Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

10 Game Jadul yang Masih Dimainkan Sampai Sekarang

4 min read

10 Game Jadul yang Masih Dimainkan Sampai Sekarang

Dulu waktu masih kecil, game apa saja yang paling kamu suka dan sering kamu mainkan? Setiap anak kecil memiliki permainan favoritnya, termasuk game jadul yang tersedia di berbagai perangkat. Bahkan dulu sebelum era game online PC dan Android berkembang, anak-anak 90-an punya cara sendiri dalam menikmati permainannya. Ternyata ada beberapa game jadul yang masih dimainkan sampai sekarang.

Baca juga: 10 Rekomendasi Mechanical Keyboard Terbaik, Harga di Bawah 1 Jutaan

Ketika anak-anak jaman sekarang mencoba, mungkin saja akan merasakan sensasi yang berbeda. Kenyataannya memang game jaman dulu masih relatif sederhana dari segi teknologi maupun tampilan. Lalu apa saja game jadul yang masih dimainkan sampai sekarang?

Game Jadul yang Masih Dimainkan Sampai Sekarang

10 Game Jadul yang Masih Dimainkan Sampai Sekarang_Game Jadul yang Masih Dimainkan Sampai Sekarang
10 Game Jadul yang Masih Dimainkan Sampai Sekarang_Game Jadul yang Masih Dimainkan Sampai Sekarang

Saat ini sudah banyak pilihan game online baru, tapi tidak sedikit yang memilih game jaman dulu. Selain karena ingin nostalgia, ternyata game jadul pun punya keseruan tersendiri. Berikut ini adalah daftar nama-nama game jadul yang masih dimainkan sampai sekarang. Apa saja?

1. DOTA 

DOTA (Defense of The Ancient) berasal dari Mod Warcraft yang selanjutnya jadi game standalone DOTA 2. Sekilas memang game online ini tidak jadul-jadul amat, tapi ternyata DOTA sudah berumur 19 tahun sejak rilis pertama kali 2003. 

Bisa dibilang kalau DOTA 1 termasuk game jadul yang masih dimainkan sampai sekarang. Hal itu bisa terlihat dari servernya, battle.net IDGS yang tetap bertahan sampai hari ini. Bagaimana pun, DOTA 1 memiliki sejarahnya tersendiri bagi para penggemar.

2. Yu-Gi-Oh!

Selain game, sebagian anak-anak 90-an mengenal Yu-Gi-Oh! dari anime. Banyak anak-anak mengikuti ceritanya yang memang seru, yaitu pertarungan memakai kartu. Apakah kamu dulu juga pernah bermain kartu Yu-Gi-Oh!?

Sekarang Yu-Gi-Oh! Duel Links hadir dengan konsep yang sama. Pemain lama maupun baru bisa mencoba bermain. Tak heran jika Yu-Gi-Oh! disebut-sebut sebagai game jadul yang masih dimainkan sampai sekarang.

3. Starcraft 2 

Game Starcraft pertama kali rilis tahun 1998 dan bisa dikatakan bahwa game ini merupakan salah satu game online tertua. Starcraft juga masih dapat bertahan sampai hari ini. Game bergenre RTS (Real-time strategy) ini termasuk pelopor cabang ESport di dunia. 

Namanya cukup banyak disebut-sebut saat ada bahasan tentang sejarah E-Sport. Meskipun sudah belasan tahun, Starcraft tidak membosankan dan banyak peminatnya. Kalau kamu banyak mengikuti perkembangan, kini sudah ada versi remastered sampai dipertandingkan dalam SEA games. 

4. Atlantica Online

Atlantica Online atau AO juga termasuk game jadul yang masih dimainkan sampai sekarang. Sejak 21 April 2021, Atlantica Rebirth hadir di Indonesia dan mendapat reaksi positif dari banyak gamers. Atlantica Rebirth dirancang dengan konsep MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game).

Tidak butuh waktu yang lama untuk menjadikan game ini diterima oleh pemain baru. Ciri khas Atlantica adalah gaya pertarungan turn base berkonsep grinding khas MMORPG. Grafisnya sangat memukau, sehingga orang-orang semakin meningkat minatnya untuk mencoba. 

5. Lost Saga

Sejak rilis 2009, Lost Saga yaitu game online dengan konsep pertarungan online yang cukup unik. Kemunculannya lengkap bersama karakter yang merupakan presentasi budaya-budaya dunia. Game styleny juga tidak sama. 

Meski termasuk pertarungan, Lost Saga juga memiliki fitur lain misalnya memancing dan tempat untuk ‘nongkrong’ khas MMORPG. Gabungan karakter bisa menjadi kombo berbeda dan jauh lebih kuat. Cheater permainan ini memang banyak, tapi hal itu menjadikan pengembangnya terus berinovasi menghadirkan hal-hal baru.

6. Ragnarok

Selanjutnya, game jadul yang masih dimainkan sampai sekarang adalah Ragnarok. Permainan yang satu ini populer sampai ke seluruh dunia. Sejak 2002, Ragnarok sering merajai genre MMORPG. 

Popularitasnya masih kuat bertahan sampai saat ini. Banyaknya update secara berkala menjadikan game ini terus disukai, sampai-sampai beberapa negara memiliki official servernya sendiri. Tidak sedikit juga private server dari pemain lama dan baru, yang membuktikan Ragnarok online tetap disukai.

7. Minecraft

Minecraft berasal dari Swedia dan rilis pertama kali tahun 2011, kemudian menjadi sangat terkenal di dunia beberapa tahun setelahnya. Apa kamu juga pernah mencoba? Youtuber PewDiePie dan sejumlah public figure juga banyak yang menjadi pemain Minecraft.

Game terkenal dengan unsur kebebasan, eksplorasi, dan mod-mod yang banyak. Hal itu menjadikan game Minecraft menarik untuk dicoba. Beragam fitur yang dihadirkan membuat pemain lebih menikmati keseruan bersama teman-teman. 

Uniknya, game yang satu ini juga sempat dikembangkan menjadi media pembelajaran di banyak sekolah di Eropa tahun 2016. 

Game Jadul yang Paling Legendaris

10 Game Jadul yang Masih Dimainkan Sampai Sekarang_Game Jadul yang Paling Legendaris
10 Game Jadul yang Masih Dimainkan Sampai Sekarang_Game Jadul yang Paling Legendaris

Game di atas memang bisa dibilang jadul, mengingat banyaknya gempuran tren baru game online. Tapi, berikut ini masih ada lagi game-game yang memang legend dan pernah berjaya pada masanya, khususnya pada saat belum ada smartphone layar sentuh seperti sekarang.

Mungkin kamu pernah memainkan salah satu dari game berikut ini. Cara memainkannya tergolong mudah dibandingkan game online yang sudah kita bahas sebelumnya.  

8. Snake 

Snake adalah game ular yang pernah populer pada masanya. Ketika kita belum kenal handphone canggih dengan tampilan grafis yang menarik seperti sekarang, game Snake pernah menjadi favorit di HP yang masih monokrom. 

HP monokrom sendiri adalah HP yang hanya berwarna hitam dan putih dengan kualitas suara yang minim. Saat itu belum ada internet, sehingga game Snake termasuk hiburan populer di HP.

Game yang satu ini memang legend dan termasuk game jadul yang masih dimainkan sampai sekarang. Itulah mengapa developer HALA games berinovasi membuat Snake versi baru, yaitu  Snake Xenzia Rewind 97 Retro.

Tentu saja game ini membangkitkan memori lama anak-anak jaman dulu. Cara mainnya pun sangat mudah, yaitu pemain harus mengambil makanan yang ada, sampai ularnya tumbuh makin panjang. Cara bermain Snake Xenzia Rewind 97 Retro juga tidak berubah, hanya saja game ini sudah lebih berwarna tampilannya. 

9. Tetris

Selain Snake, Tetris adalah game legendaris selanjutnya yang juga pernah menjadi favorit banyak orang. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan game klasik yang satu ini. Cara mainnya dulu adalah dengan memakai gimbot dengan suara yang unik.

Bahkan generasi sebelum 90-an juga sudah akrab dengan Tetris, karena memang pertama kali Tetris dirilis tahun 1984. Karena Tetris adalah game jadul yang masih dimainkan sampai sekarang, pastinya sekarang masih banyak yang tertarik karena cara bermainnya sangat mudah. Sekarang sudah ada inovasi baru dari game Tetris bernama TETRIS Blitz. Ini adalah game mirip Tetris yang dulu, yang mana pemain menyusun balok-balok tanpa boleh ada yang berlubang.

Saat bermain, harus bisa mempertahankan agar balok-balok yang telah tersusun tidak sampai puncak. Apabila balok sampai puncak atau memenuhi layar, maka permainan selesai (game over). Meskipun game ini sederhana, tapi ternyata ada efek bikin kecanduan juga, karena ketika sudah menang sekali rasanya ingin terus main lagi.

10. Bounce

Apa lagi jenis game jadul yang masih dimainkan sampai sekarang? Kalau kamu dulu pernah menggunakan HP Nokia tentu tidak asing lagi dengan game Bounce. Umumnya, anak generasi 90-an yang suka main game pasti juga sering main Bounce karena permainannya agak lebih seru daripada Tetris dan Snake.

Sekarang di Android pun sudah hadir Bounce Original, yaitu edisi baru dari game Bounce yang dulu. Animasi Bounce Original juga dibuat menyerupai game Bounce versi lama. Tentunya grafisnya lebih detail, berwarna, dan dengan pengalaman bermain yang lebih menyenangkan karena layarnya lebih luas. 

Saat main Bounce Original, permain seperti melakukan petualangan dengan bola sampai ke garis finish. Jangan lupa bahwa kamu harus menjaga agar bola tidak sampai kena tusuk benda apapun. 

Dari waktu ke waktu, kreativitas manusia selalu berkembang dalam banyak hal, termasuk dalam perkembangan game. Terlepas dari genre game yang populer sekarang, nanti pasti akan bermunculan game lain dengan inovasi baru. Atau mungkin game jadul lainnya yang dibuat lagi dengan kualitas lebih baik. 

Baca juga: 16 Top Aplikasi Penambah Followers IG Terbaik, Gratis!

Sekian ulasan tentang game jadul yang masih dimainkan sampai sekarang. Jadi, di antara game-game di atas, yang mana favoritmu?

Selly Oktaviani Feedeed adalah website yang mengulas seputar dunia aplikasi, game, tutorial dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.