idaman para pengguna, sebab bisa menentukan jati dirinya. Selain…

3 bulan ago

Cara Bermain Throne Rush dan Meningkatkan Hero untuk Pemula

Cara bermain Throne Rush sebenarnya bukan yang sulit bahkan untuk pemula, selain itu permainannya juga…

3 bulan ago