Categories: Game

Minecraft Game Petualangan Android yang Seru dan Bermanfaat

Jika Anda seorang gamer, tentu tidak asing lagi mendengar nama game petualangan android yang satu ini, yaitu Minecraft. Ya, Minecraft merupakan salah satu game besutan Android bertemakan petualangan yang saat ini sedang booming.

Baca Juga : Tips Menjadi Pro Gamer Indonesia

Adapun game petualangan android atau survival ini memang sangat dikenal di kalangan anak-anak remaja, terkhusus para youtuber gaming. Wajar bila game ini menjadi salah satu game paling laris di Youtube beberapa tahun terakhir.

Ada banyak sekali channel youtube orang luar maupun Indonesia yang memainkan Minecraft ini. Permainan ini memang mengasyikkan, karena bukan hanya menampilkan karakter lucu, namun juga banyak manfaat dan tantangan bagi para pemainnya.

Manfaat Bermain Game Petualangan Android Minecraft

Bermain game bukan sekadar bisa memberi hiburan, tetapi tentu memiliki dampak positif jika bisa dimainkan dengan benar. Apalagi jika pemain dapat memilih game yang tepat dan memiliki tantangan yang mengasah pikiran.

Jangan salah, bermain game petualangan android dengan tema petualangan juga akan memberi manfaat untuk pemainnya. Berikut ini sejumlah manfaat bagi Anda jika senang bermain game petualangan android seperti halnya Minecraft, di antaranya:

  1. Mampu Meningkatkan Imajinasi dan Kreativitas

Walaupun Anda bukanlah seorang arsitektur andal, namun di Minecraft hal luar biasa seperti itu dapat Anda lakukan loh. Sehingga, berbagai kreativitas yang Anda miliki bisa diwujudkan sesuai keinginan tanpa ada batasan alias sesuka hati.

Hal mudah bagi Anda untuk membangun sebuah kota metropolitan di dunia Minecraft. Apa saja bisa dibangun tergantung dengan kreativitas yang Anda miliki. Adapun semakin sulit desain bangunan, maka akan semakin lama juga proses pengerjaannya.

Tanpa sadar, seorang pemain akan memakai pikiran berupa imajinasi dan kreatifitas untuk bisa merancang desain semenarik mungkin. Hal ini nantinya akan bisa juga Anda terapkan di kehidupan nyata karena terbiasa berpikir kreatif.

  1. Mengasah Kemampuan Kerjasama Antar Tim

Dengan bermain game petualangan android satu ini, tentunya dapat memupuk jiwa solidaritas Anda dengan tim dalam menciptakan bangunan berdesain kompleks. Maka dari itu, Anda perlu memiliki tim khusus agar bisa membuat world sendiri bersama teman-teman.

Anda bisa saling berbagi tugas dengan rekan-rekan, sehingga dibutuhkan adanya Kerjasama tim yang kompak supaya kota impian Anda bisa terealisasi dengan baik. Jangan salah, kemampuan kerjasama tim ini juga sangat berguna di kehidupan nyata.

Oleh karena itu, Anda bisa melatih diri melalui permainan-permainan ringan seperti ini. Semakin besar kemampuan kerjasama yang dimiliki maka semakin cepat pemain bisa menyelesaikan masalah.

  1. Problem Solving

Sebagian besar game petualangan android tentunya, akan diselipkan berbagai macam masalah, baik itu bagian dari alur cerita permainan terse but atau bahkan bisa timbul akibat ulah Anda sendiri.

Seperti halnya dalam game Minecraft ini, bagaimana jika Anda ingin beternak sapi? Tentu Anda akan membutuhkan adanya kandang sapi sebelum memancing sapi-sapi di alam liar dengan menggunakan padi untuk memasuki kandang tersebut.

Ternyata, Anda bisa belajar berpikir cepat untuk menyelesaikan masalah dari permainan ini. Pemain akan dilatih cara cepat namun tetap memiliki tantangan seru untuk mencapai tujuan dan memecahkan masalah.

  1. Belajar Mengelola Resource dengan Baik

Perlu Anda ketahui bahwa sebuah bangunan berdesain kompleks tentu akan memerlukan resource yang cukup sulit dan tidak sedikit. Sehingga, Anda perlu mempertimbangkan dengan baik jumlah kebutuhan bahan bangunan tersebut.

Apabila resource-nya masih kurang, maka Anda perlu menambang terlebih dahulu agar bisa segera membangun rumah. Selain itu, perlu diingat bahwa karakter Anda juga membutuhkan makan, sehingga jangan lupa untuk berburu atau bercocok tanam untuk menambah energi.

Itulah kenapa, Anda memerlukan manajemen yang baik agar resource yang dimiliki tidak mudah habis, namun justru bisa cepat bertambah. Dengan begitu, permainan bisa tetap berjalan dan misi-misi bisa terselesaikan.

  1. Bisa Menjadi Youtuber Gaming Terkenal

Manfaat terakhir dari memainkan game petualangan android ini yaitu dapat menjadi seorang youtuber gaming. Banyak sekali para youtuber pemula yang tertarik untuk bermain Minecraft, hal ini dilakukan karena popularitas game ini sangat terkenal di Youtube.

Ya, menjadi seorang youtuber gaming memang gampang-gampang susah, bukan hanya popularitas saja yang akan Anda dapatkan, melainkan juga pundi-pundi rupiah. Anda bisa menghasilkan banyak uang apabila channel game nya banyak dilirik orang.

Mengenal Dunia Minecraft dan Konsepnya yang Brilian

Seperti yang diketahui, konsep permainan Minecraft ini sendiri memang cukup susah dimengerti oleh para orang dewasa khususnya orang tua. Mengapa? Hal ini karena kebanyakan dari mereka menilai bahwa permainan ini hanya sekedar berpetualang biasa.

Perlu Anda ketahui bahwa game ini sudah dikenal sebagai salah satu video game paling banyak ditonton di Youtube. Wajar saja bila sudah banyak yang menciptakan channel khusus video game Minecraft itu, seperti tutorial membangun dan sebagainya.

Barangkali, bukan hal biasa lagi bagi para orang tua dengan anak-anaknya yang sudah mulai terobsesi bahkan kecanduan dengan game petualangan android ini. Ya, bagaimana mungkin game ini sudah banyak membuat kalangan anak-anak ketagihan dan sulit sekali berhenti.

Obsesi Terhadap Minecraft yang Perlu Diketahui

Kebanyakan artikel online di internet menjelaskan jika banyak orang tua yang mengeluhkan anak-anaknya yang terobsesi terhadap game ini. Para orang tua beranggapan jika game petualangan android ini sudah mengambil alih kehidupan anak-anak mereka.

Sehingga, tidak sedikit dari anak-anak tersebut yang suka mengabaikan pekerjaan rumah, tugas, hingga jam tidur terkadang rela diabaikan asal dapat terus bermain. Hal inilah yang menyebabkan orang tua membatasi waktu bermain Minecraft kepada anak-anaknya.

Sebagian besar orang tua bingung menyaksikan anak-anaknya kerap menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain Minecraft ataupun hanya sekedar menonton tutorial di Youtube. Sehingga, hal ini dianggap sebagai obsesi tingkat tinggi.

Menonton Tutorial Minecraft agar bisa Menyelesaikan Misi

Tidak bisa dipungkiri jika banyak orang membutuhkan referensi atau saran agar bisa menyelesaikan misi dalam game Minecraft. Oleh karena itu, mereka biasanya akan mencari review dari gamers andal dan yang sudah berpengalaman melalui banyak media.

Tahukah Anda, di YouTube sendiri sudah ada banyak sekali video tutorial yang berkaitan dengan Minecraft, bahkan jutaan lebih. Video tersebut bisa berupa konten tutorial dimana berisi ide berbagai jenis benda yang bisa dibangun.

Adapun video tutorial tersebut biasanya berupa rekaman daripada permainan pengguna lain. Selain itu, ada juga tips-tips berkenaan dengan desain dunia Minecraft bagi para pemain pemula.

Perlu diketahui bahwa ada banyak saluran khusus untuk menyiarkan video terkait permainan Minecraft ini, dimana Yogscast dan SkyDoesMinecraft adalah salah satu yang paling populer.

Video-video Minecraft memang sangat mudah dikenal di Youtube. Sebagaimana kita tahu, game petualangan android ini satu ini memang mudah sekali dijumpai di Youtube. Dimana Youtube sendiri sudah menjadi televisi untuk anak-anak generasi masa kini.

Berkat adanya youtube ini, banyak sekali konten kreator yang memberi hiburan sekaligus pembelajaran melalui videonya. Menonton konten pengguna lain yang sedang bermain Minecraft tentu dapat menambah wawasan dan juga pengalaman tersendiri.

Sehingga, bukan hanya sekadar bermain saja melainkan juga dapat menjadi sarana untuk saling berbagi pengalaman dan belajar untuk mengasah kreativitas. Namun, apakah hal tersebut benar-benar mempengaruhi kinerja otak kita? Pada artikel ini juga akan dibahas.

Dampak Terhadap Otak Jika Bermain

Meskipun demikian, tahukah Anda apa saja dampak bermain game petualangan android seperti Minecraft ini terhadap otak? Berdasarkan penelitian, ada sejumlah fakta yang kerap mengundang kontroversi mengenai efek dari bermain game pada otak.

Sebagai contoh, tim riset asal Cina sempat melakukan tes MRI kepada otak milik mahasiswa yang sering menghabiskan waktu bermain game dengan rentang waktu rata-rata 10 jam per harinya.

Adapun dibandingkan dengan mahasiswa yang menghabiskan waktu kurang dari 2 jam sehari untuk bermain game, mereka cenderung memiliki lebih sedikit grey matter atau dikenal sebagai komponen otak untuk berpikir.

Awal tahun 1990, ada sejumlah peneliti yang memperingatkan jika bermain game mampu meningkatkan stimulasi otak. Namun, juga bisa mengakibatkan bagian-bagian lain menjadi terganggu mulai dari emosional, perilaku, dan lainnya.

Sementara, pada penelitian khusus Minecraft di mana pada suatu artikel menceritakan bahwa pakar psikolog bernama Jun Lee dan Robert Pasin menyatakan jika game petualangan android yang biasa dimainkan itu tidak se-kreatif anggapan para orang tua.

Baca Juga : Rekomendasi Game Offline Android Petualangan Terbaik 2021

Pembahasan mengenai game petualangan android yakni Minecraft di atas, diharapkan dapat menjadi referensi bagi Anda yang menyukai permainan dengan penuh petualangan.

Ibnu Sanusi

Recent Posts

Ketahui Cara Main Kartu UNO dan Simbol Warnanya

Cara main kartu UNO memang perlu diketahui bagi orang yang ingin memainkannya. Secara umum, sudah…

2 bulan ago

Mengenal Karakter Nurse Silent Hill dalam Game yang Bertema Horor

Karakter Nurse Silent Hill merupakan salah satu aspek penting yang ada dalam permainan video horor…

2 bulan ago

Inilah Keunggulan Blockman Go Mod APK dengan Permainan Seru

Blockman Go Mod APK, sebuah platform game yang berkembang pesat, telah meraih popularitas di kalangan…

2 bulan ago

Kenali Setiap Fungsi Item Vainglory Agar Kalian Tambah Jago

Sebagai player yang akan bermain salah satu game MOBA bernama Vainglory, tentunya harus memahami fungsi…

2 bulan ago

Tips Memilih Nama ML Aesthetic dan Aplikasi untuk Membuatnya

Memiliki nama ML aesthetic memang menjadi idaman para pengguna, sebab bisa menentukan jati dirinya. Selain…

2 bulan ago

Cara Bermain Throne Rush dan Meningkatkan Hero untuk Pemula

Cara bermain Throne Rush sebenarnya bukan yang sulit bahkan untuk pemula, selain itu permainannya juga…

2 bulan ago