Manfaat Memainkan Game MOBA Mengasah Otak dan Kesabaran di Tahun 2023

4 min read

Manfaat Memainkan Game MOBA Mengasah Otak dan Kesabaran

Manfaat memainkan game MOBA ternyata sangat banyak. Mobile Legends atau MOBA adalah game yang sangat menekankan penggunaan strategi dan kerja tim untuk sukses. Siapa yang menganggap tidak ada gunanya bermain game seperti Mobile Legends?

Baca juga : Top 5 PUBG Event Terbaik Sepanjang 2022 Hingga Awal 2023, Ada Event Terbaru

Kalian yang membuat klaim tersebut mungkin belum pernah memainkan Mobile Legends versi apapun. Padahal jika dilihat lebih jauh, bermain Mobile Legends memiliki banyak manfaat. Jadi, rata-rata orang mungkin tidak menyadari manfaat ini.

Inilah Manfaat Memainkan Game MOBA

Inilah Manfaat Memainkan Game MOBA
Inilah Manfaat Memainkan Game MOBA

Bagi kalian yang belum tahu, kita akan membahas tentang keuntungan bermain Mobile Legends pada perbincangan kali ini. Mau tahu kelebihannya? Simak pembahasan di bawah ini sampai selesai.

  • Melatih Kemampuan Kerja Sama Tim

Manfaat memainkan game MOBA yang pertama adalah dapat membantu dalam melatih kerja sama tim. Kerja sama adalah hal yang terpenting dalam game MOBA ini, sebagaimana yang kalian tahu. Jelas, kalian tidak akan bisa memenangkan pertandingan tanpa kerja tim yang kuat.

Oleh karena itu, kalian harus bisa membangun kerja sama tim di antara anggota satu tim. Komponen kunci dari kolaborasi ini adalah strategi dan komunikasi. Tim kalian bisa memenangkan permainan jika kalian bisa saling back up antara jalur dan serangan cadangan.

  •  Menambah Teman

Kemampuan menambah teman menjadi manfaat memainkan game MOBA yang kedua. Tidak bisa dipungkiri jika mengikuti kegiatan Mabar bersama teman-teman memang menyenangkan saat bermain Mobile Legends. 

Kalian juga bisa membuat kenalan baru di dalam game menggunakan Mobile Legends. Alhasil, kalian bisa menambah teman baru sambil terus bermain Mobile Legends. 

Lama kelamaan kalian akan terbiasa untuk berteman di dalam game, dan kalian tahu jika teman yang kalian buat di Mobile Legends juga akan menjadi teman di dunia nyata jika kalian sangat dekat.

  •  Melatih Kesabaran

Dalam sebuah permainan, kalian pasti ingin unggul dan menang. Namun, tidak satupun dari hal tersebut yang mudah dicapai. Agar bisa menang, kalian harus melatih kesabaran saat bermain. Jadi, belajar bersabar adalah salah satu manfaat memainkan game MOBA.

Tentunya di Mobile Legends kalian harus meluangkan waktu untuk menonaktifkan turret musuh. Alternatifnya, jika kalian berada dalam posisi kalah di early game, kalian harus menunggu sampai late game untuk terlibat dalam pertempuran.

Semua itu membutuhkan kesabaran ekstra. Jika kalian bermain dengan cepat, kemungkinan besar kalian hanya akan mendapatkan kekalahan.

  •  Keterampilan Berpikir Kritis dapat Ditingkatkan di Otak

Kalian harus memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan dengan cepat saat bermain Mobile Legends. Secara alami, membuat keputusan yang cepat dan tepat dapat membantu kalian memenangkan pertempuran, terutama saat konflik sedang berlangsung. 

Dalam situasi ini, manfaat memainkan game MOBA dapat membantu pengembangan keterampilan berpikir kritis.

Otak kalian akan semakin analitis jika terus bermain Mobile Legends. Mampu menilai semua tantangan hidup membuat pemikiran kritis sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

  •  Melatih Tanggung Jawab

Karena Mobile Legends adalah MOBA 5 vs 5, maka setiap tim akan memiliki lima pemain. Dengan demikian, setiap anggota sudah pasti akan memainkan peran tertentu dalam tim, seperti offlaner, midlaner, atau hyper, dan lainnya. 

Dalam hal ini, kalian sudah pasti harus mengambil tanggung jawab atas peran yang kalian mainkan dalam tim. Misalnya, dalam hal peran bermain kalian, kalian egois, maka kalian tidak mungkin menang.

Manfaat memainkan game MOBA adalah mengajarkan kalian untuk bertanggung jawab atas keputusan yang kalian ambil.

  •  Hasilkan Uang Tunai

Game dulunya hanya dianggap sebagai hiburan, namun persepsi itu mulai bergeser. Kalian bisa mendapatkan keuntungan dengan bermain game seperti Mobile Legends, termasuk kemampuan untuk memiliki banyak uang. 

Ketersediaan situs web seperti Youtube, Facebook, Nimo, dan lainnya telah memudahkan banyak gamer untuk menghasilkan uang.

Sebagian besar gamer kemudian menjadi produser atau streaming konten. Kalian bisa mendapatkan puluhan juta rupiah setiap bulan dengan memainkan game ini. Apalagi jika pembuat konten sudah terkenal, akan banyak mendapat endorse.

  •  Mendapat Ketenaran

Jika kalian jago dalam bermain Mobile Legends, kalian bisa mendapatkan keuntungan seperti ketenaran dan popularitas. Jika kalian sudah menjadi pemain profesional, Youtuber ML, atau streamer ML, kalian bisa mendapatkan ketenaran sebagai manfaat memainkan game MOBA. 

Di beberapa profil media sosial kalian, kalian dapat mengumpulkan jutaan pengikut. Ada banyak contoh orang-orang ulung yang menjadi terkenal karena bermain Mobile Legends. Ada juga contoh orang lain yang menjadi terkenal karena ML, seperti Jess No Limit, Muhammad Iqbal, dan RRQ Lemon.

  •  Menghilangkan Kebosanan

Gagasan bahwa bermain game dapat membantu kalian menghabiskan waktu atau mengalahkan kebosanan telah berkembang pesat. Jadi, menghilangkan rasa bosan adalah salah satu manfaat memainkan game MOBA. 

Kalian bisa menjaga pikiran kita tetap tajam dengan memainkan game Mobile Legends. Selain itu, kalian bermain Mobile Legends bersama teman-teman. Hal ini akan mengintensifkan rasa antisipasi atmosfer, karena kita bisa tertawa bersama teman kalian saat bermain game.

  • Latihan Mental

Mobile Legends kini menjadi game e-sports dengan berbagai event yang diadakan setiap tahunnya. Jadi untuk memenangkan event Mobile Legends ini kalian harus memiliki mental yang kuat. Bermain Mobile Legends juga membantu melatih pikiran kalian, yang merupakan salah satu keuntungan lainnya.

Jika kalian sudah bisa merasakan mentalitas kalian saat bermain Mobile Legends, maka kalian akan memiliki mentalitas yang kuat untuk menangani berbagai masalah yang mungkin muncul di kehidupan nyata.

  •  Mencari Jodoh

Kemampuan mencari jodoh di platform game menjadi manfaat memainkan game MOBA. Dari bermain Mobile Legends, banyak orang terutama anak muda dapat menemukan cinta sejatinya. Jadi siapa tahu, mungkin kalian akan segera menemukan cinta sejati di Mobile Legends.

Wanita tidak memainkan Mobile Legends sebanyak pemain pria lain. Namun, ada juga para wanita yang antusias dengan Mobile Legends. Jadi tunggu apa lagi? Mainkan Mobile Legends hari ini dan temukan lawan kalian.

Strategi Menang Bermain Mobile Legends

Strategi Menang Bermain Mobile Legends
Strategi Menang Bermain Mobile Legends

Selain manfaat memainkan game MOBA, bagaimana cara meningkatkan gameplay Mobile Legends kalian? Kalian bercita-cita untuk memenangkan MVP. Di Mobile Legends, status MVP bisa diraih oleh siapa saja.

Asalkan kalian mengetahui cara bermain Mobile Legends dengan strategi yang bijak. Berikut beberapa tips bermain Mobile Legends yang bisa menjadi panduan pemula!

  • Kuasai 2 Hero

Memilih dan menguasai hero merupakan langkah awal dalam bermain Mobile Legends. Sebuah squad membutuhkan 4 posisi untuk sukses di game ini: Tanker, Assasain, Marksman, dan Mage. Menguasai satu hero pilihan dan satu hero tanker adalah beberapa saran untuk kalian.

Hal ini dikarenakan banyak pemain Mobile Legends khususnya yang berada di tier Grandmaster ke bawah yang ahli dalam hero Marksman. Oleh karena itu, kalian dapat memainkan fungsi tersebut jika tim kalian kekurangan Tanker, yang sangat penting untuk kemenangan tim. 

Pastikan kalian memiliki pengetahuan tentang kemampuan, kombinasi, mantra, kemampuan pasif, kerajinan, dan lambang.

  • Upgrade Item dan Emblem 

Saatnya memilih emblem yang sesuai setelah menentukan hero dan fungsinya. Pilih simbol Tank, misalnya jika role yang kalian pilih adalah Tanker. Jangan lupa untuk meng-upgrade emblem pilihanmu setelahnya agar hero menjadi lebih kuat. 

Dengan mengumpulkan pecahan, yang dapat diperoleh dengan poin pertempuran, kalian dapat meningkatkan Battle Points (BP) kalian. BP ini dapat diperoleh dengan cepat dengan diamond, yang dapat diperoleh melalui pembelian dalam game

Mengikuti kemenangan dalam pertempuran, kalian juga bisa mendapatkan BP. Kalian harus memilih perlengkapan yang sesuai untuk hero dan fungsinya selain lambang yang sesuai. Berdasarkan rolenya, item ini terbagi menjadi beberapa kategori, antara lain Mage dan Tanker.

Gunakan item yang meningkatkan stat ATK, misalnya jika hero yang dipilih unggul dalam serangan fisik. Oleh karena itu, hero dapat membeli peralatan ini dengan emas, yang kalian dapatkan setiap kali hero melawan Minion, menaklukkan tujuan, dan menghancurkan menara.

Baca juga : Ini Dia 10 Best Damage Guns PUBG Agar Chicken Dinner!

Ternyata bermain game tidak hanya memiliki dampak negatif. Tergantung bagaimana kita memanfaatkannya dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana pendapat kalian tentang manfaat memainkan game MOBA? 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *