Hp Kentang? Game Ringan Android ini Seru untuk Dimainkan

4 min read

Game ringan android kini sangat dibutuhkan oleh orang yang ingin bermain game. Apalagi jika hp yang digunakan tidak lagi sanggup untuk memainkan game berat dengan besarnya memory yang dibutuhkan. Namun, sekarang telah banyak game ringan yang cocok dimainkan.

Baca Juga : Kesalahan Bermain PUBG yang Perlu Dihindari

Sudah tidak aneh lagi kalau menjumpai orang yang senang bermain game. Selain berperan sebagai pengisi waktu bosan, ternyata game juga bisa membuat orang menjadi mendapatkan informasi baru dari game tersebut. Apalagi jika memainkan game yang bertemakan edukasi.

Tingginya minat orang-orang terhadap game membuat persaingan yang cukup ketat antar produsen game. Android selaku salah satu sistem operasi paling besar seakan memberi pengaruh kuat terhadap industri game karena memudahkan penginstalan permainan.

Pada umumnya, produsen game akan membuat yang dihasilkan nantinya maksimal. Sehingga data yang cukup besar akan membuat tidak semua HP dapat memainkannya.

Beberapa produsen juga mengerti situasi ini dan membuat game ringan android agar dapat dimainkan.

Apa yang Membuat Adanya Istilah HP Kentang dan Ciri-cirinya?

Mungkin di dunia teknologi, sudah tidak asing lagi mendengar istilah HP kentang. Tidak tahu kenapa, julukan ini selalu muncul saja setiap adanya perangkat terutama handphone yang tidak bisa atau tidak kuat menjalankan suatu aplikasi, game, hingga video.

Kentang sendiri banyak dipakai untuk mengolok-ngolok sesuatu. Bukan hanya di Indonesia, istilah kentang yang dalam bahasa inggrisnya adalah potato juga sering digunakan oleh orang-orang Amerika Serikat untuk sesuatu yang dinilai jelek atau ketinggalan jaman.

Misalnya ketika melihat sebuah produk yang jelek dan membosankan. Istilah “Kentang” bisa jadi akan keluar dari mulut Anda karena keseringan mendengar kata tersebut. Namun, ada juga versi lain yang menganggap kentang merupakan singkatan dari kata “kena tanggung”.

Ini berarti ketika sebuah produk tidak diproduksi secara maksimal. Termasuk dalam hal gadget yang diproduksi secara apa adanya hingga hanya dapat memainkan game ringan android saja. Lalu, apa saja ciri-ciri HP kentang yang sering ditemukan?

  1. Tidak Lancar

HP kentang dapat langsung diketahui hanya dengan melihat performa untuk menjalankan aplikasi. Bukan hanya game, tetapi bisa dalam melakukan rendering video atau foto yang biasanya akan membuat kita mengetahui performa hp.

Jika program tersebut dijalankan dengan sangat lambat hingga membuat kamu tidak sabaran, maka dapat dipastikan itu adalah hp kentang. Jika sebaliknya, game ringan android masih lancar dijalankan, hingga rendering yang bagus, maka bukan kentang.

  1. Tidak Kuat Main Game

Berhubung banyaknya orang yang membeli hp karena untuk main game, maka merk-merk hp mencoba beradaptasi dengan kebiasaan tersebut. Hasilnya, banyak hp murah yang mampu menjalankan game berat yang tidak dapat dijalankan oleh hp kentang.

Maka dapat kami pastikan tidak semua hp murah itu kentang, malah ada yang sebaliknya. Oleh karena itu, hp kentang dapat dilihat dari ketidakbisaannya dalam menjalankan game berat sehingga hanya mampu main game ringan android.

  1. Memory dan Spesifikasi Rendah

Masih berhubungan dengan ketidakbisaannya dalam main game. HP Kentang pastinya memiliki spesifikasi rendah untuk jaman yang selalu berkembang. Misalnya saja processor yang digunakan merupakan kelas menengah pada 5 tahun lalu.

Karena telah berumur, maka processor tersebut menjadi tidak laku lagi di masa sekarang. Begitu juga dengan memory yang sering penuh karena banyaknya sampah-sampah internal yang sudah sulit untuk dihapus lagi.

  1. Ketinggalan Jaman

HP Android biasanya akan tetap bisa sesuai jaman ketika masih dibawah 7 tahun. Jika lebih dari 7 tahun, sudah banyak aplikasi yang tidak dapat dijalankan dan bahkan untuk dilihat dari playstore yang tersedia di hampir semua tipe Andorid.

Apalagi sistem operasi Android biasanya hanya memasang pembaruan versi untuk HP yang berusia dibawah 3 tahun. Jika lebih, maka versi Android tersebut sudah tidak dapat ditingkatkan. Alhasil, beberapa aplikasi menjadi tidak dapat dimainkan di HP.

Bagaimana Game Ringan Android itu Bisa Seru?

Game berat biasanya karena data yang ada didalamnya untuk memaksimalkan game dalam hal grafis, hingga komponennya. Namun, hal ini tidak membuat game ringan yang ada di Android itu tidak dapat dimainkan. Malahan, ada beberapa keuntungan yang ada, antara lain:

  1. Simpel

Mungkin untuk memaksimalkan sebuah game, perlu banyak komponen didalamnya. Hal ini justru menghilangkan esensi suatu hal. Misalnya game menembak dengan senjata beragam, orang akan menjadi lebih fokus ke senjata daripada menembak.

Berbeda dengan game ringan Android yang hanya mementingkan tujuan awal game tersebut. Sehingga game lebih simpel dan lebih ringan untuk dijalankan. Tentunya ini juga merupakan sebuah keuntungan karena fokus kita hanya tertuju pada satu hal.

  1. Bisa Main Lebih Banyak Games

Jika memory internal HP Anda tersisa 1 GB, maka itu kemungkinan hanya cukup untuk memainkan satu game berat yang biasanya berukuran 750 MB keatas. Berbeda dengan game ringan android yang biasanya berukuran 50 MB kebawah.

Oleh karena itu, 1 GB dapat digunakan untuk hal-hal lainnya. Jika ingin mendownload semua game ringan, maka Anda bisa mendapatkan hingga total 20an game. Sangat banyak jika dibandingkan dengan hanya mengunduh satu game berat.

  1. Tidak Ribet

Game berat terkenal ribet dengan segala macam internalnya. Bahkan, untuk memasuki arena permainan saja sudah memakan waktu yang cukup lama. Belum lagi masalah download di bagian homepage ketika ada karakter baru.

Dengan game ringan Android, semua akan terasa lebih simpel. Tidak perlu melakukan banyak pembaruan, pengecekan berkala dan lain-lain. Hanya cukup memainkannya tanpa harus memikirkan apa-apa lagi.

  1. Dapat Dijalankan Dengan Lancar

Salah satu kendala yang paling dirasakan ketika bermain game berat adalah tidak dapat menjalankannya dengan lancar. Tentunya ini merupakan sebuah kerugian karena cenderung tidak bisa memberikan performa maksimal. Alhasil, menjadi kalah.

Namun, semua itu akan teratasi jika bermain game ringan yang notabene bisa menjamin kelancaran. Jadi, masalah performa HP yang ada dalam menjalankan game berat tidak akan dirasakan pada game ringan ini.

Rekomendasi Game Ringan Android

Setelah mengetahui penjelasan dari hp kentang, dan ciri-cirinya, game ringan sepertinya menjadi solusi yang tepat untuk Anda yang memiliki masalah yang sama. Apalagi setelah mengetahui kelebihan game kentang. Lalu, apa saja game ringan yang harus Anda unduh?

  1. Fishing Hook

Game ringan android

Anda suka memancing? Kali ini ada game yang bertemakan memancing secara virtual dengan sensasi seperti asli. Game Fishing Hook ini memang dirancang oleh developer Mobirix untuk memanjakan pemancing dan bahkan yang ingin mengetahui pancing.

Game ini bisa diunduh dengan kapasitas dibawah 50 MB. Namun, dengan kapasitas kecil seperti itu tidak membuat game ini tidak dapat dimainkan. Bahkan, game ringan android ini bisa dibilang sebagai yang paling baik diantara game memancing lainnya.

  1. Driving

Game ringan android

Berkendara mungkin merupakan kesenangan beberapa orang. Itu juga yang menjadi motivasi pencipta game Dr. Driving untuk membuat game yang sesuai dengan hobi orang. Tapi memang, Dr. Driving cukup menyenangkan untuk dimainkan.

Bukan hanya berkendara biasa saja. Pada game ringan Android ini, juga diberikan edukasi tentang cara menyetir yang benar seperti menghidupkan sein, rem yang tidak membahayakan, dan lain-lain. Karena simpel, game ini hanya berukuran 30 MB.

  1. Glow Hockey

Game ringan android

Game ini merupakan hasil inovasi dan pengembangan dari game hockey biasanya. Tetapi itu sama sekali tidak menghilangkan nilai dasar dari hockey itu sendiri. Namun, secara keseluruhan, game dibawah 35 MB ini sangat seru dimainkan.

Glow Hockey hanya diberi latar yang bersinar dengan lampu neonnya. Terlebih lagi ada beberapa level yang menentukan tingkat kesusahan yang ingin dipilih. Jika Anda bosan bermain dengan komputer, game ini bisa dimainkan secara multiplayer.

Cara bermain game ini adalah dengan memukul bola dengan pemukulnya. Pukulan tersebut juga harus masuk ke lubang atau gawang lawan. Jika masuk, Anda akan mendapatkan poin hingga menjadi pemenang dalam game ini.

  1. Subway Surfers

Game ringan android

Pasti Anda pernah mendengar game ringan android satu ini. Subway Surfers sudah ada sejak lama dan masih terus berinovasi mengikuti selera orang sekarang. Namun, pembaruan itu tidak membuat game ini berat dan masih bisa main di hp kentang.

Subway surfers sendiri merupakan permainan yang mengharuskan Anda berlari menghindari tangkapan polisi atau monster. Berlari tersebut juga harus melewati tantangan seperti kereta api, pembatas jalan, hingga tembok.

Baca Juga : Daftar Item Mobile Legends Paling Cocok Sesuai Role Anda

Beberapa orang mungkin bisa membeli hp dengan spesifikasi tertinggi untuk menjalankan game yang diinginkan. Namun, masih ada orang yang bertahan dengan hp lamanya. Jadi, orang yang bertahan itu hanya bisa main game ringan android atau aplikasi ringan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *