Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

12 Game Karya Developer Indonesia, yang Mana Favoritmu?

4 min read

Macam-macam Game Karya Developer Indonesia

Ada banyak sekali game karya developer Indonesia yang tidak kalah keren dengan karya developer luar negeri. Bahkan salah satu game bernama DreadOut, permainan video survival horror buatan Indonesia ini sudah dimainkan oleh PewDiePie. Dia merupakan salah satu gamer terkenal dari negara Swedia.

Baca juga: Tips Main Game Valorant dari Pemula Sampai Jago

Genre game yang dapat dimainkan dan merupakan hasil developer Indonesia banyak jenisnya. Namun, banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahuinya dan hanya fokus pada game-game baru dari luar negeri saja. 

Macam-macam Game Karya Developer Indonesia

12 Game Karya Developer Indonesia, yang Mana Favoritmu?_Macam-macam Game Karya Developer Indonesia
12 Game Karya Developer Indonesia, yang Mana Favoritmu?_Macam-macam Game Karya Developer Indonesia

Nah, untuk itu kita perlu mengetahui dan mengapresiasi sendiri produk game dalam negeri. Daftar game karya developer Indonesia berikut ini bisa kamu coba ya.

1. Game An Octave Higher

Game ini adalah hasil visualisasi novel yang diciptakan oleh developer Kidalang. Cerita di dalamnya pun sangat menarik dengan kualitas yang baik sama dengan game bertema serupa buatan orang luar negeri. 

Adapun kisah di dalam game ini menceritakan tentang sebuah dunia di mana sihir telah mengubah industri dan memaksa tatanan masyarakat baru yang dapat dibedakan dengan akses mereka atas suatu sihir. Dunia sihir akan membuat orang takjub karena dapat mengajak ke dunia fantasi yang mengesankan. 

Di game ini, para majikan yang mempunyai akses ramuan sihir akan lebih cenderung menindas kaum yang lebih lemah dan nantinya dijadikan buruh di zaman revolusi industri sihir. Jadi, kalau kamu menyukai dunia game bertemakan fantasi, game karya developer Indonesia ini dapat dicoba.

2. Mini Racing Adventures

Game karya developer Indonesia jenis ini adalah suatu game balap mobil dalam satu jalur saja ala Trials di mana sukses didownload oleh banyak pemain di penjuru dunia.

Nama developer lokal pembuat game ini, yaitu Minimo. Dia tidak hanya memberikan sajian aksi drag race yang solid tapi juga sajian aksi mengarungi rintangan yang sungguh menantang. 

Mode yang ditampilkan di game ini cukup beragam dan menarik. Di sepanjang game kalian akan menghadapi tokoh Omini Speedario yang berperan sebagai musuh bebuyutan di dalam menjalankan Mini Racing Adventures. Semua yang ada di game ini memberikan sensasi super fantastis jika gamer ingin mencobanya.

3. Game Target Acquired

Game Target Acquired seru untuk dimainkan melalui perangkat mobile seperti Android. Pembuatan game ini merupakan hasil panjang yang dilakukan oleh developer dengan masa penggalangan dana yang cukup mendebarkan di Kickstarter.

Untuk kalian yang memainkan game Target Acquired nantinya akan berperan sebagai Yura Anders. Seorang polisi wanita yang berperan melakukan penangkapan seorang penjahat jenius bernama Cammy Iyuka merupakan sosok Target Acquired.

Yura menggunakan senjata blaster yang menempel pada lengannya. Sosok Target Acquired akan berlari dengan sambil melakukan penembakan ke kawanan robot jahat yang diperintahkan oleh Cammy dalam menghalangi proses pengejaran yang terjadi.  

Game ini menggabungkan Runner dengan aksi baku tembak seperti Mega Man yang mana akan menguji seberapa bagusnya reflek jari kalian ketika menjalankan suatu misi yang menantang.

4. Armor Academy

Game karya developer Indonesia yang selanjutnya adalah Game Armor Academy. Game ini termasuk salah satu game puzzle yang terdiri atas 3 game yang tidak lain adalah hasil kolaborasi antara Toge Productions. Kolaborasi itu antara Creacle Studio, Mojiken, Amagine Interactive, dan banyak lainnya yang kemudian dikenal dengan nama Koalisi Kemakmuran.

Game Armor ini mampu mengasah otak kalian untuk berpikir cepat baik dalam mode multiplayer atau pun single player guna mengadu skor yang paling terbaik dan tinggi dalam melawan semua teman-teman di game ini. Untuk kalian yang ingin mencoba game Armor ini bisa di unduh di Google Play Store ya.

5. Pixel Super Heroes

Pixel Super Heroes adalah game karya developer Indonesia yaitu Toge Productions yang merupakan jenis game endless runner yang simple dan berbeda dengan  jenis game PC mereka, yaitu Infectonator: Survivors. Infectonator sendiri merupakan game yang sangat kompleks dan fiturnya beragam.

Game Pixel Super Heroes adalah game hasil dari kolaborasi antara developer kelas atas Indonesia dengan salah satu publisher game dari Indonesia juga bernama Lyto Mobi. Tampilan game ini menarik dengan sisi grafis yang bagus.

6. Warung Chain: Go Food Express

Game Warung Chain: Go Food Express ini menjadi salah satu game Android karya developer Indonesia yang cukup unik. Di dalamnya kalian akan menjadi si penjual warung yang melayani pesanan para pelanggan yang berkunjung. Tiap pelanggan tentunya akan memesan banyak makanan yang berbeda-beda, maka dari itu kalian harus teliti ketika menyiapkan makanan supaya tidak salah memberikan makanan pesanan pelanggan.

Makanan yang ada di Warung Chain adalah makanan khas Indonesia yang memberikan keunikan tersendiri untuk game ini. Mulai dari makanan martabak, ayam goreng, nasi Bali, dan bakso. Game ini akan mengasah skill kalian di bidang foodpreneur.

7. Game Diponegoro-Tower Defense

Sesuai dengan namanya, pasti kamu tidak asing lagi dengan nama sosok pada game ini. Nama yang dipakai untuk game ini adalah Pangeran Diponegoro, pahlawan nasional yang gambarnya biasa kamu lihat pada uang kertas Rp 5 ribu. 

Pangeran Diponegoro berkontribusi besar dalam sejarah kemerdekaan Indonesia, yaitu melawan penjajah Belanda. Game Diponegoro-Tower Defense menampilkan cerita Pangeran Diponegoro yang melawan musuh. 

Buat kamu yang main game ini akan mendapat tugas yang seru dan mengasah skill. Kamu akan menjalankan misi karakter Pangeran Diponegoro yang terdiri atas 26 level.

8. Game Dreadout

Game ini pernah membuat gamer PewDiePie ketakutan. Jadi, game ini cukup terbilang bagus untuk game bergenre horor. Game Dreadout ini merupakan hasil karya Digital Happiness yang berkisah tentang sekelompok murid yang ‘terdampar’ di sebuah desa yang mana desa itu ternyata dihuni oleh banyak hantu. 

Game ini cukup ngeri dan bisa membuat kalian tidak bisa tidur dengan pulas di malam hari. Karena sangat populer, maka game ini dibuatkan film layar lebar dan akan berlanjut ke game Dreadout 2.

Game Karya Developer Indonesia yang Indonesia Banget!

12 Game Karya Developer Indonesia, yang Mana Favoritmu?_Game Karya Developer Indonesia yang Indonesia Banget!
12 Game Karya Developer Indonesia, yang Mana Favoritmu?_Game Karya Developer Indonesia yang Indonesia Banget!

 

Nah, kalau yang berikut ini adalah game karya developer Indonesia yang ‘Indonesia banget’ dan sempat viral pada masanya. Kamu sudah pernah main belum?

9. Tahu Bulat

Game Tahu Bulat sempat viral bersamaan dengan ramainya orang Indonesia yang berjualan tahu bulat. Own Game sebagai developer game ini memang memilih momen yang pas, yaitu camilan tahu bulat yang ramai di beberapa kota beberapa tahun yang lalu. 

Sisi kelucuan game ini sangat terasa, dan cara mainnya juga gampang, tidak banyak mikir strategi, dan bisa sambil santai-santai. Game Tahu Bulat sampai sekarang sudah pernah diunduh lebih dari 10 juta kali di Play Store. 

10. Pamali: Indonesia Folklore Horror

Game karya developer Indonesia bernama Pamali: Indonesian Folklore Horror juga tak kalah menarik dari game-game sebelumnya. Game dari StoryTale Studios ini menampilkan gameplay berupa teka-teki bertema horor atau urban legend di Indonesia. Untuk bisa menang, kamu harus bisa menjalankan banyak misi horror. Kira-kira kamu berani coba apa tidak?

11. Pulang: Insanity

Pulang: Insanity dibuat oleh Ozysoft yang bakal membawamu ke sebuah suasana menakutkan. Game horror ini memiliki kualitas grafis yang cukup memukau. Di sini kamu harus memecahkan misteri pesugihan. Saat main game ini, sebaiknya siap-siap karena banyak jumpscare yang bikin kaget.

12. Bus Simulator Indonesia

Buat yang suka jenis game simulasi menyetir, game ini bisa dicoba. Di sini pemain mencoba jadi sopir bus. Tapi, ciri khas dari game karya developer Indonesia tentunya adalah jenis bus yang memang terkenal di Indonesia.

Setiap bus dilengkapi klakson yang pernah viral pada akhir tahun 2016, yaitu “Om Telolet Om!”. Kamu masih ingat tren tersebut? Bukan itu saja, Bus Simulator Indonesia juga menghadirkan tantangan berupa rute bus yang mesti dilalui pengendara. Rute yang dilewati juga familiar buat pemain karena rutenya menyesuaikan dengan rute bus Indonesia.

Baca juga: Urutan Game Resident Evil, Simak di Sini Jalan Ceritanya Satu Persatu!

Itulah macam-macam game karya developer Indonesia. Dari beberapa game di atas, kelihatannya seru juga ya? Jadi, kamu mau mencoba memainkan yang mana?

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.