Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Aplikasi Editor Video Pemula dan Spesifikasi yang Dibutuhkan

4 min read

thumb apk edit vid - aplikasi editor video

Bagi orang yang suka mengedit, mungkin sedang mencari aplikasi editor video. Tentunya Anda perlu menyiapkan PC atau laptop yang memiliki kemampuan mumpuni untuk mengedit video. Ini karena biasanya aplikasi tersebut cukup berat sehingga membutuhkan spesifikasi kuat.

Saat ini, banyak orang yang mulai hobi dalam bidang kreatif, salah satunya adalah menjadi editor video. Kegiatan ini semakin populer juga berkaitan dengan konten tik tok yang banyak menggunakan video. Jadi, secara tidak langsung, editing yang bagus menjadi nilai tambah.

Namun pada nyatanya, kegiatan ini tidak semudah yang dibayangkan karena membutuhkan kreatifitas yang tinggi. Kita harus mengerti dimana waktu yang tepat untuk meletakkan efek, backsound hingga filter sehingga penonton menjadi lebih terkesan dengan hasil editing.

Baca Juga : Aplikasi Desain Rumah untuk PC dan Android Terbaik

Maka dari itu, Anda yang mempunyai hobi ini juga harus selalu mengembangkan skill Anda agar semakin baik lagi dalam mengolah video. Jadi, kami akan menghadirkan beberapa panduan baik dalam bentuk tips dan rekomendasi untuk Anda jadikan informasi tambahan.

Keuntungan Menjadi Editor Video

Sebelum masuk ke pembahasan aplikasi editor videonya, akan jauh lebih baik jika Anda mengetahui keuntungan hingga prospek kerja seorang editor video. Sebenarnya sangat banyak, namun kami telah merangkum beberapa agar bisa mengetahuinya, antara lain:

1. Jualan Menjadi Lebih Laris

Penjualan akan jauh lebih laris jika presentasinya bagus dan menarik. Ini sangat bisa dilakukan oleh editor video dalam mempromosikan suatu produk. Calon pelanggan akan menjadi terkesan dengan cara presentasinya sehingga memulai membeli.

Jadi jika Anda merupakan seorang video editor dan ingin merabah ke bidang bisnis, Anda bisa menggabungkan keduanya. Membisniskan editing Anda dan edit video yang bagus untuk bisnis yang ingin Anda kembangkan tersebut agar semakin laris.

2. Melatih Kreativitas

Kreativitas sudah seharusnya selalu dikembangkan. Apalagi jika bidang yang Anda berada sekarang berkaitan dengan ide-ide kreatif, maka Anda harus banyak belajar sehingga ide itu semakin gampang untuk dikeluarkan dan dieksekusi hasilnya.

Dengan pengalaman editing dalam aplikasi editor video yang cukup, maka kreativitas Anda dapat bertambah. Ini akan membuat Anda semakin nyaman di bidang itu dan mulai banyak klien yang mencari Anda untuk menuangkan ide brilian ke dalamnya.

3. Banyak yang Mencari

Keuntungan selanjutnya adalah Anda semakin populer. Portfolio Anda pasti akan dengan cepat menyebar dari satu orang ke yang lainnya jika Anda dapat memberikan hasil yang bagus. Dengan ini, maka semakin banyak yang mencari anda.

Mencari disini adalah untuk hal seperti dokumentasi, design hingga belajar editing. Dengan semakin populernya anda, maka keuntungan-keuntungan lain akan datang menyusul. Jadi, dengan aplikasi editor video saja Anda bisa menjadi populer.

4. Mendapatkan Uang dari Editing

Karena yang professional masih sedikit ditemukan, maka orang yang bisa mengedit video cukup dihargai mahal. Jasa ini semakin lama semakin populer dan dibutuhkan sehingga Anda bisa dibayar dari hanya mengedit video.

Selain dari pekerjaan, Anda juga bisa mengikuti lomba-lomba antar editor video agar portfolio Anda semakin matang. Dengan mengikuti lomba ini juga Anda berkesempatan untuk mendapatkan uang tambahan.

Tips Menjalankan Aplikasi Editor Video

Meskipun Anda sudah cukup ahli dalam mengedit video, akan selalu ada kesempatan untuk belajar. Karena ilmu tidak pernah habis sehingga kita perlu mengolahnya lagi agar semakin matang. Dalam hal editing, tips yang dapat kami berikan untuk Anda adalah:

1. Mempelajari Komunikasi dalam Bentuk Visual

Sebuah video akan memiliki nilai tambah jika memiliki artinya. Dalam bidang video, ini disebut dengan bahasa visual, yakni dimana Anda harus bisa menyalurkan makna dari sebuah hal melalui potongan dalam video.

Dengan menguasai teknik ini, pastinya video Anda akan menjadi lebih banyak respon positif. Komunikasi ini sudah sangat sering digunakan untuk video karena dipercaya bisa membuat arti dari sebuah video menjadi lebih dalam lagi.

2. Belajar Teknis Aplikasi Editor Video

Karena banyak waktu Anda akan dihabiskan untuk mengolah aplikasinya, sebaiknya Anda tahu dulu cara penggunaannya. Jadi, pada saat Anda ingin mengedit, akan terasa jauh lebih efektif daripada tidak mengetahui teknisnya sama sekali.

3. Mencari Role Model

Sebagai seorang editor, maka Anda harus mencari inspirasi dari editor lainnya. Ini bisa berkaitan dengan konsep, pencahayaan, hingga cara memasukkan efek dari orang yang professional pasti sangat berbeda dibandingkan orang biasa.

Dengan adanya inspirasi dari orang yang professional, maka skill mengedit Anda akan jauh lebih berkembang. Alasannya adalah banyak informasi serta tutorial yang bisa Anda maksimalkan agar video yang dihasilkan nantinya semakin berkelas.

4. Menambah Jam Terbang

Semua hal berkaitan dengan pengalaman dan kesiapan. Dengan pengalaman yang cukup, maka kesiapan Anda dalam melakukan suatu hal akan semakin mudah terbentuk. Dan ini semua juga sama untuk mengedit video.

Dengan sudah banyak pengalaman, maka keraguan Anda akan semakin kecil. Dalam mengedit video juga, pastinya jari-jari Anda akan semakin lincah. Juga, pandangan Anda akan semakin tajam untuk mencari momen-momen yang pas.

Rekomendasi Aplikasi Editor Video Terbaik Untuk Belajar

Tentunya belajar editing akan semakin mudah jika ada aplikasi yang didesain untuk membantu orang belajar. Yang mengembangkan aplikasi ini pastinya harus mengerti panduan yang dibutuhkan pemula. Jadi, aplikasi untuk Anda yang ingin belajar editing video adalah:

1. Blender

 

Aplikasi pertama yang wajib digunakan Anda yang ingin belajar adalah Blender. Didunia pengeditan video, aplikasi Blender sudah banyak digunakan karena memiliki tampilan yang nyaman dan tools yang sangat lengkap.

Meskipun dirancang sebagai aplikasi untuk pemula, fitur yang ditawarkan juga sangat lengkap. Bahkan bisa disamakan dengan aplikasi berbayar lainnya yang didesain untuk para professional. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda perlu menyimpan 190 MB.

2. Light Works

Aplikasi Editor video selanjutnya adalah Light Works. Meskipun tidak sepopuler yang milik Adobe, tetapi aplikasi ini masih sangat bisa diandalkan untuk menemani editing anda. Disini, banyak pemprograman yang bisa kamu pilih.

Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengedit video hingga kualitas 4K. Selain itu, keunggulan lain yang bisa didapatkan adalah aplikasi ini tersedia di Windows, iOs, hingga Linux secara gratis

3. Shotcut

Mirip dengan aplikasi editor video lainnya, banyak yang bisa didapatkan dari shotcut ini terutama interfacenya yang sangat nyaman sehingga sangat cocok untuk pemula. Seseorang yang ingin memulai editing bisa langsung nyaman dengannya.

Shotcut sendiri menyediakan beberapa panduan yang lengkap sehingga penggunanya bisa mempelajarinya. Selain itu, aplikasi ini menyediakan fitur cross platform sehingga bisa digunakan di PC, Linus, Hingga OS X dalam satu akun.

4. VSDC Free Video Editor

Bagi Anda yang sudah cukup memiliki pengetahuan dasar mengenai video editing, maka aplikasi ini akan sangat cocok dengan anda. Bahkan, para professional terkadang menggunakan aplikasi ini karena menambahkan fitur yang rumit.

Kelebihan aplikasi ini adalah ringan meskipun tersedia banyak pilihan transisi, efek, hingga pengeditan video. Juga, video yang Anda hasilkan tanpa watermark sehingga video jelas.

Apa Saja yang Dibutuhkan Untuk Menjalankan Aplikasi Editor Video?

Anda pasti tahu bahwa editing membutuhkan syarat-syarat, salah satunya adalah spesifikasi yang baik. Semakin baik spesifikasi PC atau laptop anda, maka video akan lebih cepat selesai dan Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih berkualitas. Jadi, apa saja yang dibutuhkan?

1. CPU yang Bagus

Hal paling utama dari komputer atau laptop adalah CPU atau yang lebih dikenal dengan processor. Ini merupakan komponen yang menentukan kecepatan dari platform yang Anda gunakan.

Semakin bagus CPU yang dipasang pada komputer atau laptop anda, maka semakin cepat juga rendering itu selesai. Jadi, hal yang paling harus diutamakan dalam mengedit video adalah melihat CPU.

2. Graphic Card

Sebagaimana yang kita tahu bahwa ketika harus menampilkan hal ke monitor, itu adalah tugas dari graphic card. Jika Anda ingin video yang berkualitas tinggi, graphic card juga harus yang bagus. Jadi video yang telah diedit di aplikasi editor video cantik.

3. RAM

RAM atau memory menjadi hal utama lainnya. Ini karena pekerjaan editing yang berat harus memaksa komputer bekerja dengan cepat juga. Dan itu, semua tergantung pada kinerja dari RAM itu sendiri.

4. Storage

Video yang telah diedit pastinya harus disimpan. Dengan storage yang melimpah, maka Anda bisa menaikkan kualitas dari videonya. Juga, jika Anda tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup, video bisa jadi tidak ter save.

Baca Juga : Aplikasi Pelacak Nomor HP Paling Efektif

Beberapa orang sangat ingin menjadi video editing yang handal. Dan itu, harus mulai dari awal karena tidak ada yang bisa langsung mengedit dengan baik. Maka dari itu, perlu adanya aplikasi editor video yang nyaman untuk pemula serta ada panduan yang baik.

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *