Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Cara Cari Ide Konten Youtube yang Cocok Bagi Pemula

4 min read

thumbnail ide konten youtube - ide konten youtube

Melihat banyak Youtuber sukses, tentu beberapa ide konten youtube sudah dibayangkan oleh Anda. Jangan terus dibayangkan, tapi segera lakukan, dan mulai suatu gerakan. Bila hanya dibayangkan, tanpa diterapkan, bagaimana bisa tercipta konten menarik Youtube.

Bukankah sulit mencari konten yang original khas bagi diri sendiri? Memang sulit, tapi semua Youtuber juga tidak ada yang orisinil ciptaan mereka. Kebanyakan pasti terinspirasi oleh senior mereka, kemudian dibuat khasnya sendiri.

Memulainya memang cukup sulit dan pada tantangan tersendiri. Tidak masalah, selama Anda telah yakin dengan ide konten youtube sendiri, laksanakan saja. Atau Anda sudah ingin jadi Youtuber, namun belum ada idenya? Berikut cara mencari yang paling tepat!

Cari Motivasi Target Keberhasilan Dalam Youtube

Bila ide konten youtube ingin terealisasikan, maka harus ada motivasinya. Anda mungkin sulit mau mengeluarkan gagasan ide tersebut, ketika tujuan membuat konten itu tidak ada. Banyak orang menganggap menjadi content creator itu banyak uang.

Baca Juga : Cara Dapat YouTube Premium Gratis Tanpa Iklan Yang Mudah

Ya, benar, mereka bisa dapat banyak uang. Tapi di balik dari semua itu ada perjuangan yang harus mereka lakukan, demi menciptakan tontonan menarik dalam channel Youtubenya. Bila dari awal Anda hanya iseng-iseng saja, mungkin tidak ada hasil.

Anda juga tidak boleh membuat konten dengan tema yang dilarang oleh Youtube. Seperti video dewasa, ujaran kebencian, SARA dan lain sebagainya. Mulailah membuat video mendidik dengan mencari motivasinya dulu. Apa sajakah itu?

1. Jumlah Subcriber

Motivasi untuk terdorong sukses menerapkan ide konten pada kanal Anda adalah ingin dapat subcriber banyak. Sudah ada contohnya Youtuber Indonesia dengan jumlah Subcriber besar, mulai dari Atta Halilintar, Ria Ricis, Jess No Limit dan lainnya.

Apabila Anda ingin sukses seperti mereka, dengan jumlah subcriber besar, maka yang harus dilakukan adalah :

  1. Membuat konten menarik dan berbeda dengan yang lainnya.
  2. Boleh mengikuti trend dalam pembuatan video, tapi munculkan ciri khas sendiri.
  3. Konsisten serta produktif dalam mengupload video agar subcriber yang lama juga tidak kabur.

2. Engagement

Engagement yang berkaitan dengan like, komen dan juga share dalam jumlah cukup banyak. Motivasi mendapatkan ketiga hal tersebut membuat Anda terus mencari ide menarik untuk para penonton.

Jangan lupa, sebar link ke media sosial Anda juga agar orang lain tahu video tersebut, serta ditonton.

3. Monetisasi

Lalu, motivasi mendapatkan ide konten youtube selanjutnya adalah mendapatkan uang dari Youtube. Ini adalah motivasi yang semua content creator inginkan. Jadi apa yang mereka kerjakan, dapat terbayarkan dengan penghasilan berlimpah.

Jangan lupa juga memasang target yang terukur. Dengan begini, bila target tersebut belum juga tercapai, bisa mencari letak kesalahan, melihat bagaimana progres sendiri seperti apa, serta mengubah konten untuk lebih baik lagi.

Contoh, bila dalam 5 bulan Anda ingin mendapatkan 1000 subcriber dengan jumlah penonton yang lebih dari 5000, tapi belum tercapai, maka harus ada perubahan, jangan membuat konten itu-itu saja.

Cari Ide Konten Youtube dengan Menentukan Niche

Sebelumnya, kami akan memberitahu pengertian dari niche, yang berarti topik khusus yang harus sesuai dengan target viewers Anda sendiri. Memang tidak ada ide konten youtube yang murni ciptaan sendiri, tapi setidaknya milik Anda menarik.

Anda harus membuat sebuah karya video yang membuat orang-orang memiliki alasan untuk menontonnya. Jangan sama persis dengan content creator lain, apalagi dari Youtuber besar, bisa-bisa diserang oleh subscribernya.

Kalau bisa, niche tercipta sesuai dengan passion atau hobi Anda. Jika membuat konten dengan kegemaran sendiri, pasti akan menikmati prosesnya, bahkan akan produktif membuat video.

Sebagai referensi saja, begini niche sebagai ide pembuatan video serta dapat menarik penonton untuk datang :

1. Travelling

Apabila sangat suka bepergian ke tempat-tempat unik serta menarik, bisa membuat video tentang perjalanan itu. Kadang malah niche seperti ini, editnya tidak terlalu sulit.

Di akhir video biasanya Anda harus merekomendasikan tempat tersebut dengan menyebutkan keunggulan dari tempatnya gar viewers tertarik berkunjung.

2. Lifestyle

Membuat konten tentang gaya hidup juga cukup menarik bila menjadi ide konten youtube bagi seorang pemula. Misalnya menceritakan tentang :

  1. Menata rumah
  2. Mendekorasi kamar dengan budget yang minim
  3. Tips dan trik diet
  4. Berolahraga di dalam rumah
  5. Dan lain sebagainya karena ada banyak sekali.

3. Kuliner

Sering berkeliling ke tempat-tempat makan di kota Anda? Buat saja konten untuk kanal Anda. Niche kuliner juga banyak peminatnya. Apalagi dari segi makanan sudah unik serta jarang ada di kota lain.

Dalam konten tersebut, Anda bisa membahas seputar :

  1. Review makanannya, bagaimana rasa, tampilan dari makanan tersebut, serta harganya.
  2. Tutorial memasak bervariasi. Kalau bisa, budget minim dan mudah dibuat agar anak muda yang melihatnya tertarik menonton.
  3. Atau bisa juga mukbang yang sedang hits sejak beberapa tahun yang lalu. Ingat, tips sukses mukbang, ekspresikan kepuasan Anda ketika sedang makan.

4. Fashion

Bila passion diri pada busana, aksesoris, sepatu dan hal lainnya yang berbau fashion, buat ide konten youtube dengan tema tersebut. Bisa review, tutorial memadu padankan pakaian dan lain sebagainya.

5. Teknologi

Tahu David GadgetIn? Ia sukses besar mengembangkan kanalnya dengan sering mereview alat-alat teknologi, khususnya ponsel. Modal cukup banyak, tapi siapa tahu cocok untuk Anda.

6. Gaming

Ini akan mengasyikkan bila Anda suka gaming. Dibuat konten saja dengan melakukan livestream gaming dan dapatkan royaltinya.

7. Musik

Apa yang harus dilakukan bila membuat konten musik? Anda bisa cover, menciptakan lagu atau arasement musik dan lain sebagainya.

8. Tentang Hewan

Pecinta hewan atau yang memiliki peliharaan juga bisa membuat konten tentang hewan. Membahas bagaimana cara merawatnya, tindakan ketika peliharaan sakit, makanan dan lainnya.

Hindari Hal Berikut agar Ide Konten Youtube Sukses

Semua jerih payah Anda ketika menyusun ide konten youtube akan langsung hancur ketika ada kesalahan fatal. Ini juga yang membuat para Youtuber pemula gagal dan meninggalkan channelnya untuk selamanya.

Agar Anda tidak mengalami hal tersebut, hendaknya berhati-hati setiap mengunggah video ke kanal Youtube. Bila ingin mendapatkan royalti, maka jangan sampai setiap video itu terkena copyright.

Maka, inilah beberapa contoh yang harus dihindari, jika ingin channel sendiri berkembang maju, dengan konten terbaik Anda :

  1. Di tengah-tengah membangun channel, malah membuat drama settingan dan mencoba panjat sosial dengan Youtuber lain, bermaksud untuk viral.
  2. Konten yang Anda unggah itu hasil mencuri atau re-upload dari creator lain. Bila ketahuan, urusannya adalah hukum.
  3. Bila Anda terlalu banyak memasukkan lagu dan musik dalam ide konten youtube, langsung kena copyright. Tidak hanya monetisasi melayang begitu saja, videonya juga terancam dihapus oleh pihak Youtube.
  4. Sangat tidak kreatif sehingga orang yang menontonnya juga merasa bosan. Lama-kelamaan, subscriber kabur karena hal tersebut.
  5. Tidak konsisten. Satu kali upload, untuk upload lagi jaraknya sangat lama. Nanti malah penonton sudah tidak ada minat lagi.
  6. Dan terakhir mengunggah video macam-macam hingga mampu melanggar aturan youtube.

Tips Mendapatkan Viewers untuk Melihat Konten Anda

Jika semua hal yang ada di atas mampu menurunkan subscriber, engagement dan juga monetisasi, lalu bagaimana agar dapat menjadi Youtuber baik, dan selalu produktif membuat ide konten youtube? Intinya jangan malas.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Mango Live Ungu

Kekurangan ide? Masih ada internet, coba cari-cari hal yang menarik untuk dibahas dalam video Anda. Pastinya harus sesuai dengan niche terpilih. Untuk tips selanjutnya jika ingin sukses menjadi Youtuber, bisa melakukan cara berikut :

  1. Buat kanal dengan nama unik serta mudah diingat orang. Bila perlu, jangan menggunakan nama sendiri bila belum ada branding value dari Anda. Ini dengan tujuan, ketika ada orang lupa dengan konten Anda, tapi justru ingat nama kanal.
  2. Konsistensi dengan mengisi konten hanya satu niche saja. Itu bagus agar Anda menarik banyak penonton yang suka dengan pembahasan konten di dalamnya.
  3. Setiap mengunggah, beri judul bombastis tapi jangan clickbait. Boleh saja buat judul hiperbolis. Jangan lupa menaruh thumbnail agar orang yang menemukan video Anda dalam home youtube mereka, mau mengekliknya.
  4. Jangan lupa share video ke media sosial dan mempromosikannya dengan baik. Jangan hanya sekali, lakukan secara sering agar dirend list dalam akun sosial media sendiri, penasaran dan ikut berkunjung ke video itu.
  5. Coba lakukan Videowalking, yaitu kegiatan untuk berkunjung ke video Youtuber lain, berkomentar dan like. Bisa juga sedikit promosi agar orang lain yang ikut berkomentar, dapat melihat promosi tersebut.
  6. Bila memiliki modal lebih, tidak masalah mengadakan giveaway. Kecil-kecilan saja tidak mengapa. Karena banyak orang tertantang untuk mengikuti giveaway itu.

Pastinya jika ingin berhasil, jangan mudah menyerah serta putus asa. Dalam proses membangun kanal dan mencari ide konten youtube terbaik, pasti selalu ada masalah yang datang. Bila terus belajar dari kesalahan lalu kembali bangkit, pasti bisa sukses.

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *