Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

5 Cara Menjaga FPS Stabil di Game dengan Mudah

4 min read

5 Cara Menjaga FPS Stabil di Game dengan Mudah

Bagi seorang gamers mengetahui cara menjaga FPS stabil di game merupakan basic skill yang harus dikuasai. Sebab FPS berperan penting dalam kualitas grafis sebuah video game, terutama gerakan karakternya.

Baca juga: 10 Game Horor Terbaru yang Tidak Boleh Dilewatkan

Semakin tinggi FPS, maka gerakan karakter akan semakin halus dan lancar. Tidak terputus putus atau bahkan pecah-pecah. Oleh sebab itu, gamers lebih menyukai game dengan nilai FPS lebih tinggi.

Pengertian dari FPS sendiri adalah jumlah frame atau tampilan gambar dalam satuan waktu per detik. Misalnya saja adalah 48 FPS, artinya ada 48 gambar yang ditampilkan dalam satu satu detik.

Kecepatan FPS dapat dipengaruhi oleh jenis VGA yang digunakan. Menyeimbangkan VGA dan FPS, merupakan salah satu cara menjaga FPS stabil di game. Sehingga gambar yang dihasilkan tidak lambat atau pecah-pecah.

Setiap perangkat yang digunakan untuk bermain game memiliki spesifikasi FPS idealnya masing-masing. Misalnya jika Anda bermain menggunakan smartphone, maka direkomendasikan FPS-nya adalah 30 hingga 60Hz.

Tapi jika Anda bermain menggunakan PC, maka rekomendasi nilai FPS idealnya adalah 240Hz. Dengan nilai FPS sebesar itu, maka gerakan karakter gamenya sangat mulus seperti manusia.

Nilai tersebut bisa diturunkan lagi sesuai dengan keinginan Anda Selain mengetahui cara menjaga FPS stabil di game, Anda juga harus mengetahui beberapa tingkatan FPS dan dampaknya untuk game.

Pertama FPS <15 tidak dapat digunakan untuk bermain game, FPS 15–30 hampir bisa digunakan untuk bermain, dan 30–45 cukup untuk bermain. Untuk FPS 45–60 masuk kategori nyaman dan >60 sangat nyaman.

Agar permainan game Anda lebih nyaman, maka stabilitas FPS perlu diperhatikan. Simak di bawah ini untuk mengetahui caranya.

5 Cara Menjaga FPS Stabil di Game

5 Cara Menjaga FPS Stabil di Game dengan Mudah_5 Cara Menjaga FPS Stabil di Game
5 Cara Menjaga FPS Stabil di Game dengan Mudah_5 Cara Menjaga FPS Stabil di Game

Jika diibaratkan, FPS memiliki sifat yang hampir sama dengan koneksi internet. Artinya, bisa naik atau turun secara cepat dan membuat gamers tidak nyaman.

Banyak orang beranggapan bahwa FPS drop saat memainkan gamer disebabkan oleh konektivitas internet. Padahal bukan itu alasan FPS menjadi drop dan tidak stabil, tapi dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Spesifikasi perangkat Anda tidak kuat dan tidak mumpuni. Seperti yang diketahui bahwa setiap game memiliki spesifikasi minimal perangkat untuk memainkannya. Jika tidak terpenuhi, maka FPS akan drop drastis.

Untuk cara menjaga FPS stabil di game, Anda harus menggunakan perangkat mumpuni. Suhu perangkat yang terlalu panas juga dapat menyebabkan FPS drop. 

Panasnya suhu perangkat disebabkan karena perangkat tersebut tidak memiliki manajemen panas yang baik. Sehingga, kinerja perangkat tersebut dapat lebih jauh menurun.

Penyebab FPS drop juga bisa dipengaruhi oleh status baterai, khususnya bagi pengguna Android. Sebab saat baterai sudah mencapai 10%, maka performa smartphone secara otomatis akan menurun.

Selain itu, dropnya FPS juga dipengaruhi oleh Bug pada game tersebut. Gangguan ini berlaku untuk PC dan smartphone. Berikut ini adalah cara menjaga FPS stabil di game dengan mudah:

  • Menonaktifkan Aplikasi yang Jarang Dibuka

Cara pertama adalah dengan menonaktifkan aplikasi yang memang jarang dibuka. Hal ini dapat meningkatkan RAM dan kinerja PC maupun smartphone. Dengan demikian saat bermain game, FPS akan stabil.

Hal ini juga bertujuan agar PC atau smartphone tidak mengalami crash di tengah permainan. Aplikasi yang membuat lambat dan mengganggu kinerja perangkat adalah pihak ketiga.

Aplikasi tersebut biasanya akan terus berjalan saat Anda sedang bermain game. Untuk menghindari ketidak nyamanan, Anda bisa menonaktifkannya secara sementara. 

Untuk PC, Anda bisa menonaktifkan aplikasi sebagai salah satu cara menjaga FPS stabil di game dengan cara:

  • Buka menu ‘Start’, lalu pilih menu ‘Settings’ yang memiliki lambang roda bergerigi.
  • Pilih opsi ‘Apps’.
  • Pilih menu ‘Startup’, lalu centang Off pada aplikasi-aplikasi yang Anda inginkan.

Agar aplikasi lebih cepat tertutup atau nonaktif, maka Anda bisa memiliki status ‘Medium impact’ atau ‘High impact’. Jika Anda menggunakan smartphone, maka berikut adalah cara menonaktifkan aplikasinya:

  • Buka menu ‘Pengaturan’ atau ‘Settings’.
  • Pilih menu ‘App management’.
  • Pilih aplikasi yang ingin dihapus, lalu pilih ‘Paksa Berhenti’ atau “Force stop”.

Anda juga bisa menutup aplikasi dengan cara menutup jendela yang baru saja dibuka. Tapi, dengan cara ini kemungkinan beberapa aplikasi masih bekerja sangat tinggi.

  • Siapkan Ruang Penyimpanan Besar

Cara menjaga FPS stabil di game berikutnya adalah menyiapkan ruang penyimpanan yang besar pada perangkat yang digunakan. Sebab PC atau smartphone kinerjanya semakin maksimal apabila memiliki ruang penyimpanan mumpuni.

Saat penyimpanannya penuh baik HDD, SSD, atau bahkan RAM-nya, maka performanya akan semakin berat. Hal tersebut akan membuat perangkat cepat panas dan mempengaruhi stabilitas FPS saat bermain game.

Meski misalnya perangkat Anda memiliki spesifikasi di atas rata-rata, akan percuma jika ruang penyimpanan yang tersisa sedikit. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti cara di bawah ini:

  • Hapus berbagai file yang sudah tidak dibutuhkan di perangkat. Jika Anda ragu, maka bisa memindahkan file-file tersebut pada penyimpanan berbasis cloud atau pada perangkat lainnya.
  • Cara menjaga FPS stabil di game berikutnya adalah dengan menghapus cache di PC maupun smartphone. Sebab, tanpa disadari cache menjadi salah satu pemakan memory terbesar.
  • Hapus file sampah secara berkala. Seperti yang kita ketahui bahwa data yang dihapus tidak langsung terhapus secara permanen, tapi tersimpan terlebih dahulu dalam file sampah. 

Mulai sekarang, jangan pernah malas untuk membersihkan file tidak penting dari perangkat Anda

  • Mengatur Aktivitas Antivirus

Sebenarnya, antivirus sangat bermanfaat untuk perangkat yang Anda gunakan. Selain itu, kinerjanya juga tidak memberatkan perangkat. Hanya saja pada kondisi tertentu, antivirus dapat mengganggu saat bermain game.

Oleh sebab itu, cara menjaga FPS stabil di game adalah dengan mematikan antivirus atau Windows Defender secara sementara. Untuk mematikan antivirus, Anda bisa mengikuti instruksi dari antivirus yang digunakan.

Sedangkan untuk Windows Defender, Anda bisa menonaktifkannya secara sementara dengan cara:

  • Ketik di kolom pencarian ‘Windows Defender’.
  • Buka program tersebut.
  • Pilih menu ‘Virus & threat protection’.
  • Pilih ‘Setting’
  • Nonaktifkan ‘Real-time protection’.

Mungkin beberapa diantara Anda bertanya, bagaimana dengan virus yang berisiko menyerang perangkat. Jika memang Anda memainkan game original seharusnya tidak menjadi masalah dan aman-aman saja.

Cara menjaga FPS stabil di game ini juga tidak bersifat permanen. Dengan demikian, Anda masih bisa mengaktifkannya kapan saja. Lain jika Anda memainkan game bajakan yang dapat membahayakan perangkat.

  • Atur Program 3D pada VGA

Banyak orang yang rela mengganti VGA hanya untuk kelancaran saat bermain game. Hal tersebut, boleh saja dilakukan. Hanya saja, masih ada cara lainnya yang lebih mudah dan pastinya gratis.

Caranya adalah dengan mengatur sistem tampilan dari grafik komputer, terutama pada tampilan 3D. Cara ini sudah terbukti dan memang bekerja dengan baik.

Cara menjaga FPS stabil di game dengan pengaturan program 3D pada VGA NVIDIA adalah:

  • Klik kanan pada halaman utama Windows.
  • Buka ‘NVIDIA Control panel’.
  • Buka ‘3D Setting’.
  • Pilih ‘Manage 3D Setting’.
  • Pilih ‘Global Setting’ dan sesuaikan setiap aspeknya dengan spesifikasi perangkat Anda

Sedangkan cara mengatur 3D di AMD Radeon adalah:

  • Klik kanan pada halaman utama Windows.
  • Buka ‘AMD Radeon Setting’.
  • Pilih menu ‘Game’.
  • Pilih ‘Global Setting’ dan sesuaikan setiap aspeknya dengan spesifikasi perangkat.

Cara menjaga FPS stabil di game ini jauh lebih aman jika dibandingkan dengan cara Overlock VGA menggunakan software tambahan. 

  • Lakukan Update Driver VGA di PC

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan adalah dengan melakukan update driver VGA. Selain FPS menjadi stabil, pengalaman bermain game Anda juga akan meningkat dan semakin seru.

Update ini dapat dilakukan secara berkala sesuai dengan perilisan di situs resminya. Tapi, sebelum melakukan update Anda harus menggali informasi mengenai VGA tersebut.

Sebab, pada awal-awal update biasanya akan ada bug yang ikut serta dan cukup mengganggu. Hal ini sebenarnya sangat wajar dan akan hilang setelah update berikutnya.

Hanya saja bagi Anda yang tidak menyukainya, maka bisa menunda update hingga ke seri selanjutnya. Sebisa mungkin pilih seri yang memang minim bug dan pengganggu lainnya.

Cara menjaga FPS stabil di game dengan mengupdate VGA sendiri adalah:

  • Sambungkan perangkat dengan internet.
  • Ketik ‘Device Manager’ di kolom pencarian, kemudian buka.
  • Buka ‘Display Adapter’.
  • Klik ‘Update driver’.
  • Pilih ‘Search automatically’.
  • Tunggu hingga update selesai, lalu restart perangkankat.

Baca juga: Review Unreal Engine 5, Simak Beberapa Penjelasan Lengkap

FPS yang stabil memang sangat diperlukan untuk kenyamanan saat bermain game. Anda bisa melakukan cara menjaga FPS stabil di game di atas agar pengalaman bermain game lebih baik.

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.