Berikut Simak 3 Aplikasi AI Viral Kekinian

4 min read

Berikut Simak 3 Aplikasi AI Viral Kekinian

3 aplikasi AI viral kecerdasan buatan atau yang sering kita sebut AI (Artificial Intelligence) adalah simulasi kecerdasan manusia yang diprogramkan ke dalam komputer dan ditujukan untuk memecahkan masalah tertentu. 

Baca juga : 10 Daftar Aplikasi Manga yang Aman untuk Digunakan

Dengan kata lain AI itu seperti otak manusia tetapi bekerja pada komputer, bukan manusia, tetapi memiliki fungsi yang sama. Ketika kita berbicara tentang kecerdasan buatan, kita pasti memikirkan robot dengan kemampuan seperti manusia, bukan? 

Memang tidak salah, namun robot dengan karakteristik manusia bisa diartikan dengan cara yang berbeda, tidak hanya robot seperti Terminator atau Transformers, tapi bisa berupa aplikasi atau objek apapun dengan kecerdasan buatan. 

Bukankah terdengar mengerikan jika kecerdasan buatan akhirnya mengambil alih peradaban manusia dan manusia malah dijadikan alat untuk kecerdasan buatan itu sendiri. Kecerdasan buatan ini menjadi tren di kalangan pengguna jejaring sosial seperti TikTok, Instagram, dll. 

Berikut Ini Sejarah Kecerdasan Buatan

Berikut Ini Sejarah Kecerdasan Buatan
Berikut Ini Sejarah Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan adalah bidang ilmu komputer yang luas yang berfokus pada pembuatan mesin cerdas yang dapat melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia. Kecerdasan buatan mengumpulkan dan memproses berbagai data menjadi informasi. 

3 aplikasi AI viral muncul tentunya menghadirkan banyak manfaat diantaranya untuk mempermudah mengerjakan tugas. Ungkapan ini muncul dalam berbagai penelitian maupun film bergenre fantasi sejak abad ke-20. 

Dimulai dengan hadirnya Atanasoff Berry Computer (ABC) pada tahun 1940, yang mendorong para peneliti untuk mengembangkan ide pembuatan otak elektronik. Ide ini berkembang dan terus berkembang menjadi kecerdasan buatan yang kita kenal sekarang. 

Sejarah kecerdasan buatan dimulai pada tahun 1950 dengan tulisan matematikawan Alan Turing. Kemudian, dalam esainya Mesin Komputasi dan Kecerdasan, Alan mengajukan pertanyaan kontroversial: “Jika manusia dapat memecahkan masalah dan mengambil keputusan berdasarkan informasi dan pengaturan yang tersedia, mengapa mesin tidak dapat melakukan hal yang sama?” kecerdasan buatan di kalangan peneliti.

Pada tahun 1956, istilah kecerdasan buatan pertama kali digunakan dalam AI Dartmouth Summer Research Project on Artificial Intelligence (DSRPAI) oleh John McCarthy. Namun program terhenti karena peneliti yang terlibat tidak berkomitmen.

Perkembangan kecerdasan buatan baru mendapatkan momentum di tahun 1960-an. Ketika komputer dapat menerima lebih banyak informasi dan memanfaatkan peluang dengan lebih mudah dan cepat. 

Beberapa algoritma pembelajaran mesin juga digunakan untuk memecahkan masalah tertentu. Model AI pertama adalah Natural Language Processing (NLP) yang disebut STUDENT, yang dapat memecahkan masalah aljabar. 

Tahun itu juga merilis ELIZA, obrolan pertama sebelum Siri, Alexa dan beberapa bot NLP yang ada. Pada tahun 1970, Jepang menciptakan WABOT-1, robot cerdas pertama yang dapat bergerak, melihat, dan berbicara. 

3 Aplikasi AI Viral yang Perlu Diketahui

Aplikasi yang sedang tren adalah aplikasi yang dapat mengubah gambar menjadi sesuatu yang lain sesuka hati, misalnya ada aplikasi yang mengubah teks menjadi gambar atau mengubah foto kita menjadi gambar lain.

Misalnya seperti anime, sketsa, lukisan abstrak, semuanya dibuat dengan teknologi AI. Di bawah ini adalah aplikasi yang sedang tren di media sosial. Banyak hal yang bisa dimanfaatkan dengan menggunakan 3 aplikasi AI viral di antaranya.

  • Lensa Ai:Editor Foto dan Video

3 aplikasi AI viral ini sedang dikenal di media sosial, khususnya Instagram. Banyak influencer artis tabloid Indonesia yang menggunakan aplikasi ini untuk berbagi dan mengunggah foto mereka ke Instagram. 

Program ini dapat mengubah foto kita menjadi animasi artistik dengan gaya lukisan yang sangat detail. Aplikasi ini berfungsi, saat kita mengunggah foto ke aplikasi, AI aplikasi akan secara otomatis mengenali bagian wajah kita, seperti wajah kita. 

Selain itu juga bisa mengedit warna rambut dan kulit. Membentuk pipi dan bentuk hidung. Program ini memiliki banyak fitur, namun fitur yang banyak digunakan orang adalah fitur Magic Avatar, sayangnya fitur ini berbayar.

  •  Permainan Wajah

Program ini tidak jauh berbeda dengan AI Lens yang mengubah gambar menjadi bentuk animasi, namun perbedaannya adalah program AI Lens lebih detail dibandingkan Face Play. 3 aplikasi AI viral di TikTok karena bisa mengubah foto kita menjadi anime yang manis dan imut. 

Bisa dikatakan untuk cara kerja aplikasi ini sangat sederhana. Kalian hanya perlu memilih tema yang kalian inginkan, unggah foto kalian di sana dan tunggu AI melakukan tugasnya dan akhirnya, wajah kalian akan berubah sesuai keinginan ada beberapa. 

Masalah yang disajikan berbayar, tetapi jangan khawatir, masalah tersebut dapat diselesaikan dengan VPN. Dengan kalian melakukan pembayaran maka dijamin kualitas juga tidak akan pernah mengecewakan editornya.

  •  Prisma

Kalian mungkin tahu 3 aplikasi AI viral ini, memang benar Prisma adalah program bertenaga AI yang dapat mengubah foto kalian menjadi lukisan yang estetis dan sangat detail. Aplikasi ini memiliki lebih dari 100 gaya yang dapat kalian gunakan secara gratis dan jika kalian berlangganan aplikasi ini.

Kalian akan mendapatkan 500 gaya yang lebih baik lagi. Penggunaan kecerdasan buatan secara baik dan bijak akan memberikan hasil maksimal dan juga profesional. Kalian bisa mencobanya secara langsung untuk melihat hasil akhirnya.

Manfaat 3 Aplikasi AI Viral

Ada beberapa kelebihan atau manfaat yang nantinya bisa kalian rasakan. Diantaranya berikut dapat disimak penjelasan lengkap untuk bisa mendapatkan pengetahuan dan bahan pertimbangan baru.

  • Bersifat Kekal atau Permanen

AI adalah kecerdasan buatan yang bersifat abadi atau permanen. Disebut persisten karena 3 aplikasi AI viral bisa digunakan berulang kali dimanapun dan kapanpun. Sistem ini selalu berkaitan dengan penggunaan tenaga manusia.

Contoh penggunaan kecerdasan buatan adalah tenaga manusia tidak sepenuhnya dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan. Sehingga perusahaan tidak lagi membutuhkan banyak karyawan. Pekerja bisa diganti, tapi AI tidak bisa.

  • Memberikan Kenyamanan yang Luar Biasa

Produksi kecerdasan buatan bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Informasi yang diterima sebelumnya disimpan dan dapat dilihat lagi nanti. Selain itu, sistem kecerdasan buatan dapat bekerja lebih cepat daripada pekerja manusia.

  • Konsisten dan Teliti

AI juga memiliki karakter yang konsisten dan menyeluruh. Semua data dan informasi yang masuk tidak berkurang dan kemungkinan AI melakukan kesalahan sangat kecil. Misalnya, saat kalian menggunakan kalkulator di komputer atau melakukan perhitungan dengan Excel.

Dapat dipastikan bahwa kalian jarang menemukan kesalahan. Karena itu, 3 aplikasi AI viral diperlukan untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan manusia.

  • Dapat Disimpan

Keunggulan AI adalah dapat menangani data yang besar, jadi sebesar apapun dan berapa banyak data yang diterima tidak menjadi masalah. Semua informasi yang masuk tentunya dapat disimpan dan digunakan kembali di masa mendatang oleh generasi berikutnya.

  • Lensa AI atau Aplikasi Lensa

Pembuat avatar, editor tersedia untuk pengguna Android dan iOS. 3 aplikasi AI viral ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store. Beberapa fitur Lensa AI hanya tersedia untuk pengguna berlangganan. 

Harganya sendiri bervariasi mulai dari Rp. 9.000 hingga Rp. 419.000 tergantung periode langganan yang dipilih. Namun jangan khawatir, AI Lens juga menawarkan opsi uji coba gratis selama tujuh hari bagi mereka yang ingin mencobanya secara gratis namun tetap memiliki waktu tak terbatas.

Cara Mudah Membuat Avatar AI

Manfaat 3 Aplikasi AI Viral
Manfaat 3 Aplikasi AI Viral

Bagi yang tertarik membuat karakter digital sendiri, berikut panduan cara 3 aplikasi AI viral. Simak dengan baik sehingga kalian juga mendapatkan manfaatnya nanti.

  • Ketuk Menu Avatar Ajaib.

Sebelum menggunakan, pastikan kalian telah mengunduh aplikasi Lens:

Pembuat avatar, editor di Google Play Store atau App Store. Kemudian buka aplikasi dan klik menu “Avatar Ajaib”.

  •  Pilih Foto yang Ingin Kalian Edit

Klik “Coba Sekarang”, lalu klik “Berikutnya”. Pilih 10-20 gambar yang ingin kalian edit menjadi avatar AI. Untuk hasil terbaik, gunakan close-up wajah yang sama dengan latar belakang berbeda.

  • Tentukan Informasi Avatar

Jika semua foto memenuhi persyaratan, klik “Impor”. Selanjutnya, tentukan informasi avatar kalian dengan memilih jenis kelamin.

  • Tunggu Proses Editing

Kemudian kalian tinggal menunggu foto yang dikirimkan diproses menjadi AI avatar. Prosesnya sendiri memakan waktu sekitar 20 menit.

  • Pilih Tema Foto

Setelah proses editing, foto yang diunggah menjadi avatar AI dengan karakter atau tema yang berbeda. Ada tema anime, stylish, adventure, superhero, cyborg dan lainnya. 

  • Unduh dan Bagikan di Media Sosial

Baca juga : Rekomendasi 5 Aplikasi Musik Terpopuler di Dunia

Untuk mengunduh semua foto, klik tombol “Simpan semua” di pojok kanan atas layar. Setelah itu, kalian dapat mengunggah avatar AI ke media sosial. 

Zaman yang semakin canggih bisa membantu kalian untuk mengerjakan tugas dengan baik dan benar. Salah satunya dengan memakai beberapa pilihan dari 3 aplikasi AI viral yang tentunya direkomendasikan oleh banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *