Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Cara Memilih Monitor Gaming yang Berkualitas untuk Set Up

4 min read

Lagi bingung cara memilih monitor gaming yang sesuai dengan kebutuhan agar melengkapi set up gamers? Jika iya, maka informasi ini akan sangat membantu Anda karena menjelaskan beberapa perbedaan monitor gaming dengan yang biasa, hingga cara mendapatkannya.

Kini, banyak orang yang memiliki keinginan untuk menjadi gamers atau setidaknya memiliki set up gaming. Banyak hal memang untuk melengkapi set up tersebut dan banyak biaya yang harus dikeluarkan. Dari semua produk yang harus dilengkapi, monitor adalah salah satunya.

Monitor merupakan salah satu hal paling penting karena bertugas untuk menampilkan gambar agar bisa dilihat. Maka dari itu, sangat penting bagi para gamers untuk memilih monitor gaming yang mampu menampilkan gambar dengan kualitas yang tinggi.

Selain itu, banyak lagi hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli monitor gaming, terutama dalam hal memilih spesifikasinya. Jadi, bukan seperti monitor biasa yang cenderung tidak memiliki spesifikasi spesial. Di monitor gaming, ada banyak pilihan yang terkhusus.

Memilih Monitor Gaming atau Monitor Biasa?

 

Sebenarnya ada banyak jenis monitor yang ada di perduniaan teknologi, tetapi yang paling sering dibahas adalah monitor gaming dan monitor biasa. Adapun faktor yang harus Anda perhatikan sebelum memilih diantara kedua monitor ini antara lain:

1. Kegunaan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menentukan pilihan adalah mengetahui penggunaan monitor tersebut. Ini sungguh krusial karena ada banyak perbedaan diantara kedua ini.

Baca Juga : Monitor Gaming Terbaik dan Paling Banyak Digunakan Gamers

Sesuai dengan namanya, monitor gaming lebih spesifik digunakan untuk main game. Sehingga ketika memilih monitor gaming, banyak tampilan dalamnya dan pengaturannya dibuat lebih condong ke arah gaming, sehingga sulit dioperasikan.

Berbeda dengan monitor biasa yang cenderung simpel dan multifungsi. Jadi jika digunakan untuk keperluan sehari-hari atau bekerja akan sangat cocok. Namun, masih bisa digunakan untuk keperluan main game, meskipun kurang atmosfir gamingnya.

2. Harga

Persoalan selanjutnya adalah mengenai harga yang ditawarkan masing-masing produk. Monitor biasanya memiliki harga yang beragam juga, tetapi lebih banyak dirata-rata 2 jutaan.

Namun, ketika Anda sedang memilih monitor gaming, banyak aksesoris tambahan yang dibuat untuk memberikan kesan yang lebih gaming. Sehingga harganya lebih tinggi dengan rata-rata diatas 4 juta.

3. Ukuran

Dengan digunakan untuk keperluan gaming, maka layar yang lebih luas akan diutamakan. Hal ini membuat produsen lebih memilih untuk memproduksi monitor gaming dengan layar yang berukuran 24 inci, demi membuat mata gamers nyaman.

Berbeda dengan jika diperuntukkan untuk pekerjaan. Monitor biasa akan memiliki ukuran yang lebih compact dan tidak membutuhkan layar yang lebih luas untuk urusan pekerjaan. Sehingga, ukurannya kebanyakan dibawah 22 inci.

Apa saja Perbedaan Monitor Gaming dan Monitor Biasa?

Setelah mengetahui faktor apa saja yang harus diperhatikan sebelum memilih monitor gaming dan monitor biasa, Anda mungkin bingung mengenai perbedaannya. Perbedaan yang membuat pengklasifikasian antara kedua barang ini. Jadi, perbedaan umumnya adalah:

1. Layar

Perbedaan yang langsung tampak adalah soal layarnya. Pada monitor biasa, layarnya memiliki resolusi yang cukup rendah karena tidak membutuhkan visual yang tinggi. Sedangkan pada monitor gaming, grafik dan gambar adalah segalanya.

Maka dari itu, layar juga dibuat lebih luas agar semakin memanjakan mata. Adapun perbedaannya juga bentuknya. Biasanya monitor gaming memiliki layar melengkung agar memberikan kesan 3D, sedangkan monitor biasa lebih simpel.

2. Refresh Rate

Refresh rate adalah kecepatan visual layar dalam menampilkan gambar per detik. Jadi, setiap gerakan dalam game akan tampak lebih mulus semakin tingginya refresh rate. Jadi, para gamers pasti akan mengutamakan monitor dengan refresh rate tinggi.

Saat ini, rata-rata refresh rate monitor gaming adalah 144 Hz sampai 180 Hz. Berbeda jauh dengan refresh rate monitor biasa yang hanya 60 Hz karena tidak membutuhkan gerakan yang terlalu lancar. Jadi, gamers pasti akan memilih monitor gaming.

3. Aksesoris

Selanjutnya adalah perbedaan aksesoris. Seperti yang telah berulang kali dikatakan bahwa monitor biasa lebih simpel dan tidak banyak aksesoris. Hal ini karena berdasarkan fungsinya sebagai peralatan yang lebih formal.

Sedangkan monitor gaming akan banyak aksesorisnya yang bertujuan untuk memberikan kesan lebih gaming. Sehingga dalam desain saja orang-orang sudah bisa melihat mana yang monitor gaming dan mana yang biasa.

4. Software

Perbedaan selanjutnya ada pada software atau pengoperasiannya. Karena diperuntukkan agar dapat memberikan kesan gaming, monitor biasanya akan menambah fitur gaming mode agar berbeda dari tampilan software biasa.

Dengan tampilan software seperti ini, gamers akan lebih mudah memainkan game yang diinginkan. Salah satu kerja fitur ini adalah memperkencang kinerja RAM dan CPU agar saat menjalankan game tetap akan lancar.

Bagaimana Cara Memilih Monitor Gaming yang Sesuai Kebutuhan

Jika Anda masih ingin mengutamakan monitor gaming dibanding tipe monitor lainnya, ada banyak juga yang harus diperhatikan. Ini bertujuan agar Anda mendapatkan monitor gaming yang sesuai dengan kebutuhan sehingga Anda tidak kecewa. Jadi, caran memilihnya adalah:

1. Cek Resolusi

Hal pertama adalah persoalan resolusi dari layarnya. Semakin tinggi resolusi dari sebuah monitor, maka Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih tinggi juga. Untuk resolusi rata-rata 720p, 1080p, hingga ada yang 4K.

2. Sesuaikan Refresh Rate yang Diinginkan

Selanjutnya adalah kecepatan gambar yang bisa ditampilkan. Untuk para gamers tentunya harus memilih monitor gaming yang memiliki refresh rate tinggi guna mendapatkan pengalaman bermain game yang mulus.

Biasanya refresh rate yang bisa dihasilkan pada monitor gaming berkisar dari angka 120 Hz, 144 Hz, hingga yang terbaru ada yang 180 Hz. Jadi, semakin tinggi refresh ratenya membuat mata menjadi tidak kelelahan ketika memandang gerakan.

3. Menentukan Ukuran Layar

Ukuran dari sebuah monitor juga bisa menjadi cara dalam memilih sebuah monitor yang ingin digunakan. Jika Anda ingin melihat ukuran monitor yang besar, maka pilih yang sekitar 26 inci. Jika ingin yang hemat tempat, ada yang berukuran 22 inci.

4. Pilih Panel yang Diinginkan

Tentunya istilah panel sudah tidak asing didengar. Panel pada dasarnya merupakan pelapis dari sistem kerja didalam monitor. Jadi, bisa dibilang sebagai pelapis yang berada dibawah kaca monitor.Untuk Anda yang ingin mendapatkan panel yang terbaik, maka pilih monitor gaming dengan panel IPS. Ini membuat pada saat mata memandang layar dari sudut mana pun warna yang ditampilkan tidak akan diubah.

Memang harganya lebih mahal daripada panel TN. Namun, panel TN hanya mampu menghasilkan warna yang terbaik jika dilihat dari sisi yang pas. Jika Anda menggeser sedikit, maka tampilan yang dihasilkan juga akan ikut berubah.

Rekomendasi Monitor Gaming dibawah 3,5 Juta

Produsen gaming banyak memproduksi produk monitor, sehingga membuat Anda kebingungan dalam memilih monitor gaming. Dengan rata-rata kualitas monitor gaming yang bagus itu dibawah 3,5 juta, kami akan memberikan rekomendasi untuk anda. Diantaranya adalah:

1. AOC 24G2E – 2,8 juta

Rekomendasi pertama kami adalah dari pabrikan AOC dengan monitor seri 24G2E. 24 di seri awal ini menandakan besar layarnya, yaitu 24 inci. Dari spesifikasi monitor gaming ini, dinilai telah memenuhi syarat untuk gaming professional.

Baca Juga : Ini Peralatan Gaming PC Wajib Dimiliki Gamer, Yuk Simak!

24G2E memiliki fitur unik yaitu FreeSync technology sehingga bisa meminimalisir kerusakan layar. Spesifikasi lainnya adalah panel yang sudah IPS dengan kecepatan layar hingga 144 Hz dan bisa menghasilkan warna hingga 101% DCI-P3.

2. Asus TUF Gaming VG249Q – 2,7 juta

Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbaik, ASUS juga menghadirkan produk agar Anda bisa memilih monitor gaming milik mereka, yaitu VG249Q. Masuk ke jajaran seri TUF Gaming menandakan kesiapannya dalam memasuki pasar monitor gaming.

Ukuran layarnya juga 24 inci, namun bezel di semua sisi sangat kecil sehingga lebih hemat tempat. Dilengkapi fitur adaptive-sync technology yang mampu membuat pada saat bermain game dapat lebih lancar.

3. Samsung 24RG50 Monitor – 2,6 juta

Samsung juga bisa dijadikan pilihan ketika Anda sedang memilih monitor gaming. Salah satu produk yang dikeluarkan adalah 24RG50 yang memiliki keistimewaan dibentuk layarnya karena melengkung.

Selain layar yang melengkung itu, fitur-fitur yang disematkan Samsung untuk produknya ini juga sangat maju. Kualitas panelnya juga IPS dengan resolusi FHD. Disamping itu semua, Samsung mampu menghadirkan penyangga yang kuat.

4. MSI OPTIX MAG241C Curved Gaming Monitor -3,5 juta

MSI telah dikenal luas sebagai salah satu pabrikan favorit gamers. Di pasar 3 jutaan, mereka menghadirkan MSI Optix MAG241 C yang tentunya juga diberi layar yang melengkung.

Bezel di sisi kiri, kanan dan atas juga sangat tipis hingga bisa dibilang bezeless. Sebagai pabrikan yang sudah terpercaya, warna dari layarnya sudah 115% sRGB yang mana bisa menghadirkan warna yang kaya.

Ketika Anda ingin melengkapi set up gaming anda, maka jangan tanggung membeli monitor biasa. Ada banyak kekurangan monitor biasa jika digunakan untuk bermain game yang berat. Jadi, sebaiknya Anda memilih monitor gaming yang sudah kami rekomendasikan.

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *