Aplikasi Desain Rumah untuk PC dan Android Terbaik

4 min read

aplikasi desain rumah

Saat ini kebanyakan para arsitek mendesain rumah menggunakan aplikasi desain rumah. Hal tersebut dikarenakan, menggunakan aplikasi semuanya terasa menjadi lebih mudah. Pada zaman dahulu para arsitek mendesain pada selembar kertas. Hal tersebut tentunya memakan waktu yang sangat lama, selain itu juga dibutuhkan ketelitian tinggi.

Baca Juga : Aplikasi Jodoh Untuk Muslim Para Jomblo Wajib Coba

Dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, saat ini ada dapat mendesain rumah dalam bentuk format 2D ataupun 3D. Dengan begitu tentunya desain akan terlihat lebih nyata dan mudah dipahami oleh para klien. Berprofesi sebagai seorang arsitek, memang bukan hal mudah. Anda dituntut untuk memiliki kreativitas tinggi dan juga mampu menterjemahkan keinginan klien dengan baik.

Bayangkan saja, Anda harus bisa mengerti maksud yang diinginkan oleh klien dan menerjemahkannya ke dalam sebuah gambar. Untuk itu, sangat penting bagi seorang arsitek untuk menggunakan aplikasi desain rumah.

Di zaman modern seperti saat ini, kebanyakan arsitek sudah menggunakan aplikasi desain rumah untuk mendesain. Walaupun mungkin masih ada beberapa yang menggambar secara manual, akan tetapi jumlahnya sangat sedikit.

Untuk itu jika ingin menjadi arsitek sangat penting bagi Anda untuk mempelajari aplikasi mendesain rumah. Saat ini ada banyak sekali sumber untuk belajar mendesain sebuah bangunan. Bahkan saat ini, mendesain rumah dapat dilakukan hanya menggunakan HP Android. Walaupun tentunya condition dengan HP Android tidak nyaman ketika menggunakan laptop atau PC.

Untuk itu, Alangkah baiknya Anda mendesain dengan menggunakan PC. Akan tetapi jika tidak memiliki PC, mendesain menggunakan HP Android bisa menjadi pilihan terbaik.

Keuntungan Membuat Desain Rumah Menggunakan Aplikasi

aplikasi desain rumah

Sebuah aplikasi biasanya dibuat untuk memberikan kemudahan kepada para penggunanya untuk melakukan pekerjaan atau aktivitas. Begitu juga untuk aplikasi desain rumah yang akan membuat Anda lebih mudah ketika mendesain sebuah rumah.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya mendesain rumah bukan merupakan hal mudah. Apalagi jika terdapat permintaan-permintaan rumit dari klien. Berikut beberapa keuntungan mendesain menggunakan aplikasi desain rumah.

  • Dapat menampilkan gambar dalam format 2D atau 3D

Salah satu keuntungan mendesain menggunakan aplikasi adalah Anda dapat menampilkan gambar dalam bentuk 2D atau 3D.
Itu artinya tampilan gambar akan terlihat nyata seperti aslinya. Sehingga kalian bisa melihat gambaran mengenai hasilnya nanti.

  • Waktu yang dibutuhkan relatif lebih cepat

Selain Itu, waktu yang dibutuhkan untuk mendesain menggunakan aplikasi juga relatif lebih cepat jika dibandingkan dengan menggambar secara manual di atas kertas.
Dengan menggunakan aplikasi terdapat berbagai macam fitur yang memudahkan ketika akan mendesain.

Bahkan beberapa aplikasi memungkinkan Anda untuk mendesain dengan cara drag and drop. Hal tersebut tentunya sangat memudahkan para arsitek di era modern seperti saat ini.

  • Lebih mudah dan juga lebih presisi

Dengan menggunakan aplikasi contohnya proses dapat dilakukan dengan lebih mudah. Selain itu hasil desain yang dihasilkan juga lebih presisi karena semuanya dilakukan oleh sistem. Hal ini dapat menghindari terjadinya error misalnya yaitu adalah pengukuran yang kurang tepat ketika dilakukan secara manual.

Perlu Anda ketahui terdapat aplikasi desain rumah yang berbayar dan juga tidak. Jika Anda ingin belajar dan tidak memiliki uang untuk membeli lisensi dari aplikasi berbayar maka bisa mencoba dengan aplikasi gratis terlebih dahulu.

Akan tetapi jika ingin menjadi seorang arsitek profesional sebaiknya menggunakan aplikasi berbayar. Karena aplikasi berbayar tentunya memiliki fitur dan juga menu yang lebih lengkap.
Karena biasanya aplikasi gratis memiliki beberapa keterbatasan. Hal tersebut dapat membuat hasil desain tidak maksimal sehingga kurang disukai oleh klien.

Spesifikasi Laptop Atau PC untuk Menggunakan Aplikasi Desain Rumah

aplikasi desain rumah

Salah Satu hal yang harus diperhatikan ketika akan mendesain sebuah rumah adalah perangkat yang digunakan. Biasanya, para arsitek lebih nyaman menggunakan laptop atau PC ketika mendesain.

Untuk menjalankan sebuah aplikasi desain tentunya dibutuhkan spesifikasi laptop yang tinggi. Jika spesifikasi laptop tidak memadai akan membuat aktivitas mendesain menjadi terganggu.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan memilih laptop untuk desain.

  • Layar

Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika akan memilih laptop atau PC untuk mendesain adalah resolusi layar.
Pastikan resolusi layar tinggi sehingga dapat menghasilkan gambar yang baik. Dengan begitu akan membuat mata Anda tidak terasa sakit ketika mendesain dan juga warna yang dihasilkan terlihat lebih nyata.

  • Kapasitas penyimpanan dan ram

Kapasitas penyimpanan dan juga RAM harus sangat diperhatikan. Salah satu hal yang dapat menunjang performa laptop adalah penyimpanan yang yang berkualitas baik. Anda bisa menggunakan SSD agar proses dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Kapasitas RAM juga sangat menentukan performa laptop atau PC. Untuk itu sangat penting memilih RAM dengan ukuran besar. Karena biasanya dibutuhkan RAM besar untuk menjalankan aplikasi desain rumah.

  • Processor

Hal lain yang harus diperhatikan yaitu adalah processor. Anda harus memilih processor yang tangguh sehingga dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang berat. Karena biasanya aplikasi desain berukuran besar dan juga berat ketika dijalankan.

  • Graphic Processing Unit

Salah satu hal yang tidak boleh ketinggalan yaitu adalah mengenai pengolah grafik. Ketika memilih laptop atau PC untuk melakukan desain Anda harus memperhatikan GPU atau Graphic Processing Unit.

GPU merupakan komponen komputer untuk memaksimalkan tampilan visual. Hal ini sangat dibutuhkan ketika melakukan desain ataupun editing video.

Berapa Aplikasi Desain Rumah untuk HP Android Terbaik

aplikasi desain rumah

Jika Anda tidak memiliki laptop atau PC, maka tidak perlu khawatir karena saat ini Anda dapat mendesain menggunakan HP Android. Berikut beberapa aplikasi untuk mendesain rumah menggunakan HP Android.

  • Home Design 3D

Software satu ini menyediakan layanan untuk membuat desain bangunan apartemen secara detail. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan aplikasi ini adalah mengatur denah ruangan, pola lantai, warna dinding dan masih banyak lainnya. Fitur dalam aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, Akan tetapi jika ingin menikmati fitur secara lengkap Anda harus membeli lisensi premium.

  • Planner 5D

Aplikasi desain rumah selanjutnya yaitu bernama planner 5D. Planner 5D merupakan sebuah aplikasi desain yang cukup lengkap. Akan tetapi, ukuran aplikasi ini relatif kecil sehingga dapat dijalankan pada ponsel Android dengan spesifikasi rendah. Aplikasi satu ini menyediakan view dalam bentuk 2D dan juga 3D. Sehingga hasilnya terlihat lebih nyata ketika digunakan untuk mendesain.

  • Room Planner – Interior Design IKEA

Room Planner – Interior Design IKEA sangat cocok digunakan jika Anda ingin mendesain secara detail. Fitur-fitur yang tersedia memungkinkan Anda untuk mendesain dengan sangat detail.
Anda Bisa mendesain mengenai pola lantai, penempatan ranjang, wallpaper dinding, dan masih banyak hal lainnya. Sangat cocok digunakan bagi Anda yang ingin belajar desain dari awal.

  • 3D Small House Design

Aplikasi desain yang satu ini,Cocok digunakan untuk mendesain rumah minimalis. Sesuai dengan namanya aplikasi ini dikhususkan untuk mendesain rumah minimalis.
Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mendesain rumah minimalis dengan lebih mudah. Sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat desain rumah pada lahan yang sempit.

Beberapa Aplikasi Desain Rumah untuk PC Terbaik. Ada banyak sekali aplikasi mendesain rumah menggunakan PC atau laptop. Berikut beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mendesain sebuah rumah melalui PC atau laptop.

  • ArchiCAD

Aplikasi pertama yaitu bernama archicad. ArchiCAD Sangat cocok digunakan bagi Anda para pemula. Hal ini dikarenakan menu-menunya sangat sederhana dan juga mudah dipahami.
Walaupun memiliki tampilan sederhana akan tetapi dapat menghasilkan desain yang sangat bagus. Aplikasi satu ini sangat cocok digunakan oleh para mahasiswa arsitektur ketika ingin belajar dan bahkan ketika sudah mahir.

  • AutoCAD Architecture

Aplikasi desain rumah yang satu ini bisa dikatakan aplikasi paling populer dan paling banyak digunakan. Hal dikarenakan memiliki fitur yang lengkap dan juga mudah digunakan.
Anda dapat menggunakan secara gratis dengan mengambil lisensi free trial, akan tetapi jika sudah berakhir Anda harus membayar jika akan menggunakan aplikasi ini untuk mendesain.

  • Chief Architect

Chief Architect juga merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk mendesain rumah. Anda dapat menggunakan format 2D atau 3D Ketika mendesain menggunakan Chief Architect. Sama seperti Autocad arsitektur aplikasi ini juga berbayar, sehingga Anda harus membayar ketika akan menggunakan aplikasi ini terus-menerus.

  • SketchUp

Salah satu aplikasi desain rumah paling populer ini sangat cocok digunakan oleh para pemula. Selain memiliki tampilan sederhana, juga memiliki fitur sangat lengkap. Tidak mengherankan banyak sekali arsitek menggunakan sketchup. Jika Anda ingin belajar desain rumah aplikasi ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

Baca Juga : Aplikasi Open BO dan Rekomendasi Paling Terbaiknya

Mendesain rumah menggunakan PC ataupun HP Android memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan kenyamanan ketika menggunakannya. Akan tetapi pada umumnya orang-orang ataupun arsitek cenderung lebih nyaman menggunakan aplikasi desain rumah melalui PC dibandingkan HP Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *