Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Mengenal Google Meet, Aplikasi Meeting Online Kualitas Tinggi

4 min read

Google Meet

Google Meet atau Gmeet merupakan salah satu layanan video conference yang berguna untuk berbagai macam kepentingan. Mulai dari pekerjaan maupun sekolah. Aplikasi ini telah diluncurkan sejak Maret 2017.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Meet Serta Kelebihannya

Layanan video conference ini juga bentuknya lebih luas ketimbang aplikasi Hangouts yang dimiliki oleh Google. Informasi kali ini akan membahas tentang Gmeet yang sayang untuk dilewatkan.

Pengertian dari Aplikasi Google Meet (Gmeet)

Google Meet
source: special

Google ini dikenal sebagai aplikasi konferensi video yang dapat diakses oleh semua orang, mulai dari perorangan maupun institusi berbasis Google. Aplikasi video ini bisa membuat rapat online hingga seratus peserta dalam durasi satu jam untuk setiap rapat gratis.

Sementara itu, untuk fitur premium atau lanjutan, aplikasi conference ini menawarkan rapat dengan peserta hingga 500 pengguna. Bahkan, sudah ada layanan streaming yang bisa digunakan untuk 100.000 pemirsa.

Selain itu, layanan video conference juga telah terintegrasi melalui berbagai produk Google. Bahkan, telah dirancang untuk menyelenggarakan video conference dengan mudah. 

Meskipun begitu, aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai panggilan audio atau telepon dengan tidak menyalakan kamera. Untuk sistem panggilan video melalui Google Meet, sebenar berbasis pada kode atau undangan untuk bergabung dengan rapat melalui tautan. 

Namun, bagi pengguna desktop, layanan video conference ini telah menawarkan kemudahan. Misalnya saja seperti tidak perlu menginstal aplikasi di laptop atau komputer. 

Jadi semua pengguna, baik penyelenggara dan peserta rapat bisa menggunakan tautan berbasis jejaring layanan video Google Meet ini. Jika ingin langsung memulai rapat.

Manfaat, Fitur, dan Paket dari Gmeet 

Google Meet
source: special

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Google Meet termasuk aplikasi video conference yang dapat diakses secara mudah tanpa harus menginstalnya. Jadi kalian hanya perlu melakukan membuka browser untuk menggunakan aplikasi ini.

  • Manfaat Aplikasi Gmeet yang Penting 

Perlu diketahui ada berapa manfaat yang didapatkan jika menggunakan layanan video conference ini. Berikut ini sudah ada penjelasan mengenai manfaat Gmeet, antara lain:

  • Mudahnya akses bagi pengguna versi gratis dan lebih fleksibel untuk pengguna berbayar.
  • Pengguna dan peserta bisa berbagi spreadsheet, dokumen, presentasi serta berbagai alat bantu layar. Sehingga nantinya bisa terjadi umpan balik real time.
  • Terintegrasi dengan Google Calendar dan Google Contact. Sehingga lebih mudah mengingat jadwal rapat maupun partisipan.
  • Ramah bagi pengguna karena tidak harus menginstal atau mengunduh aplikasi untuk desktop.
  • Mempunyai batasan waktu akses sekitar 60 menit untuk pengguna gratis.
  • Terintegrasi dan terhubung secara organik dengan surel berbasis Google atau akun Gmail.
  • Meningkatkan peluang keterlibatan banyak pihak potensi dan produktivitas sebagai ruang mengobrol.
  • Undangan rapat akan terintegrasi melalui Gmail secara otomatis.

Salah satu fitur unggul dari Google Meet, yaitu telah integrasi dengan Google Workspace guna mempresentasikan pengerjaan proyek tertentu. Selain itu, Gmeet juga telah mengklaim memiliki beberapa fitur unggulan lainnya, seperti berikut.

  • Jumlah pertemuan yang tidak terbatas, bahkan bisa mengundang sampai 100 peserta ke dalam rapat.
  • Mempunyai fitur teks langsung selama rapat secara real time yang telah didukung oleh teknologi pengenalan suara Google.
  • Kompatibilitas terhadap semua perangkat, baik Android, desktop/laptop, maupun macOS/iOS.
  • Mempunyai layar pratinjau audio dan video untuk melakukan pengecekan kamera serta mikrofon. Selain itu, sudah ada virtual background yang dapat digunakan.
  • Mempunyai pratinjau terkait siapa saja yang sudah bergabung dalam rapat.
  • Telah didukung pengaturan layar dan tata letak secara otomatis untuk menampilkan peserta yang paling aktif.
  • Fasilitas kontrol bagi host untuk membisukan, menyematkan, serta mengeluarkan peserta.
  • Berbagi tautan dan pesan dengan mudah antar peserta rapat.
  • Fitur integrasi secara otomatis untuk presentasi pekerjaan secara langsung lewat Google Workspace dan penjadwalan rapat lewat Google Calendar.
  • Paket yang Tersedia di Gmeet

Meskipun Google Meet bisa digunakan secara gratis cukup menerima undangan atau skala kecil sekitar 25 orang dalam mengikuti telekonferensi bersama. Namun, jika kalian ingin menggunakan aplikasi ini untuk perusahaan lebih besar bisa pakai paket.

Paket ini telah disediakan oleh Gmeet untuk membantu kalian melakukan video yang berkualitas. Adapun paket yang wajib kalian ketahui dari Gmeet, antara lain:

  • Paket G Suite Basic

Aplikasi Gmeet ternyata menyediakan paket video konferensi yang bisa digunakan untuk mengundang 100 orang peserta per meeting. Budget yang harus dikeluarkan sekitar 6 dollar AS atau Rp. 93.000 per bulan.

  • Paket G Suite

Selain itu, jika kalian ingin mengundang atau melakukan rapat online dengan 150 orang peserta, Google Meet juga sudah menyediakan paketnya. Kalian hanya perlu mengeluarkan 12 dollar AS atau sekitar Rp. 186.000 per bulan.

  • Paket G Suite for Enterprise

Paket ini dikhususkan untuk pengguna premium, karena bisa mengundang 250 orang ke dalam rapat online. Bahkan, kalian juga bebas menyimpan rekaman online meeting tersebut ke dalam Google Drive secara gratis.

Kalian juga bisa menggunakan fitur penuh layanan video conference yang lebih leluasa. Cukup dengan biaya 25 dollar AS atau Rp. 388.000 per bulan, sudah bisa menggunakan aplikasi ini.

Cara Menggunakan Gmeet Melalui PC dan Handphone

Google Meet
source: special

Google Meet ternyata juga bisa digunakan melalui dua atau lebih perangkat seperti PC maupun ponsel. Berikut ini cara untuk menggunakan aplikasi Gmeet melalui kedua perangkat, antara lain:

  • Cara Menggunakan Gmeet Via PC

Pengguna hanya perlu buka browser lalu memasukkan situs meet.google.com, agar bisa menggunakan layanan video conference lewat PC atau laptop. Berikut ini sudah ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk menggunakan Gmeet, antara lain:

  • Pertama, login ke situs Google Meet menggunakan akun Google yang telah terintegrasi (disarankan browser Chrome). Setelah itu, “Rapat Baru” atau “Start a Meeting” mulai buat ruang rapat virtual.
  • Kemudian, klik langsung “Izinkan” atau  “Allow” untuk memberikan akses kamera dan mikrofon pada PC kepada Gmeet. Setelah itu, klik “Join Now” bila ruang rapat virtual dan pengecekan kamera beserta video telah selesai.
  • Nantinya, pengguna rapat bisa langsung mulai rapat dengan mengundang peserta melalui salinan tautan. Setelah itu, pengguna juga bisa memverifikasi peserta dengan mengizinkan mereka memasuki ruang rapat virtual tersebut.
  • Selanjutnya, pengguna juga dapat membagikan presentasi beserta tautan lain melalui kolom chat. Setelah itu, langsung melakukan klik ikon telepon berwarna merah untuk menyudahi rapat atau menutup ruang rapat.
  • Cara menggunakan Gmeet melalui handphone

Selain menggunakan laptop atau PC, Google Meet juga bisa langsung diakses secara fleksibel melalui handphone. Untuk bisa menggunakan Gmeet lewat ponsel, pengguna perlu mengunduh dan menginstal aplikasi ini, berikut penjelasannya:

  • Pertama, Sign In terlebih dahulu untuk pengguna yang sudah memiliki akun Google atau Sign Up bagi pengguna baru. Kemudian, pilihlah akun Google yang sudah tersinkronisasi dengan perangkat.
  • Kalian akan lebih mudah mengakses Gmeet untuk menyesuaikan foto profil dan preferensi. Setelah itu, bisa langsung mengklik “New Meeting” untuk “Join with a code” atau buat ruang rapat virtual baru bisa bergabung dengan rapat virtual. 
  • Setelah itu, kalian bisa menambahkan partisipan dengan membagikan tautan ruang rapat virtual. Selanjutnya, masukkan password atau kata sandi untuk menyaring peserta secara internal seperti pada rapat yang tertutup. 
  • Terakhir, tutup rapat dengan menekan ikon telepon yang berwarna merah di sisi kiri bawah layar. Itu saja beberapa hal yang berkaitan dengan Google Meet serta cara menggunakannya di dua perangkat berbeda. 
  • Kalian dapat menggunakan aplikasi Gmeet untuk melakukan rapat virtual, kerja kelompok, seminar perkuliahan. Bahkan, layanan ini bisa digunakan untuk berbagai macam hal yang melibatkan lebih dari satu orang. 

Baca juga: Aplikasi Khusus Kpoper untuk Berkomunikasi Dengan Idol

Selain memberikan kemudahan akses yang tidak berbayar, kalian juga bisa langsung berlangganan Gmeet melalui institusi pendidikan atau perusahaan. Hal ini tentunya berguna untuk mengakses aplikasi tersebut secara fleksibel.

Jadi bagi kalian yang penasaran dengan nuansa rapat perusahaan melalui aplikasi Google Meet, maka harus mulai menata langkah karier sekarang juga. Saat ini kalian tidak perlu cemas untuk bisa mendapatkan informasi mengenai karir maupun peluang kerja.

Dikarenakan internet saat ini sudah menjadi rekan profesional yang tepat buat kalian. Jadi bisa dikatakan membuat rapat dengan Google Meet dapat dilakukan dimana saja.

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *