Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Game Mirip Minecraft di Android Seru dan Menarik

4 min read

game mirip Minecraft di Android

Minecraft merupakan gaming paling legendaris memiliki game mirip Minecraft di Android tersebut tidak kalah seru. Permainan ini masih menjadi favorit banyak orang sejak pertama kali dirilis pada tahun 2011 silam. 

Baca juga: Coba Game Mirip Minecraft di Android? Simak Rekomendasinya

Microsoft Studios dan Sony Computer Entertainment telah menerbitkan Minecraft oleh Mojang. Game ini banyak diminati karena dapat menggabungkan kreativitas para pemainnya untuk membangun sesuatu dari imajinasi pemain . 

Identik dengan kubus berbentuk 3D, Minecraft bisa dibilang pelopor game Sandbox. Minecraft juga menampilkan mode permainan Survival, Creative, dan Adventure membuat permainan menjadi menyenangkan.

Castle Story Game Mirip Minecraft di Android

game mirip Minecraft di Android
source: special

Castle Story adalah kotak pasir dan video game bertahan hidup berbasis voxel yang luar biasa yang membawa pemain ke dalam permainan begitu sangat strategis. 

Sama seperti banyak game kotak pasir lainnya, Castle Story memungkinkan pemain menjelajahi dunia game 3D besar di mana pemain dapat mengumpulkan sumber daya, menghancurkan dan membangun berbagai struktur, dll. 

Tujuan utama game ini adalah membangun benteng besar yang tidak dapat ditembus yang akan menjadi milik pengguna. Benteng melawan musuh yang bersembunyi di belantara dunia game.

Castle Story: Puzzle & Choice adalah game mirip Minecraft di Android kasual yang menggabungkan gameplay desain interior dengan teka-teki match-3. 

Tugas kalian di sini adalah membantu seorang putri dengan kemampuan magis untuk kembali ke kastilnya dan menemukannya dalam reruntuhan.

Untuk mendapatkan keajaiban yang diperlukan untuk membersihkan dan mengganti furnitur, lantai, cat, dan dekorasi, pemain harus menyelesaikan teka-teki mencocokkan 3. 

Di setiap level, pemain harus mencocokkan sejumlah kepingan tertentu dalam langkah terbatas. Setelah menyelesaikan setiap teka-teki, maka akan diberi hadiah gulungan ajaib guna dapat digunakan sebagai mendekorasi kastil.

Saat mendekorasi, pemain dalam game mirip Minecraft di Android tersebut dapat membuka kunci area baru kastil, serta item yang dapat ditingkatkan atau ditingkatkan.

Salah satu bagian terbaik dari Castle Story: Puzzle & Choice adalah distribusi konten berdasarkan tujuan yang dapat kalian lihat di agenda. Ini akan membantu mengetahui misi selanjutnya.

Serta berapa banyak teka-teki yang dibutuhkan untuk menyelesaikan misi tersebut. Selain itu, game ini memberikan rasa pencapaian memuaskan berfungsi sebagai hiburan sederhana untuk menyenangkan hati penggunaannya.

The Sandbox Permainan Seru dan Menarik

game mirip Minecraft di Android
source: special

The Sandbox merupakan game yang mirip dengan Minecraft, namun game satu ini bisa menghasilkan uang. Permainan ini bisa menghasilkan uang dengan membeli dan menjual aset di game The Sandbox.

Kotak pasir game mirip Minecraft di Android membawa pemain ke dunia yang dibangun sepenuhnya berdasarkan hukum fisika, dengan akses ke lebih dari 230 elemen berbeda. 

Game mirip Minecraft ini memungkinkan pemain membenamkan diri di dunia, menjelajahi dan menggunakan elemen untuk membuat berbagai item dengan semua kebebasan gaming tersebut. 

Kotak pasir memungkinkan pemain untuk menjadi dewa, menjelajahi dunia, mengumpulkan semua sumber daya diperlukan membuat apa saja dan di mana saja pemain inginkan,  akhirnya menciptakan dunia kotak pasir yang indah.

Sandbox menyajikan pengalaman dunia maya seperti yang digunakan saat ini, yaitu metaverse atau meta universe. Pemain bisa bermain dengan banyak orang secara virtual.

Game mirip Minecraft di Android ini , membuat aset digital dalam bentuk Non-Fungible Token (NFT) dan menjual aset yang kalian buat ke pemain di seluruh dunia. 

Sandbox adalah platform berbasis komunitas tempat pembuat konten dapat memonetisasi atau monetisasi aset voxel dan pengalaman game pada blockchain seperti Minecraft.

Ada tiga fasilitas di The Sandbox yang bisa kalian gunakan yaitu Vox Edit, digunakan untuk pengguna membuat aset voxel untuk dijual pada marketplace The Sandbox.

Kedua, pasar pada The Sandbox digunakan untuk membeli dan menjual aset. Pemain dapat menjual aset yang dibuat dan membeli aset yang diinginkan.

Pengguna dapat membuat game mirip Minecraft di Android apa saja dapat dibayangkan pada Game Maker. Membuat permainan tidak memerlukan pengkodean untuk menjalankannya.

Growtopia Permainan Seru dan Menarik

game mirip Minecraft di Android
source: special

Growtopia adalah game perang online multipemain yang berlangsung pada server. Di dalam game, pemain dapat melakukan berbagai hal seperti berdagang, membangun dunia, mengobrol dengan sesama pemain, dan banyak lagi.

Awalnya gaming ini hanya tersedia untuk platform Android pada November 2012, setelah itu dirilis untuk versi lain seperti PlayStation, iOS, Windows, Nintendo Switch, hingga Xbox One.

Growtopia pertama kali dikembangkan oleh Seth Robinson yang pada saat itu memiliki keinginan untuk mengembangkan sebuah game baru. 

Untuk membantu menghasilkan permainan, dia membawa rekannya Mike Hommel. Pada awal proses pengembangan game mirip Minecraft di Android tersebut bernama Buildo, sehingga dari awal tidak digunakan nama Growtopia.

Wajar jika pemain yang belum berpengalaman merasa bingung saat memulai game Growtopia. Dalam gaming ini, pemain dapat menciptakan dunianya sendiri atau mencoba memasuki dunia orang lain.

Di dunia yang ia ciptakan, pemain bisa menanam pohon, membangun balok hingga mendapatkan permata. Namun, pemain tidak dapat melakukan berbagai aktivitas tersebut jika area tersebut diblokir oleh orang lain.

Untuk dapat mengunci suatu area, terdapat beberapa kunci yang dapat digunakan. Seperti kunci ukuran Kecil, ukuran Besar dan Kunci Dunia. 

Dalam game mirip Minecraft di Android ada juga kunci lain seperti Kunci Berlian, Kunci Zamrud, Kunci Ruby, Kunci Hantu, Kunci Permata Biru, dan Kunci Legendaris.

Untuk memainkan Growtopia, pemain harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah proses berhasil, player harus memilih dunia perlu dikunjungi. 

Selanjutnya adalah pemain memilih bahasa mana akan digunakan. Bahasa ini juga bisa disebut server, nantinya pemain akan bertemu dengan orang lain dengan memilih bahasa yang sama.

Alasan Game Mirip Minecraft Banyak Diminati

game mirip Minecraft di Android
source: special

Kalian mungkin pernah mendengar tentang Minecraft, permainan dimana pemain dapat membangun apa saja. Sederhananya, ini seperti permainan Lego yang dimainkan secara online, beruku alasan mengapa banyak yang suka.

  •  Bisa Mengekspresikan Imajinasi Tanpa Batas

Minecraft sangat populer di kalangan anak usia 6-13 tahun dan juga populer di kalangan remaja dan dewasa. Game mirip Minecraft di Android menawarkan kebebasan, kesetaraan, dan peluang untuk ekspresi kreatif. 

Selain itu, pemain bisa membiarkan imajinasi tersebut menjadi liar dan menciptakan “dunia” permainan sendiri. Ada banyak cara untuk mengekspresikan diri pada Minecraft, seperti membangun rumah, kendaraan, dan alam. 

Di dunia Minecraft, pemain harus memikirkan setiap tindakan mereka. Karena jika pemain membuat pilihan yang salah, bisa berakibat fatal bagi karakter yang pengguna mainkan.

  •  Pengaruh Besar-besaran dari Influencer

Alasan lain mengapa Minecraft begitu populer adalah pengaruh influencer dalam berbagai platform. YouTuber top internasional seperti PewDiePie, Markiplier, WiederDude dan banyak lagi memiliki pengaruh terbesar. 

Begitu mereka membuat video, itu dapat mengumpulkan puluhan juta penayangan. Ada juga influencer atau gamer yang memainkan game mirip Minecraft di Android kemudian menayangkannya di Twitch.

Sebuah platform video live streaming asal Amerika Serikat, namun, pengaruhnya tidak sebesar YouTube. Menurut pernyataan resmi YouTube dikutip Business Standard, ada lebih dari 35.000 channel yang membuat video tentang Minecraft. 

  •  Ada Berbagai Mode untuk Dimainkan Sesuai dengan Suasana Hati 

Secara garis besar, Minecraft memiliki dua mode yakni Creative dan Survival. Seperti dilansir dari FunTech, dalam Survival Mode, pemain bisa menggunakan blok 1×1.

Hal ini untuk membangun tempat berlindung dari monster seperti zombie, kerangka, endermen, dan tanaman merambat. Sementara itu, mode kreatif memungkinkan pemain menjelajah dengan bebas tanpa mengkhawatirkan ancaman. 

Baca juga: Minecraft Game Petualangan Android yang Seru dan Bermanfaat

  •  Tempat untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Game mirip Minecraft di Android mengutip Fiction Horizon dan mendorong pemain untuk menjadi kreatif dan menemukan solusi untuk memecahkan masalah. 

Tidak ada tutorial atau panduan yang akan diberikan, pengguna harus mencari tahu sendiri. Dalam mode bertahan hidup membutuhkan makanan seperti kehidupan pada dunia nyata. 

Juga, kita harus menghadapi ancaman monster atau membangun tempat berlindung untuk melindungi diri kalian sendiri. Di sinilah kemampuan pemecahan masalah tersebut diuji.

Dalam game ini kalian juga akan belajar cara bertahan hidup. Di dunia game mirip Minecraft di Android pemain harus menemukan semua sumber daya yang dibutuhkan untuk bertahan hidup.

  •  Bisa Bersosialisasi dan Berinteraksi dengan Orang Lain

Minecraft memungkinkan kita bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain karena memiliki mode multipemain (bersama dengan mode pemain tunggal). Caranya dengan bermain di server online.

Ini berguna untuk anak-anak yang masih belajar keterampilan sosial. Selain itu, anak-anak dapat belajar tentang kerjasama tim untuk mencapai tujuan. 

Misalnya dengan mengumpulkan sumber daya, membangun markas, dan mengalahkan musuh bersama. Faktanya, menurut NewScientist, Minecraft membantu ribuan anak yang didiagnosis autisme untuk berteman dan belajar keterampilan sosial.

Komunitas tersebut bernama Autocraft dan didirikan pada tahun 2013 oleh Stuart Duncan (web developer dari Kanada). Sehingga game mirip Minecraft di Android ini sangat membantu banyak orang.

 

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *