Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Deretan Emulator Android Terbaik untuk PC dan Laptop

4 min read

Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini sudah semakin banyak bermunculan game-game menarik yang bisa dimainkan lewat perangkat Android. Terlebih perkembangan game ponsel Android cukup dinamis dan sering kali membutuhkan ponsel dengan spesifikasi yang mencukupi. Meski demikian, sobat tidak perlu khawatir memiliki ponsel Android dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Pasalnya, sobat bisa memainkan game-game mobile tersebut di perangkat lainnya semisal komputer atau laptop dengan menggunakan bantuan berupa perangkat yang disebut emulator. Tentunya sobat harus memilih emulator android terbaik.

Baca Juga: Inilah Game Offline Android Terbaik yang Layak Dicoba

Mengenal Apa Itu Emulator Android

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis-jenis emulator, mungkin masih banyak diantara sobat yang bertanya-tanya tentang apa itu pengertian emulator dan apa fungsi yang dimilikinya.

Secara sederhana, emulator adalah sebuah program yang akan membuat para penggunanya untuk bisa menjalankan suatu sistem operasi ke sistem operasi yang lainnya. Dengan demikian, emulator android adalah sebuah program yang memungkinkan sobat untuk bisa menjalankan program dan sistem operasi Android pada perangkat laptop atau PC yang sobat miliki.

Berbekal dengan menggunakan perangkat emulator Android ini, sobat bisa menjalankan berbagai aktivitas mulai dari bermain game Android di perangkat komputer dan melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Deretan Emulator Android Terbaik Yang Bisa Digunakan Pada Perangkat Komputer

Pada dasarnya ada cukup banyak jenis emulator Android yang bisa digunakan pada perangkat komputer atau laptop. Namun kalau sobat mencari rekomendasi deretan emulator android terbaik yang cukup ringan untuk bisa dipasang pada perangkat komputer, berikut adalah beberapa yang patut sobat pertimbangkan.

1. Memu Play Emulator

Memu Play - Emulator Android

Rekomendasi pertama yang patut dipertimbangkan adalah Memu Play. Emulator yang satu ini cukup populer dan banyak digunakan oleh banyak orang karena memang memiliki performa dan kinerja yang sangat mumpuni.

Memu Play cukup handal karena jarang sekali menemukan kondisi Force Close maupun juga emulator yang Not Responding. Dengan performa yang cukup handal, banyak orang yang menyebut Memu Play adalah emulator terbaik dengan ukuran relatif ringan yang memiliki performa menawan.

Selain performa yang apik, tampilan antar muka yang dimiliki oleh Memu Play pun cukup menarik. Emulator yang dilengkapi dengan banyak fitur menarik ini tidak terlalu asing bagi para penggunanya. Penggunaan aplikasi Memu Play sangat mudah untuk melakukan berbagai pengaturan dan konfigurasi sesuai dengan yang dibutuhkan.

Untuk memasang emulator Android ini, spesifikasi minimum komputer yang dibutuhkan adalah Windows dengan RAM 2GB dan kapasitas Storage sebesar 5 GB. Bagi sobat ingin merasakan sensasi dan pengalaman yang lebih maksimal dalam menggunakan Memu Play ini disarankan menggunakan perangkat dengan RAM 8 GB.

2. Nox Player

Nox Player - Emulator Android

Rekomendasi emulator android yang tidak kalah menarik adalah Nox Player. Berbicara tentang performa, emulator yang satu ini tidak kalah dibandingkan dengan emulator android lainnya. Nox Player memiliki performa yang relatif cukup baik meski digunakan pada beberapa jenis perangkat yang berbeda. 

Sebagai salah satu emulator terbaik, Nox Player memiliki loading yang terbilang cukup cepat. Memiliki tingkat responsif yang sangat baik dan juga dapat dikostumisasi untuk menyesuaikan dengan pengaturan yang ada.

Dengan menggunakan emulator Nox, sobat bisa bermain game dengan menggunakan keyboard dan mouse maupun juga menggunakan joystick. Terlebih dengan adanya dukungan kontrol gamepad akan membuat sobat menjadi semakin nyaman dalam memainkan game yang satu ini.

3. Emulator KoPlayer

Emulator KoPlayer - Emulator Android

Emulator android berikutnya adalah KoPlayer. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh emulator KoPlayer ini adalah sudah mendukung fitur multi-akun yang memungkinkan bagi para penggunanya untuk menjalankan beberapa akun dalam emulator secara sekaligus.

Keunggulan lain yang tidak kalah menariknya adalah adanya fitur drag and drop yang akan membuat proses penginstalan pada aplikasi maupun game menjadi semakin mudah dilakukan. Selain itu, emulator KoPlayer ini juga dilengkapi dengan fitur berupa render grafis yang akan bisa memberikan peningkatan performa dalam bermain game sehingga semakin lancar dan juga optimal. Dengan demikian, sobat bisa mendapatkan pengalaman bermain game secara lebih menyenangkan.

4. Emulator LeapDroid

LeapDroid - Emulator Android

LeapDroid adalah salah satu emulator android yang bisa sobat pertimbangkan. Meskipun masih baru, emulator ini sudah cukup diakui kinerja dan performanya sehingga banyak orang yang mulai tertarik untuk menggunakan aplikasi emulator ini di perangkat komputer.

Tidak sedikit para pengguna yang mengklaim bahwa aplikasi emulator Android ini memiliki kemampuan yang lebih ringan meski digunakan untuk menjalankan cukup banyak aplikasi. Selain itu, tampilannya yang terlihat cenderung sederhana dan mudah dijalankan juga bisa membuatnya menjadi aplikasi dengan keunggulan tersendiri. Maka dari itu, tidak mengherankan jika banyak gamers yang lebih memilih untuk menggunakan emulator yang satu ini.

5. Andy Emulator

Andy - Emulator Android

Emulator android yang banyak digunakan lainnya adalah Andy Emulator Android. Emulator ini memiliki berbagai macam fitur yang sangat menarik dan bisa dinikmati secara gratis. Sobat bisa mengeksplorasi berbagai macam fitur Android di perangkat komputer mulai dari aplikasi Android, game, dan bahkan juga melakukan instalasi akses root sekalipun.

Selain bisa digunakan pada perangkat komputer berbasis Windows, Andy Emulator Android ini juga bisa dipasang pada perangkat berbasis MacOS. Selain bisa digunakan secara gratis, emulator yang satu ini juga menawarkan fleksibilitas yang cukup tinggi sehingga patut menjadi emulator yang bisa sobat pertimbangkan.

6. Emulator Droid4X

Droid4X - Emulator Android

Rekomendasi emulator android yang bisa sobat pertimbangkan berikutnya adalah Droid4X. Emulator ini bisa digunakan pada perangkat komputer maupun laptop dan bisa digunakan secara gratis. Selain memiliki keunggulan sebagai emulator yang cukup ringan, emulator Android ini juga memiliki sejumlah keunggulan.

Salah satu keunggulan yang bisa didapatkan dari penggunaan emulator ini adalah Droid4X sudah mendukung fitur Touch Screen Computer. Jadi jika perangkat komputer yang sobat miliki sudah memiliki kemampuan untuk touch screen, maka sobat bisa menggunakan emulator ini seperti halnya menggunakan smartphone.

7. Emulator Genymotion

Genymotion - Emulator Android

Emulator bernama Genymotion ini selain bisa digunakan untuk menjalankan sejumlah aplikasi pada perangkat komputer, juga bisa digunakan untuk menguji aplikasi atau game pada beberapa perangkat sekaligus. Tentu untuk melakukan hal ini, sobat membutuhkan kemampuan coding agar dapat memanfaatkan emulator tersebut untuk memenuhi testing aplikasi atau game yang dikembangkan.

Mengingat fitur dan kemampuannya untuk tingkat lanjut, tidak mengherankan apabila emulator Android yang satu ini lebih banyak dikhususkan bagi para developer atau pengembang aplikasi. Tidak seperti emulator pada umumnya, Genymotion tidak bisa dinikmati secara gratis sepenuhnya. Sobat perlu membayar biaya langganan per tahun-nya untuk menggunakan emulator ini dengan opsi masa trial selama 30 hari.

8. XePlayer

XePlayer - Emulator Android

Selain emulator Nox Player, emulator Android yang tidak kalah canggihnya adalah XePlayer. Jika dicermati, kedua jenis emulator ini memiliki performa yang hampir sama sehingga tidak mengherankan kalau aplikasi ini juga memiliki basis pengguna yang relatif cukup banyak.

Sebagai salah satu emulator android, XePlayer ini sudah mendukung hingga jutaan game yang bisa dimainkan dengan menggunakan mekanisme keyboard dan juga mouse. Emulator Android ini juga sudah mendukung sistem operasi berbasis Windows XP, 7, 8, dan juga Windows 10.

Meskipun game ini bisa dimainkan dengan menggunakan RAM minimum 1 GB, namun untuk mendapatkan pengalaman dan kenyamanan bermain yang maksimal maka dibutuhkan spesifikasi perangkat yang lebih tinggi dan juga mumpuni. Terlebih jika sobat ingin memainkan game-game besar dengan kualitas grafis terbaik maka diperlukan perangkat yang lebih tinggi agar bisa memainkan game secara maksimal.

Baca Juga: Rekomendasi App Edit Foto Menarik di Smartphone, Hasil Kece!

Itulah beberapa rekomendasi deretan emulator android terbaik yang bisa dipertimbangkan. Kini berbekal dengan beberapa rekomendasi emulator tersebut, sobat tidak akan bingung lagi apabila mencari emulator-emulator yang akan digunakan untuk menjalankan sistem operasi Android pada perangkat komputer yang dimiliki.

Avatar
Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *