Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

9 Perbedaan PUBG VS FF Ketika Memainkan Keduanya

4 min read

Perbedaan PUBG VS FF

Dewasa ini para penikmat game sangat dimanjakan karena beragam jenis permainan menarik ditawarkan untuk mereka. Tidak hanya terbatas dalam genre saja, tetapi juga pilihan tema game yang sangat bervariasi. Salah satu genre yang masih berada di puncak hingga saat ini adalah battle royale. Contohnya perbedaan game PUBG VS FF Tentu saja hal tersebut tidak mengejutkan karena game semacam itu memberikan keseruan dan ketegangan ketika mereka memulai permainannya. 

Dari sekian banyaknya jenis permainan dengan genre battle royale, paling tidak ada dua yang banyak dimainkan, yakni PlayerUnknown’s Battlegrounds dan Free Fire. Keunggulan yang dimiliki tiap game ini membuat para penggemarnya tetap setia untuk berperang melalui permainan tersebut. Meskipun keduanya mempunyai beberapa kesamaan, tetap tetap ada hal-hal yang jadi pembedanya. Namun, kamu tidak perlu bingung untuk memilih dari kedua pilihan tersebut karena setiap game mempunyai keunggulannya masing-masing. 

Apa Saja Perbedaan PUBG VS FF yang Perlu Diketahui Ketika Memainkannya?

Tentu saja kamu sudah tidak merasa asing lagi dengan keduanya, bukan? Mengingat baik PUBG maupun Free Fire ini telah dimainkan oleh banyak pemain dari Indonesia. Tidak jarang pula ditemui komunitas yang sama-sama menyukai game tersebut dalam skala besar. Sudah disinggung sebelumnya jika antar dua permainan itu memiliki kesamaan, yaitu terletak pada genre perang yang diangkat. Meskipun sama-sama mengangkat tentang peperangan, tetapi di dalamnya ada banyak perbedaan yang dapat dilihat. 

Baca Juga : Cara Bermain Game Mobile di PC, Mudah dan Ga Ribet!

Mungkin masih ada di antara kamu yang merasa bingung dalam menentukan pilihan, mengingat setiap permainannya memiliki keunggulan tersendiri. Apabila penasaran dengan perbedaan dari PUBG VS FF bisa menyimak penjelasan di bawah ini untuk lebih lengkapnya!

Kualitas Grafik yang Ditawarkan dari Game

Kualitas grafik seringkali menjadi bahan pertimbangan pertama ketika memilih sebuah game. Tidak bisa dipungkiri ketika kamu bermain game perang tentu menginginkan grafik yang bagus dan mumpuni. Hal tersebut bisa berpengaruh pada kenyamanan serta sensasi ketika para pemain memainkannya. Apabila dilihat dari kualitas grafiknya, PUBG dapat dikatakan yang terbaik jika dibandingkan dengan FF. Namun, perlu diingat juga bahwa kualitas grafik tinggi dapat berpengaruh pada penggunaan ruang penyimpanan semakin besar.

Oleh karenanya, tidak heran jika PUBG terkenal di berbagai belahan dunia dengan jumlah pemain setianya tidak sedikit. Lain halnya dengan PUBG yang memberikan tampilan bagus serta menu lengkap, Free Fire justru memberikan kesan grafik kaku. Dari segi pengaturannya pun FF tidak mempunyai setting smooth serta frame rate high. Bahkan hasil pengaturan grafik tertinggi dari FF pun masih kalah dengan PUBG yang lebih nyaman dipandang. Apabila kamu menggunakan ponsel dengan spesifikasi rendah bisa mencoba berperang dengan FF. 

Gameplay 

Tidak hanya terletak pada kualitas grafiknya saja, perbedaan keduanya juga ada di gameplay. Mungkin bagi segelintir orang kedua permainan tersebut sama, mengingat jalannya pertarungan dimulai dengan terjun dari pesawat. Pokok ide yang diusung pun tergolong sama, yaitu battle royale. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak yang beranggapan bahwa mereka memiliki persamaan di dalam hal aturan serta alur ketika kamu memainkannya. 

Padahal jika diperhatikan secara seksama, PUBG dirasa lebih mendekati dengan kenyataan. Hal tersebut dapat dilihat ketika karakternya terjun dari pesawat guna memulai pertarungan. Karakter dari FF akan terjun dari pesawat dengan atribut berupa papan seluncur atau sky boarding. Lain halnya dengan PUBG yang terjun menggunakan skydiving sehingga memberikan kesan lebih nyata dan dekat dengan pemainnya. 

Kelengkapan Senjata di Arena Laga 

Ketika bermain game battle royale, tentu senjata yang digunakan untuk bertarung tergolong sangat penting. Ketiadaan senjata sudah pasti akan mempersulit kamu melawan pemain lain guna bertahan hingga akhir. Pada dasarnya, kedua game ini mempunyai persenjataan yang tergolong lengkap bahkan serupa dengan kenyataannya. Meskipun demikian, keduanya memiliki perbedaan dalam hal detail dari tiap senjata tersebut. 

Apabila dibandingkan, detail dari senjata yang ada di PUBG terasa lebih menyerupai dengan kenyataannya. Tidak hanya sampai disitu saja, jenis senjata yang bisa digunakan oleh pemain PUBG pun lebih bervariasi. Meskipun demikian, senjata yang digunakan di FF masih seru untuk digunakan dalam perang tersebut. 

Baca Juga : Headset Gaming Murah Paling Direkomendasikan

Game Mode untuk Pemainnya

Hal berikutnya pembeda dari kedua permainan ini adalah terletak pada mode memainkannya. Keberagaman mode bermain ini menjadi salah satu yang membantu agar pemainnya tidak cepat merasa bosan. Hal tersebut juga berlaku bagi PUBG vs FF yang mempunyai perbedaan jika dilihat dari segi mode permainannya. Semakin banyak pilihan mode, tentu saja para penggunanya semakin bebas dalam menentukan mode yang sesuai. 

Meskipun terkesan tidak begitu penting, mode ini bisa membantu kamu ketika baru memulai bermain dan belum mahir betul. Free Fire sendiri mempunyai 7 pilihan mode, sedangkan dengan pesaingnya sendiri memiliki selisih 1 satu mode saja. Mode di PUBG yang bisa kamu mainkan mulai dari training, solo, duo, squad, classic, arcade, TPP, serta FPP. Beda halnya dengan ketujuh mode di FF ada solo, duo, squad, classic, ranked, death race, rush hour. 

Penggunaan Pintu dalam Permainan

Bagi beberapa orang, hal satu ini akan terdengar lucu karena berkaitan dengan sebuah pintu. Apabila kamu sudah lebih dulu bermain PUBG, kemudian beralih ke FF mungkin akan merasakan perbedaan terkait dengan pintu. Pada permainan FF kamu tidak perlu membuka ataupun menutup pintu karena memang tidak ada. Tiap karakter dapat dengan bebas keluar masuk bangunan tanpa hambatan ketika hendak mengejar lawannya. 

Lain halnya dengan PUBG, kamu sebagai pemain harus memperhatikan dengan betul-betul terkait pintu ini. Ketika masuk ke dalam sebuah bangunan jangan lupa untuk menutup kembali, agar pemain lain tidak mengetahui jika ada orang di dalamnya. Sehingga karakter kamu pun bisa bersembunyi di dalam bangunan dari penglihatan lawan. 

Jumlah Unduhan Kedua Game

Perbedaan dari PUBG VS FF selanjutnya adalah terletak pada jumlah unduhannya. Hal tersebut dapat dilihat dalam versi mobile sudah banyak yang mengunduhnya melalui Play Store. Apabila dilihat dari jumlah unduhan tersebut, FF hingga saat ini sudah diunduh lebih dari 89 juta. Berbanding terbalik dengan Free Fire, PUBG sendiri telah diunduh sebanyak 37 juta di Play Store. Salah satu alasan mengapa FF lebih banyak diunduh adalah game ini tidak membutuhkan banyak ruang penyimpanan, cocok untuk ponsel kentang. 

Jumlah Pemain Tiap Permainan

Perbedaannya tidak hanya terletak di situ saja, tetapi juga berada di jumlah pemain di satu waktu permainannya. Jika kami sudah pernah mencoba kedua game ini tentu sudah tidak asing dengan jumlah pemainnya karena terdapat perbedaan cukup mencolok. Apabila PUBG dimainkan oleh 100 orang secara real time, FF hanya dimainkan oleh separuhnya, yaitu 50 orang saja. Oleh karena itu, kamu memerlukan strategi yang bagus dan waktu yang lama agar bertahan hingga akhir. 

Karakter Game

Tidak hanya dapat dilihat dari jumlah pemainnya saja, perbedaan tersebut terdapat di bagian karakter di dalam game. Seperti permainan pada umumnya, setiap karakter tentu saja memiliki keunggulan serta kekurangannya masing-masing dan harus diketahui pemainnya agar tidak salah dalam pemilihan. Free Fire sendiri menyediakan banyak karakter lengkap dengan kemampuan unik yang dimilikinya. Namun, di PUBG tiap karakternya tidak memiliki kemampuan khusus yang dapat membantu kamu untuk bertahan hingga akhir. 

Peta dalam Kedua Permainan

Hal terakhir yang menjadi perbedaan antara PUBG VS FF adalah peta atau map di dalam permainannya. Keberagaman dari map ini memberikan kebebasan kepada tiap pemainnya untuk memilih yang sesuai. Pada game PUBG sendiri setidaknya menyediakan sebanyak 5 map, meliputi Livik, Miramar, Erangel, Vikendi, dan juga Sunhok. Berbeda dengan Free Fire yang hanya memberikan 3 pilihan map saja, yakni Purgatory, Kalahari, dan Bermuda. Semakin banyak pilihan map tentu saja membuat pemain PUBG lebih betah untuk memainkannya. 

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai 9 perbedaan antar PUBG VS  FF yang perlu kamu ketahui. Pada dasarnya kedua game ini mempunyai kekurangan serta kelebihannya tersendiri, sehingga dapat disesuaikan dengan keadaan. Jumlah pemain keduanya pun tidaklah sedikit, bahkan masih tetap bertahan dan terus bertambah hingga seperti sekarang ini. 

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *