Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Beberapa Koin NFT yang Populer dan Ramai Digunakan

4 min read

Beberapa Koin NFT yang Populer dan Ramai Digunakan

Tahukah Anda apa itu Koin NFT sebagai salah satu aset digital yang populer di dunia kripto? Pada dasarnya NFT merupakan singkatan dari Non-Fungible Token. Saat ini NFT sudah mulai populer karena banyak karya dihargai dengan nilai yang fantastis mencapai puluhan juta dolar.

Baca juga: Beberapa Harga PS4 Berdasarkan Versi dan Spesifikasinya

NFT merupakan aset digital yang diperdagangkan dengan menggunakan kripto Etherium (ETH). Bagi yang belum tahu, ETH merupakan salah satu cryptocurrency di dalam blockchain. Simpelnya NFT memiliki definisi yang berbeda dengan aset kripto pada umumnya.

Koin NFT adalah aset yang berkembang dari perkembangan mata uang digital cryptocurrency. Eksistensinya tidak seperti mata uang kripto sehingga keduanya memiliki wujud yang berbeda. NFT tidak dapat dipecah karena aset digital ini utuh dan sifatnya mutlak.

Aset yang diperdagangkan tidak dapat diubah kuantitasnya sehingga pertukaran selalu terjadi. Salah satu kelebihan NFT adalah hanya dapat dibuat satu kali dan tidak bisa ditukar jika nilainya berkurang. Pertukaran aset harus seimbang yang artinya harga sesuai dengan nilai asetnya.

Definisi Koin NFT yang Perlu Diketahui

Beberapa Koin NFT yang Populer dan Ramai Digunakan_Definisi Koin NFT yang Perlu Diketahui
Beberapa Koin NFT yang Populer dan Ramai Digunakan-Definisi Koin NFT yang Perlu Diketahui

Secara garis besar, NFT berasal dari 2 kata kunci utama yaitu Fungibility dan Token. Fungibility adalah karakteristik aset yang hanya bisa diganti atau ditukar dengan menggunakan aset serupa atau nilainya sama. Jadi, nilai asetnya tidak bisa diturunkan atau dimodifikasi oleh pemilik.

Di sisi lain, token merupakan definisi dari barang dan layanan yang memiliki nilainya sendiri. Jadi, Koin NFT adalah alat pembayaran digital yang dapat digunakan sebagai alat tukar internasional. Dengan menggunakan koin digital NFT, Anda bisa menjual barang ke luar negeri.

Tentu saja NFT memiliki platform perdagangannya sendiri seperti OpenSea. Anda bisa menjual karya seni berupa foto atau gif di sana dengan nilainya sendiri. Jika ada investor yang tertarik, aset kepemilikannya bisa ditransfer untuk meraih keuntungan lebih banyak.

Sekarang ini sudah ada banyak Koin NFT yang bisa ditemukan dan digunakan. Setiap koin sudah bisa digunakan di Indonesia karena aksesnya ada. Dengan akses tersebut Anda dapat membeli atau menjual karya di platform perdagangan NFT Internasional yang tersedia.

Karya NFT yang sudah dibeli atau memiliki karya orisinal, dapat melakukan duplikasi. Dari karya yang di duplikasi, banyak orang menjadi bebas menggunakannya. Namun, karya asli atau orisinal tetap dipegang oleh pemegang utama yang memiliki aset dari tangan pembuatnya.

Beberapa Koin NFT yang Populer dan Banyak Digunakan

Beberapa Koin NFT yang Populer dan Ramai Digunakan_Beberapa Koin NFT yang Populer dan Banyak Digunakan
Beberapa Koin NFT yang Populer dan Ramai Digunakan_Beberapa Koin NFT yang Populer dan Banyak Digunakan

Di bawah ini ada beberapa koin digital NFT yang sudah banyak digunakan. Setiap koin memiliki karakteristik dan cara kerjanya sendiri dalam mengembangkan asetnya. Untuk lebih jelasnya, ada 10 koin digital yang harus Anda pelajari sebelum terjun ke dalam dunia NFT.

  • AXIE Infinity (AXS)

Koin NFT AXS jadi salah satu mata uang digital yang populer karena dikembangkan dengan di game NFT Axie Infinity. Konsepnya adalah pemain memelihara monster untuk aset utama. Dengan monster tersebut, aset Anda bisa berkembang seiring berjalannya waktu.

Tentu saja monster dalam game tersebut dapat dikembangbiak dan diperkuat agar nilai aset jadi lebih tinggi. Kunci utama koin ini adalah semakin kuat monster Anda maka semakin tinggi juga nilainya. Market cap dari NFT AXS mencapai Rp 71 Triliun dan harga kisarannya 1 jutaan.

  • The Sandbox (SAND)

Konsep yang digunakan koin NFT SAND pada dasarnya sama seperti Axie Infinity. Dengan aset berupa bangunan dan lahan di dunia virtual metaverse, Anda dapat berdagang di sana. Hal ini jadi salah satu keunikan dunia cryptocurrency dimana ada virtual metaverse.

Perdagangan dilakukan secara virtual baik itu lahan, bangunan hingga produk virtual. Anda perlu modal yang besar jika ingin bergabung dengan dunia metaverse. Market cap mencapai Rp 64 triliun dengan harga kisaran yang lebih rendah dibandingkan AXS yaitu 71 ribu.

  • Theta Network (THETA)

Koin THETA memiliki konsep yang unik karena menggunakan layanan video streaming. Konten kreator dapat menggunakan mata uang kripto THETA sebagai alat tukar. Di sini Anda bisa melakukan video streaming dan pengiriman data Online yang lebih hemat biaya.

Konsepnya sama seperti platform streaming pada umumnya, namun dengan bumbu NFT. Jika dilihat dari market cap, THETA mampu mencapai Rp 61 triliun dengan harga kisaran 61 ribu. Anda bisa melakukan streaming sepuasnya dari platform Theta Network.

  • Decentraland (MANA)

Koin NFT yang memiliki dunia metaverse sendiri adalah Decentraland. Struktur dunia virtual di sini sudah optimal sehingga banyak orang melakukan investasi dengan membangun aset rumah di suatu lahan. Anda juga dapat menjual konten dari lahan yang sudah terbentuk.

Meski begitu, decentraland saat ini mengalami penurunan. Ada banyak perusahaan yang beli aset, namun ada juga perusahaan besar lain menjualnya. Market cap Mana koin sudah turun di angka Rp 54 Miliar dengan harga harian di bawah 41 ribu.

  • Gala Games (GALA)

Anda jangan terkecoh dengan namanya karena Gala Games bukanlah platform permainan pada umumnya. Disini, developer menggunakan blockchain untuk menggarap game dan dijual melalui platform yang tersedia menggunakan koin GALA.

Keunikan Gala Games adalah terdapat banyak feedback yang terjadi antara developer game saat ini. Salah satu game yang berhasil dibuat oleh developer Gala Games adalah Town Star. Para pemain dapat menggunakan koin Gala untuk bermain dan berinteraksi di dalamnya.

  •  FLOW 

Jika Anda suka dengan liga basket NBA, maka koin NFT Flow wajib dimiliki. Koin ini digunakan sebagai alat transaksi utama platform blockchain NBA Top Shot. Jadi, platform tersebut sudah banyak menjual momen-momen pemain NBA yang direkam dalam bentuk video cuplikan.

Dengan menggunakan koin Flow Anda dapat membeli hak milik cuplikan tersebut. Tentu saja ada banyak momen menarik yang bisa diabadikan dari pemain-pemain ternama. Market cap FLOW mencapai Rp 37 triliun dengan harga di kisaran 119 ribu untuk saat ini.

  • ENJIN (ENJ)

Jika Anda ingin mencari game, platform Enjin dapat digunakan untuk mendapatkannya. Anda dapat membeli game dengan koin NFT berbasis blockchain di sini. Koin ENJ juga sudah sering dipakai untuk belanja di e-commerce dengan harga satuan yang pasti.

Koin ENJ disukai karena memberikan kenyamanan bisnis dengan sistem blockchain. Enjin saat ini berencana untuk mengurangi konsumsi daya listrik dan karbon dioksida. Caranya dengan menggunakan blockchain Proof of Stake (PoS) dan Proof of Authority (PoA).

  • Chiliz (CHZ)

Selain laga NBA, sepakbola juga memiliki mata uang kripto yang bernama koin NFT Chiliz. Di sini Anda bisa bertransaksi di Socios sebagai platform perdagangan terbesar di dunia. Koin CHZ digunakan untuk memberi voting, akses fitur klub sepakbola dan membeli hadiah VIP.

Karena sepakbola tidak pernah sepi, koin ini memiliki prospek yang sangat bagus. Anda dapat bertransaksi dan berperan langsung dalam komunitas sepakbola blockchain. Aset yang ada di koin Chiliz tidak akan pernah hilang selama sepakbola masih difavoritkan banyak orang.

  • WAX (WAXP)

Pada dasarnya WAXP jadi salah satu koin NFT yang digunakan di dalam platform WAX. Dilihat dari fungsinya, platform WAX dirancang untuk transaksi e commerce. Kelebihannya dapat digunakan untuk transaksi yang lebih cepat, sederhana dan aman.

Koin ini bisa Anda gunakan untuk membeli aset NFT, game dan koleksi aset lainnya. WAX juga sudah bekerja sama dengan berbagai pasar dan komunitas game. Beberapa di antaranya seperti VGO Skins, vIRL hingga tim esport ternama yaitu Fnatic.

  • ECOMI (OMI)

Bagi pecinta pop, Anda bisa menggunakan koin OMI sebagai alat transaksi aset NFT platform ECOMI dan VeVe. Di sini para penggemar video game hingga komik superhero berkumpul. Jika tertarik, pembayarannya sudah terintegrasi dengan blockchain sehingga aman.

ECOMI dan VeVe memang sudah dikenal sebagai tempat berkumpulnya pop culture. Oleh sebab itu, market capnya tinggi dengan jumlah investor yang banyak. Anda dapat menilai sendiri seberapa bagus komunitas pop culture dari perkembangan ECOMI dan VeVe.

Baca juga: Jawaban Game Words of Wonders yang Unik dan Menjebak

Pada dasarnya koin yang sudah disebutkan di atas memiliki cara kerja serupa yaitu jual beli aset digital di blockchain. Anda dapat membeli aset menggunakan koin yang sudah tersedia. Setiap platform memiliki nama dan karakteristik koin NFT sendiri sehingga penggunaannya berbeda beda.

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.